Home / Wawancara / Cara Menghadapi Tes Wawancara Dengan Baik

Cara Menghadapi Tes Wawancara Dengan Baik

Tes wawancara atau interview merupakan salah satu bagian dari proses seleksi penerimaan tenaga kerja. Bagi calon tenaga kerja, tahapan tes wawancara merupakan tahapan yang cukup ditakutkan. Hal tersebut cukup beralasan, dikarenakan tes wawancara sangat mempengaruhi diterima tidaknya calon tenaga kerja tersebut. Oleh sebab itulah bagi yang hendak mengikuti tes wawancara harus mengetahui cara menghadapi tes wawancara dengan baik.

Dengan mengetahui cara menghadapi tes wawancara dengan baik, diharapkan calon tenaga kerja akan mampu menghadapi berbagai macam pertanyaan yang muncul pada saat tes wawancara tersebut. Disamping itu, penguasaan dan pengendalian diri juga sangat diperlukan dalam menghadapi tes wawancara tersebut.

Tes Wawancara Dengan Baik

Untuk menghadapi tes wawancara tersebut, anda harus mempersiapkan berbagai macam hal lebih awal. Hal tersebut bertujuan supaya anda bisa lebih siap dalam menghadapi tes wawancara tersebut. Banyak para calon tenaga kerja yang gagal melewati tes wawancara tersebut dikarenakan kurangnya persiapan serta terlalu tegang dalam menghadapi tes wawancara.

Berikut ini akan disampaikan beberapa cara menghadapi tes wawancara dengan baik:

1. Pastikan anda berpenampilan rapi pada saat hendak mengikuti tes wawancara.

Gunakan pakaian resmi pada saat anda mengikuti tes wawancara. Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan kaos atau celana jeans pada saat mengikuti tes wawancara. Hal tersebut dikarenakan menggunakan kaos atau celana jeans dianggap tidak sopan di dunia kerja. Untuk menambahkan kesan rapi, anda bisa sedikit menggunakan minyak wangi.

2. Pada saat anda masuk ruang tes wawancara, ketuklah pintu terlebih dahulu, kemudian jabatlah tangan pewawancara.

Hal tersebut bertujuan supaya anda terkesan lebih sopan. Disamping itu dengan menjabat tangan pewawancara, diharapkan suasana harmonis akan muncul dan menghilangkan ketegangan antara pewawancara dan yang diwawancarai pada saat tes wawancara tersebut.

3. Selalu lakukan kontak mata pada saat anda menghadapi tes wawancara.

Walaupun suasananya cukup menegangkan, anda tetap diharuskan untuk selalu melakukan kontak mata dengan pewawancara. Hal tersebut bertujuan untuk menghindarkan kesan cuek dari anda. Disamping itu, dengan melakukan kontak mata pastinya akan terjalin hubungan emosional yang cukup baik antara pewawancara dengan yang diwawancarai.

4. Jawablah dengan jelas seluruh pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara

Selalu gunakan jawaban yang jelas dari pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara. Hindari jawaban yang bertele-tele apalagi jawaban yang bohong. Jawaban seperti itu pasti akan membuat image negatif untuk anda. Disamping itu, menjawab pertanyaan dengan jelas dan lancar akan membuat pewawancara lebih yakin bahwa anda serius.

5. Selalu menjaga emosi pada saat pelaksanaan tes wawancara

Pertanyaan yang diberikan oleh pewawancara sangat beragam. Anda harus bisa menjawab seluruh pertanyaan tersebut dengan baik. Sangat dilarang menjelekkan pihak yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa pertanyaan yang biasanya muncul berkaitan dengan tempat kerja yang lama. Gunakan selalu bahasa yang sopan dan formal.

Demikian cara menghadapi tes wawancara dengan baik. Dengan mengikuti beberapa langkah diatas, mudah-mudahan anda berhasil dalam menempuh tes wawancara. Jangan lupa untuk selalu berdoa supaya anda mendapatkan kelancaran dalam menghadapi tes wawancara tersebut.

Check Also

Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara

Tips Dan Trik Mengatasi Pertanyaan Yang Sulit Dijawab Pada Saat Wawancara

Kita tidak akan mengetahui pertanyaan yang akan keluar pada saat dilaksanakan tes wawancara. Namun, bisa ...