Home / Tips dan Trik / Cara Dan Tips Mudah Mengerjakan Tes Psikotes PLN

Cara Dan Tips Mudah Mengerjakan Tes Psikotes PLN

PLN merupakan sebuah perusahaan BUMN yang bergerak dibidang penyediaan listrik di Indonesia. PT PLN memberikan prosepek yang bagus untuk semua karyawannya, sehingga setiap tahunnya penerimaan calon karyawan selalu dibanjiri oleh para pencari kerja dari berbagai daerah. Persaingan yang cukup berat membuat peluang lolos tes semakin kecil. Untuk menjadi karyawan PLN, calon karyawan harus lulus seleksi berkas maupun tes. Dan salah satu tes yang wajib dikuasai adalah tes psikotes PLN.

Kategori Tes Psikotes PLN

Tes psikotes PLN dibagi menjadi beberapa kategori, yang antara lain adalah tes pengetahuan umum untuk melihat sejauh mana tingkat pengalaman dan pengetahuan anda. Tes verbal, seperti sinonim, antonim, dan tes hubungan kata untuk mengetahui kemampuan tata bahasa anda. Selain itu juga terdapat tes aritmatika, ter potongan gambar, kemampuan ruang serta tes menghafal cepat dan tes menggambar. Kesemuanya memiliki bobot soal yang seimbang, sehingga harus anda kuasai secara keseluruhan untuk dapat dinyatakan lolos sebagai karyawan.

Tips Mudah Mengerjakan Tes Psikotes PLN

Ada beberapa tipe soal yang diberikan oleh pihak perusahaan, yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Namun kesemuanya bisa anda tangani apabila memiliki persiapan tes yang matang. Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan. Hal pertama yang harus anda persiapkan adalah diri anda, untuk itu seringlah berlatih mengerjakan tes psikotes PLN dan pelajari berbagai contoh tes psikotes PLN untuk menambah pemahaman anda. Selain melatih kemampuan berhitung dan menggambar anda juga harus melatih daya ingat anda, mengingat ada beberapa soal yang mengandalkan daya ingat.

Hal selanjutnya yang harus anda perhatikan adalah kondisi fisik, pastikan anda cukup beristirahat sebelum hari tes tiba, dan hindari belajar berlebihan pada hari sebelum tes, untuk membuat pikiran fresh dan dapat meningkatkan kosentrasi pada saat mengerjakan tes psikotes PLN. Dan langkah terakhir adalah kerjakan soal tes dengan fokus dan tenang. Demikianlah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghadapi tes psikotes. Selamat mencoba dan semoga beruntung.

Check Also

Sukses tes psikotes  Inilah yang harus dilakukan

Sukses tes psikotes ? Inilah yang harus dilakukan

Siapa pun pasti ingin sukses tes psikotes. Apalagi jika tes psikotes tersebut dilaksanakan oleh perusahaan ...