Home / Wawancara / Cara Wawancara Yang Baik Dan Benar

Cara Wawancara Yang Baik Dan Benar

Halo pembaca budiman? Pada kesempatan yang baik ini izinkan saya untuk sharing tentang cara wawancara yang baik dan benar. Tentu, kata wawancara atau interview bukanlah kata yang asing bagi kita semuanya. Pasti diantara kita semua sudah mengetahui apa itu interview dan bagaimana tahapan pelaksanaannya. Namun, teknik bagaimana supaya bisa diterima pada pelaksanaan interview adalah bagian yang belum banyak diketahui sehingga pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi pengalaman tentang cara wawancara kerja yang baik.

Cara Wawancara Yang Baik Dan Benar

Bagi anda yang baru saja menyelesaikan pendidikan baik dari perguruan tinggi maupun bangku sekolah, pasti membutuhkan tiap dan cara wawancara yang baik. Hal tersebut disebabkan karena beragam tips dan trik untuk dapat lolos mengikuti wawancara kerja amatlah penting untuk diketahui bersama, baik itu yang belum diberikan kesempatan untuk bekerja pada sebuah perusahaan ataupun bagi anda yang sekarang ini sedang berusaha untuk mencari pekerjaan yang lebih baik di perusahaan lainnya.

Perlu kita ketahui bersama bahwasanya cara tes interview yang akan saya sampaikan adalah salah satu bagian supaya anda bisa mudah untuk lolos pada tahapan wawancara kerja dan merupakan pengalaman yang sebelumnya sudah pernah diikuti oleh banyak kandidat peserta tes interview. Cara wawancara kerja yang akan saya ulas pada bagian di bawah ini juga tentunya dapat anda terapkan pada pelaksanaan tes wawancara kerja untuk masuk ke perusahaan besar.

Namun tentunya perlu anda ketahui bersama bahwasanya untuk bisa lolos menghadapi wawancara kerja diperlukan kerja keras yang kuat, termasuk adalah pengetahuan tentang cara wawancara yang baik menghadapi para pewawancara yang kerap kali memberikan pertanyaan yang sulit untuk dijawab. Apabila perlu untuk dipelajari dengan cukup detail tentu berbagai macam ilmu berkaitan erat dengan proses wawancara dan tentu akan memberikan dampak yang cukup lama, terlebih apabila kita bisa diterima pada sebuah perusahaan bumn dengan gaji cukup besar setiap bulannya. Dengan demikian, perekonomian di dalam keluarga juga bisa lebih sejahtera.

Ada kemungkinan, dari sekian banyak warga negara indonesia belum memahami tentang kisah sukses dari ceo bank BCA di mana sebelumnya beliau hanyalah salah satu cleaning service pada bank swasta terbesar pada saat itu. Tentu, bisa anda bayangkan, seseorang yang meniti karir dari cleaning service merangkap menjadi seorang ceo. Bentuk jarang sekali yang menyangkanya. Kondisi tersebut tentu lahir dari keberhasilan di mana dia mampu melewati berbagai macam tahapan, salah satunya adalah wawancara kerja atau interview. Tentu, anda juga dapat mengikuti jejak beliau di dalam kerasnya berusaha.

Cara wawancara kerja yang baik dan benar

Di bawah ini adalah sejumlah tips interview atau wawancara kerja yang bisa anda gunakan sebagai referensi untuk belajar. Beberapa tips di bawah ini juga telah saya coba praktekan sendiri, jadi tidak asal menulis saja. Cara wawancara kerja yang baik dan benar pada bagian di bawah ini juga seringkali diterbitkan oleh banyak perusahaan, sehingga validitas dari data berikut cukuplah kuat.

Baca Juga   Tips Wawancara Kerja Di Bank Terbukti Bisa Lolos Ke Tahap Berikutnya

1. Silakan perlihatkan bahwa anda mempunyai rasa percaya diri yang cukup tinggi

Di saat sekarang ini, memiliki kepercayaan diri adalah salah satu hal yang cukup utama dan penting pada perusahaan, apalagi jika nantinya bidang pekerjaan yang dilamar adalah bidang yang berhubungan langsung dengan banyak orang, contohnya adalah public relation, customer service, teller, marketing, administrasi, hotel, karyawan stand dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, salah satu model di atas haruslah dimiliki oleh anda supaya lebih mudah lolos pada saat pelaksanaan wawancara kerja atau interview tersebut.

Rasa percaya diri dalam konteks di atas sebenarnya tidaklah hanya memiliki tujuan supaya komunikasi dengan pihak lain dapat berjalan lebih lancar dan lebih baik, namun juga berkaitan dengan kemampuan di dalam menyelesaikan masing-masing tugas kerja yang sudah diberikan kepada pihak karyawan. Semakin tinggi rasa percaya diri yang dimiliki, maka akan semakin merasa dapat pula menuntaskan beragam pekerjaan yang sudah dibebankan kepadanya, dan bahkan seseorang yang memiliki karakter seperti itu jauh lebih cepat di dalam mengasah kemampuan baru yang diperlukan oleh banyak perusahaan di dalam mengembangkan bisnisnya.

Demikian pula sebaliknya, apabila ada seseorang yang percaya dirinya kurang, maka dia akan merasa kesulitan di dalam berkomunikasi dengan orang lain dan rata-rata akan berefek kepada pekerjaan yang banyak terbang telah. Ditambah lagi dengan masalah deadline serta target yang dibebankan kepadanya, jika dia orang mempunyai “self confidence” yang lebih baik, bisa dipastikan bahwa dia akan selalu merasa pesimis dalam berbagai macam hal yang dia hadapi.

2. Dilarang memberikan jawaban tidak apabila anda mau lolos interview

Beberapa tahapan pelaksanaan tes interview atau wawancara kerja akan berisi beberapa pertanyaan tentang kemampuan yang dimiliki oleh kandidat. Contohnya adalah, apakah anda dapat mengoperasikan komputer? Apakah anda bisa memakai program komputer seperti powerpoint, microsoft word, adobe photoshop dan lain sebagainya? Apabila anda memperoleh pertanyaan wawancara kerja seperti di atas, pastikan anda untuk tidak menjawab dengan kata “tidak”.

Hal tersebut disebabkan, apabila anda memberikan jawaban seperti itu, maka bagian penguji sudah dapat memberikan penilaian kepada skill atau kemampuan yang anda miliki, bahkan di samping itu, dampak yang bisaditerima oleh kandidat adalah pihak penguji akan bisa langsung memahami kemampuan dan sudah dapat menyimpulkan di dalam hati hasil pelaksanaan tes wawancara kerja tersebut.

Oleh sebab itu, maka bisa disimpulkan bahwa supaya anda bisa mudah diterima pada tahapan interview atau wawancara kerja, maka tentunya anda harus mau mempelajari komputer. Hal tersebut juga dilatarbelakangi karena perkembangan gadget yang dipakai oleh anak sekolah jumlahnya cukup banyak sehingga peluang rusak luka terbuka lebar. Apabilapemahaman tentang berbagai macam software komputer sudah dipelajari, maka tentunya hal tersebut bisa menjadi poin plus bagi dirinya sendiri.

Yang menjadi permasalahan, bagaimana apabila kita memang tidak mengerti sama sekali. Apakah kita boleh berbohong? Jadi, apabila anda tidak melamar pekerjaan pada bidang desain grafis, maka kondisi tersebut dapat dilakukan. Tekniknya yaitu anda cukup mengatakan ” bisa”, yang nantinya, anda harus belajar ekstra keras lewat buku tutorial, di mana jika anda serius untuk mempelajari software komputer seperti powerpoint maupun adobe photoshop bisa dilakukan dalam waktu 2 minggu saja.

Baca Juga   Cara Membuat Wawancara Biar Lebih Nyaman

Permasalahan di atas juga tentunya dilatarbelakangi karena apabila anda sudah dinyatakan lolos, maka biasanya anda akan ditanya kapan bisa mulai bekerja diperusahaan. Pada kesempatan itulah, anda bisa memberikan jawaban kurang lebih sekitar 2 minggu sampai 1 bulan kedepan disebabkan karena sedang mengurus sesuatu yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

Di samping itu, syarat akan kemampuan memakai software desain grafis tidaklah mutlak dan hanya akan digunakan jika dibutuhkan saja. Tentu, kondisi seperti itu sama dengan bahasa inggris di mana banyak perusahaan yang memberikan isyarat wajib untuk dapat menggunakan bahasa inggris, minimal pasif, padahal di saat bekerja pemakaian bahasa inggris tidak dibutuhkan sama sekali.

Di samping keterampilan yang sudah dijabarkan pada bagian atas, terdapat satu lagi hal yang diperlukan apabila anda menginginkan masuk bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak pada bidang penerbitan maupun pada situs berita online, yaitu tentang penguasaan mengetik 10 jari. Keterampilan tersebut dibutuhkan karena memiliki sangkut paut berkaitan dengan kecepatan bekerja seorang karyawan di dalam menyelesaikan tugas setiap harinya.

3. Berikan jawaban berdasarkan pertanyaan yang diberikan

Pada bagian ini, terdapat cukup banyak pelamar yang tidak mengerti bahwa kandidat yang memberikan jawaban bertele-tele justru akan memperoleh penilaian cukup buruk dari pihak penguji maupun kepala bagian. Pihak HRD rata-rata akan mengerjakan proses perekrutan karyawan ataupun pegawai baru. Salah satu efek yang akan diperoleh ketika memberikan jawaban bertele-tele yaitu akan dianggap sebagai orang yang jago ngeles ataupun tidak tegas.

Oleh sebab itu, alangkah baiknya apabila jawaban yang diberikan adalah seadanya jika memang menginginkan supaya bisa lulus interview atau tes wawancara kerja dengan cukup mudah dan dapat memperoleh pekerjaan dengan mudah pula. Apabila jawaban yang diminta hanyalah jawaban iya atau tidak, maka jawablah sesuai dengan permintaan. Janganlah menjawab dengan menjabarkan panjang dan lebar.

Kecuali apabila mereka memang meminta secara langsung dari pihak pewawancaranya, barulah anda bisa menjawab dengan detail dan lengkap. Contohnya adalah apakah anda sudah pernah bekerja di perusahaan lain? Maka silakan jawab dengan iya. Apabila memang kondisinya seperti itu. Selanjutnya, barulah anda memberikan penjelasan secara lengkap apabila ada pertanyaan berikutnya yang meminta anda untuk menjabarkan pekerjaan sebelumnya di tempat lain.

4. Sampaikan alasan keluar kerja dari tempat kerja yang sebelumnya dan memiliki sifat positif

Jawaban atas pertanyaan di atas juga sangat penting untuk dipahami, terlebih apabila anda memang baru saja keluar dari perusahaan lain. Sebisa mungkin, berikanlah sejumlah alasan yang tidak membuat kegiatan penilaian menjadi negatif. Contohnya adalah keluar kerja disebabkan karena pindah domisili maupun disebabkan karena lokasinya yang terlalu jauh sehingga harus keluar. Atau, anda juga bisa mengambil alasan karena perusahaan atau tempat kerja yang sebelumnya tutup. Bagian yang terpenting adalah jangan lah membuat penilaian negatif pada kepribadian yang anda miliki.

Baca Juga   Pertanyaan Interview Restoran Yang Bisa Anda Praktekan

Contoh jawaban yang tidak baik adalah keluar kerja disebabkan karena sudah cukup malas bekerja pada perusahaan yang sebelumnya. Hal tersebut adalah salah satu kesalahan yang tidak bisa diterima sehingga tentu akan dikeluarkan dengan tidak hormat.

Apabila hal tersebut disampaikan kepada bagian HRD atau pewawancara, maka anda akan mendapatkan penilaian yang cukup buruk. Oleh sebab itulah, supaya tidak pakai dan dapat mempersiapkan diri sebelum pelaksanaan interview dimulai, maka alangkah baiknya anda memahami secara persis berbagai macam contoh pertanyaan interview atau wawancara kerja lengkap dengan jawaban jawabannya.

5. Apa saja motivasi anda di dalam bekerja

Apabila anda ditanya tentang motivasi bekerja, maka silakan anda jawab berdasarkan dengan bidang pekerjaan yang anda lamar. Contohnya adalah jika anda melamar menjadi seorang penerbit pada sebuah media, maka silakan sampaikan bahwa anda memiliki hobi menulis serta cukup menyenangi pekerjaan tersebut.

Janganlah anda memberikan alasan yang cukup buruk, contohnya disebabkan karena terpaksa, sehingga melamar pada perusahaan yang ibu atau bapak pimpin. Justru, jawaban seperti itu akan membuat nilai anda menjadi buruk sebagai calon karyawan. Bisa pula anda menjawab berdasarkan visi dan misi perusahaan yang anda lamar, contohnya adalah ingin menghapus praktek riba apabila anda melamar pada koperasi syariah.

6. Berikan jawaban yang bersifat normatif apabila ditanyakan besaran gaji yang diminta

Normatif disini artinya yaitu jawaban yang anda berikan tidak spesifik menjawab atas pertanyaan yang berasal dari pihak pewawancara. Contohnya, apabila ditanya berapa gaji yang anda inginkan, maka tentu anda bisa menjawab dengan berdasarkan standar pemerintah maupun perusahaan saja. Janganlah memberikan jawaban yang terlalu muluk. Apabila anda telah memiliki pengalaman kerja pada perusahaan yang sebelumnya, maka bisa anda sampaikan jawaban ” mungkin saja dapat lebih tinggi teori upah minimum regional disebabkan karena saya sudah pernah bekerja pada bidang yang sama dan telah memiliki pengalaman tentang bidang yang dilamar”.

Janganlah anda terlalu ngotot menginginkan gaji sesuai dengan jumlah yang anda minta, karena bisa dipastikan anda tidak akan layak untuk menduduki posisi pekerjaan yang anda lamar karena disebabkan anda terlalu banyak tuntutan.

Tentang teknik bagaimana cara wawancara yang baik dan benar di atas, maka bisa disimpulkan bahwa anda sangat disarankan untuk tidak memberikan jawaban “tidak bisa”. Selain itu, lengkapi lah usaha anda dengan selalu berdoa dan juga melatih diri sebelum pelaksanaan wawancara dimulai. Mudah-mudahan, artikel di atas mampu memberikan inspirasi sekaligus gambaran gambaran tentang bagaimana mengikuti interview atau wawancara kerja dengan baik dan benar sehingga pada akhirnya anda bisa masuk bekerja pada perusahaan yang diidam-idamkan.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Pertanyaan Wawancara Bertema 17 Agustus

Contoh Pertanyaan Wawancara Bertema 17 Agustus

Tanggal 17 Agustus adalah sebuah tanggal yang bisa dipastikan cukup banyak dikenal oleh warga masyarakat ...

One comment

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat,,
    Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Apakah Anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website kami http ://kbagi.com/ untuk info selengkapnya.
    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *