Home / Tips dan Trik / Psikotes / Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

Cara belajar psikotes yang akan saya ulas pada artikel kali ini bertujuan untuk membantu anda di dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu yang anda miliki supaya proses pelaksanaan tes psikotes bisa berjalan lebih baik dan tentunya memperoleh hasil yang maksimal. Namun sebelumnya perlu kita ketahui bersama pada setiap akhir semester, baik itu di bulan desember maupun di bulan juli pastinya akan terdapat banyak calon pelamar pekerjaan di berbagai macam perusahaan.

Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

Hal tersebut dilatarbelakangi karena pada kedua bulan tersebut adalah merupakan bulan kelulusan bagi mereka yang sedang kuliah. Rata-rata pada bulan itulah banyak yang berkonsentrasi untuk mencari cara belajar psikotes yang baik dengan harapan mereka mampu mengikuti tahapan demi tahapan tes psikotes yang diselenggarakan oleh perusahaan.

Hanya saja, kadangkala mereka juga akan menemukan kesulitan untuk memperoleh teknik dan metode serta cara belajar psikotes yang paling efektif dan paling baik. Artinya, kebutuhan kebutuhan mereka di dalam menyongsong kegiatan tes psikotes tidak terpenuhi.

Apabila anda memang sedang serius di dalam mencari cara belajar psikotes yang paling efektif, maka silahkan anda lanjutkan terus untuk membaca ulasan pada kesempatan kali ini karena saya akan mencoba untuk menjabarkan secara mudah bagaimana metode belajar psikotes yang paling efektif dan tentunya cukup menyenangkan dan bisa diikuti oleh siapa pun. Ulasan-ulasan yang akan saya buat tentunya cukup realistis dan cukup lengkap.

Adapun jenis tes yang paling banyak diterapkan pada tes psikotes adalah pada sisi kreativitas dan kemampuan. Sementara itu, beberapa jenis dari soal tes psikotes meliputi tes psikotes dap, tes psikotes baum, tes psikotes menggambar tes psikotes dan tes psikotes spasial. Harapannya, dengan memahami sejumlah soal tes psikotes tersebut maka nantinya kompetensi yang anda miliki akan sama atau sinkron dengan kualifikasi yang dibutuhkan pada perusahaan yang anda lamar tersebut

Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

Di bawah ini terdapat empat cara belajar psikotes yang cukup efektif dan tentunya perlu anda terapkan dengan harapan nantinya perjalanan anda di dalam menempuh tes psikotes bisa berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil maksimal. Tidak ketinggalan pula bahwa harapan anda untuk bisa diterima bekerja pada perusahaan yang diimpikan bisa terealisasikan.

1. Pastikan kompetensi yang dimiliki sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan

Pada tahapan ini, anda harus memastikan dan meyakinkan diri anda sendiri bahwa posisi jabatan yang anda lamar pada perusahaan yang diincar adalah sama dengan kompetensi yang anda miliki sehingga nantinya akan memudahkan anda pada pelaksanaan tes psikotes. Anda harus memiliki kesamaan keterampilan dan pendidikan dengan posisi yang dilamar. Dengan demikian, maka visi yang anda miliki akan sama dengan yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca Juga   Cara Lulus Tes Psikotes Paling Efektif

Jika anda bingung mengenai kemampuan dan kompetensi yang anda miliki, maka anda harus mengetahui mulai dari sekarang. Perhatikan kemampuan-kemampuan yang cukup menonjol pada diri anda dan itulah skill yang anda miliki tersebut.

2. Jangan memasukkan lamaran terlalu banyak

Usahakan untuk selalu menyeleksi lamaran lamaran yang anda masukkan ke sejumlah perusahaan baik itu yang sedang membuka lowongan pekerjaan maupun yang tidak. Terutama, bagi anda yang belum mengetahui secara mendetail tentang segmen serta bisnis pada perusahaan yang anda lamar tersebut. Hal tersebut tentunya berkaitan dengan bagian yang pertama di mana kemampuan serta skill dan juga pendidikan yang anda miliki harus selalu linier dengan tempat kerja anda nantinya.

Jangan sampai anda memasukkan lamaran pekerjaan ke tempat dimana bidang pekerjaannya tidak sesuai dengan kompetensi yang anda miliki. Apabila hal tersebut terjadi nantinya pasti anda akan mengalami kesulitan di proses seleksi masuk. Apabila kebetulan anda bisa diterima pada pelaksanaan seleksi tersebut, maka masalah akan muncul ketika anda sudah mulai bekerja di dalamnya karena tingkat penguasaan pekerjaan sangatlah minim karena tidak sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

3. Penentu tidak hanya dari sisi skor yang tinggi

Perlu kita ketahui bersama bahwa hal yang bisa menentukan kita bisa lulus tes psikotes atau tidak bukanlah terletak pada perolehan skor yang tinggi. Dukungan dari kecerdasan intelegensi dan iq sangatlah memegang peranan yang cukup penting di dalam menentukan apakah anda layak untuk diterima atau ditolak. Selain itu, pengalaman serta jam kerja pada tempat kerja yang sebelumnya merupakan salah satu bagian yang cukup penting di dalam menentukan keputusan perusahaan untuk memilih anda.

4. Jangan pernah menyalahkan lingkungan sekitar apabila mengalami kegagalan

Adakalanya, ketika kita mengikuti tes psikotes, kita mengalami kegagalan.hal tersebut tentunya hampir pasti bisa terjadi pada setiap orang. Penyebabnya cukup banyak, salah satunya adalah perbedaan kompetensi dan kemampuan yang dimiliki dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

Apabila hal tersebut terjadi pada anda maka berusahalah untuk tidak menyalahkan siapapun yang ada di sekitar anda. Lakukan evaluasi dan koreksi pada diri sendiri serta lakukan pemahaman mengenai beberapa kekurangan yang dimiliki. Kita harus berpikir realistis bahwa tidak seluruh peserta tes akan terbawa masuk sebagai karyawan atau pegawai di sebuah perusahaan. Pastinya, apabila ada yang lebih baik diantara kita, maka merekalah yang akan bisa masuk ke dalamnya.

Baca Juga   Cara Menghadapi Psikotes Kerja

Selain itu, kita juga harus memahami kemampuan yang kita miliki karena bisa jadi kemampuan kita masih sangat terbatas. Membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk mampu menguasai tes psikotes dan menemukan teknik terbaik untuk bisa lolos dari tes psikotes tersebut. Dibutuhkan berbagai macam teknik serta latihan sedini mungkin sebelum kita mengikuti tes psikotes.

Itulah beberapa cara belajar psikotes yang paling efektif dan tentunya harus dipahami oleh setiap peserta tes sehingga pada akhirnya bisa berusaha dengan sebaik-baiknya guna memperoleh hasil yang maksimal sehingga pada akhirnya mampu untuk bisa masuk ke dalam perusahaan sebagai bagian di dalamnya.

Tips Dan Trik Pelaksanaan Tes Psikotes

Disamping itu, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan oleh setiap peserta tes sebelum bener-bener memulai mengerjakan soal tes psikotes yang diberikan oleh tester. Berikut ini adalah beberapa tips dan trikpsikotes yang berhasil saya kemas.

1. Ketahuilah lokasi tes

Anda harus memastikan sudah mengetahui lokasi tes. Kadangkala, faktor tersebut seringkali kurang memperoleh perhatian. Padahal, ketika kita belum mengetahui lokasi pelaksanaan tes maka akan sangat berpengaruh terhadap konsentrasi dan fokus kita. Sangat disarankan, beberapa hari sebelum pelaksanaan tes dimulai, maka anda harus melakukan survei dimana anda hendak melaksanakan tes tersebut.

2. Cukup istirahat

Memberikan porsi yang cukup untuk istirahat adalah salah satu metode untuk membuat fisik menjadi lebih optimal. Hal tersebut disebabkan karena kondisi fisik yang fit akan menjadikan hati lebih tenang dan pikiran lebih jernih. Jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih.

3. Datang ke tempat tes lebih awal

Supaya tidak terlambat datang, maka kita harus berusaha untuk bisa sampai ke tempat tes lebih awal dari jadwal yang sudah ditentukan. Hal tersebut bertujuan supaya langkah kita menjadi lebih tenang dan tentunya kita bisa mempersiapkan diri lebih maksimal di tempat tes.

4. Makan dan minum secukupnya

Guna mempertahankan kondisi fisik supaya tetap dalam kondisi prima, maka makan dan minum haruslah dalam kondisi cukup, tidak berlebihan dan juga tidak kurang. Makan dan minum yang berlebihan akan membuat kita menjadi lebih mudah ngantuk. Demikian juga makan dan minum dalam porsi yang kurang tentunya akan membuat kita merasa tetap lapar dan pada akhirnya mengganggu konsentrasi di dalam mengerjakan tes psikotes.

5. Berdoa sebelum berangkat

Berdoa sebelum berangkat ke tempat tes adalah sebuah kewajiban. Berdoa sesuai dengan keyakinan yang anda miliki dan yakinlah bahwa yang menentukan berhasil atau tidaknya adalah sang pencipta. Kita hanyalah mampu untuk berusaha saja dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga   Cara Mengerjakan Soal Psikotes Paling Jitu

6. Baca ulang kembali CV dan surat lamaran anda

Aktivitas ini diperlukan karena ada sejumlah tes yang kadangkala menanyakan berbagai macam hal yang berhubungan dengan CV yang anda miliki. Jangan sampai, anda memberikan jawaban yang berbeda dengan CV yang anda buat sebelumnya. CV juga bisa dijadikan sebagai salah satu modal yang cukup berharga karena CV yang mempunyai relevansi dengan kualifikasi pekerjaan yang dibutuhkan akan mendapat perhatian yang lebih.

7. Berlatih mengerjakan soal dan materi tes psikotes

Hal ini tentunya sudah umum dilakukan oleh siapa saja karena dengan mempersiapkan diri berlatih berbagai macam soal serta materi tes psikotes akan membuat anda memiliki gambaran yang lebih bagus tentang tes psikotes.

8. Tes psikotes memiliki keunikan tersendiri

Tes psikotes memang cukup berbeda dengan jenis tes pada kompetensi atau mata pelajaran yang lainnya. Pada mata pelajaran selain tes psikotes, rata-rata setiap soal akan memiliki jawaban yang pasti. Berbeda dengan tes psikotes di mana ada jawaban yang dianggap sudah benar, namun ternyata belum tepat berdasarkan kunci jawaban dari tes psikotes yang sebelumnya. Beberapa contoh jenis tes psikotes yang unik tersebut adalah tes psikotes eneagram, tes psikotes kraepelin atau pauli atau koran dan Map Appraisal Test atau test MAP.

Mungkin juga suatu saat anda akan menemukan keanehan dan ketidakcocokan dengan hasil tes yang diperoleh. Anda merasa bahwa sudah sangat benar di dalam mengerjakan sejumlah soal tes, namun pada kenyataannya anda tidak terbawa masuk ke dalam daftar yang lolos. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Jawabannya karena adanya keunikan dan stabilitas yang relevansi terhadap apa yang diperlukan oleh perusahaan yang membutuhkan karyawan tersebut.

9. Bawalah ATK secara lengkap

Sebenarnya, anda tidak diminta untuk membawa berbagai macam alat tulis kantor atau ATK. Namun, walaupun demikian berbagai macam peralatan kantor mulai dari pena, penghapus, pensil dan lain sebagainya tentu harus anda bahwa. Jangan lupa pula untuk membawa jam tangan, bukan jam yang ada di ponsel. Hal tersebut terkadang cukup diremehkan, tapi memiliki akibat yang fatal apabila tidak memilikinya.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara belajar psikotes yang paling efektif yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Semoga saja artikel di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk anda terutama bagi yang sekarang ini sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes psikotes pada perusahaan yang diidam-idamkan. Terima kasih, semoga bermanfaat dan salam sukses untuk pengunjung sekalian.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Cara Menjawab Soal Psikotes

Cara Menjawab Soal Psikotes Biar Nilainya Tambah Baik

Cara menjawab soal psikotes banyak dicari oleh para pelamar kerja sebagai salah satu bentuk usaha ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *