Home / Materi Umum / Psikotes / Apa Itu Psikotes Pada Saat Tes Seleksi Masuk Kerja

Apa Itu Psikotes Pada Saat Tes Seleksi Masuk Kerja

Ketika kita hendak mengikuti tes seleksi masuk di sebuah tempat kerja, maka kita harus memahami apa itu psikotes. Hal tersebut dilatarbelakangi karena tes psikotes pastilah akan dijumpai dan harus kita lalui pada saat kita mengikuti proses seleksi masuk pegawai atau karyawan pada sebuah tempat kerja, baik itu tempat kerja negeri maupun swasta.

Apa Itu Psikotes Pada Saat Tes Seleksi Masuk Kerja

Pada ulasan kali ini saya akan mencoba untuk membahas mengenai apa arti psikotes yang mana arti psikotes merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk dipahami kita bersama. Artinya adalah bahwa untuk bisa mengerjakan tes psikotes maka kita harus paham terlebih dahulu makna kata dari tes psikotes. Dengan demikian, maka kita mampu untuk membayangkan apa saja yang diperlukan supaya kita bisa lolos pada pelaksanaan tes psikotes.

Apa Itu Tes Psikotes?

Tes psikotes adalah sebuah proses pengujian yang memiliki tujuan untuk melakukan pengukuran terhadap fungsi emosi dan fungsi kognitif dari peserta tes. Tentunya, tes psikotes bisa digunakan pada beberapa kebutuhan, baik itu kebutuhan medis maupun kebutuhan nonmedis. Contoh dari kebutuhan medis salah satunya adalah untuk keperluan terapi. Sementara itu, penggunaan tes psikotes padang bidang non medis yaitu pelaksanaan yang umumnya diterapkan pada proses seleksi masuk pegawai baru maupun pada saat pelaksanaan tes kenaikan jenjang maupun jabatan pegawai pada sebuah tempat kerja.

Pembahasan mengenai apa itu tes psikotes tidak sampai disini saja. Apalagi, di masa sekarang ini berbagai macam bentuk dan contoh soal tes psikotes juga tersebar cukup beragam. Tentunya, beragam contoh soal tes psikotes tersebut bisa dipelajari guna menunjang kesuksesan dari pekerjaan dan karir profesional yang anda geluti.

Macam Dan Jenis Tes Psikotes

Setelah kita memahami apa itu tes psikologi, maka mari kita lanjutkan untuk memahami jenis-jenis dari tes psikotes. Secara umum, terdapat tiga jenis tes psikotes yang sering digunakan sebagai alat ukur pada saat pelaksanaan seleksi masuk karyawan baru di sebuah tempat kerja.

Baca Juga   Perlukah Belajar Psikotes Kerja?

1. Psikotes yang memakai media gambar atau grafis

Pada pelaksanaan tes psikotes ini, kepribadian, karakter dan kemampuan dari seseorang dapat dinilai dari hasil gambar yang dibuatnya. Adapun jenis tes psikotes yang masuk ke dalam jenis tes psikotes yang memakai media gambar atau grafis adalah tes house tree person/htp, tes baum tree, draw a person atau tes dap dan tes warteg.

2. Psikotes yang memakai kuesioner

Pada pelaksanaan tes psikotes yang memakai kuisioner, kepribadian, karakter dan kemampuan peserta tes dinilai dengan didasari atas jawaban-jawaban terhadap soal-soal yang sudah dikerjakan olehnya. Cukup banyak jenis tes yang masuk ke dalam kategori psychotest yang menggunakan kuesioner, diantaranya adalah tes potensi sukses, tes kerjasama, tes skala kematangan/tsk, tes koran pauli, tes motivasi, tes motivasi kepemimpinan, tes mapp, tes tpa yang meliputi verbal dan spasial, logika, kuantitatif, tes kode dan ingatan, tes ketelitian, tes mbti, epps, tes enneagram, tes efektivitas diri dan tes army alpha.

3. Psikotes yang memakai wawancara

Psikotes wawancara disebut pula dengan psikotes interview psikotes wawancara merupakan psikotes yang berfungsi untuk menilai kepribadian, karakter dan kemampuan peserta tes dengan didasari atas jawaban-jawaban dari pertanyaan yang diberikan secara lisan melewati proses tatap muka secara langsung dengan pihak penguji.

Untuk bisa meningkatkan peluang dari setiap peserta tes supaya bisa lulus dari ujian psikotes, maka tentunya setiap peserta tes harus mampu untuk mempelajari, mengenali serta mampu untuk menerapkan sejumlah tips dan trik khusus di dalam mengikuti ujian tes psikotes. Anda tentunya bisa mempelajari berbagai macam hal mengenai tes psikotes pada blog tespsikotes.com ini dengan cara menelusuri seluruh isinya dengan memanfaatkan menu navigasi yang sudah disediakan. Dengan mempelajari sejumlah hal tentang tes psikotes pada blog ini, maka setidaknya anda sudah mampu untuk mengenali sejumlah bentuk serta contoh dari soal tes psikotes.

Baca Juga   Bagaimana Tes Psikotes Dilaksanakan?

Berdasarkan pengalaman yang sudah dilalui oleh beberapa pengunjung apa mereka bisa lolos pada saat pelaksanaan tes psikotes. Tentunya, apabila ditanya oleh orang lain kadang kala mereka akan bingung sendiri, apa sebenarnya tips dan trik yang digunakan supaya bisa lolos di tes psikotes. Namun ternyata, dengan mempelajari berbagai macam hal mengenai tes psikotes di blog tespsikotes.com, maka setiap pengunjung akan memiliki wawasan baru mengenai hal-hal yang berkaitan dengan tes psikotes.

Satu hal yang cukup penting guna menunjang keberhasilan di dalam mengikuti tes psikotes adalah kita harus mengerjakan seluruh soal dengan sejujur-jujurnya, semaksimal mungkin dan sesuai dengan kemampuan yang kita miliki. Berdasarkan pengalaman beberapa orang psikotes tidak memerlukan belajar yang sangat extra. Lantas, apa yang dibutuhkan? Ternyata pada saat kita datang ke tempat tes, maka pikiran kita harus tenang perut kita harus kenyang dan hati kita harus senang. Hal tersebut disebabkan karena psikotes memerlukan waktu yang cukup lama di dalam pelaksanaan, pikiran yang harus selalu fokus serta tenaga yang cukup ekstra.

Perlu kita ketahui bersama bahwa soal-soal tes psikotes yang dimiliki oleh setiap instansi tentunya berlainan. Namun, ada pula yang memiliki kesamaan soal. Berdasarkan pengalaman dari seseorang yang pernah mengikuti tes psikotes, rata-rata soal-soal yang digunakan adalah sama persis. Jadi, bagi mereka yang sering mengikuti tes psikotes, maka lama-kelamaan mereka akan hafal dengan sendirinya.

Demikianlah ulasan tentang apa itu psikotes yang kerap kali menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para calon peserta tes yang hendak mengikuti ujian seleksi masuk di sebuah tempat kerja. Padahal sebenarnya tes psikotes bukanlah sesuatu hal yang menakutkan, apa lagi bagi mereka yang sudah terbiasa mengikuti tes psikotes di sejumlah tempat kerja. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Baca Juga   Contoh Alat Tes Psikologi Dan Alat Tes Intelektual

Check Also

Contoh Soal Assessment Karyawan

Contoh Soal Assessment Karyawan

Pencarian contoh soal asesmen psikologi di internet memang tercatat cukup tinggi, baik itu menggunakan mesin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *