Home / Materi Umum / Psikotes / Bentuk Tes Psikotes Secara Umum

Bentuk Tes Psikotes Secara Umum

Apakah anda bentuk tes psikotes secara umum yang kerap kali digunakan di pelaksanaan perekrutan pegawai atau karyawan baik di instansi pemerintah maupun perusahaan? Tentunya, dengan memahami sejumlah bentuk tes psikotes secara umum yang sering diujikan, maka tentunya kita bisa mempersiapkan diri lebih dini dengan cara belajar mengenai bentuk-bentuk dari tes psikotes yang sering digunakan.

Bentuk Tes Psikotes Secara Umum

Bentuk Tes Psikotes Secara Umum

Pelaksanaan tes psikotes tentunya menggunakan berbagai macam bentuk tes psikotes di mana bentuk dari tes psikotes tersebut memiliki fungsi yang berlainan. Adapun fungsi dari berbagai macam bentuk tes psikotes adalah bagian dari proses guna bisa mengetahui karakter yang dimiliki oleh seseorang serta kondisi dari psikologis orang tersebut. Pada pelaksanaan tes psikotes, maka seluruh bentuk tes psikotes akan diujikan. Untuk itulah, alangkah baiknya apabila kita bisa mempersiapkan diri secara keseluruhan guna memperoleh hasil yang terbaik.

Supaya anda bisa memiliki gambaran umum mengenai pelaksanaan tes psikotes, maka bentuk tes psikotes secara umum akan saya ulas pada posting kali ini. Setelah anda memahami beberapa contoh bentuk tes psikotes, maka selanjutnya anda bisa mencari berbagai macam contoh soal dari masing-masing bentuk tes psikotes tersebut. Setelah anda berhasil mendapatkan contoh-contoh soal dari berbagai macam bentuk tes psikotes, maka anda bisa mencoba untuk mempelajarinya satu demi satu.

Di bawah ini adalah sejumlah bentuk tes psikotes secara umum yang sering kali keluar pada pelaksanaan tes psikotes perekrutan karyawan atau pegawai baru:

1. Bentuk tes psikotes wartegg

Tes psikotes wartegg prediksi soal yang akan meminta anda guna menyelesaikan sebuah gambar di mana gambar inti sudah disediakan. Namun, gambar inti atau gambar utama tersebut rata-rata hanya berbentuk simbol berukuran kecil. Mana bisa mengerjakan tes psikotes warteg tersebut, maka diperlukan pemahaman dan logika serta nalar yang cukup baik.

Baca Juga   Bagaimana Tes Psikotes Dilaksanakan?

2. Bentuk tes psikotes menggambar orang.

Istilah lain dari tes psikotes menggambar orang adalah draw a man test. Di samping menggambar orang, rata-rata kegiatan menggambar tersebut adalah menggambar pohon. Istilah lain untuk tes psikotes menggambar pohon adalah baum tree tes. Pada pelaksanaan tes psikotes tersebut, sesungguhnya tidak diperlukan kemampuan yang sangat bagus pada bidang seni lukis.

Akan tetapi, diperlukan logika yang cukup handal di mana hasil dari tes psikotes gambar bisa terbaca dengan cukup mudah. Perlu diketahui bahwa sejumlah teknik mengenai detail garis haruslah sesuai berdasarkan imajinasi sehingga nantinya proses dari tes psikotes atau penguji dapat membaca hasil gambar dengan cukup cepat dan akurat.

3. Bentuk tes psikotes edward personal preference schedule atau epps

Tes psikotes edwards personal preference schedule memiliki tujuan yaitu guna mengukur sekaligus melakukan peninjauan tentang kepribadian dari peserta tes. Proses pengukuran tersebut rata-rata dilihat dari sejumlah kebutuhan yang merupakan alasan seseorang bekerja pada sebuah perusahaan yang di rencanakan.

4. Tes psikotes kraepelin atau tes psikotes pauli

Terdapat istilah lain untuk menyebutkan tes psikotes kraepelin atau tes psikotes pauli, yaitu tes psikotes koran. Untuk bisa menyelesaikan tes psikotes kraepelin atau tes psikotes pauli, diperlukan kemampuan yang cukup handal pada sisi berhitung serta kemampuan yang baik pada kompetensi matematika. Mempelajari dan mengasah kemampuan berhitung adalah salah satu hal yang cukup penting untuk dikerjakan guna bisa mengerjakan tes kraepelin atau tes pauli dengan benar dan cepat.

5. Tes psikotes logika penalaran

Berdasarkan nama dari tes psikotes tersebut bahwa anda akan diminta untuk menggunakan logika maupun penalaran terhadap sejumlah bentuk gambar yang mana nantinya dari masing-masing bentuk gambar tersebut dapat digabungkan menjadi satu buah pola tertentu. Untuk bisa mengerjakan tes psikotes logika penalaran, maka anda harus benar-benar mempunyai daya imajinasi yang cukup kuat tentang sejumlah bentuk pola yang ada pada kehidupan sehari-hari.

Baca Juga   Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Itulah beberapa bentuk tes psikotes yang kerap kali keluar pada saat kita mengikuti tes psikotes dalam rangka perekrutan pegawai atau karyawan baru di sebuah perusahaan. Dengan memahami berbagai macam bentuk tes psikotes secara umum di atas, maka nantinya anda bisa lebih cepat dan lebih tepat di dalam mempersiapkan berbagai macam bahan untuk belajar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Assessment Karyawan

Contoh Soal Assessment Karyawan

Pencarian contoh soal asesmen psikologi di internet memang tercatat cukup tinggi, baik itu menggunakan mesin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *