Home / Tips dan Trik / Cara Tepat menghindari Kegagalan tes psikotes kerja

Cara Tepat menghindari Kegagalan tes psikotes kerja

Untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan memang tidaklah mudah, selain semakin banyaknya pesaing, anda juga harus lolos dalam beragam tes penyaring yang dilakukan oleh tim penyelenggara. Selain interview, tes yang sangat berpengaruh adalah tes psikologi atau psikotes, yang akan sangat menyulitkan apabila tidak anda pahami cara penyelesaiannya. Untuk menghadapi tes psikologi ini selain kesiapan mental anda juga harus membiasakan diri dengan beragam jenis soal tes psikotes kerja yang sangat beragam, dari tes analogi, tes verbal, aritmatika hingga tas menggambar.

Karakteristik Soal Tes Psikotes Kerja

Soal tes psikotes kerja berbeda dengan TPA. Jika pada TPA aspek kecerdasan lebih diutamakan, berbeda dengan tes psikologi yang lebih mengutamakan aspek kepribadian. Tingkat kesulitan dan karakteristik pada soal yang diujikan juga berbeda, pada tes psikologi kerja, soal yang diberikan disesuaikan dengan kriteria calon karyawan yang dikehendaki dan disesuaikan dengan jabatan yang sedang dicari. Selain itu soal tes juga dipengaruhi prioritas kepribadian yang diinginkan. fokus pada faktor psikologis, intelegensi atau ketrampilan juga menjadi bahan pertimbangan soal.

Tips Lulus Tes Psikotes Kerja

Setelah anda memahami karakteristik soal tes psikotes kerja, anda bisa lebih optimis dan percaya diri untuk meraih keberhasilan. Namun sebelumnya ada beberapa tips sukses mengerjakan soal tes psikotes kerja yang dapat anda terapkan. Tips yang pertama adalah siapkan fisik dan mental dalam menghadapi tes, pada umumnya instansi yang mengadakan tes psikotes merupakan instansi besar sehingga anda harus siap dan optimis untuk berhasil. Sikap pisimis hanya akan memberikan dampak negatif pada hasil nilai, karena akan mempengaruhi daya pikir dan konsentrasi anda.

Tips selanjutnya adalah dengan sering latihan mengerjakan soal tes psikotes kerja, meskipun soalnya tidak sama, namun karakteristik soal dan cara penyelesaiannya tidak jauh berbeda. Dengan pembekalan pengetahuan akan tes psikologi kerja ini setidaknya akan lebih memudahkan anda dalam mencari penyelesaian yang tepat. Itulah beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari kegagalan tes psikotes, semoga sukses…

Check Also

Sukses tes psikotes  Inilah yang harus dilakukan

Sukses tes psikotes ? Inilah yang harus dilakukan

Siapa pun pasti ingin sukses tes psikotes. Apalagi jika tes psikotes tersebut dilaksanakan oleh perusahaan ...