Home / Materi Umum / Psikotes / Contoh Alat Tes Psikologi Dan Alat Tes Intelektual

Contoh Alat Tes Psikologi Dan Alat Tes Intelektual

Belajar untuk mengetahui serta mengenal contoh alat tes psikologi adalah salah satu bagian yang cukup mendasar yang perlu untuk dipahami serta dimiliki oleh setiap sarjana psikologi. Terlebih, untuk orang yang sudah memiliki gelarm M.Psi, psikolog. Gelar tersebut tentunya gelar yang sudah resmi diberikan kepada mereka yang memiliki profesi psikolog.

Contoh Alat Tes Psikologi Dan Alat Tes Intelektual

Setiap psikolog yang sudah mempunyai surat izin praktek psikolog atau SIPP dan sudah terbiasa menjadi seorang tester dibidang tes psikologis lebih mendapat prioritas di dalam menjamin objektivitas dari hasil tes psikotes. Hal tersebut disebabkan karena setiap pesikolog sudah menjalani sumpah dan janji untuk melaksanakan profesinya sesuai dengan aturan yang ada.

Contoh Alat Tes Psikologi

Pada saat pelaksanaan tes psikologi, tentunya terdapat berbagai macam jenis-jenis alat tes psikologi yang seringkali dipakai. Beberapa contoh alat tes psikologi yang perlu kita ketahui adalah:

  1. Tes PAPI kostic adalah sebuah tes yang berfungsi untuk menjabarkan kepribadian seseorang dimana dinyatakan pada 20 aspek. Masing-masing aspek tersebut mampu mewakili kebutuhan maupun peran tertentu. Tinggi atau rendahnya peran dan juga kebutuhan khusus mempunyai arti yang lebih spesifik Dan saling berhubungan dengan kepribadian masing-masing personal.
  2. Tes Wartegg/WZT adalah sebuah tas yang dipakai untuk melakukan pengukuran pada tingkat emosi seseorang, imajinasi, intelektual serta aktivitas.
  3. Tes draw a man/DAM atau sering dikenal pula dengan istilah tes menggambar orang adalah sebuah tes yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap tanggung jawab, kepercayaan diri, kestabilan, beserta ketahanan kerja dari seseorang
  4. Tes EPPS atau Edward personal preference schedule adalah sebuah tes yang terdiri dari 16 faktor kebutuhan dimana mampu untuk mendorong seseorang guna bisa menyampaikan karakteristik dan kepribadiannya
Baca Juga   Apa Itu Psikotes Pada Saat Tes Seleksi Masuk Kerja

Contoh Alat Tes Intelektual

Setelah anda memahami beberapa contoh alat tes psikologi, Mari kita lanjutkan pembahasan mengenai beberapa contoh alat tes intelektual.

  1. TKD atau tes kemampuan dasar adalah sebuah tes yang dipakai untuk melakukan penilaian terhadap kemampuan dasar setiap individu. Sekarang ini tentu cukup banyak berbagai macam contoh soal tes kemampuan dasar yang bisa anda peroleh pada buku tes psikotes maupun artikel-artikel yang beredar di internet.
  2. TIU atau tes intelegensi umum adalah sebuah teks yang dipakai untuk Melakukan pengukuran terhadap kemampuan mental secara umum dari seseorang. TIU dan TKD Sering pula dikenal sebagai salah satu alat tes psikotes yang diterapkan pada saat seleksi masuk mahasiswa dan juga masuk kerja layaknya pada tes masuk kerja BUMN, tes CPNS dan juga beberapa tes untuk masuk Kerja perusahaan.
  3. IST Atau intelegensi struktur tes adalah sebuah teks yang dipakai guna mengetahui tingkat kecocokan antara profesi maupun pekerjaan tertentu dengan intelegensi seseorang. Secara umum, t intelegensi struktur tes terdiri atas 6 sub tes.
  4. Army Alpha adalah sebuah tes yang dipakai guna mengetahui daya tangkap dan daya konsentrasi masing-masing individu
  5. Tes bakat dan tes minat yang biasanya diselenggarakan oleh sekolah guna mengetahui bakat serta minat dari setiap siswa Sehingga nantinya dapat diarahkan dengan sebaik-baiknya untuk menggapai cita-cita di masa depan. Contoh dari tes bakat dan tes minat adalah WISC, TAT, MMPI, standford-Binet dimana beberapa jenis tes tersebut adalah gabungan dari tes kepribadian, tes intelegensi dan tes minat.

Perlu diketahui oleh kita semua bahwa proses Pelaksanaan serta penyelenggaraan tes psikologi adalah kewenangan dan ranah dari psikolog. Oleh sebab itu maka diperlukan orang yang memang mempunyai dasar pada ilmu psikologis serta memiliki pengalaman di dalam memakai alat tes psikologi yang sudah dibahas di bagian depan. Contoh alat tes psikologi yang sudah anda pelajari di depan hanyalah beberapa contoh yang seringkali dipakai pada pelaksanaan tes psikotes.

Baca Juga   Bagaimana Tes Psikotes Dilaksanakan?

Masih terdapat banyak penjelasan mengenai contoh alat tes psikologi sejumlah tips dan trik Bagaimana cara mengerjakan soal-soal tes psikotes yang ada pada blog tespsikotes.com ini. Mudah-mudahan, sedikit penjabaran tentang contoh alat tes psikologi di atas bisa memberikan gambaran umum kepada anda yang hendak mengikuti tes psikotes untuk bisa masuk bekerja pada perusahaan idaman.

Check Also

Contoh Soal Assessment Karyawan

Contoh Soal Assessment Karyawan

Pencarian contoh soal asesmen psikologi di internet memang tercatat cukup tinggi, baik itu menggunakan mesin ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *