Home / Tips dan Trik / Psikotes / Cara Menjawab Soal Psikotes Biar Nilainya Tambah Baik

Cara Menjawab Soal Psikotes Biar Nilainya Tambah Baik

Cara menjawab soal psikotes banyak dicari oleh para pelamar kerja sebagai salah satu bentuk usaha untuk lebih mengenali beragam soal tes psikotes. Tujuannya adalah biar hasil akhir dari perjuangan mereka mengikuti tes psikotes lebih maksimal dan pada akhirnya bisa diterima masuk kerja pada perusahaan yang mereka impikan.

Cara Menjawab Soal Psikotes

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas mengenai cara menjawab soal psikotes dengan benar. Referensi yang saya ambil adalah dari 5 contoh soal tes psikotes yang sering keluar dan sering digunakan oleh pihak tester untuk menguji para calon karyawan pada sebuah perusahaan. Harapannya, setelah anda mempelajari cara menjawab tes psikologi pada artikel dibawah ini, maka anda akan memperoleh gambaran secara mendetail tentang apa saja yang diujikan pada pelaksanaan tes psikotes sekaligus memiliki persiapan yang jauh lebih matang.

Apakah anda sudah siap belajar cara menjawab tes psikotes? Mari kita lanjutkan. Tes psikotes adalah salah satu tahapan yang wajib untuk anda percobaan ketika melamar pekerjaan dan tentunya hampir diujikan oleh semua perusahaan sehingga pihak perusahaan bisa dipastikan memerlukan hasil dari penilaian tes psikotes guna mengetahui kepribadian dan karakter anda.

Pihak perusahaan tentunya menginginkan untuk memperoleh kandidat yang pas serta sejalan dengan misi serta visi dari perusahaan. Setiap perusahaan memiliki metode pelaksanaan tes psikotes yang berlainan serta disesuaikan dengan lowongan pekerjaan yang dibuka.

Sebelumnya, saya cukup bangga dengan anda sekalian karena mempunyai semangat yang sangat tinggi guna belajar cara menjawab tes psikotes. Tentunya, saya sangat yakin bahwa posisi anda sekarang ini adalah sedang melamar pekerjaan dan sedang mencari referensi serta persiapan apa saja yang perlu dilakukan untuk mendukung kegiatan tes psikotes tersebut. Semoga saja anda bisa diterima kerja pada perusahaan yang anda idam-idamkan.

Cara Menyelesaikan Soal Psikotes

Masing-masing perusahaan bisa dipastikan memerlukan pegawai atau pekerja yang berbeda. Kamu bisa mengetahuinya, maka setiap perusahaan wajib untuk melakukan penyesuaian terhadap pelaksanaan tes psikotes dengan karakter yang hendak dicarinya.

Berikut ini adalah contoh soal tes psikotes dan cara mengisi psikotes tersebut. Silakan anda pelajari dengan serius dan sungguh-sungguh supaya anda memperoleh hasil yang terbaik.

1. Cara menjawab soal psikotes wartegg

Pembahasan yang pertama adalah bagaimana cara menjawab psikotes warteg. Sebelumnya, perlu kita ketahui bersama bahwa tes warteg ditemukan oleh ehrig wartegg yang merupakan ahli psikolog dari negara jerman. Pada tes warteg tersebut, akan ada 8 kotak yang memiliki bentuk dan pola yang berlainan, yaitu:

  • Garis melengkung
  • Sejumlah titik yang melingkar
  • Dua buah garis yang tidak beraturan
  • Dua buah garis dengan posisi tegak lurus
  • Kotak hitam berukuran kecil
  • Garis lurus yang tersusun berjajar
  • Garis yang melengkung
  • Titik
Baca Juga   Cara Belajar Psikotes Yang Paling Efektif

Tugas anda di dalam mengerjakan soal psikotes warteg yaitu melanjutkan untuk menggambar dari pola yang sudah ditentukan. Anda bebas memilih untuk menggambar dari kotak yang mana saja namun harus diberikan nomor urut.

Cara menjawab psikotes yang benar pada soal tes psikotes wartegg ini adalah dengan mulai menggambar sesuai dengan urutan gambar supaya anda terlihat sebagai orang yang lebih teratur. Di tahap berikutnya, disebabkan karena setiap orang memiliki arti yang berbeda, maka tentunya anda wajib untuk melanjutkan gambar berdasarkan pola yang benar, contohnya adalah garis lengkung dilanjutkan untuk menggambar makhluk hidup, sementara itu garis lurus dilanjutkan untuk menggambar benda mati.

2. Cara menyelesaikan soal psikotes koran

Contoh soal tes psikotes yang berikutnya yaitu tes psikotes koran. Ada pula yang menamakan tes psikotes koran dengan sebutan tes pauli atau tes kraepelin. Mengapa diberikan nama seperti itu? Tersebut karena tugas adalah untuk menjumlahkan setiap 2 menit yang mana terdiri dari angka 1 sampai dengan 9 dalam sebuah kolom. Anda bisa mulai mengerjakan dari kolom ujung kiri paling atas sampai dengan kolom paling ujung sebelah kanan pada lembar soal yang seukuran dengan koran.

Cara menjawab tes psikotes koran yaitu anda wajib untuk selalu konsisten di dalam menjumlahkan angka-angka yang sudah ada, walaupun sebenarnya susunan angka terlihat cukup sederhana. Anda wajib untuk selalu berupaya supaya jumlah dari angka yang anda hitung adalah sama.

3. Cara menyelesaikan soal psikotes logika aritmatika

Tes psikotes logika aritmatika berfungsi untuk mengukur kemampuan anda di dalam memahami sebuah pola serta terjemahannyatunjukkan kemampuan di dalam menganalisa. Setelah anda berhasil memahami serta menganalisa, maka kewajiban anda berikutnya adalah membuat sebuah prediksi serta mengisi kelanjutan dari pola yang sudah disediakan. Pola-pola yang kemungkinan diujikan adalah pengelompokan secara melompat, pengelompokan secara berurutan dan berurutan.

Baca Juga   Cara Menghadapi Psikotes Kerja

Cara menjawab tes psikotes logika aritmatika supaya anda bisa berhasil dengan nilai yang cukup baik adalah tidak boleh terpaku pada angka awal di soal, namun lihatlah keseluruhan dari angka yang ada pada soal. Disamping itu, disebabkan karena ada keterbatasan waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal tes tersebut, maka alangkah baiknya anda tidak terpaku pada soal yang cukup rumit, namun kerjakanlah soal-soal tes psikotes logika aritmatika yang anda anggap cukup mudah untuk diselesaikan. Barulah, pada saat ada sisa waktu maka anda bisa memanfaatkannya untuk mengerjakan kembali soal yang rumit.

4. Cara menyelesaikan soal psikotes edward personal preference schedule/EPPS

Soal tes psikotes EPPS memiliki fungsi untuk mengetahui kepribadian yang anda miliki, di mana bentuk soal dari tes edward personal preference schedule tersebut adalah pilihan salah satu dari dua pilihan yang paling sesuai dengan diri anda pribadi. Secara umum rata-rata soal dari tes EPPS terdiri atas 225 pertanyaan dan ada kemungkinan pula terdapat dua pilihan jawaban yang tidak sesuai dengan karakteristik anda sendiri.

Cara menjawab tes EPPS tersebut adalah jujur didalam memberikan jawaban atas pertanyaan yang kadangkala diulang-ulang serta harus konsisten sehingga mampu menunjukkan kepribadian yang anda miliki tersebut.

5. Cara menyelesaikan soal psikotes analog verbal

Tes psikotes analog verbal memiliki tujuan guna mengukur tingkat kemampuan logika dari peserta tes terhadap suatu permasalahan. Secara umum, jumlah soal dari tes psikotes analog verbal adalah 40 soal yang berkutat seputar analog suatu kata, sinonim dan antonim.

Cara menjawab tes analog verbal yaitu dimulai dari konsentrasi serta berlatih untuk menghafalkan berbagai macam contoh soal dan jawaban. Hal tersebut disebabkan karena adanya sejumlah soal yang sama. Contoh dari soal tes psikotes analog verbal adalah seperti dibawah ini.

Contoh Soal 1 : Kubus:piramid=empat persegi:….

A. Segitiga
B. Mesir
C. Peti
D. Pentagon

Contoh Soal 2 : Wanita:kebaya=pria:…

A. Jas
B. Topi
C. Baju
D. Sepatu

Pada bagian ini, setidaknya anda sudah memahami bagaimana cara menjawab soal psikotes sehingga anda bisa lebih memahami bentuk-bentuk dari soal tes psikotes yang kemungkinan besar akan keluar pada saat pelaksanaan seleksi penerimaan karyawan baru pada sebuah perusahaan.

Baca Juga   Cara Lulus Tes Psikotes Paling Efektif

Pada saat ada rekan maupun saudara yang masih merasa kesulitan di dalam mengikuti tes psikotes maka alangkah baiknya anda bersedia untuk membantu memberikan informasi seputar gambaran umum pelaksanaan tes psikotes yang sudah saya ulas pada bagian depan.

Sebagai tambahan untuk anda berikut ini akan saya bagikan beberapa tips dan kiat sukses di dalam menghadapi tes psikotes. Sebenarnya, pelaksanaan dari tes psikotes memang masuk ke dalam golongan yang cukup rumit dan juga cukup menegangkan. Hanya saja, seandainya memungkinkan kita bisa menganggap bahwa tes psikotes merupakan sebuah tahapan yang cukup mudah untuk dilalui. Apabila anda akan mengikuti tes psikotes, maka tentunya anda sudah masuk ke dalam beberapa tahapan seleksi penerimaan karyawan baru. Untuk itulah, peluang untuk ikut melaksanakan tes psikotes jangan sampai disia-siakan.

Setelah kita memahami sejumlah contoh soal tes psikotes di atas lengkap dengan bagaimana cara menjawabnya, maka berikut ini adalah cara yang paling tepat untuk menghadapi pelaksanaan tes psikotes:

  1. Memiliki rasa optimis dan percaya diri pada saat mengerjakan soal tes psikotes sehingga anda memiliki mental yang cukup positif sehingga tentu akan lebih mempermudah anda di dalam menyelesaikan soal-soal tes psikotes.
  2. Perbanyaklah latihan dengan cara mengerjakan contoh-contoh soal tes psikotes yang memiliki bentuk berbeda sehingga tentu anda memiliki pengalaman yang lebih jauh di dalam mengerjakan soal tes psikotes nantinya
  3. Selalu berkonsentrasi dan fokus secara penuh pada saat mengerjakan soal tes psikotes. Perlu diketahui bahwa ketenangan dan ketelitian pada saat anda mengerjakan soal tes psikotes akan berpengaruh positif terhadap hasil yang didapat
  4. Selalu berdoa dan diikuti dengan kerja keras serta menyerahkan segala macam keputusan akhir kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.
  5. Tidak mudah menyerah dan akan selalu belajar serta memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada pada pelaksanaan tes psikotes di mana hal tersebut merupakan penyebab dari kegagalan sebelumnya.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai cara menjawab soal psikotes sehingga nantinya anda dapat menyelesaikan soal psikotes dengan baik dan benar serta memperoleh hasil maksimal sehingga pada akhirnya anda bisa lolos untuk bisa mengikuti tahapan berikutnya di seleksi penerimaan karyawan baru perusahaan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Check Also

Cara Lulus Tes Psikotes Paling Efektif

Cara Lulus Tes Psikotes Paling Efektif

Siapapun pasti berusaha untuk mencari cara lulus tes psikotes karena pastinya mereka selalu mengidam-idamkan untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *