Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Cara Mengerjakan Psikotes Gambar

Cara Mengerjakan Psikotes Gambar

Mempelajari cara mengerjakan psikotes gambar adalah salah satu metode yang bisa ditempuh untuk mempersiapkan diri di dalam mengikuti berbagai macam rangkaian tes psikotes pada saat seleksi penerimaan pegawai baru di sebuah perusahaan. Tes menggambar atau sering disebut dengan istilah tes warteg adalah salah satu bentuk tes psikometri atau psikotes yang cukup sering diujikan pada pelaksanaan seleksi tenaga maupun karyawan baru pada perusahaan.

Cara Mengerjakan Psikotes Gambar

Sebagai informasi tambahan bahwa tes wartegg merupakan bentuk dari tes psikologi yang mana pertama kalinya diciptakan oleh xander dan kruger yang berasal dari university of leipzig. Model tes warteg tersebut selanjutnya dilakukan pengembangan oleh marian kinget dan ehrig warteg. Adapun tujuan dari pelaksanaan tes wartegg yaitu guna meneliti karakteristik seseorang dari sisi reality function, kontrol, dinamisme, imajinasi serta emosi setiap individunya.

Semakin pesatnya kemajuan dari teknologi internet serta proses penyebaran informasi yang semakin mudah, membuat para pencari kerja semakin mudah di dalam memperoleh tips lulus serta panduan cara mengerjakan psikotes gambar. Dari latar belakang itulah, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas bagaimana cara mengerjakan psikotes gambar supaya anda benar-benar memperoleh gambaran umum bagaimana langkah demi langkah menyelesaikan soal tes psikotes gambar.

Pada soal tes wartegg atau tes psikotes menggambar, anda akan disuguhkan soal berisi 8 kotak yang didalamnya terdapat sejumlah coretan kecil lengkap dengan perintahnya supaya anda bisa meneruskan coretan tersebut dengan gambar berdasarkan imajinasi yang anda miliki.

Disamping itu, anda juga akan diminta untuk memberikan penomoran pada gambar yang terlebih dahulu diselesaikan. Dilanjutkan tentunya dengan memilih gambar mana saja yang paling sulit, yang paling mudah, yang paling disukai dan tentunya yang paling tidak disukai. Pemilihan tersebut juga dilengkapi dengan alasan-alasan.

Baca Juga   Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Contoh Soal Tes Warteg

Berikut ini adalah contoh soal tes wartegg yang bisa anda jadikan sebagai referensi untuk belajar menyelesaikan soal tes psikotes menggambar.

Cara Mengerjakan Psikotes Gambar

Cara Mengerjakan Psikotes Gambar

Penjelasan mengenai cara mengerjakan psikotes gambar dari contoh soal di atas:

Dari masing-masing gambar mempunyai nilai yang tidak sama. Gambar yang dibuat nantinya bisa dijadikan sebagai panduan untuk mengetahui karakter peserta tes, mulai dari kebijaksanaan, tehnik menyelesaikan permasalahan, kemampuan di dalam beradaptasi, tingkat kelincahan, tingkat kemauan, dan tingkat tekad yang dimilikinya.

Keterangan dari beberapa kotak pada tes wartegg:

1. Titik pada posisi di tengah kota

Gambar ini memiliki kaitan dengan sejumlah hal pada proses penyesuaian diri, yakni teknik seseorang di dalam menempatkan diri pada lingkungan yang tidak sama dari biasanya.

2. Coretan berbentuk ~

Gambar ini digunakan untuk menunjukkan fleksibilitas dari perasaan seseorang

3. Garis yang berjumlah 3 secara vertikal dengan ukuran sedang tinggi sejajar

Gambar ini digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap hasrat untuk setiap ambisi atau keinginan untuk maju

4. Kotak kecil

Gambar ini digunakan untuk melakukan pengukuran bagaimana seseorang mengambil tindakan di dalam mengatasi sejumlah kesulitan

5. Huruf T yang tercetak miring

Gambar ini digunakan untuk melakukan pengukuran dan mengetahui bagaimana seseorang dalam bertindak

6. Garis vertikal dan horizontal

Gambar ini digunakan untuk melakukan pengukuran bagaimana cara menganalisa, sintesa, serta berpikir dari seseorang

7. Titik-titik yang melengkung

Gambar ini berkaitan dengan perasaan dan kehidupan apakah peserta tes memiliki perasaan yang masih kekanak-kanakan atau sudah stabil

8. Garis yang melengkung

Gambar ini berkaitan dengan hubungan sosial dan kehidupan sosial setiap peserta tes

Cara mengerjakan psikotes gambar

Tentunya, kita tidak boleh menganggap remeh teori tes psikotes menggambar. Guna bisa lulus di dalam mengerjakan tes psikotes menggambar, dibawah ini akan saya sampaikan cara mengerjakan psikotes gambar yang baik dan benar.

  1. Jagalah selalu kondisi kertas supaya tetap dalam keadaan bersih dan rapi
  2. Apabila anda seorang laki-laki, maka hindari untuk mengerjakan tes mulai dari nomor soal kelima. Apabila anda mengerjakan mulai dari nomor 5, maka dari sisi penilaian anda akan dicap mempunyai kelainan.
  3. Usahakan untuk mengerjakan soal tes dengan tidak urut. Janganlah mengerjakan mulai dari 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 namun kerjakan dengan urutan 1, 2, 3, 4, 8, 7, 6, 5.dengan melakukan teknik seperti itu, maka anda termasuk kedalam pribadi yang cukup kreatif. Sementara itu, apabila anda mengerjakan soal tes psikotes gambar secara berurutan, maka hal tersebut akan menandakan bahwa anda merupakan seseorang yang kaku. Selain itu, apabila anda mengerjakan soal tes dengan cara tidak beraturan, maka hal tersebut akan menandakan bahwa anda merupakan seseorang yang sulit untuk diatur.
  4. Anda bisa memulai untuk mengerjakan tes psikotes gambar coretan yang termudah
  5. Untuk nomor soal 3, 4, 5, 6 silahkan anda menggambar bentuk yang bisa menunjukkan sifat maskulin maupun gambar benda mati
  6. Untuk nomor soal 1, 2, 7, 8 silahkan anda menggambar bentuk yang bisa menunjukkan sifat feminim atau gambar makhluk hidup
  7. Gambar yang anda buat harus mudah dimengerti dan tergores dengan jelas
  8. Pada aktivitas menggambar, sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak melakukan penghapusan gambar. Apabila anda sering sekali menghapus hasil gambar yang sudah dibuat, maka hal tersebut menandakan bahwa anda memiliki sifat yang tidak terencana dan ragu-ragu. Sementara itu, apabila anda menggambar dengan goresan yang sangat kuat, sementara goresan yang diminta seharusnya adalah lembut, maka hal tersebut menandakan bahwa anda merupakan orang yang memiliki sifat keras kepala.
Baca Juga   Bank Soal Psikotes Paling Lengkap dan Gratis

Demikianlah penjabaran tentang cara mengerjakan psikotes gambar atau tes psikotes wartegg yang kerapkali muncul pada pelaksanaan seleksi karyawan baru diperusahaan. Dengan sering berlatih menyelesaikan tes psikotes gambar, maka pada saat anda mengerjakan soal tes psikotes gambar yang sebenarnya, maka anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Hal tersebut disebabkan karena anda sudah memahami dasar-dasar di dalam menyelesaikan sejumlah tes psikotes gambar.

Check Also

Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Artikel mengenai contoh psikotes SMA spesial untuk Anda Pada kesempatan kali ini memang cukup panjang. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *