Home / Materi Umum / Apa Itu Tes Psikotes EPPS

Apa Itu Tes Psikotes EPPS

Ada banyak sekali jenis tes psikotes. Ada tes kemampuan menggambar, analogi, menghitung dan masih banyak lainnya. Salah satu jenis tes psikotes yang harus dilakukan adalah tes psikotes epps. Apa itu tes epps? Epps memiliki kepanjangan Edwards personal preference schedule. Tes psikotes ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian seseorang. Ini akan berguna apakah orang tersebut cocok dengan pekerjaan yang diambilnya atau tidak. Terutama ketika melamar disebuah perusahaan. Dengan menggunakan tes psikotes ini juga bisa digunakan untuk mengetahui seperti apa minat orang tersebut.

Contoh Soal Tes EPPS

Tes psikotes epps biasanya berisi dua pernyataan yang harus anda pilih. Disini tidak ada pertanyaan yang salah atau benar. Akan ada dua pernyataan yang sesuai dengan keadaan anda dan anda harus memilihnya salah satu. Jika keduanya tidak sesuai dengan keadaan anda saat ini. anda harus tetap memilihnya. Pilihlah yang menurut anda hampir sesuai dengan keadaan anda. ketika menjawab soal tes epps, anda harus menjawab dengan sejujurnya sesuai dengan keadaan anda. hal ini dikarenakan akan sangat mempengaruhi hasil tes anda nantinya.

Dengan menjawab sejujurnya, penilai atau psikolog akan mengetahui gambaran keadaan anda yang sebenarnya. Missal ada dua pernyataan. Pernyataan A saya suka berbicara tentang diri saya dengan orang lain. Pernyataan B saya tidak suka berbicara tentang diri saya dengan orang lain. Pilih antara kedua pernyataan tersebut. Jika pernyataan A pada tes psikotes epps sesuai dengan keadaan anda, berarti anda harus memilih pernyataan A. Jikayang sesuai pernyataan B berarti anda harus memilih jawaban yang B.

Jadi ketika anda menjawab semua pertanyaan pada tes psikotes epps, anda harus menjawab dengan sejujur-jujurnya. Biasanya akan ada sekitar 60 pertanyaan dan ada akan diberi waktu tertentu. Waktu ini berguna untuk mengetahui bagaimana diri anda mengetahui diri anda yang sebenarnya. Jawab pertanyaan dengan rileks dan jangan tegang. Oleh karena itu ketika ingin melakukan tes psikotes anda harus dalam keadaan yang tenang dan bahagia. Supaya hasilnya memuaskan. Itulah sedikit informasi yang bisa saya berikan. Semoga bisa memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.

Check Also

Tes psikotes lengkap dan gratis

Semenjak pelaksanaan tes psikotes diterapkan, banyak orang yang berburu contoh soal tes psikotes lengkap dan gratis. ...