Home / Tips dan Trik / Psikotes / 5 Tips Menghadapi Tes Psikotes Gambar Terbaru Yang Paling Sulit
Tips Menghadapi Tes Psikotes Gambar agar sukses

5 Tips Menghadapi Tes Psikotes Gambar Terbaru Yang Paling Sulit

Tes psikotes mempunyai beragam jenis, Salah satunya yaitu tes psikotes gambar. Pada umumnya, tes psikotes gambar menjadi salah satu bagian yang cukup ditakutkan serta dihindari oleh para calon karyawan.

Kondisi tersebut disebabkan mereka yang belum memahami teknik-teknik menggambar, sebab tes psikotes menggambar tidak hanya sekedar menggambar pohon atau manusia, akan tetapi terdapat sejumlah Aspek penting yang perlu mendapat perhatian, misalnya adalah detail, guratan, goresan serta ketelitian dari gambar yang dibuat.

5 Tips Di Dalam Menghadapi Tes Psikotes Menggambar

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika sedang menghadapi tes psikotes menggambar.

1. Menyesuaikan Gambar Berdasarkan Jenis Kelamin

Ketika anda disuruh untuk membuat gambar manusia maka anda wajib menggambar sesuai dengan jenis kelamin yang anda apabila anda seorang laki-laki, silakan menggambar figur seorang laki-laki. Demikian pula sebaliknya, apabila anda adalah seorang perempuan, silakan menggambar figur perempuan. Kondisi tersebut dapat mencerminkan identitas yang anda miliki.

2. Lengkapi Lah Masing-Masing Detail Gambar

Masih berkaitan dengan aktivitas menggambar manusia, Gambarlah manusia dengan lengkap, jangan lupa pula untuk menyertakan bagian organ tubuh manusia secara utuh, dimulai dari rambut, kaki, semampai jari kaki dan jari tangan, tangan, badan, leher dan kepala.

Jangan lupa pula anda wajib untuk masing detail organ tubuh yang lainnya melengkapi, misalnya yaitu itu pada bagian kaki dan tangan, kuku, mata dan alis. Tes menggambar berguna untuk menentukan tingkat ketelitian yang anda miliki dari gambar yang dibuat.

3. Lengkapi Lah Profesi Objek Yang Digambar

Apabila anda telah melengkapi secara detail organ tubuh yang anda gambar, lanjutkan dengan melengkapi gambar tersebut dengan profesi atau pekerjaan dari gambar yang telah dibuat. Misalnya adalah arsitek, Hakim, dokter, guru dan lain sebagainya. Membuat gambar objek yang dilengkapi dengan profesinya dapat pula ditambah aksesoris dan pakaian yang dikenakan.

Tips Menghadapi Tes Psikotes Gambar

Akan tetapi, cukup disarankan yaitu anda membuat bayangan dari diri Anda sampai dengan 10 tahun ke depan ketika Anda diterima bekerja di perusahaan yang dilamar. Teknik seperti itu, pihak perusahaan akan dapat mengetahui minat Anda yang cukup tinggi untuk dapat bekerja di perusahaan tersebut.

Baca Juga   Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

Ketika menggambar, berikan selalu ekspresi wajah yang gembira dan ceria, termasuk pada objek yang anda gambar harus terlihat ekspresi yang gembira dan bahagia. Kondisi tersebut berguna untuk menunjukkan ke pihak perusahaan bahwa anda memang menyenangi pekerjaan yang dilamar.

4. Menentukan Garis, Posisi Serta Ukuran Gambar Dengan Pas

Terdapat hal yang sangat penting akan tetapi kurang disadari oleh sebagian orang ketika menggambar yakni posisi gambar. Buatlah gambar dengan posisi tepat di tengah-tengah kertas, hindari Menggambar objek pada posisi yang terlalu pinggir. Disamping itu, Perhatikan pula tekanan garis alat gambar, sebab terdapat sejumlah makna yang berlainan pada masing-masing penekanan gambar yang anda buat.

Disarankan juga, janganlah terlalu banyak penekanan di bagian wajah, sebab hal tersebut bisa memberikan cerminan anda memiliki sifat minder atau rendah diri.

Sisi ukuran gambar juga tidak boleh luput dari perhatian. Berusahalah untuk membuat gambar objek dengan ukuran proposional. Hindarilah membuat gambar terlalu besar atau terlalu kecil. Jika anda membuat gambar terlalu besar, maka dimungkinkan anda dinilai sebagai orang dominan atau angkuh. Demikian pula sebaliknya. Oleh sebab itu, Anda harus selalu berhati-hati dan juga teliti ketika menggambar.

5. Istirahat Yang Cukup Dan Sarapan Sebelum Pelaksanaan Tes

Tips paling akhir yang akan penulis sampaikan tidak berkaitan langsung dengan teknik tes psikotes menggambar, akan tetapi tips ini tentu masih sangat penting anda kerjakan sebelum mengikuti tes psikotes menggambar. Ketelitian dan konsentrasi tentu hanya bisa dimiliki dari tubuh dan mental yang siap ketika ujian sedang berlangsung. Apabila sudah merasa tidak semangat dan lelah, tentunya akan berpengaruh pada konsentrasi anda di dalam menggambar.

Baca Juga   Cara Menjawab Soal Psikotes Biar Nilainya Tambah Baik

Oleh sebab itu, sangat disarankan supaya Anda kapan waktu yang cukup untuk beristirahat dan tidak pula lupa untuk sarapan di pagi hari sebelum ikut pelaksanaan tes psikotes menggambar. Ingat, pada umumnya tes psikotes tidak hanya terdiri atas satu jenis saja, masih terdapat beberapa jenis tes psikotes lain yang diujikan bersamaan dengan tes psikotes menggambar, misalnya tes berhitung, Tes Potensi Akademik, tes kraepelin dan jenis teks yang lainnya. Jika anda tidak sarapan maka dikhawatirkan rasa lapar akan hinggap di diri Anda sehingga konsentrasi Anda justru biar.

Sekian 5 tips di dalam menghadapi Tes psikotes menggambar yang bisa anda coba terapkan. Siapa tahu, aktivitas mengikuti tes psikotes menggambar yang Anda kerjakan bisa lebih sukses dan maksimal sehingga harapan anda untuk diterima bekerja pada perusahaan idaman berhasil.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Cara Menghadapi Psikotes Kerja

Cara Menghadapi Psikotes Kerja

Apakah anda pernah berpikir bagaimana cara menghadapi psikotes kerja dengan baik dan benar sehingga capaian ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *