Home / Tips dan Trik / Psikotes / Cara Menghadapi Psikotes Kerja

Cara Menghadapi Psikotes Kerja

Apakah anda pernah berpikir bagaimana cara menghadapi psikotes kerja dengan baik dan benar sehingga capaian dari hasil akhir pelaksanaan tes psikotes milik anda juga mendapatkan nilai maksimal? Tentunya dibutuhkan kiat khusus bagaimana cara menghadapi psikotes supaya hasil akhir dari perjuangan anda di dalam mengikuti seleksi penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan bisa berjalan dengan lancar.

Cara Menghadapi Psikotes Kerja

Namun sebelumnya perlu kita ketahui bersama bahwa tes psikotes merupakan sebuah tes psikologi yang dilaksanakan kepada seseorang dengan tujuan untuk mengetahui karakter dan sifat dari orang yang dites tersebut, mulai dari tes iq, tes penalaran sampai dengan tes kepribadian.

Pada tahapan seleksi, tentunya pelamar kerja akan mengikuti sejumlah tahapan di dalam mengerjakan berbagai macam bentuk soal psikotes kerja sehingga pada akhirnya peserta dari tes psikotes tersebut akan bisa dinilai apakah diterima atau tidak untuk bisa masuk bekerja. Kompetensi yang dimiliki oleh peserta tes tentunya akan disesuaikan dengan kualifikasi jenis jabatan atau pekerjaan yang dilamar. Dengan adanya perbedaan kualifikasi maka tentunya jenis tes psikotes antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lain berbeda.

Bisa dikatakan bahwa pelaksanaan dari tes psikotes kerja menjadi salah satu hal yang sangat dihindari oleh sejumlah pencari kerja, terutama untuk mereka yang masih minim pengalaman serta pengetahuan didalam cara menghadapi psikotes kerja. Untuk itulah, apabila kebetulan anda juga merupakan salah satu pemula yang hendak menghadapi psikotes kerja maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas tips dan trik cara menghadapi psikotes kerja.

Adapun beberapa alasan yang menyebabkan banyak peserta tes yang cukup alergi di dalam menghadapi tes psikotes kerja karena terdapat sejumlah soal psikotes yang memang dianggap sangat rumit untuk bisa diselesaikan. Kompetensi yang banyak dianggap rumit oleh sejumlah pencari kerja adalah tes psikotes yang berisi soal-soal matematika.

Cara menghadapi psikotes kerja

Baiklah, untuk membantu anda supaya bisa benar-benar melaksanakan tes psikotes kerja maka berikut ini akan saya sampaikan beberapa tips bagaimana cara menghadapi psikotes kerja. Tips tentang cara menghadapi psikotes kerja tentunya berkaitan dengan bentuk dari tes psikotes tersebut. Silakan anda simak dan anda praktekkan dengan sebaik-baiknya.

1. Cara menghadapi tes psikotes logika aritmatika

Tes psikotes logika aritmatika adalah tes yang berisi soal deret angka. Pada jenis tes ini, bagian yang diukur yaitu kemampuan anda di dalam menganalisa serta memahami sejumlah pola dan kecenderungan tertentu yang rata-rata diwujudkan dalam deret angka.

Cara menghadapi tes psikotes logika aritmatika yang pertama adalah dengan menghindari konsentrasi hanya pada satu jenis deret hitung saja. Disamping itu, jangan pula terpaku pada 3 angka atau 4 angka yang berada pada bagian barat paling depan. Ada baiknya anda juga bisa melihat angka pada seluruh deret soal karena secara umum pola dari soal tes psikotes logika aritmatika adalah berbentuk urutan, pengelompokan loncat ataupun pengelompokan berurutan.

Cara menghadapi tes psikotes logika aritmatika yang kedua yaitu harus mengingat keterbatasan waktu yang diberikan. Anda disarankan untuk tidak terlalu asyik dan juga tidak terpaku kepada hanya satu buah soal yang membuat anda penasaran untuk bisa dipecahkan, sehingga pada akhirnya melupakan soal lainnya yang tetap memiliki kewajiban untuk diselesaikan. Lompatlah ke soal yang lain karena bisa jadi soal-soal yang berada di bagian bawahnya jauh lebih mudah untuk jawab dibandingkan dengan soal sebelumnya.

Cara menghadapi tes psikotes logika aritmatika yang ketiga adalah dengan melatih kemampuan diri menggunakan bahan belajar dari sejumlah buku yang membahas tentang tes spmb atau umptn yang kebanyakan berisi pembahasan tentang materi deret ukur maupun darat hitung.

2. Cara menghadapi tes psikotes logika penalaran

Jenis tes logika penalaran terdiri dari deret gambar yang menggunakan model tiga dimensi maupun dua dimensi. Bagian yang diatur pada pelaksanaan tes logika penalaran yaitu kemampuan kita pada proses pemahaman sejumlah pola maupun kecenderungan tertentu yang diwujudkan dalam bentuk gambar dimana nantinya akan membuat sebuah prediksi dengan dasar pola yang sudah anda buat sebelumnya.

Baca Juga   Cara Mengerjakan Soal Psikotes Paling Jitu

Adapun cara menghadapi tes psikotes logika penalaran adalah kita harus teliti, hati-hati serta mengerjakan dengan penuh konsentrasi. Hal tersebut disebabkan karena sejumlah bentuk yang ditawarkan hampir mirip walaupun sebenarnya terdapat perbedaan.

3. Cara menghadapi tes psikotes analog verbal test

Biasanya, analog verbal test terdiri dari 40 butir soal yang isinya yaitu analog, antonim dan sinonim sebuah kata. Proses pengukuran yang dilakukan pada pelaksanaan analog verbal test yaitu kemampuan di dalam melogika terhadap sebuah situasi serta guna bisa melihat sejauh mana kemampuan anda di dalam memahami sebab serta akibat dari sebuah permasalahan.

Cara menghadapi analog verbal test adalah ketika anda memiliki masalah dengan logika dan konsentrasi, maka anda bisa mencoba untuk membaik pas dengan cara menghafalkan soal lengkap dengan jawabannya. Cara ini tentunya sebagai salah satu bentuk sharing dari penulis yang pernah mengikuti analog verbal test tersebut.

4. Cara menghadapi tes pauli atau tes kraepelin

Jenis tes yang tersusun dari sejumlah gugusan angka yang sudah diatur sedemikian rupa dengan cara membujur dari atas ke bagian bawah dengan menggunakan lajur. Masing-masing dari calon pegawai atau karyawan yang hendak mengikuti tes psikotes, diminta guna melakukan penjumlahan 2 angka yang memiliki posisi saling berdekatan. Adapun bagian yang diukur pada tes tersebut meliputi kecepatan pada saat mengerjakan sebuah pekerjaan, ketelitian, kemampuan di dalam menyesuaikan diri, sikap terhadap tekanan dan, ketahanan dan juga konsentrasi.

Cara menghadapi tes psikotes kerja model di atas adalah sangat disarankan untuk tidak memakai pensil mekanis. Jenis alat tulis yang direkomendasikan pada tahapan ini adalah pulpen biasa atau pensil biasa. Hal tersebut tentunya disebabkan oleh terbatasnya waktu yang ada. Sebuah pensil mekanis memerlukan berbagai macam kebutuhan yang nantinya akan dimuat ketika bagian ujung granit sudah mulai menipis.

Sementara itu, mekanisme tersebut memerlukan waktu sekitar 0.5 detik sampai dengan 1 detik. Jika anda melakukan reload pada telepon maka akan dikenakan biaya sekitar 0.5 sampai dengan 1 detik. Jika anda melakukan reload pada 10 jalur, maka hal tersebut berarti anda sudah kehilangan waktu sekitar 5 detik sampai dengan 10 detik.

Tahapan selanjutnya adalah dengan mengusahakan total angka yang dijumlahkan pada masing-masing kolom cukup stabil. Tersebut akan membuat hasil yang lebih baik apabila dibandingkan ketika anda memaksakan diri pada awal tes namun pada akhirnya tergopoh-gopoh pada pertengahan tes serta pada akhir tes. Anda harus bisa mengendalikan diri guna menghemat tenaga yang dimilikinya.

Cara menghadapi tes pauli atau tes kraepelin berikutnya adalah dilarang untuk melakukan cheating akan waktu maupun hasil dari penjumlahan. Kondisi tersebut tentu akan sangat merugikan diri anda sendiri karena proses dari cheating tentu memerlukan waktu beberapa detik untuk mengambil keputusan dan hal tersebut memiliki arti akan membuang sejumlah waktu serta akan membuat grafik penjumlahan yang tidak alami.

Bagian yang sangat penting pada pelaksanaan tes pauli atau tes kraepelin adalah fokus dan konsentrasi. Kadang pada suatu ketika anda akan mengalami blank. Pada kondisi tersebut maka anda harus mampu untuk fokus dan bangkit kembali pada tes yang sedang dikerjakan. Oleh sebab itu, kondisi fisik memang memiliki pengaruh yang sangat besar. Anda dilarang untuk begadang apabila pagi harinya akan mengikuti tes psikotes. Anda juga harus sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke tempat tes agar kondisi fisik anda dalam keadaan maksimal.

Baca Juga   Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

5. Cara menghadapi wartegg test

Wartegg test merupakan jenis tes yang terdiri dari 8 kotak yang mana berisikan sejumlah bentukan tertentu layaknya seperti berjumlah 7 serta tersusun melengkung, dua garis terpisah, garis melengkung, dua garis saling memotong, kotak, tiga garis sejajar, garis kurva, dan titik.

Pada tes warteg ini, anda akan disuruh untuk menggambar dengan cara meneruskan bentuk objek dasar tadi lalu menulis urutan gambar yang sudah anda buat, kemudian dilanjutkan dengan menuliskan nomor gambar mana yang paling sulit anda buat gambar mana yang paling mudah anda buat gambar mana yang tidak disukai dan gambar mana yang paling disukai. Pada tes warteg ini, sisi yang diukur adalah dari aktivitas objek, intelektual, imajinasi serta emosi.

Cara menghadapi tes warteg yang pertama adalah pada saat anda membuat urutan menggambar, alangkah baiknya anda membuat kombinasi antara ajak dan sesuai dengan nomor. Contohnya adalah 8,7,6,5 lalu dilanjutkan dengan 1,2,3,4. Apabila gambar anda dibuat dengan urutan1-8 maka anda akan dicapai oleh pihak tester sebagai orang yang konservatif atau kagum. Sementara itu jika anda menggambar dengan cara acak, contohnya adalah1,4,2,3,8,6,7,5 mata anda akan dipandang oleh pihak tester sebagai orang yang inovatif, terlalu kreatif dan memiliki kecenderungan suka akan “breaking the low”

Cara menghadapi tes warteg yang kedua adalah apabila anda memiliki jenis kelamin laki-laki, maka dilarang untuk memulai dengan nomor urut 5. Penyebabnya adalah anda akan dianggap memiliki kelainan pada beberapa orientasi.

6. Cara menghadapi draw a man test

Draw a man test merupakan tes yang mewajibkan kita untuk menggambar bentuk orang. Selanjutnya, anda akan diminta untuk mendeskripsikan aktivitas orang tersebut, jenis kelamin dan usianya. Berawalan tes tersebut digunakan untuk mengetahui ketahanan kerja, kestabilan, kepercayaan diri serta tanggung jawab dari seseorang.

Cara menghadapi draw a man test yang pertama adalah anda bisa menggambar orang dengan cara utuh, dimulai dari bagian ujung kepala sampai dengan ujung kaki, tentunya lengkap dengan detil muka seperti telinga, mulut, hidung dan mata.

Selanjutnya, cara menghadapi draw a man test yang kedua yaitu anda bisa menggambar orang dalam kondisi sedang beraktivitas, contohnya adalah seorang petani yang sedang mencangkul ataupun seorang eksekutif muda yang dalam kondisi membawa koper.

7. Cara menghadapi army alpha intelegence test

Army alpha intelegence test adalah sebuah tes yang jumlah soalnya adalah 12 butir dimana berisi sejumlah kombinasi deretan bentuk dan deretan angka. Kadangkala, soal yang satu memiliki kaitan dengan soal yang lainnya. Bagian yang diukur pada pelaksanaan army alpha intelegence test adalah kemampuan seseorang dari sisi daya tangkap pada saat melaksanakan maupun menerima sejumlah instruksi yang berasal dari tester dengan tepat dan cepat.

Cara menghadapi army alpha intelegence test adalah anda harus selalu konsentrasi kepada seluruh instruksi yang diberikan oleh tester karena rata-rata tester tidak akan mau mengulang instruksi-instruksi yang sudah diberikan karena waktu yang disediakan juga sangat terbatas. Anda juga harus sabar, jangan terburu-buru memberikan jawaban sebelum pihak tester selesai di dalam memberikan instruksi tersebut.

8. Cara menghadapi psikotes menggambar pohon

Psikotes menggambar pohon merupakan jenis psikotes yang memberikan tugas kepada peserta untuk menggambar pohon dengan sejumlah kriteria, misalnya adalah berbuah, bercabang dan berkambium. Oleh sebab itu, maka tentunya setiap peserta tes dilarang untuk menggambar pohon pisang, pohon jenis bambu, semak belukar maupun berbagai macam jenis tanaman monokotil yang lainnya.

Adapun cara menghadapi psikotes menggambar pohon yang pertama adalah gambarlah pohon yang menurut anda cukup mudah. Contoh gambar pohon yang mudah adalah gambar pohon nangka. Hal tersebut dikarenakan pohon nangka merupakan pohon yang berkambium atau jenis dikotil.

Baca Juga   Cara Menjawab Soal Psikotes Biar Nilainya Tambah Baik

Cara menghadapi psikotes menggambar pohon yang selanjutnya adalah meskipun anda tidak memiliki kemampuan yang baik pada sisi seni rupa/ menggambar, anda tetap harus berupaya untuk bisa menggambar secara rinci dan detail pada masing-masing komponen dari pohon yang digambar, misalnya adalah bagian akar pohon, buah, prapatan daun, bentuk daun serta tangkainya.

Cara menghadapi psikotes menggambar pohon yang terakhir adalah supaya anda mendapatkan hasil yang maksimal maka anda bisa memfoto pohon yang hendak digambar, silakan anda pelajari karakteristik dari pohon tersebut, lalu berlatihlah untuk menggambar dengan memakai acuan foto pohon tersebut.

9. Cara menghadapi edward personal preference schedule/epps

Jenis tes psikotes ini berisi sejumlah pilihan jawaban yang di dalamnya paling mencerminkan karakteristik pada diri anda. Edwards personal preference schedule dimanfaatkan guna mengetahui kebutuhan serta motif seseorang dan juga besarnya motivasi pada orang tersebut.

Cara menghadapi edward personal preference schedule yang pertama adalah dengan menjawab seluruh pertanyaan secara jujur berdasarkan kondisi riil pada diri anda, paling tidak adalah yang paling mendekati. Hal tersebut disebabkan karena akan terjadi pengulangan beberapa pertanyaan di nomor-nomor berikutnya sehingga jika jawaban dari diri anda tidak sinkron, maka hal tersebut akan membuat anda rugi. Kejujuran yang anda miliki tentunya sangat berhubungan erat dengan adanya cerminan kesesuaian pada diri anda terhadap lowongan pekerjaan yang anda lamar tersebut.

Cara menghadapi edwards personal preference schedule yang kedua adalah dengan cara meng-adjustment sejumlah pertanyaan sehingga nantinya bisa sesuai dengan lowongan pekerjaan yang menjadi pilihan anda. Secara umum, tes epps memang sangat sulit untuk bisa diakali/di -adjustment, akan tetapi setidaknya ada beberapa pertanyaan yang terbuka peluangnya untuk hal tersebut. Sebagai contoh, misalnya anda melamar untuk bisa bekerja sebagai pegawai bank. Silahkan anda pilih jawaban-jawaban yang didalamnya terdapat kedisiplinan, keteraturan, bisa bekerja dengan tim, serta kejujuran.

Cara menghadapi edward personal preference schedule yang ketiga adalah dengan cara self improvement atau proses perbaikan diri anda dari segala macam sisi. Silahkan anda setting diri anda seolah-olah menjadi seseorang yang cukup profesional di dalam segala macam tingkah laku sehari-hari, contohnya adalah sikap disiplin, bertanggung jawab, menepati janji, dan juga jujur. Hal tersebut disebabkan karena cerminan dari pola pikir serta tingkah laku yang positif pada diri anda akan bisa tertuang dengan otomatis tanpa disadari pada proses dan hasil tes.

10. Cara menghadapi psikotes kerja dengan learning by doing

Konsep terakhir untuk bisa menghadapi psikotes dengan hasil maksimal adalah menjadikan pengalaman sebagai bagian guru yang terbaik. Lakukanlah berbagai macam perbaikan secara berkelanjutan baik dari sisi kemampuan maupun dari dalam diri anda sendiri. Tentunya, kondisi tersebut dilakukan di setiap kegiatan psikotes yang anda lewati.

Contohnya adalah melatih diri dari sejumlah kesulitan maupun kesalahan yang pernah dihadapi pada proses tes psikotes sebelumnya, membaca ulang sejumlah materi psikotes secara keseluruhan sebelum pelaksanaan tes psikotes/ refreshment serta melakukan persiapan fisik dengan sebaik-baiknya. Hal tersebut disebabkan karena secara umum tes psikotes akan selalu anda lewati pada keadaan penuh tekanan dan juga dalam kondisi yang cukup tegang.

Demikianlah beberapa hal yang bisa saya ulas pada kesempatan kali ini mengenai bagaimana cara menghadapi psikotes kerja dengan baik dan benar. Sejumlah mekanisme yang sudah saya sampaikan pada ulasan di atas pada dasarnya bisa dilalui oleh setiap peserta tes asalkan benar-benar mau berusaha dan mau memperbaiki segala macam kekurangan yang ada pada diri masing-masing. Secara perlahan dan pasti anda akan lebih menyatu dengan tes psikotes dan pada akhirnya anda akan bisa lebih akrab dengan pelaksanaan tes psikotes. Semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Cara Menjawab Soal Psikotes

Cara Menjawab Soal Psikotes Biar Nilainya Tambah Baik

Cara menjawab soal psikotes banyak dicari oleh para pelamar kerja sebagai salah satu bentuk usaha ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *