Home / Wawancara / Cara Membuat Guide Wawancara

Cara Membuat Guide Wawancara

Dengan adanya guide wawancara, maka pelaksanaan wawancara bisa berjalan lebihbaik dan lebih terarah. Dari latar belakang itu, saya akan mencoba untuk mengulas cara membuat guide wawancara. Sebelumnya, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah wawancara atau interview. Ada yang menyebutnya dengan istilah wawancara, namun ada pula yang menyebutnya dengan interview. Keduanya memiliki makna yang sama.

Cara Membuat Guide Wawancara

Kegiatan wawancara atau interview tentu banyak dilakukan oleh para wartawan, para guru, para siswa dan lain sebagainya guna memperoleh sebuah data atau informasi tentang suatu hal. Semua pihak tentu menginginkan Supaya hasil pelaksanaan dari interview atau wawancara bisa berjalan dengan lancar, Tidak tersendat-sendat di jalan. Oleh karena itulah, kegiatan wawancara atau interview amat ditentukan oleh langkah kita didalam membuat Grid wawancaranya.

Cara membuat guide wawancara

Baiklah, dibawah ini adalah sejumlah langkah untuk membuat Grid wawancara. Silakan disimak.

1. Menentukan tujuan dari pelaksanaan wawancara

Pada bagian ini, kita wajib untuk menentukan tujuan dari pelaksanaan interview kita. Contohnya adalah hendak mencari informasi tentang Keluarga Berencana berarti kita harus menuju ke Puskesmas atau Rumah Sakit, bukan ke sekolah.

2. Menentukan definisi operasional dan konseptual

Apa yang dimaksud dengan definisi operasional dan definisi konseptual? Definisi konseptual yaitu sebuah batasan pengertian mengenai sejumlah konsep yang cukup abstrak yang rata-rata dapat diperoleh dengan sejumlah literatur, Salah satunya yaitu pada buku maupun kamus. Pada definisi konseptual tersebut memiliki sejumlah sifat hypothetical yang memiliki arti sebuah konsep yang didefinisikan dengan menggunakan sejumlah referensi konsep yang lainnya yang mempunyai fungsi guna Membuka pikiran di dalam menentukan sebuah hipotesis.

Sementara itu, definisi dari operasional yaitu sebuah definisi yang diambil dengan dasar pada karakteristik yang akan serta yang bisa diobservasi dari apa yang didefinisikan maupun mengubah sebuah konsep yang berwujud konstruk dengan sejumlah kata yang bisa memberikan gambaran tentang kondisi objek yang bisa diamati serta diuji dan bisa ditentukan tingkat kebenarannya oleh pihak lain.

Baca Juga   Wawancara Dengan Peternak Ayam Petelur

Definisi tersebut tentunya bisa tersusun dengan berdasarkan pada sejumlah operasi yang wajib untuk dikerjakan. Definisi tersebut dipakai guna menjadi dasar pada proses pengumpulan data sehingga tidak akan terjadi adanya bias terhadap sejumlah informasi yang nantinya akan diambil.

Membuat pedoman pelaksanaan wawancara

Pedoman pelaksanaan wawancara tentunya berisi sejumlah data yang bisa dikembangkan, dan rata-rata berupa Pertanyaan langsung. Pedoman wawancara rata-rata berupa:

  1. Profil dari suatu keluarga maupun anak responden
  2. Pendidikan, usia, hobi dan lain sebagainya
  3. Relasi antar anggota keluarga dan aktivitas
  4. Pertanyaan-pertanyaan yang akan dipakai alangkah baiknya berupa pertanyaan yang bersifat terbuka serta tidak bersifat monoton seluruhnya.

Demikianlah penjabaran singkat tentang cara membuat guide wawancara yang bisa saya ulas pada posting kali ini. Semoga saja pembahasan tentang guide interview di atas bisa memberikan acuan Bagi anda yang sekarang ini sedang di dalam tahap pembuatan wawancara. Terima kasih dan selamat mencoba, selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *