Home / Tips dan Trik / Cara Melamar Kerja Ini Bisa Membuat Pihak HRD Perusahaan Terkesan
Cara Melamar Kerja Ini Bisa Membuat Pihak HRD Perusahaan Terkesan

Cara Melamar Kerja Ini Bisa Membuat Pihak HRD Perusahaan Terkesan

Berbagai macam persiapan dilaksanakan sama tak mungkin supaya kegiatan wawancara pekerjaan bisa berjalan secara lancar, pihak pewawancara juga bisa terkesan dengan jawaban-jawaban yang berikan. Akan tetapi, sebaik-baiknya persiapan yang sudah anda lakukan ternyata tidak bisa selalu sesuai dengan kenyataan di lapangan.

Terkadang, yang terjadi justru sebaliknya Anda dianggap jelek oleh pihak pewawancara. Supaya kehadiran Anda pada sesi wawancara memberikan kesan yang baik, Terdapat 6 ha hal yang bisa anda lakukan supaya pihak lawan, dalam hal ini adalah HRD bisa lebih terkesan. Silakan anda Simak dan Praktekkan agar benar-benar mengetahui hasilnya.

1. Datang Lebih Awal Supaya Pihak HRD Tidak Menunggu Anda

Bagian pertama yang perlu anda perhatikan yaitu jangan sampai membuat pihak HRD menunggu Anda pada sesi wawancara. Pastikan anda bisa sampai di lokasi wawancara paling lambat 15 menit sebelum wawancara dimulai, Sejauh apapun jarak antara rumah anda dengan lokasi wawancara tersebut.

Apabila Anda datang terlambat pada tempat wawancara, maka ungkapan tidak disiplin akan dicap kan pada anda. Apabila di tahap wawancara saja Anda sudah dicap tidak disiplin, lantas Bagaimanakah nantinya pada saat mulai bekerja. Oleh karena itu, dilarang untuk menyampaikan waktu kedatangan guna mengikuti pelaksanaan wawancara.

Hadir lebih awal pada tempat wawancara Juga dapat menunjukkan bahwa anda cukup antusias untuk mengikuti wawancara tersebut. Selain itu, kondisi tersebut juga memberikan kesan bahwa anda menghargai pihak perusahaan sebab anda tidak menjadikan pihak lain menunggu kehadiran anda.

2. Selalu Perhatikan Bahasa Tubuh

Jawaban jawaban atas pertanyaan wawancara yang bagus, jika tidak mendapatkan dukungan dengan bahasa tubuh yang baik, Maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Bahasa tubuh mampu dijadikan sebagai cerminan dari perasaan yang anda sedang hadapi. Sebagai contoh, apabila anda sedang senang, maka anda akan tertawa terbahak-bahak atau melompat-lompat kegirangan.

Baca Juga   Ingin Sukses Mengikuti Interview? Inilah Kiat Sukses Wawancara Kerja

Oleh sebab itu, bahasa tubuh sangat penting untuk diperhatikan supaya kesan baik pada diri Anda bisa terpancar secara otomatis. Baik dan tidaknya bahasa tubuh anda dapat terlihat dari gerak pada saat masuk ke dalam ruangan Lara.

Contohnya adalah teknik berjabat tangan, cara berjalan, cara pintu pintu, sampai dengan posisi duduk. Buatlah Dia setenang mungkin sebelum Anda masuk ke dalam ruangan wawancara guna meminimalisir rasa grogi, sehingga kegiatan wawancara dapat berjalan mulus sesuai dengan yang diharapkan.

3. Hilangkanlah Rasa Takut

Barangkali, Walaupun waktu pelaksanaan wawancara kerja jaraknya masih cukup jauh, anda sering dibuat merasa stress, tertekan takut dan gugup. Kondisi tersebut sangatlah wajar sebab wawancara kerja di ibaratkan sebagai taruhan antara hidup atau mati. Apabila anda tidak bisa tampil secara optimal, maka lenyap sudah kesempatan Anda memperoleh pekerjaan pada perusahaan impian.

Sebelum Anda masuk ke dalam ruang wawancara, alangkah baiknya untuk menarik nafas secara bertahap. Kerjakan hal tersebut secara terus-menerus sampai detak jantung anda normal. Jika anda sudah merasa cukup tenang, silakan Anda masuk ke dalam ruangan, mulailah aktivitas wawancara serileks Mungkin.

5. Pakailah Kedua Tangan

Pada saat Anda menjawab sejumlah pertanyaan dari pihak pewawancara, pakailah kedua tangan guna menampilkan kesan rileks anda. Pihak pelamar yang mampu menjelaskan berbagai macam hal memakai gerakan dipercaya akan lebih mudah untuk diterima, sebab orang dengan tipe seperti itu dipercaya lebih mudah berbaur dengan pihak lain pada saat membangun tim kerja.

Proses ini memang cukup sulit dikerjakan oleh anda yang belum membiasakan diri. Walaupun seperti itu, hindarilah untuk memasukkan tangan ke dalam saku. Alangkah baiknya mengangkat tangan keatas meja. Dipakai atau tidaknya ketika wawancara, yang paling penting adalah tangan bisa terlihat ketika wawancara sedang dilaksanakan.

Baca Juga   Bagaimana Cara Interview Yang Baik

5. Tersenyumlah Dan Jangan Memasang Wajah Monoton

Bukanlah merupakan pekerjaan sulit untuk selalu melempar senyum kepada pihak lain. Di samping lebih enak dipandang, senyuman anda mampu menunjukkan sifat terbuka, percayadiri, tenang dan hangat. Anda yang lebih murah senyum nantinya akan dianggap orang yang lebih bersahabat, Sehingga nantinya bisa lebih cepat beradaptasi di lingkungan sekitar.

Berikanlah senyuman senyuman yang paling Tulus, dan Tersenyumlah pada saat yang tepat. Hindari pula kebiasaan-kebiasaan terlalu murah senyum guna menghindari kesan yang tidak natural. Disamping itu, hindari pula senyuman senyuman palsu yang bisa mengakibatkan pihak pewawancara kurang antusias kepada anda.

6. Carilah Perhatian Mereka

Anda bisa mencuri perhatian pewawancara sebanyak mungkin, akan tetapi pada konteks positif. Contohnya adalah berpakaian rapi, berbicara dengan profesional, duduk dengan sopan, dan lain-lain. Berikanlah sikap yang yang paling positif supaya pihak pewawancara bisa terkesan kepada anda mulai dari wawancara.

Sama dengan murah senyum, curi lah perhatian mereka alami mungkin, namun Jangan terlalu berlebih. Jika memungkinkan, jadikanlah pihak pewawancara penasaran supaya mereka lebih tertarik untuk mewawancarai Anda selama Mungkin. Jika pihak pewawancara tertarik, maka tentunya kesempatan anda untuk diterima bekerja pada perusahaan lebih besar.

7. Agar Memperoleh Hasil Maksimal, Teruslah Berlatih

Menghilangkan rasa tertekan, rasa gugup dan rasa takut bukanlah hal sepele yang bisa dengan mudah dilakukan. Terlebih bagi Anda yang memang memiliki sifat introvert. Namun, dengan memperbanyak porsi latihan, penulis yakin anda bisa tampil lebih maksimal. Anda bisa meluangkan waktu untuk melatih diri anda di depan cermin supaya persiapan-persiapan Anda semakin mantap mendekati waktu pelaksanaan wawancara.

Demikianlah Uraian singkat mengenai beberapa hal terkait dengan cara melamar kerja, khususnya adalah dari sisi wawancara kerja agar pihak HRD benar-benar terkesan kepada jawaban-jawaban anda sekaligus sikap Anda didalam mengikuti tes wawancara. Terima kasih, Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Baca Juga   Kumpulan Cara Ampuh Didalam Mengatasi Rasa Gugup Dalam Interview Kerja

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *