Home / Wawancara / Cara Jawab Interview Yang Baik

Cara Jawab Interview Yang Baik

Sekarang ini, banyak sekali artikel yang membahas mengenai cara jawab interview yang baik. Hal tersebut disebabkan karena lowongan pekerjaan sekarang ini semakin banyak dan didukung dengan banyaknya lulusan dari bangku sekolah maupun bangku kuliah. Dengan mengetahui teknik dan cara jawab interview kerja yang baik dan benar, maka akan membuka peluang semakin lebar keberhasilan anda di dalam mengikuti seleksi karyawan baru dan pada akhirnya bisa diterima di perusahaan yang anda lamar tersebut.

Cara Jawab Interview Yang Baik

Cara jawab interview

Di bawah ini adalah sejumlah pertanyaan dan teknik menjawab pada pelaksanaan tes wawancara kerja atau tes interview yang bisa dijadikan sebagai pedoman di dalam bekerja sehingga pada akhirnya bisa menambah referensi anda di dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan pada pelaksanaan interview ataupun wawancara kerja. Buanglah jauh-jauh pemahaman anda bahwasanya tes interview ataupun wawancara kerja merupakan tes yang sulit untuk dilalui. Pelaksanaan tes interview ataupun wawancara kerja hanyalah sebatas untuk memahami lebih jauh tentang karakteristik anda sekaligus pendalaman informasi yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan tentang diri anda.

Di bawah ini adalah sejumlah pertanyaan yang dapat anda pelajari apabila anda memiliki rencana untuk mengikuti wawancara kerja atau interview:

1. Bagaimana apabila anda sudah bekerja pada perusahaan ini selama kurang lebih 5 tahun, namun tidak dipromosikan? Banyak di antara karyawan kami yang tidak memperoleh hal tersebut. Apakah anda akan frustasi di dalam permasalahan seperti itu?

Jawaban: saya memiliki pendapat bahwa diri saya merupakan salah satu orang yang ambisius, namun saya juga merupakan orang yang praktis. Selama saya belajar dan tumbuh di dalam posisi yang saya miliki tentunya saya akan merasa bahagia. Masing-masing perusahaan tentunya mempromosikan seseorang pada tingkat yang berlainan. Dan tentunya saya memiliki keyakinan bahwasanya dengan bekerja pada perusahaan ini, maka akan menjadikan saya semakin termotivasi dan juga semakin terstimulasi untuk beberapa tahun mendatang.

Baca Juga   Inilah Pengertian Wawancara Kerja Paling Baru Dan Paling Dipercayai

2. Berdasarkan resmi yang anda miliki, terlihat bahwa anda dipecat 2 kali. Apakah perasaan anda terhadap hal tersebut?

Jawaban: tentunya, setelah saya bangkit kembali dari “shock” di kali yang kedua, maka akan menjadikan saya lebih kuat. Memang betul bahwasanya saya dua kali dipecat, namun saya juga mampu untuk bangkit kembali untuk kedua kalinya. Apabila pekerjaan pada perusahaan ini memberikan tanggung jawab lebih kepada saya, mampu membayar saya sesuai dengan haknya, maka tentunya saya akan sangat berusaha untuk bekerja dengan sebaik-baiknya di perusahaan ini. Pada posisi tersebut tentunya saya memiliki semangat yang sangat tinggi.

3. Dalam waktu seminggu, berapa jam yang anda sediakan untuk bekerja? Berikan alasannya?

Jawaban: tentunya, saya terbiasa bekerja dalam durasi yang cukup lama dan juga cukup panjang. Dengan tambahan durasi pekerjaan tersebut, tentunya saya akan selalu mencoba untuk menemukan sebuah teknik dan cara guna bisa ” menambah nilai” untuk setiap pekerjaan yang saya kerjakan. Ketika ada klien yang membaca laporan yang dibuat oleh perusahaan ini, maka saya berharap bahwa mereka memiliki pikiran bahwasanya tidak ada yang dapat mengerjakan pekerjaan tersebut selain perusahaan ini.

4. Apakah yang anda pilih, menjadi trampil atau beruntung?

Jawaban: apabila saya disuruh untuk memilih, maka saya memilih untuk menjadi yang beruntung. Walaupun sangat terampil sebenarnya akan sangat membantu untuk membuat kondisi lebih banyak peluang.

5. Kapankah anda memiliki pikiran untuk bisa mencapai puncak karir yang anda idam-idamkan

Jawaban: saya merupakan orang yang memiliki pikiran selalu positif dan aktif, kuat dan juga sehat, sehingga saya tidak pernah memiliki pikiran tentang pencapaian puncak karir pada diri pribadi saya. Saya memiliki pikiran bahwasanya yang paling penting yaitu seberapa jauh pengetahuan yang saya miliki yang ada pada diri saya sendiri.

Baca Juga   Teknik Menjawab Pertanyaan Wawancara Kerja Paling Jitu

6. Apakah anda memiliki pemikiran bahwa anda adalah merupakan seorang pemimpin?

Jawaban: tentu saja iya. Saya mempunyai seluruh kualitas dari seorang pemimpin. Saya merupakan seorang yang ekstrovert di mana saya juga dapat menjadi seorang pendengar yang cukup hebat. Saya memiliki anggapan kepada diri saya bahwasanya saya merupakan orang yang memiliki ide yang besar, namun saya juga dapat keras kepala serta praktis jika dibutuhkan.

7. Bisakah anda memberikan penjelasan tentang pekerjaan apa yang anda idam-idamkan?

Jawaban: pekerjaan yang sedang saya lamar adalah pekerjaan yang saya idam-idamkan dan hal tersebutlah yang menjadikan saya berada di dalam ruangan ini

8. Apakah anda lebih menyukai untuk memperoleh izin dari atas sebelum anda mengerjakan suatu proyek baru?

Jawaban: di dalam minggu pertama saya berada di tempat kerja, maka saya akan selalu bertanya kepada atasan saya mengenai bagaimana beliau hendak memilih saya guna menangani proyek tersebut. Apabila beliau menyampaikan bahwa dia menginginkan supaya saya bisa menjalankan ide yang pertama tersebut, maka tentu saya akan mematuhinya. Saya berpikir bahwa tantangan yang riil dan nyata yaitu memiliki kemampuan di dalam beradaptasi dengan kondisi lingkungan kerja yang anda miliki dan saya merupakan orang yang cukup fleksibel.

9. Apakah anda memiliki kesediaan untuk memulai dari posisi bawah terlebih dahulu?

Jawaban: kadangkala, anda memang butuh untuk mengambil salah satu langkah mundur guna memindahkan karir anda ke bagian depan. Dimulai pada bagian entry-level tentu akan membuat saya bisa mempelajari bisnis yang anda geluti dari bagian bawah ke bagian atas.

10. Apakah sebuah perusahaan memerlukan pekerja kedua atau pekerja b? Atau mungkin lebih baik jika mempunyai pekerja utama atau pekerja a pada level staff? Mengapa demikian?

Jawaban: saya memiliki kepercayaan bahwasanya perusahaan membutuhkan kedua-duanya, yakni pekerja a dan juga pekerja b. Pada saat anda membuat sebuah bisnis baru, maka tentunya anda memiliki harapan bahwa pekerja a di bagian garis depan. Akan tetapi, dibalik pekerja inti atau utama tersebut, maka tentunya anda membutuhkan pekerja b yang dapat menuntaskan segala macam rincian proyek serta menyerahkan segala macam pekerjaan harian kepada mereka. Mempunyai terlalu banyak bekerja pada tim inti hanya akan mengarahkan pada kondisi bentrok ego serta tidak teratur.

Baca Juga   Contoh Contoh Wawancara

Sekian ulasan singkat tentang cara jawab interview yang baik dan benar di mana dapat menarik simpatik pihak pewawancara sehingga pada akhirnya anda diberikan kesempatan untuk bekerja pada perusahaan di posisi sesuai dengan kualifikasi yang anda lamar. Terima kasih, semoga bermanfaat.

Check Also

Tips Saat Interview Pekerjaan

Tips Saat Interview Pekerjaan Dengan Baik Dan Benar

Saat anda sedang mengikuti interview atau wawancara kerja, apakah yang harus anda sampaikan? Tentu, cukup ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *