Home / Wawancara / Cara Lulus Tes Interview

Cara Lulus Tes Interview

Jika anda hendak mengikuti tes interview, maka tentunya anda membutuhkan kiat atau cara lolos tes interview supaya usaha anda di dalam melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan atau tempat kerja di mana pun bisa terwujud. Ada kemungkinan, sekarang ini anda sudah memiliki target untuk mengincar sebuah pekerjaan pada suatu perusahaan, namun masih terkendala sulitnya mengikuti tes interview atau tes wawancara kerja.

Cara Lulus Tes Interview

Bisa dikatakan bahwa interview adalah salah satu hal yang sangat penting pada proses penerimaan karyawan atau pegawai, disebabkan karena dari jawaban-jawaban yang diberikan oleh pihak interviewee sebuah perusahaan akan memiliki gambaran tentang etos kerja dari calon pegawai atau karyawan nya juga. Dengan memanfaatkan hasil interview juga, sebuah perusahaan akan mampu untuk menentukan calon terbaik yang memiliki budaya kerja berdasarkan visi serta misi dari perusahaan.

Cara lulus interview atau wawancara kerja

Oleh sebab itulah, tes wawancara kerja atau interview memiliki posisi yang sangat penting, hal tersebut mengingat akan pentingnya pengenalan terhadap calon karyawan supaya bisa terbentuk sistem perusahaan yang lebih baik. Memang cukup banyak calon karyawan yang bisa berhasil lolos tes tertulis, namun mengalami kegagalan di dalam menghadapi tes wawancara kerja tersebut. Untuk anda yang tidak kenal menyerah dan tentunya ingin selalu mencoba, terdapat 8 cara lulus tes interview kerja yang tentunya bisa anda praktekkan sebelum maupun pada saat wawancara kerja sedang berlangsung supaya bisa lolos seleksi.

1. Persiapkan diri anda

Cara untuk mempersiapkan diri anda yaitu dengan menyiapkan daftar sejumlah pertanyaan yang bersifat umum sertayang memiliki kecenderungan diberikan di saat wawancara kerja sehingga bisa membantu di dalam memberikan jawaban yang paling tepat. Siapkan pula sejumlah pertanyaan lengkap dengan jawabannya yang menurut anda paling sesuai. Apabila pertanyaan tersebut keluar di saat wawancara atau interview, maka tentunya anda akan lancar untuk menjawabnya.

Baca Juga   Tata Cara Menghadapi Interview Yang Baik Dan Benar

2. Perlihatkan point plus dari anda

Silakan anda persiapan sejumlah nilai plus kurang lebih 3 sampai 5 poin yang berisi penjelasan anda tentang alasan kenapa anda bisa pantas untuk diterima kerja serta nyatakan sejumlah kemampuan anda pada posisi pekerjaan yang dilamar. Ketika anda bisa menunjukkan kelebihan anda, tentunya hal tersebut akan membantu pihak perusahaan guna memastikan bahwa anda merupakan calon karyawan yang tepat.

3. Memaksimalkan dan memanfaatkan waktu seefektif mungkin

Waktu yang dimiliki oleh pihak pewawancara guna melakukan wawancara dengan anda mungkin saja sangatlah terbatas dan sangat berharga, oleh karena itu hindarilah memberikan jawaban yang bertele-tele ataupun jawaban yang tidak sesuai. Penelitian mampu menunjukkan bahwa pihak pewawancara bisa memberikan sebuah keputusan dalam waktu 5 menit pertama pada saat kegiatan wawancara. Oleh karena itu, silakan berikan yang terbaik dari anda, terutama pada menit menit pertama. Salah satu contohnya yaitu dengan cara memulai dengan antusiasme yang cukup tinggi serta menjelaskan ketertarikan anda kepada perusahaan yang anda lamar.

4. Selalu bawa CV pada saat dilaksanakan interview

Membawa cv atau resume pada saat anda mengikuti interview atau wawancara kerja akan sangat membantu pihak pewawancara guna memperoleh referensi kembali atas pekerjaan atau pengalaman anda sebelumnya. Dengan menggunakan metode seperti itu tentu bisa sangat menghemat waktu bagi anda di dalam menyampaikan jawaban yang sesuai berdasarkan kesuma serta bisa mengalihkan respon jawaban pada bagian positif yang sudah dimilikinya.

5. Kenalilah dengan baik perusahaan yang anda lamar

Memahami seluk beluk perusahaan di mana anda melamar pekerjaan akan sangat penting disebabkan karena perusahaan tentu akan mempekerjakan calon karyawan yang sudah memahami perusahaan tersebut. Dengan memahami perusahaan yang diinginkan, maka anda pastinya bisa mengantisipasi sejumlah pertanyaan tentang posisi perusahaan, kompetisi, serta solusi bisnis yang paling tepat.

Baca Juga   Contoh Jawaban Interview

6. Memiliki pikiran positif

Pihak pewawancara bisa dengan sengaja memberikan pertanyaan tentang sejumlah hal negatif yang terjadi pada lingkungan sekolah maupun tempat kerja anda sebelumnya. Anda harus selalu mengingat untuk memiliki pikiran positif. Hindari lah pertanyaan pertanyaan tersebut dengan memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang saling berlawanan. Dengan teknik seperti itu, maka pihak wawancara akan selalu fokus kepada sisi positif yang diberikan.

7. Bahasa tubuh serta gerak-gerik yang sesuai

Pihak wawancara akan selalu memberi perhatian dimulai dari pada saat anda masuk ke dalam ruangan interview. Jabat tangan yang anda berikan, pakaian yang anda gunakan sampai dengan kontak mata bisa menjadi poin penilaian kesuksesan anda pada tahap interview. Silakan anda selalu fokus kepada pewawancara pada kualitas yang anda miliki guna memperoleh posisi yang tepat pada perusahaan yang anda idam-idamkan.

8. Jangan menyerah dan terus berlatih

Kegagalan di dalam wawancara kerja bukanlah memiliki arti kegagalan pada diri anda, namun hanyalah memiliki arti momen yang tidak sesuai. Silakan anda refleksikan diri, buatlah kembali daftar kenapa anda merupakan sosok yang yang tepat guna diterima kembali di dalam perusahaan tersebut. Anda tentunya bisa bertanya baik lewat email maupun secara langsung, alasan mengapa anda tidak diterima dan apa saja kekurangan yang anda miliki pada saat interview. Apabila anda rutin terlatih dan tidak menyerah, maka tentunya anda akan lebih bisa membiasakan diri pada sejumlah tekanan di saat wawancara.

9. Selalu optimis

Ketika anda rutin berlatih, maka tentu anda bisa membiasakan diri akan sejumlah pertanyaan yang menjebak dan taktis. Janganlah menjadikan kegiatan wawancara kerja sebagai kompetisi maupun ajang bersaing, namun anda bisa menjadikan interview sebagai salah satu sarana guna memperkenalkan diri serta menunjukkan nilai positif yang anda miliki.

Baca Juga   Contoh Wawancara Polisi Paling Unik

Sekian penjabaran singkat tentang cara lulus tes interview dengan mudah yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini. Semakin banyak anda menerapkan beberapa teknik interview yang baik di atas, maka akan semakin mudah anda di dalam melewati proses interview atau wawancara kerja sehingga pada akhirnya anda bisa diterima pada perusahaan yang anda lamar tersebut. Terima kasih dan selamat mencoba, semoga berhasil.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *