Home / Wawancara / Alasan Ingin Bekerja Di Perusahaan, Pertanyaan Yang Kadang Sulit Untuk Dijawab

Alasan Ingin Bekerja Di Perusahaan, Pertanyaan Yang Kadang Sulit Untuk Dijawab

Pada sebuah sesi wawancara, kadang akan ditanyakan alasan ingin bekerja di perusahaan tersebut. Contohnya adalah pertanyaan dari pihak pewawancara yang berbunyi ” mengapa anda menginginkan untuk bisa bekerja di perusahaan ini?”. Selain itu, pertanyaan tersebut juga sering kali akan ditemukan pada berbagai macam kegiatan, misalnya adalah pada acara jobfair maupun acara bersosialisasi.

Pertanyaan Yang Kadang Sulit Untuk Dijawab

Ketika anda sedang dihadapkan pada sejumlah pertanyaan pertanyaan alasan ingin bekerja di sebuah perusahaan, maka tentunya anda wajib mempunyai jawaban yang cukup bagus dan cukup kuat. Jawaban-jawaban yang akan anda berikan tentunya bisa dijadikan sebagai cerminan dari pengetahuan anda tentang perusahaan, bakat, kemampuan, kekuatan serta pengalaman yang sudah anda miliki berdasarkan budaya kerja pada sebuah perusahaan.

Pertanyaan dari pewawancara: apakah alasan ingin bekerja diperusahaan kami?

Pertanyaan tersebut memang tidak selalu mengenai diri anda. Ingat, selama anda belum menandatangani maupun belum menerima tawaran kontrak dari perusahaan, yang ada di dalam pikiran pihak pewawancara hanyalah teknik bagaimana cara mengeliminasi keberadaan anda.

Untuk menjawab pertanyaan di atas, anda harus memastikan untuk tidak memberikan jawaban ” karena sedang membutuhkan uang”, ” sepertinya perusahaan ini merupakan perusahaan yang bagus sebagai tempat untuk bekerja”, ” keponakan saya yang bernama joko juga sedang bekerja di perusahaan ini serta mendapatkan banyak benefit”.

Tiga jawaban tersebut tentunya merupakan jawaban yang kedengarannya cukup mirip serta memiliki kemungkinan jawaban yang cukup benar. Akan tetapi, sebenarnya ketika jawaban tersebut juga berisi kesalahan yang sama. Seluruhnya berkaitan dengan apa yang sedang anda inginkan. Jawaban tersebut tidak akan bisa membawa anda kepada pekerjaan yang sedang anda idam-idamkan.

Adapun alasan umum juga tentunya tidak akan bisa menjadikan anda tampil berbeda dari kandidat-kandidat yang lainnya. Contohnya adalah ” karena saya mengetahui bahwa saya dapat memberikan banyak kontribusi yang baik untuk perusahaan”, ” sebab saya mengetahui bahwa anda sedang membutuhkan karyawan untuk posisi……… Dan tentunya saya memenuhi kualifikasi yang diminta”. Walaupun kedengarannya jawaban di atas lebih baik, namun tetap saja terkandung sejumlah kesalahan karena jawaban tersebut adalah jawaban yang ngambang. Kedua jawaban tersebut adalah jawaban ” pemanis” yang seringkali dipakai oleh setiap orang kepada seluruh perusahaan pada semua jenis pekerjaan.

Baca Juga   Tips Wawancara Beasiswa Masuk Sekolah Maupun Kuliah Dan Terbukti Berhasil

Lantas, apakah ada yang salah dengan jawaban-jawaban di atas? Kebanyakan, jawaban-jawaban di atas tidak bisa menarik di pihak HRD disebabkan karena jawaban-jawaban tersebut tidak memiliki kaitan dengan mereka. Di bawah ini adalah sejumlah kesalahan dari jawaban di atas:

Jawaban di atas hanyalah berfokus pada keuntungan yang akan anda dapatkan. Walaupun perusahaan menginginkan supaya anda lebih menyenangi pekerjaan anda nantinya, namun pada titik tersebut mereka tentunya tidak mempedulikan mengenai apa saja keuntungan yang nantinya akan anda peroleh. Yang sebenarnya mereka ingin ketahui adalah keuntungan apa yang akan mereka peroleh apabila bisa mempekerjakan anda.

Jawaban-jawaban di atas juga tentunya tidak bisa menunjukkan pemahaman mengenai apa yang diperlukan oleh perusahaan. Pihak wawancara tentunya menghendaki untuk bisa memahami ketertarikan anda pada posisi yang sedang anda lamar tersebut. Sementara itu, jawaban di atas masih samar yang selalu menitikberatkan kepada kepentingan anda sendiri serta tidak menunjukkan pada ketertarikan tersebut.

Berikut ini adalah persiapan yang harus anda kerjakan

Silakan anda persiapkan wawancara ataupun interview yang anda butuhkan untuk bisa menjawab seluruh pertanyaan dari pihak pewawancara dimana seluruhnya mencakup tiga aspek utama, yaitu:

1. Kenalilah diri anda

Sebelum mulai berbicara dengan pihak pewawancara, anda bisa melakukan sejumlah networking untuk pekerjaan yang sedang anda impi-impikan. Anda haruslah paham tentang apa yang dapat anda tawarkan kepada perusahaan mereka. Disamping itu, anda juga bisa menyampaikan timbal balik yang dapat anda berikan kepada pihak perusahaan.

2. Kenalilah perusahaan yang sedang anda lamar tersebut

Anda bisa mencari informasi tentang segala hal mengenai perusahaan yang sedang anda lamar. Pada saat anda mengetahui sejumlah informasi mengenai perusahaan tersebut, tujuan, budaya kerja, tantangan yang dihadapi dan produk dari perusahaan, maka tentunya anda dapat membicarakan mengenai diri anda mengapa anda merupakan kandidat yang cocok untuk bisa bekerja pada perusahaan tersebut.

Baca Juga   Teknik Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Jitu

3. Kenali departemen dan posisi yang sedang anda lamar apabila memungkinkan

Di zaman sekarang ini, tentunya anda dapat mencari berbagai macam informasi pekerjaan yang sedang anda lamar lewat sejumlah media, misalnya adalah google. Anda tentunya juga dapat mencari berbagai macam informasi mengenai profil pada staf yang ada di departemen yang sedang anda minati tersebut. Silakan anda manfaatkan informasi tersebut guna mencari informasi tentang tanggung jawab pekerjaan serta untuk melakukan identifikasi lebih dalam tentang mereka. Dalam berbagai macam informasi seputar perusahaan tersebut.

Pada saat anda sudah melaksanakan persiapan seperti di atas, maka tentunya anda tidak akan lagi melakukan beberapa kesalahan ketika sedang menjawab pertanyaan dari pihak pewawancara tentang pertanyaan alasan ingin bekerja di perusahaan tersebut. Namun sebaliknya, tentunya anda akan merasa lebih siap guna bisa menjawab dengan penuh percaya diri mengenai perusahaan serta posisi yang sedang anda lamar, kecocokan dengan kualifikasi yang sudah anda miliki, ketertarikan anda serta karakter dan juga pengalaman yang anda miliki.

Apabila pekerjaan tersebut tidak memiliki kecocokan dengan anda sekalipun, maka apabila pihak pewawancara sudah menyukai anda dan ingin bisa mempekerjakan anda, mereka tentunya akan menemukan posisi yang lebih tepat dengan gaji yang sudah disesuaikan untuk diri anda di masa yang akan datang.

Demikianlah ulasan singkat tentang bagaimana cara menjawab pertanyaan alasan ingin bekerja di perusahaan. Mudah-mudahan, setelah anda membaca ulasan diatas maka anda sudah memiliki gambaran gambaran umum tentang bagaimana menjawab pertanyaan tentang alasan ingin bekerja di sebuah perusahaan dengan baik dan benar sehingga usaha anda untuk bisa bekerja di sebuah perusahaan impian dapat terwujud. Terima kasih.

Baca Juga   Cara Interview Yang Baik Dan Benar Pada Bank BCA

Check Also

Tips Saat Interview Pekerjaan

Tips Saat Interview Pekerjaan Dengan Baik Dan Benar

Saat anda sedang mengikuti interview atau wawancara kerja, apakah yang harus anda sampaikan? Tentu, cukup ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *