Home / Wawancara / Cara Menjawab Interview Di Bank

Cara Menjawab Interview Di Bank

Pada kesempatan kali ini izinkan saya untuk membahas materi tentang cara menjawab interview di bank. Materi ini saya angkat karena lowongan bekerja pada bank belakang ini sangatlah banyak dan tentunya masing-masing bang akan mengadakan tes wawancara kerja pada proses perekrutan karyawan baru. Bagi anda yang cukup tertarik untuk melamar kerja pada sebuah bank, tentunya membutuhkan referensi mengenai contoh interview kerja di bank.

Cara Menjawab Interview Di Bank

Contoh interview di bank yang akan saya bahas di bawah ini merupakan sebuah pengalaman yang pernah penulis alami sendiri ketika mengikuti wawancara kerja di bank dan ditambah dengan sejumlah informasi yang berasal dari situs-situs lowongan kerja yang cukup populer di indonesia. Pertanyaan-pertanyaan yang akan saya sampaikan juga sudah diurutkan berdasarkan pertanyaan yang digunakan oleh pihak HRD sebuah bank.

Contoh interview di bank

Baiklah, langsung saja berikut ini adalah beberapa contoh interview bank yang bisa anda manfaatkan untuk bahan belajar, baik dari sisi pertanyaan maupun cara menjawabnya. Silahkan disimak.

1. Dapatkah anda memperkenalkan diri? Jelaskan kesibukan anda di saat sekarang ini?

Contoh interview pada pertanyaan di atas memang sangat sering diutarakan oleh pihak wawancara kepada kandidat calon karyawan, dimanfaatkan sebagai pertanyaan pembuka untuk mengawali pembicaraan.

Akan tetapi, tentang pertanyaan yang kedua tentunya digunakan untuk memastikan bahwa saya sekarang ini anda sedang tidak bekerja atau dalam posisi free. Sampaikan dengan tepat bahwasanya sekarang ini anda sedang tidak memiliki kesibukan dan sedang mencoba untuk melamar pada sejumlah bank.

Apabila tidak, maka tentunya anda dapat dengan menyebutkan pekerjaan pekerjaan sampingan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan yang sedang anda lamar tersebut supaya bisa lebih memberi keyakinan kepada bank bahwa anda memang sudah tepat untuk ditempatkan pada bidang yang anda lamar tersebut.

2. Sebutkan apa saja yang sudah anda pahami tentang bank kami?

Cara menjawab interview bank berdasarkan pertanyaan di atas haruslah hati-hati. Pertanyaan di atas dimanfaatkan oleh pihak penguji guna mengetahui apakah anda yang hendak melamar pada bank tersebut sudah benar-benar paham dengan sistem kerja maupun produk yang dihasilkan atau hanyalah ikut-ikutan saja.

Baca Juga   Cara Sukses Interview Kerja

Pada tahapan ini, tentunya anda dapat memberikan sejumlah informasi dengan cukup details yang sudah anda ketahui tentang bank tersebut, mulai dari produk unggulan, visi misi, profil dan sejarah bank, kekurangan serta kelebihan bank, dan juga pandangan masyarakat kepada layanan yang diberikan oleh bank tersebut.

3. Bidang apa yang anda lamar serta seberapa baik kemampuan anda pada bidang tersebut?

Pertanyaan di atas merupakan sebuah pertanyaan yang dipakai untuk mengetahui bahwasanya anda memang benar-benar membuat lamaran pada bidang yang sesuai. Dengan memanfaatkan jawaban dari pertanyaan di atas, maka pihak pewawancara akan mampu untuk mengukur apakah anda sudah pantas untuk diterima bekerja atau belum.

Jawaban terbaik untuk pertanyaan di atas yaitu dengan cara menyampaikan bahwasanya anda sudah cukup lama berkutat pada bidang tersebut serta cukup menyukai dengan mengerjakan berbagai macam kegiatan pada pekerjaan tersebut. Dengan demikian, secara tidak langsung kondisi tersebut akan memberikan 1 buah jawaban bahwasanya anda memang sudah cukup memahami sejumlah alur kerja serta dapat dibilang cukup ahli guna mengurusi bidang pekerjaan tersebut.

4. Jelaskan target anda kedepan apabila anda diterima pada bank kami

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang sangat penting. Apabila anda keliru di dalam menjawabnya, maka sangat dimungkinkan anda akan gagal pada tahapan ini. Pengalaman tersebut sudah pernah penulis dapatkan pada saat sedang melamar di marketing officer pada sebuah bank bumn. Penulis salah dalam memberikan jawaban serta kurang menarik sehingga pada akhirnya mengalami kegagalan dan tidak bisa mengikuti tahap seleksi selanjutnya.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memberikan jawaban yang cukup realistis, tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu berlebihan. Contohnya adalah saya akan selalu bekerja dengan sebaik mungkin dan menggunakan sejumlah strategi supaya bisa membuat penjualan yang sebanyak-banyaknya. Tentunya jawaban tersebut cocok jika anda melamar pada bagian marketing.

Baca Juga   Contoh Wawancara Pendidikan Disekolah

5. Sebutkan alasan mengapa anda keluar pada tempat kerja sebelumnya?

Pada saat anda menjawab pertanyaan di atas, anda dilarang untuk memberikan jawaban yang bernada negatif di mana dapat membuat pihak pewawancara merasa curiga jika anda keluar disebabkan karena melakukan kejahatan atau kesalahan yang tidak dapat dimaafkan. Oleh karena itu, maka anda harus berusaha untuk mengumpulkan kata-kata yang tepat dan sesuai, contohnya adalah disebabkan karena pada tempat kerja yang sebelumnya sudah tutup sehingga memaksa saya untuk mencari pekerjaan di tempat lainnya. Bisa juga dengan menggunakan jawaban disebabkan karena pindah tempat tinggal ataupun alasan yang lainnya, yang penting alasan yang isinya adalah hal-hal positif untuk bank.

6. Jelaskan 3 kelebihan anda dan 3 kekurangan anda

Pertanyaan di atas bisa dikatakan hampir pasti akan keluar dan diajukan oleh pihak pewawancara. Untuk menjawab pertanyaan di atas memang kadang kala kita cukup merasa bingung, terutama apabila harus mencari kekurangan sendiri. Pada saat anda menjelaskan tentang kelebihan, maka alangkah baiknya mencari kelebihan yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang anda lamar.

Contohnya adalah dengan senang belajar pada sesuatu yang baru, mampu untuk bisa bekerja dengan target yang telah ditentukan, bisa merampungkan pekerjaan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, memiliki sifat jujur (kelebihan ini merupakan kelebihan yang cukup disenangi oleh pemilik usaha), dan lain sebagainya. Tentang kekurangan pada diri anda, usahakan untuk tetap menyebutkan kekurangan yang bernada positif, contohnya adalah kadangkala anda bekerja lupa waktu karena sangat serius, terlalu memiliki ambisi jika sedang memiliki target dan lain sebagainya.

7. Jelaskan obsesi anda untuk bisa bekerja di sini

Jika pertanyaan interview di atas muncul ketika wawancara kerja, maka silakan anda pastikan bahwa jawaban yang diberikan tidaklah bertele-tele. Anda cukup menjawab secara sederhana, contohnya adalah hendak memenuhi keperluan keluarga dan cukup menyenangi dengan bidang kerja yang anda lamar tersebut. 2 buah jawaban tersebut sekiranya sudah sangat cukup guna bisa mempengaruhi pihak pewawancara supaya bisa memilih anda untuk bergabung menjadi salah satu bagian pada banknya.

Baca Juga   Apa Yang Dimaksud Dengan Wawancara

8. Berapa lamakah anda ingin bekerja pada bank kami?

Jawaban yang tepat untuk pertanyaan di atas sangatlah penting, disebabkan karena bank hendak memahami dan mengetahui apakah anda mempunyai sifat loyalitas yang cukup tinggi atau hanyalah sekedar ingin mencoba dan beberapa periode berikutnya anda akan keluar kerja disebabkan karena memiliki ketertarikan pada tempat kerja yang lainnya. Anda bisa menjawab pertanyaan di atas dengan menyampaikan bahwa anda ingin bekerja selama diperlukan atau anda ingin bekerja sampai pensiun apabila diterima.

9. Berapa besar gaji yang anda harapkan

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang cukup favorit untuk banyak pihak pewawancara di dalam menyeleksi kandidat karyawannya. Pertanyaan di atas bisa dikatakan membantu, namun bisa dikatakan pula tidak. Jika hanya tertinggal dua kandidat yang sedang memperebutkan satu tempat kerja, maka yang rata-rata akan diterima adalah yang tidak terlalu tinggi di dalam meminta gaji perbulannya.

Kondisi tersebut merupakan kondisi yang cukup real di bank manapun dimana bank akan lebih senang menggaji karyawan dengan gaji yang minim atau mau digaji sesuai dengan kemampuan bank. Oleh sebab itu, tips yang bisa anda gunakan adalah dengan memberikan jawaban normatif, tidak spesifik dengan menyebutkan angka. Contohnya adalah saya bersedia untuk digaji sesuai dengan kebijakan bank maupun umr yang sudah ada sekarang ini.

Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara menjawab interview di bank dengan baik dan benar sehingga anda akan memiliki kemampuan lebih mendalam tentang teknik dan cara menjawab interview di bank. Mudah-mudahan bermanfaat dan berguna untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Check Also

Tips Saat Interview Pekerjaan

Tips Saat Interview Pekerjaan Dengan Baik Dan Benar

Saat anda sedang mengikuti interview atau wawancara kerja, apakah yang harus anda sampaikan? Tentu, cukup ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *