Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Cara Mengerjakan Psikotes Deret Angka

Cara Mengerjakan Psikotes Deret Angka

Materi yang cukup sulit pada tes psikotes adalah soal deret angka sehingga dibutuhkan cara mengerjakan psikotes deret angka yang paling jitu dan paling cepat sehingga anda tidak perlu mengalami kesulitan untuk menyelesaikan seluruh tes psikotes yang berisi deret angka tersebut.

Cara Mengerjakan Psikotes Deret Angka

Hanya saja, sesuai dengan namanya bahwa soal tes psikotes deret angka pentingnya menuntut kemampuan anda pada bidang maupun kompetensi matematika pada jenjang yang cukup mendalam. Artinya, kemampuan matematika yang anda miliki bukan hanya pada sisi dasar saja namun juga harus mampu melogika berbagai macam angka yang ada pada soal.

Contoh kemampuan dasar pada bidang matematika adalah kegiatan menjumlahkan, membagi, mengurangkan dan mengalihkan . Sementara itu, supaya kita dapat mengerjakan tes psikotes deret angka dengan baik, maka kita juga harus mampu untuk melogika angka-angka yang ada. Tidak hanya sebatas kemampuan untuk mengoperasikan secara dasar.

Apabila kita lihat, berdasarkan nama dari tes psikotes deret angka, maka soal-soal yang ada pastinya juga melibatkan banyak angka yang disusun secara berderet . Adapun tujuan dari pemberian soal tes psikotes deret angka adalah guna melakukan pengukuran terhadap kemampuan analisa serta kemampuan di dalam memahami sejumlah pola tertentu.

Tips mengerjakan soal tes psikotes deret angka

Secara umum, yang terdapat beberapa tips supaya anda benar-benar mampu untuk mengerjakan soal tes psikotes deret angka .

  1. Anda tidak boleh fokus dan hanya berfikir pada deret hitung maupun deret ukur pada perhitungan dasar matematika saja . Anda tentunya wajib untuk mampu melihat keseluruhan bagian dari angka. Hal tersebut dikarenakan pada soal tes deret angka tersebut rata-rata 3 maupun 4 angka belum bisa dijadikan patokan untuk memperoleh jawaban yang tepat.
  2. Pemahaman pola yang secara umum digunakan pada modal soal tes psikotes rata-rata adalah kelompok loncat, kelompok berurutan dan berurutan . Walaupun
  3. Walaupun anda benar-benar konsentrasi di dalam memahami dan mengerjakan soal tes psikotes deret angka, namun anda juga harus memperhatikan bahwa waktu yang disediakan untuk menyelesaikan soal tes psikotes deret angka cukup terbatas. Anda harus mampu untuk memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya sehingga anda tidak kekurangan waktu untuk mengerjakan.
Baca Juga   Contoh Soal Tes Assessment

Cara mengerjakan psikotes deret angka dan contoh soalnya

Apabila terdapat soal 16,8,4,2,1,1/2,x,y

Berapakah jawaban untuk x dan y?

Pembahasannya adalah sebagai berikut:

Langkah pertama silakan anda perhatikan bagian angka pertama dan kedua. Jika dilihat, maka prosedur nya adalah dapat merupakan pengurangan 8 maupun hasil dari setengah angka yang pertama. Dengan kata lain bisa dirumuskan dengan x 1/2. Selanjutnya, silakan anda perhatikan untuk angka yang kedua dan angka yang ketiga. Apabila dilakukan pengurangan 8 maka seharusnya angka yang berada pada posisi ketiga yaitu 0. Sementara itu, pada soal tertulis angka 4 . Artinya prosedur yang digunakan adalah membagi angka dengan setengah.

Dengan demikian, maka akan didapat hasil dari x adalah 1/2 dikalikan 1/2 didapat hasil 1/4, sedangkan y nilainya adalah 1/4 dikalikan 1/2 didapat nilai 1/8.

Lalu, bagaimana cara mengerjakan jika soalnya adalah 60,30,32,16,18,9,x,y. Bagian ditanyakan masih sama, yaitu berapakah nilai x dan nilai y?

Apabila kita lihat maka pola dari jawaban yang akan didapat dari soal di atas adalah:

N dibagi 2, n ditambah 2, n dibagi 2, n ditambah 2, n dibagi 2, n ditambah 2, (n:2,n+2,n:2,n+2,n:2,n+2,), sehingga, maka akan didapat nilai dari x adalah 11 sedangkan nilai dari y adalah 5,5.

Cukup mudah bukan cara mengerjakan psikotes deret angka yang sudah saya bahas pada bagian di atas? Intinya, kita harus mampu untuk menentukan operasi apa saja yang dilaksanakan pada angka-angka yang terdapat pada soal. Fokus perhatian jangan hanya tertuju pada angka yang pertama dan kedua saja, namun pada angka-angka yang lainnya .

Bisa jadi, operasi yang dilakukan pada angka yang pertama dan angka yang kedua berbeda dengan angka yang ketiga dan angka yang keempat. Nantinya, sejumlah operasi tersebut akan dikelompokkan dan membentuk sebuah pola tertentu yang bisa anda gunakan untuk menentukan angka-angka yang masih disembunyikan .

Baca Juga   Bank Soal Psikotes Paling Lengkap dan Gratis

Mudah-mudahan, sedikit tutorial mengenai cara mengerjakan psikotes deret angka di atas bisa memberikan wawasan dan gambaran secara umum untuk anda sekalian sehingga anda bisa dengan mudah menyelesaikan dan menentukan pola-pola angka yang berada pada soal tes psikotes deret angka. Terima kasih semoga bermanfaat .

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *