Home / Tips dan Trik / Cara Mudah Mengerjakan Tes Psikotes Koran

Cara Mudah Mengerjakan Tes Psikotes Koran

Tes psikotes koran atau yang juga disebut tes kraepelin atau tes pauli merupakan tes psikologi kategori analogi yang terdiri dari susunan angka dalam bentuk lajur. Cara kerja dari tes ini adalah dengan menjumlahkan dua angka yang berdekatan pada setiap lajurnya dalam waktu yang ditentukan. Tes koran ini dilakukan untuk melihat kemampuan berfikir anda ketika berhadapan dengan deretan angka yang cukup panjang.

Tujuan Tes Psikotes Koran

Tes psikotes koran atau tes kraepelin memiliki tujuan yang cukup penting, sehingga tes ini tidak pernah ditinggalkan untuk uji psikotes. Tujuan dari Tes koran adalah untuk mengetahui tingkat keuletan, emosi, kemauan, penyesuaian diri hingga stabilitas seseorang dalam bekerja. Tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mengerjakan tes kraepelin ini dengan baik dan tepat waktu, karena untuk mengerjakannya dibutuhkan tingkat ketelian dan konsentrasi yang tinggi, semakin banyak kesalahan anda akan menunjukkan sikap anda yang kurang fokus, tidak berhati-hati serta memiliki daya tahan yang kurang dalam pekerjaan.

Cara Mengerjakan tes psikotes koran

Cara Pengerjaan dari tes psikotes koran sebenarnya sangat simpel dan mudah, yakni dengan menjumlahkan dua angka yang berdekatan secara terus menerus ke bawah hingga selesai dalam waktu yang ditentukan. Untuk pengisian, angka yang ditulis hanya angka satuan yang anda tulis diantara angka yang anda jumlahkan. Setiap lajur diberi batasan waktu, dan akan langsung pindah ke lajur berikutnya apabila waktunya sudah habis.

Meskipun terkesan sepele dan sederhana, namun jenis tes psikotes koran bisa menjadi jebakan yang cukup menyusahkan. Untuk itu ada beberapa tips yang dapat anda lakukan ketika mengerjakan tes ini. Tips yang pertama adalah konsentrasi, tingkat konsentrasi yang tinggi akan membuat anda semakin teliti dan cermat dalam menghitung. Selanjutnya tepat waktu sesuai dengan intruksi yang diberikan. Ketika anda mengikuti tempo pengerjaan, langkah anda akan semakin mudah. Dan tips tes psikotes koran yang terakhir adalah perbanyak latihan, sebelum anda mengikuti uji tes koran ini, semoga dapat bermanfaat…

Check Also

Sukses tes psikotes  Inilah yang harus dilakukan

Sukses tes psikotes ? Inilah yang harus dilakukan

Siapa pun pasti ingin sukses tes psikotes. Apalagi jika tes psikotes tersebut dilaksanakan oleh perusahaan ...