Home / Wawancara / Apa Saja Pertanyaan Saat Interview

Apa Saja Pertanyaan Saat Interview

Interview merupakan salah satu bagian pada saat pelaksanaan seleksi karyawan yang tidak bisa dihindari. Lalu, apa saja pertanyaan saat interview? Pertanyaan saat interview merupakan salah satu bagian yang perlu dipelajari dan dicermati oleh setiap calon peserta seleksi sehingga mereka akan lebih mudah di dalam memberikan jawaban atas sejumlah pertanyaan yang diberikan oleh pihak pewawancara.

Apa Saja Pertanyaan Saat Interview

Pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba untuk membahas tentang apa saja pertanyaan saat interview atau wawancara yang kerapkali digunakan oleh pihak pewawancara di dalam menggali sejumlah informasi yang dimiliki pada diri peserta tes. Wawancara kerja kerapkali dikenal dengan istilah job interview yang merupakan salah satu tahapan yang benar-benar harus dilalui oleh mereka yang sedang berusaha mencari atau mendapatkan pekerjaan yang baru. Tidak heran, tahapan interview atau wawancara membuat stress ataupun deg-degan bagi mereka yang hendak mengikutinya.

Lantas, apakah anda merupakan salah satu dari mereka yang hendak melaksanakan wawancara?

Salah satu model di dalam menghadapi kegiatan wawancara kerja di manapun yaitu dengan belajar sejumlah contoh pertanyaan wawancara kerja. Dengan model mempelajari sejumlah pertanyaan wawancara atau interview kerja, maka nantinya anda akan memperoleh sejumlah gambaran seperti apa saja pertanyaan-pertanyaan yang dikeluarkan ketika wawancara kerja serta bisa membuat jawaban berdasarkan pengalaman serta pendidikan yang anda miliki.

Guna membantu anda di dalam melakukan riset tentang pertanyaan apa saja pertanyaan saat interview, berikut ini adalah sejumlah contoh pertanyaan wawancara kerja serta jawaban yang bisa diberikan.

1. Pertanyaan mengenai data pribadi

Pertanyaan mengenai data pribadi rata-rata dipakai guna membuka percakapan maupun mencairkan kondisi wawancara kerja yang cukup tegang. Walaupun rata-rata pertanyaan pembuka memiliki sifat umum, tentunya anda wajib tetap untuk antusias di dalam menjawabnya sehingga pihak pewawancara memiliki ketertarikan kepada anda.

2. Silakan anda ceritakan mengenai diri anda

Jawaban: saya memiliki nama andi sujatmiko. Saya merupakan alumni dari universitas indonesia fakultas ilmu komputer. Saat ini, saya masih bekerja di pt ceres sebagai seorang teknisi. Saya sudah bekerja di pt tersebut sekitar 5 tahun.

3. Apa yang menyebabkan pilihan anda jatuh kepada jurusan ilmu komputer

Jawaban: saya memang cukup menyadari bahwasanya saya menyukai dunia komputer sejak saya bersekolah di sekolah dasar. Dengan mengambil jurusan ilmu komputer di bangku kuliah, maka saya bisa menambah pengetahuan serta wawasan mengenai komputer. Di samping itu, saya juga belajar di jurusan ilmu komputer dengan cukup menyenangkan karena materi yang diberikan sesuai dengan hobi atau minat yang saya miliki.

4. Bagaimana anda membayar kuliah anda

Jawaban: orang tualah yang sebagian besar membiayai kuliah saya. Akan tetapi, saya juga memiliki usaha di dalam meringankan beban orang tua dengan cara bekerja secara freelance pada sebuah percetakan yang berlokasi di dekat rumah saya.

5. Apakah sekarang ini anda mempunyai perencanaan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Jawaban: iya, rencana saya adalah 3 tahun mendatang. Hal tersebut disebabkan karena saya kuliah pada jenjang d3, sehingga saya ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang s1. Dengan melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah s1, maka pengetahuan dan wawasan yang saya miliki akan bisa meningkat sehingga tentu dapat berkarir dengan lebih baik pada masa yang akan datang.

6. Di samping pendidikan formal, apakah anda mempunyai keterampilan yang lainnya?

Jawaban: iya, ketika saya kuliah, saya juga ikut kursus bahasa jepang dan bahasa inggris. Disamping itu, saya juga pernah mengikuti sejumlah pelatihan, termasuk pelatihan kepemimpinan kurang lebih selama seminggu yang dilaksanakan oleh himpunan mahasiswa pada universitas di mana saya kuliah dulu. Di samping itu, saya juga sudah menguasai untuk menggunakan komputer dengan sejumlah program aplikasi, misalnya adalah microsoft powerpoint, microsoft excel, adobe photoshop, microsoft access dan microsoft word.

Baca Juga   Pertanyaan Interview SPG Untuk Bahan Belajar

7. Apakah ada makna pekerjaan untuk anda

Jawaban: untuk saya, sebuah pekerjaan bukanlah hanya sekedar untuk mencari uang. Akan tetapi, bagaimana saya dapat bekerja dengan baik sehingga bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan perusahaan di masa yang akan datang.

8. Pertanyaan mengenai keterampilan dan pengalaman kerja

Sejumlah pertanyaan tentang keterampilan dan pengalaman kerja ditujukan guna mengetahui beberapa hal diantaranya adalah:

  • Seberapa besar kontribusi yang hendak anda berikan kepada perusahaan
  • Bagaimana anda di dalam menyikapi dan menghadapi sebuah permasalahan di pekerjaan
  • Loyalitas anda di dalam bekerja
  • Teknik bagaimana anda bekerja
  • Tujuan tentang karir anda

Dari beberapa jawaban yang anda berikan, yang tentunya pihak pewawancara bisa memberikan penilaian apakah anda merupakan kandidat yang terbaik atau bukan untuk posisi pekerjaan yang anda lamar tersebut.

9. Apa saja kekurangan dan kelebihan yang anda miliki

Jawaban kelebihan yang saya miliki diantaranya adalah pekerja keras, cepat belajar dan juga jujur. Disamping itu, kelemahan yang saya miliki yaitu suka lupa. Akan tetapi, saya akan terus berupaya mengatasi kelemahan yang saya miliki dengan cara mencatat berbagai macam hal penting berkaitan dengan pekerjaan pada buku saku yang saya miliki.

10. Apakah anda mempunyai hubungan yang harmonis dengan rekan kerja anda

Jawaban: saya berpikir bahwa hubungan yang saya miliki dengan seluruh rekan kerja yang saya punya selalu berjalan dengan cukup baik. Kadangkala, saya memang mempunyai sejumlah permasalahan dengan seorang rekan kerja berkaitan dengan pembagian serta tanggung jawab pekerjaan, akan tetapi kami bisa menyelesaikannya dengan baik, diantaranya adalah dengan berdiskusi bersama sehingga pada akhirnya kami mempunyai tanggung jawab masing-masing dengan cukup jelas.

11. Anda lebih senang bekerja dalam tim atau bekerja sendiri

Jawaban: tentunya tergantung kepada jenis pekerjaan yang wajib untuk saya selesaikan. Walaupun sebenarnya saya lebih menyukai untuk bekerja secara mandiri, namun saya juga bisa bekerja dalam sebuah tim.

12. Apabila anda diwajibkan untuk bekerja di dalam sebuah tim, maka posisi apa yang akan anda pilih di dalamnya

Jawaban: saya lebih menyukai untuk bisa menjadi seorang konseptor. Dengan langkah seperti itu, maka saya dapat membuat perencanaan akan sejumlah langkah yang akan diambil, membuat sebuah daftar sumber daya yang dibutuhkan, melakukan identifikasi terhadap sejumlah hambatan, serta membuat ukuran kesuksesan akan sebuah proyek yang sudah digarap.

13. Dapatkah anda bekerja dibawah tekanan yang tinggi

Jawaban: selama ini saya bisa mengatasi sejumlah tekanan pekerjaan yang masuk kepada diri saya. Disamping itu, saya memiliki pikiran bahwa sebuah tekanan pekerjaan dapat memberikan hasil yang lebih positif bagi saya disebabkan karena saya dapat mengeluarkan inisiatif, potensi, serta keterampilan yang saya miliki guna bisa menyelesaikan pekerjaan tersebut.

14. Apa sikap yang anda miliki terhadap sejumlah kritikan yang masuk ke dalam diri anda

Jawaban: di dalam pemahaman yang saya miliki, manusia secara umum memang tidak suka dikritik secara sembarangan. Secara pribadi, tentunya saya bisa menerima kritikan yang masuk ke dalam diri saya. Apabila kritikan tersebut bersifat membangun dan cukup baik, maka tentunya dengan senang hati saya akan melaksanakannya untuk memperbaiki kekurangan yang ada di dalam diri saya. Namun demikian, jika sebaliknya, maka tentu saya akan mengabaikannya.

Baca Juga   Jawaban Interview Rencana 5 Tahun Kedepan Paling Disukai Perusahaan

15. Menurut pendapat anda, seperti apakah orang yang cukup sulit diajak untuk bekerja sama

Jawaban: menurut pendapat saya, orang yang cukup sulit untuk diajak bekerja sama yaitu orang yang tidak senang untuk bekerja keras, banyak mengeluh, suka melakukan pelanggaran aturan, suka menjelek-jelekkan pihak lain, serta tidak memperhatikan kualitas pekerjaan yang dikerjakannya.

16. Jika pihak bawahan anda melakukan sebuah kesalahan, apakah yang akan anda lakukan

Jawaban: tentunya, tidak ada orang yang sempurna di dunia ini. Saya akan melakukan pemeriksaan apakah yang sebenarnya terjadi, mencari letak kerusakan yang diakibatkan oleh kesalahan tersebut serta mencari penyebabnya. Kemudian, saya akan membuat sebuah tindakan pencegahan dan perbaikan supaya kesalahan yang sama tidak akan terulang di kemudian hari ini. Saya kemudian akan memberikan kesempatan kepada bawahan saya untuk bisa memperbaiki kinerja yang dimilikinya.

17. Apakah yang anda lakukan jika bawahan anda sering mengeluh tentang masalah pribadi yang mereka miliki

Jawaban: saya tentunya akan menerima mereka di ruangan khusus saya serta akan membiarkan mereka untuk menceritakan masalah pribadi yang mereka miliki. Apabila diminta, tentunya saya akan memberikan sejumlah saran untuk masalah yang mereka miliki dari pengalaman yang saya miliki, mereka secara umum hanyalah memerlukan seorang pendengar yang mampu untuk mendengarkan masalah mereka tanpa harus mengadilinya.

18. Apakah yang akan anda lakukan jika mendapatkan masalah yang cukup besar di dalam pekerjaan

Jawaban: tentu, saya akan mencari letak dari akar permasalahan tersebut untuk bisa memperoleh solusi yang paling tepat. Disamping itu, saya juga akan menjalankan solusi tersebut dalam rangka untuk melakukan proses perbaikan. Berjalan dengan sejumlah tindakan perbaikan yang sedang saya kerjakan, saya juga akan membuat sebuah tindakan pencegahan supaya permasalahan tersebut tidak akan terulang kembali.

19. Apa alasan anda pindah tempat kerja dari tempat kerja yang sebelumnya

Jawaban: saya menginginkan pekerjaan yang jauh lebih menantang, dan menurut perkiraan saya perusahaan ini bisa memenuhi keinginan yang saya miliki.

20. Apa saja halangan yang cukup sulit yang pernah anda lalui pada pekerjaan yang sebelumnya

Jawaban: halangan yang paling sulit yang pernah saya temukan pada pekerjaan yang sebelumnya adalah jam kerja yang tidak teratur. Kadangkala, saya bekerja di pagi hari sampai dengan larut malam.

21. Apakah anda pernah tidak masuk bekerja tanpa alasan alias bolos

Jawaban seingat saya, saya belum pernah membolos di dalam bekerja. Apabila keadaan dalam kondisi sangat darurat, maka apabila saya tidak bisa masuk bekerja maka saya akan langsung memberikan informasi kepada atasan saya sebelumnya.

22. Apakah anda mau bekerja secara lembur

Jawaban: biasa ya tentu bersedia. Kerja lembur bukanlah masalah bagi saya pribadi.

23. Apa saja yang membuat anda cukup tertarik untuk bekerja di perusahaan ini

Jawaban: perusahaan ini menawarkan pekerjaan kepada saya sesuai dengan pendidikan serta pengalaman yang sudah saya miliki. Dengan demikian, tentunya saya bisa memberikan kontribusi di dalam memajukan perusahaan ini kedepannya.

24. Seberapa baikkah anda di dalam mengenal perusahaan kami

Jawaban: saya tentunya cukup mengenai perusahaan ini karena cukup banyak teman yang saya miliki selalu membicarakan serta menggunakan produk dari perusahaan ini. Di samping itu, saya juga sering melihat iklan perusahaan ini baik di media cetak maupun media elektronik.

Baca Juga   Cara Jawab Interview Yang Baik

25. Berdasarkan pendapat anda, apakah yang bisa membuat perusahaan ini cukup berbeda dengan perusahaan sejenis yang lainnya

Jawaban: berdasarkan apa yang saya ketahui bahwa perusahaan ini mampu menghasilkan produk-produk yang memiliki kualitaslebih baik dibandingkan dengan perusahaan lainnya. Di samping itu, sejumlah fasilitas yang didapat oleh karyawannya juga tentunya lebih baik dibandingkan dengan perusahaan sejenis lainnya.

Coba anda jelaskan rencana yang anda miliki untuk 5 tahun ke depan pada perusahaan ini jawaban apabila saya bisa diterima bekerja pada perusahaan ini, di dalam waktu 5 tahun mendatang saya ingin menjadi seorang supervisor. Oleh sebab itu, saya tentunya akan mencoba memahami serta mempelajari ruang lingkup kerja serta tanggung jawab untuk posisi supervisor tersebut. Berikutnya, saya akan selalu berusaha untuk memenuhi apa saja yang disyaratkan guna bisa menjadi seorang supervisor yang baik di perusahaan ini.

26. Apakah nantinya anda sanggup untuk menerima tanggung jawab yang lebih besar lagi

Jawaban: iya, saya tentu siap. Di dalam pandangan yang saya miliki, saya tumbuhnya harus siap untuk menerima sejumlah tanggung jawab yang cukup besar serta posisi yang lebih tinggiuntuk bisa mencapai karir yang saya idam-idamkan. Dengan teknik seperti itu, tentunya saya bisa memacu diri saya pribadi sehingga menjadi jauh lebih baik.

27. Lingkungan pekerjaan seperti apakah yang anda senangi

Jawaban: saya lebih senang apabila bekerja pada lingkungan yang adil dan tentunya terdapat transparansi dalam segala macam hal. Di samping itu sop atau prosedur operasional standar juga harus jelas, termasuk di dalamnya adalah perkembangan karir. Pemberian penghargaan serta hukuman juga harus diperlakukan dengan cukup objektif. Di samping itu, saya juga menyenangi pekerjaan dengan sejumlah rekan yang memiliki optimisme tinggi serta memiliki semangat yang kuat.

28. Apakah anda memiliki kesediaan apabila ditempatkan di luar kota

Jawaban: tentunya saya bersedia. Dengan bekerja pada perusahaan ini hal-hal tersebut memiliki arti bahwa saya harus benar-benar siap untuk menerima segala macam kebijaksanaan dan keputusan yang berlaku.

29. Pertanyaan mengenai seputar gaji

Pertanyaan tentang gaji rata-rata ditanyakan oleh pihak wawancara di akhir sesi wawancara atau interview kerja. Adapun jumlah pertanyaan tentang seputar gaji tidaklah terlalu banyak akan tetapi memiliki fokus pada besaran gaji yang akan anda minta.

30. Sekarang ini, berapakah besaran gaji anda

Jawaban: gaji pokok yang saya terima sekarang ini adalah Rp. 4.000.000. Apabila ditambahkan dengan bonus bulanan dan tunjangan, maka total gaji yang saya terima dalam sebulan adalah Rp. 5.000.000.

31. Berapakah jumlah gaji yang anda minta untuk posisi yang anda lamar tersebut

Jawaban: saya memiliki harapan bisa memperoleh gaji dalam satu bulan sebesar Rp. 8.000.000.

32. Kami tidak bisa memenuhi permintaan gaji yang anda tawarkan. Seberapa banyakkah anda dapat menurunkan permintaan gaji anda tersebut

Jawaban: bagaimanakah jika Rp. 7.000.000 setiap bulan

Demikianlah pembahasan singkat tentang apa saja pertanyaan saat interview atau wawancara yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda membaca 30 soal tentang sejumlah pertanyaan pada saat interview di atas, maka anda sudah memiliki referensi atas sejumlah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pihak pewawancara. Semoga bermanfaat dan selamat beraktifitas.

Check Also

Tips Saat Interview Pekerjaan

Tips Saat Interview Pekerjaan Dengan Baik Dan Benar

Saat anda sedang mengikuti interview atau wawancara kerja, apakah yang harus anda sampaikan? Tentu, cukup ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *