Home / Materi Umum / Psikotes / Apa Yang Dimaksud Dengan Psikotes? Bagaimana Cara Mengerjakan Soal-Soal Tes Psikotes
Apa Yang Dimaksud Dengan Psikotes

Apa Yang Dimaksud Dengan Psikotes? Bagaimana Cara Mengerjakan Soal-Soal Tes Psikotes

Apakah yang dimaksud dengan psikotes? Bagaimanakah teknik mengerjakan beragam soal tes psikotes? Bermula dari pertanyaan yang kerap kali ditanyakan oleh para pengguna internet tentang psikotes, Pada kesempatan kali ini penulis akan mencoba sharing sejumlah pengertian psikotes yang menulis sambil dari sejumlah sumber serta memberikan sejumlah contoh soal latihan tes psikotes supaya Anda lebih memahami dengan tes psikotes itu sendiri.

Pengertian Psikotes Menurut Wikipedia

Psikotes merupakan serangkaian tes atau pertanyaan yang diberikan oleh sekelompok psikologi (profesional) atau seseorang disebabkan oleh kebutuhan seorang klien baik organisasi maupun individu. Psikotes berguna untuk memberikan sebuah gambaran secara menyeluruh tentang kepribadian atau psikologi individu berdasarkan keperluan klien tersebut.

Pengertian Psikotes Menurut Pakar Atau Ahli Psikologi

Shetser dan Peters di tahun 1974 mengartikan bahwa tes merupakan sebuah langkah langkah atau prosedur yang disusun secara sistematis guna mengobservasi suatu tingkah laku individu serta memberikan gambaran tingkah laku tersebut lewat sistem kategori atau skala angka.

Anne anastasi di tahun 1990 mengartikan bahwa tes psikotes adalah “A Psychological test essentially an objective and standardized measure of a sampel of behavior”.

Kesimpulan

Psikotes merupakan kumpulan dari beberapa soal ujian yang berkaitan dengan kepribadian atau psikis seseorang yang diberikan oleh sebuah instansi atau lembaga kepada individu peserta tes.

Tujuan Pelaksanaan Tes Psikotes

Tujuan dan maksud pelaksanaan tes psikotes yakni guna memperoleh gambaran secara utuh dan menyeluruh karakter dari masing-masing peserta tes. Dari teks tersebut lah, mereka akan memahami Bagaimana karakteristik dan kepribadian calon karyawan yang melamar tersebut peserta dari tes psikotes Itulah bisa diketahui cocok atau tidak cocok peserta tes itu bekerja.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Dan Cara Menjawabnya

Contoh Soal Tes Psikotes

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tes psikotes yang sering digunakan oleh perusahaan pada saat perekrutan karyawan baru

Contoh soal nomor 1 (Contoh soal tes Psikotes penalaran logis)

  • Seluruh pakaian di musim dingin berbulu
  • Seluruh pakaian yang berbulu memiliki harga mahal
  • Seluruh pakaian yang berharga mahal tidak cepat rusak

Pernyataan yang benar sesuai dengan kondisi di atas adalah?

a. Seluruh pakaian yang berbulu bukanlah merupakan pakaian di musim dingin

b. Seluruh pakaian di musim dingin tidak cepat rusak

c. Seluruh pakaian di musim dingin cepat rusak

d. Seluruh pakaian di musim dingin memiliki harga murah

e. Seluruh pakaian yang berharga murah bukanlah pakaian di musim dingin

Kunci jawaban yang benar adalah b. Seluruh pakaian di musim dingin tidak cepat rusak

Seluruh pakaian berharga mahal tidak cepat rusak. Pakaian di musim dingin berharga mahal, sehingga pakaian di musim dingin tidak cepat rusak.

Contoh soal nomor 2 (contoh soal tes Psikotes penalaran analitis)

Zega, Ruzuar dan Almira merupakan peserta lomba lari. Agar bisa memenangkan pertandingan lomba lari tersebut, salah satu dari mereka wajib bisa berlari sejauh 100 m dalam waktu 12,5 detik. Pada pertandingan nya Ruzuar membutuhkan waktu 13,5 detik, sementara Zega dan Almira mampu lari jauh lebih cepat dibandingkan Ruzuar. Di bawah ini manakah pertanyaan yang paling tepat?

a. Tidak ada peserta yang lolos

b. Almira lolos lomba

c. Zega dan Ruzuar lolos lomba

d. Ruzuar tidak lolos lomba

e. Cuma Almira yang lolos lomba

Kunci jawaban yang benar adalah d. Ruzuar tidak lolos lomba. Sebab, Ruzuar membutuhkan waktu yang melebihi orang waktu yang ditentukan sehingga dia tidak bisa lolos

Baca Juga   Langkah Jitu Agar Skripsi Bisa Diselesaikan Dengan Cepat, Silahkan Simak Sebaik-Baiknya

Contoh soal nomor 3 (soal tes psikotes matematika dasar)

Contoh soal tes matematika dasar ini adalah tes psikotes yang pernah digunakan pada Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia.

Seorang pembuat sepatu hendak membuat 80 buah pasang sepatu dan membutuhkan waktu sekitar 23 hari. Apabila pembuat sepatu tersebut mampu bekerja selama 30 hari lamanya, maka berapakah pasang sepatu yang bisa dia buat?

a. 120 pasang

b. 115 pasang

c. 110 pasang

d. 104 pasang

e. 94 pasang

Kunci jawaban yang benar adalah d. 104 pasang

Diketahui bahwa 80 pasang sepatu bisa diselesaikan dalam 23 hari. Sehingga, jika pengrajin tersebut mampu bekerja selama 30 hari, maka akan didapat:

X/30 = 80/23

X = 30 x 80/23

X = 104

Soal Tes Psikotes

Guna memantapkan anda di dalam mempelajari soal tes Psikotes, silakan Anda coba kerjakan 1 soal tes Psikotes berikut ini. Contoh soal tes Psikotes Berikut ini adalah tes psikotes yang berbentuk lawan kata atau antonim.

Lawan kata dari bonsai adalah….

a. Besar

b. Kecil

c. Tampan

d. Seram

e. Cantik

Sekian pembahasan singkat tentang pengertian dari psikotes dan bagaimana cara mengerjakan beragam soal tes Psikotes dengan baik dan benar sehingga Anda benar-benar mampu menyelesaikan beragam soal tes psikotes dengan sempurna dan pada akhirnya anda akan bisa diterima bekerja pada perusahaan favorit. Terima kasih dan selamat berjuang, semoga sukses.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Apakah sekarang ini anda sedang mencari referensi dan contoh soal psikotes masuk polisi karena anda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *