Home / Wawancara / Cara Menjawab Motivasi Kerja Saat Interview

Cara Menjawab Motivasi Kerja Saat Interview

Apa kabar pembaca sekalian? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas materi tentang cara menjawab motivasi kerja saat interview. Tentu, di saat kegiatan interview atau wawancara kerja dilaksanakan, salah satu hal yang perlu dipahami adalah mengetahui apa saja tips di dalam memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diberikan oleh pihak wawancara. Hal tersebut dikarenakan, jawaban yang sudah anda berikan akan bisa menjadi salah satu langkah guna meraih kesuksesan pada saat mengikuti interview.

Cara Menjawab Motivasi Kerja Saat Interview

Cara menjawab motivasi kerja saat interview

Kegiatan tanya jawab pada pelaksanaan wawancara kerja adalah salah satu hal pokok yang tidak dapat dianggap remeh. Tes wawancara kerja tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar, jika anda dapat mencairkan kondisi dan suasana dengan cara membangun komunikasi yang baik. Oleh sebab itu, anda wajib untuk memahami sejumlah pertanyaan yang bisa jadi sangat sulit untuk anda jawab.

Salah satu jenis pertanyaan yang sering membuat para kandidat merasa sulit yaitu “apa saja motivasi anda untuk bekerja diperusahaan kami?”

Pertanyaan di atas tentu memiliki kesan yang cukup sederhana, akan tetapi sebenarnya cukup rumit. Hal tersebut dikarenakan tidak tersedianya 1 patokan bagaimana teknik menjawab pertanyaan di atas dengan baik dan benar. Namun demikian, jika anda tidak mampu untuk untuk menyampaikan motivasi yang anda miliki dengan jelas, maka pihak wawancara juga akan cukup kesulitan pada saat menangkap inti jawaban yang anda berikan.

Oleh sebab itu, pada pertanyaan di atas, maka pihak pewawancara akan mencoba untuk memahami jawaban dari motivasi anda guna mengetahui kunci keberhasilan anda di posisi pekerjaan yang dilamar. Untuk bisa memberikan jawaban atas pertanyaan motivasi kerja saat interview, maka silakan anda ikuti beberapa tips berikut ini:

Baca Juga   Langkah Langkah Interview Kerja Paling Lengkap

Anda bisa mengingat kembali sejumlah faktor yang menjadikan anda untuk bekerja. Apakah alasan anda bekerja disebabkan mempunyai minat di pekerjaan tersebut atau anda sudah mempunyai target tertentu yang hendak dicapai di masa yang akan datang? Sejumlah alasan tersebut wajib untuk dipikirkan oleh anda mulai dari saat ini. Silakan anda sampaikan jawaban tersebut dengan spontan supaya tidak memiliki kesan telah disiapkan. Hal tersebut dikarenakan pula, pihak pewawancara lebih menyenangkan seorang kandidat yang bisa memberikan jawaban secara cepat atau spontan.

Hindari pula menjawab pertanyaan yang memiliki topik materi. Meskipun tentunya anda bekerja disebabkan karena memerlukan uang, namun janganlah pernah untuk mengungkapkan permasalahan tersebut dengan cara langsung pada saat menjawab pertanyaan motivasi pekerja.

Sebagai jalan alternatif, anda dapat menentukan jawaban yang memiliki sifat positif dan relevan yang lainnya. Silakan anda sampaikan motivasi kerja berdasarkan pada posisi yang anda lamar pada saat itu. Ketika sedang mengungkapkan apa saja yang menjadi motivasi anda, silakan anda pakai kata-kata yang bersifat positif supaya mampu menggerakkan pihak pewawancara guna bisa menaruh rasa percaya kepada diri anda. Adapun tujuannya supaya mereka mampu menjadikan anda sebagai salah satu karyawan pada perusahaan di mana mereka bekerja.

Guna mempermudah anda di dalam menjawab pertanyaan motivasi bekerja, berikut ini adalah sejumlah contoh jawaban untuk pertanyaan di atas.

  1. Saya memiliki banyak tanggung jawab terhadap sejumlah proyek, yang mana saya ada pada sebuah tim pengembangan sekaligus pelaksana program. Tim saya tentunya dapat mengerjakan proses pengiriman dengan tepat waktu untuk beberapa jenis produk perangkat lunak
  2. Saya tentunya sangat termotivasi dengan tantangan guna mampu menyelesaikan sebuah proyek lebih awal dari durasi yang sudah ditentukan serta mampu mengelola tim supaya dapat mencapai target yang sudah dibuat
  3. Saya sangatlah termotivasi pada keinginan dan harapan untuk tetap melaksanakan pekerjaan pada posisi apapun guna menjadikan yang lebih unggul serta dapat lebih sukses dalam pekerjaan yang saya geluti, baik itu dari sisi kepuasan pribadi maupun kepuasan pimpinan.
  4. Saya akan selalu memastikan bahwasanya klien pada perusahaan selalu memperoleh layanan yang paling baik. Disamping itu, saya akan selalu menganggap hal tersebut merupakan sebuah bagian yang sangat penting untuk saya, untuk perusahaan dan tentunya untuk layanan guna bisa dijadikan sebagai pengalaman pelanggan yang bersifat positif.
Baca Juga   Contoh Formulir Interview Karyawan Baru

Tentunya, contoh-contoh jawaban di atas bukanlah merupakan acuan mutlak yang wajib untuk anda ikuti. Secara inti, berilah jawaban yang mudah dipahami atas pertanyaan motivasi kerja di saat interview atau wawancara kerja. Hilangkan jawaban-jawaban yang bersifat pribadi, misalnya tentang keuangan maupun keluarga. Demikianlah penjabaran singkat tentang cara menjawab motivasi kerja saat interview atau wawancara kerja yang bisa saya bahas pada posting di kesempatan kali ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Check Also

Contoh Wawancara Kerja Di Bank

Contoh Wawancara Kerja Di Bank

Pekerjaan di bank merupakan pekerjaan yang cukup diminati oleh banyak orang. Tentu hal tersebut tidak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *