Home / Materi Umum / Psikotes / Bagaimana Tes Psikotes Dilaksanakan?

Bagaimana Tes Psikotes Dilaksanakan?

Apakah sekarang ini anda sedang bingung bagaimana tes psikotes dilaksanakan? Mungkin saja, hal tersebut melanda diri anda karena anda baru pertama kali hendak mengikuti tes psikotes untuk bisa masuk diterima kerja di tempat kerja idaman anda. Tentunya, untuk anda yang sekarang ini akan melaksanakan tes psikotes maka sangat memerlukan sejumlah informasi mengenai bagaimana tes psikotes dilaksanakan sehingga anda memiliki gambaran umum pada pelaksanaan tes psikotes.

Bagaimana Tes Psikotes Dilaksanakan

Pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas bagaimana tes psikotes dilaksanakan pada proses seleksi masuk karyawan atau pegawai baru. Urutan-urutan apa saja yang biasanya dilaksanakan serta dipelajari pada sejumlah tahapan tes psikotes adalah salah satu persiapan dan bekal yang wajib dipahami oleh setiap calon peserta tes psikotes sebelum mereka mengikuti tes psikotes yang sebenarnya.

Bagaimana Tes Psikotes Dilaksanakan?

Tes psikotes sebenarnya dilaksanakan dengan tujuan untuk melakukan pengukuran terhadap tingkat dan karakteristik psikologi yang dimiliki oleh masing-masing orang peserta tes. Pelaksanaan tes psikotes yang digunakan untuk menjaring pegawai maupun karyawan terbaik tentunya sangat dimanfaatkan oleh pihak pelaksana supaya mereka mempunyai gambaran secara spesifik mengenai seseorang tentang karakteristik dan juga kondisi psikologis dari setiap peserta tes. Berdasarkan hasil analisa tersebutlah nantinya akan dapat diambil kesimpulan apakah peserta tes tersebut layak untuk bisa masuk bekerja atau tidak.

Sebaliknya, untuk anda yang hendak mengikuti tes psikotes, tentunya sangat ingin memahami bagaimana tes psikotes dilaksanakan. Selain itu, anda juga tentunya sangat mengharapkan untuk memahami dan mengetahui berbagai macam jenis tes yang akan diujikan. Untuk itulah, alangkah baiknya anda tetap membaca ulasan berikut ini karena anda akan memahami secara detail bagaimana tes psikotes dilaksanakan. Dengan demikian, maka tentunya anda akan dapat mempersiapkan diri sedini mungkin supaya bisa benar-benar melaksanakan tes psikotes dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Bank Mandiri Dan Jawabannya

Secara umum, tes psikotes rata-rata dikerjakan dengan berbagai macam jenis tes yang mana jenis tes psikotes yang satu akan selalu berkaitan dengan jenis tes psikotes yang lainnya. Disamping itu, jenis dari masing-masing tes psikotes juga akan sangat menentukan hasil dari pelaksanaan tes psikotes. Untuk itulah, maka anda tentunya harus memahami keseluruhan dari jenis tes psikotes supaya persiapan yang anda miliki akan jauh lebih matang.

  1. Jenis tes pertama yang sering dilaksanakan adalah jenis tes psikotes warteg. Jenis tes psikotes warteg digunakan untuk mengasah kemampuan peserta tes di dalam melakukan sejumlah contoh soal yang berbentuk gambar.
  2. Tes psikotes yang kedua adalah jenis tes psikotes pauli maupun tes psikotes kraepelin. Tes psikotes pauli atau tes psikotes kraepelin ini sering pula disebut dengan istilah tes psikotes koran. Tes psikotes pauli atau tes psikotes kraepelin tersebut isinya adalah daratan-daratan angka yang mana anda wajib mempunyai kemampuan matematika yang baik supaya dapat menyelesaikan berbagai macam soal yang berasal dari daratan tersebut.
  3. Tes psikotes yang ketiga dari bagaimana tes psikotes tersebut dilaksanakan yakni tes EPPS tes atau tes edwards personal preference schedule. Jenis jenis tes EPPS ini digunakan untuk mengukur apakah seseorang dapat bekerja dengan baik atau tidak berdasarkan dari posisi yang dilamarnya.
  4. Tes psikotes yang keempat adalah tes psikotes analog verbal. Rata-rata, tes psikotes analog verbal isinya adalah soal-soal logika perbandingan. Jadi, setiap peserta memang harus memiliki kemampuan di dalam melogika sesuatu.
  5. Tes psikotes yang kelima adalah tes psikotes logika matematika. Sesuai dengan namanya, maka untuk bisa mengerjakan tes psikotes logika matematika maka tentunya anda harus memiliki kemampuan matematika yang mumpuni. Biasanya, isi dari tes psikotes logika matematika adalah deretan angka yang mana nantinya anda akan diminta untuk bisa melanjutkan deret angka matematika tersebut.
Baca Juga   Perlukah Belajar Psikotes Kerja?

Dari sejumlah penjabaran tentang urutan dari pelaksanaan tes psikotes, maka diharapkan anda sudah mampu untuk memahami bagaimana tes psikotes dilaksanakan. Tentunya, gambaran gambaran umum tentang pelaksanaan tes psikotes tersebut sudah bisa anda kuasai sehingga anda mampu untuk memaksimalkan diri di dalam mempelajari beberapa jenis tes psikotes yang sering sekali digunakan. Selain itu, anda juga tentunya bisa mempersiapkan berbagai macam contoh soal tes psikotes guna menunjang aktivitas anda di dalam belajar.

Sekian penjabaran singkat tentang bagaimana tes psikotes dilaksanakan. Mudah-mudahan, setelah anda memahami sejumlah gambaran pelaksanaan tes psikotes di atas, maka persiapan anda akan menjadi lebih matang dan harapan anda untuk bisa diterima kerja di tempat kerja idaman bisa terealisasikan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Assessment Karyawan

Contoh Soal Assessment Karyawan

Pencarian contoh soal asesmen psikologi di internet memang tercatat cukup tinggi, baik itu menggunakan mesin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *