Home / Wawancara / Contoh Daftar Pertanyaan Wawancara

Contoh Daftar Pertanyaan Wawancara

Pada kesempatan kali ini, ijinkan saya untuk membahas mengenai contoh daftar pertanyaan wawancara. Namun, yang sebelumnya perlu kita ketahui bersama bahwa kegiatan wawancara adalah salah satu bagian yang cukup penting pada proses perekrutan calon pegawai atau karyawan baru di sebuah perusahaan. Secara umum, kegiatan wawancara dikerjakan oleh pihak psikolog atau HRD sebuah perusahaan, tergantung dari posisi pekerjaan yang anda lamar tersebut.

Contoh Daftar Pertanyaan Wawancara

Kegiatan wawancara adalah salah satu bentuk kegiatan di mana kondisi anda akan di kali lebih dalam, termasuk dari sisi kepribadian dan juga perilaku di kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, wawancara juga bisa menentukan cocok maupun tidaknya posisi pekerjaan yang anda lamar tersebut dengan sifat yang sudah anda miliki.

Tentu, cukup banyak hal yang bisa dikerjakan oleh setiap pelamar kerja guna bisa menghadapi pelaksanaan wawancara kerja atau interview. Contohnya adalah mulai dari mengkonsumsi permen sampai dengan mendengarkan alunan musik guna bisa memperoleh suasana jadi santai atau rileks.

Namun demikian, ada beberapa hal yang wajib untuk diketahui oleh anda, yakni anda wajiblah harus dapat menjawab sejumlah pertanyaan pada kegiatan wawancara kerja atau interview dengan baik serta benar. Apabila terdapat kesalahan di dalam memberikan jawaban, maka anda akan dianggap gagal pada pelaksanaan wawancara kerja. Terdapat cukup banyak hal yang nantinya akan ditanyakan oleh pihak HRD pada pelaksanaan wawancara kerja, yakni berkaitan dengan kepribadian serta perilaku anda di kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah mulai dari makanan yang disukai sampai dengan sejumlah pertanyaan jebakan khusus untuk anda.

Lantas, bagaimanakah metode serta teknik yang anda terapkan guna bisa belajar serta menjawab pertanyaan wawancara dengan baik dan benar? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba sharing sejumlah kisi-kisi mengenai wawancara kerja yang sering kali dipertanyakan pada saat pelaksanaan interview atau wawancara. Silakan anda simak dan anda pelajari.

1. Silakan informasikan kepada kami mengenai diri anda?

Rata-rata, pertanyaan di atas adalah pertanyaan pembuka pada pelaksanaan wawancara kerja. Oleh sebab itu, janganlah menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menjawab pertanyaan diatas. Untuk menjawabnya, silakan anda jawab dengan menggunakan empat subjek yaitu pengalaman mengenai pekerjaan terakhir, sejarah kerja, pendidikan serta tahun-tahun terakhir.

2. Apakah yang anda pahami mengenai perusahaan kami

Pada saat menjawab pertanyaan di atas, maka anda diharapkan untuk mampu mendiskusikan layanan maupun produk, reputasi, pendapatan, target, pandangan masyarakat, gaya manajemen, permasalahan, sejarah, orang-orang yang ada di dalamnya, serta filosofi perusahaan yang anda lamar. Guna bisa menjawab pertanyaan di atas, maka tentu anda bisa menginformasikan kepada pihak pewawancara bahwasanya anda akan meluangkan waktunya guna mencari informasi mengenai perusahaan tersebut.

Akan tetapi, janganlah beraksi seperti anda sudah mengetahui segalanya mengenai perusahaan tersebut. Silakan tunjukkan rasa ingin mempelajari lebih jauh lagi mengenai perusahaan tersebut, janganlah memberikan jawaban-jawaban negatif, contohnya adalah ” saya mengetahui bahwasanya perusahaan ini sedang mengalami berbagai macam masalah, untuk itulah saya ada di sini”. Silakan anda berikan penekanan dari sisi keunggulan perusahaan serta minat anda terhadap hal tersebut.

3. Apakah yang anda bisa berikan kepada perusahaan kami dimana yang orang lain tidak bisa berikan?

Silakan anda sebutkan sejumlah prestasi serta jenjang karir yang selama ini sudah anda capai. Teknik di dalam menjawabnya, sebutkan sejumlah kemampuan serta sejumlah hal yang cukup menarik perhatian anda, silahkan gabungkan dengan sejarah anda di dalam mencapai berbagai macam hal tersebut. Sampaikan sejumlah kemampuan di dalam mengidentifikasi masalah, menentukan prioritas dan lain sebagainya.

Baca Juga   Cara menjawab pertanyaan wawancara kerja atau interview

4. Apakah yang paling menarik menurut pendapat anda dari pekerjaan yang anda lamar?sebutkan pula hal-hal yang sangat tidak menarik?

Langkah menjawabnya, silahkan anda sampaikan tiga maupun empat faktor yang cukup menarik dari pekerjaan yang anda lamar dan satu hal sebagai bagian yang tidak menarik di saat pelaksanaan wawancara kerja

5. Kenapa kami harus menerima anda bekerja?

Biasanya, pertanyaan di atas merupakan pertanyaan wawancara untuk nomor 4. Silakan anda sampaikan kemampuan yang anda miliki guna mendukung kemajuan perusahaan tersebut

6. Sebutkan kelemahan yang anda miliki

Untuk menjawab pertanyaan di atas, janganlah pernah memberikan jawaban apabila anda merupakan orang yang susah bangun pagi maupun orang yang malas. Untuk menjawab pertanyaan di atas yaitu silakan berikan jawaban dengan cukup diplomatis, contohnya adalah “saya merupakan orang yang cukup kurang percaya diri apabila sedang berbicara di depan banyak orang, akan tetapi di saat sekarang ini saya sedang berusaha untuk mengatasi hal tersebut karena sangat berhubungan erat dengan karir saya di masa yang akan datang dan saya memiliki keyakinan mampu untuk mengatasi permasalahan tersebut”.

Bisa juga anda menjawab dengan jawaban ” kekurangan saya yaitu kurang dapat bekerja secara single, harus bekerja secara tim yang solid”. Intinya adalah, setelah anda menyampaikan kelemahan yang anda miliki, sertakan pula jenis usaha yang sedang anda lakukan guna memperbaiki permasalahan tersebut.

7. Apabila diperlukan, apakah anda bersedia untuk bekerja lembur?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, tergantung dari kondisi anda. Silakan berikan jawaban dengan jujur serta sampaikan alasan yang cukup tepat.

8. Apa saja pengalaman yang sudah anda miliki pada bidang pekerjaan yang anda lamar?

Jawablah pertanyaan di atas dengan sel spesifik mungkin berkaitan dengan keahlian yang anda punyai pada bidang yang anda lamar tersebut. Apabila anda tidak mempunyai pengalaman yang spesifik, setidaknya berikan jawaban yang cukup mendekati tentang keahlian yang anda miliki tersebut.

9. Bersediakah anda bekerja dalam satu tim

Berikan jawaban “iya” dan sampaikan pula sejumlah pengalaman yang sudah anda kerjakan ketika anda bekerja sama dalam satu tim kerja

10. Apa sebenarnya yang anda cari pada sebuah pekerjaan?

Silakan jawab pertanyaan diatas berkisar pada bagian oportunitas pada sebuah organisasi. Teknik di dalam menjawabnya adalah dengan menginformasikan kepada pewawancara jika anda memiliki keinginan untuk bisa memberikan kontribusi serta dikenali. Hindarilah jawaban yang bisa mempersoalkan stabilan pada keuangan pribadi anda.

11. Menurut pendapat anda, apakah definisi dari jabatan yang diinginkan tersebut?

Silakan berikan jawaban yang cukup singkat dan berhubungan mengenai kewajiban dan tugas pada bidang yang anda lamar. Anda harus memastikan bahwasanya anda cukup mengerti mengenai posisi yang anda lamar tersebut sebelum anda benar-benar menjawabnya.

Baca Juga   Trik Menghadapi Interview Kerja Agar Bisa Melewatinya Dengan Mudah

12. Berapakah waktu yang anda perlukan guna bisa memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi kami?

Silakan anda berikan jawaban yang cukup realistis dan masuk akal. Tips didalam menjawabnya yaitu informasikan pada saat wawancara kerja bahwasanya walaupun anda hendak berusaha untuk mengatasi segala macam harapan serta tantangan pada hari pertama anda masuk kerja, tentu anda memerlukan waktu kurang lebih 6 bulan untuk benar-benar memahami organisasi pada perusahaan serta kebutuhan yang ada didalamnya.

13. Apabila anda diterima bekerja, berapa lamakah anda mau bergabung dengan perusahaan kami?

Usahakan untuk tidak menjawab terlalu spesifik, contohnya adalah “saya berharap selamanya dapat bekerja pada perusahaan ini dengan catatan perusahaan merasa puas dengan hasil kerja yang saya berikan”

14. Dari informasi resmi atau kurikulum vitae anda, kami merasakan bahwa anda sudah cukup berpengalaman pada posisi yang dilamar. Bagaimanakah menurut pendapat anda?

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan jebakan. Anda sebenarnya diharapkan untuk tetap rendah hati, akan tetapi memiliki kepercayaan diri terhadap kemampuan yang anda miliki. Adapun cara terbaik untuk menjawab pertanyaan di atas adalah denganmenyampaikan kepada pihak pewawancara bahwa anda memerlukan pengenalan perusahaan lebih lanjut lagi sebelum bisa dengan efektif dan efisien bekerja pada tingkat yang cukup tinggi.

15. Apakah alasan anda resign dari pekerjaan yang sebelumnya

Untuk menjawab pertanyaan di atas, sebaiknya anda jawab dengan jujur. Akan tetapi jawablah dengan singkat dan jelas, termasuk apabila anda keluar karena dipecat. Akan tetapi, bagian yang perlu mendapat perhatian adalah janganlah menyampaikan adanya konflik pribadi. Tentu perlu anda perhitungkan bahwasanya pihak pewawancara mungkin saja akan memberikan pertanyaan lebih banyak tentang hal tersebut. Oleh karena itu, janganlah anda terbawa emosi.

16. Apakah yang anda rasakan pada saat anda harus meninggalkan pekerjaan?

Informasikan kepada pihak pewawancara bahwasanya anda tentu akan merasa khawatir akan tetapi janganlah memberikan kesan terlalu panik. Langkah di dalam menjawabnya adalah sampaikan bahwasanya anda sudah siap menerima segala macam resiko demi memperoleh pekerjaan yang cocok. Janganlah menunjukkan bahwasanya anda jauh lebih mementingkan kestabilan keuangan untuk kebutuhan pribadi.

17. Pada pekerjaan yang anda miliki sebelumnya, sebutkan apa saja hal yang berkenaan dengan diri anda dan sebutkan apa saja yang tidak berkenan dalam diri anda?

Anda harus berhati-hati di dalam menjawab pertanyaan di atas, sampaikanlah hal-hal yang bersifat positif. Silakan anda deskripsikan dengan porsi lebih banyak untuk hal-hal yang anda senangi dibandingkan dengan hal-hal yang anda benci. Anda dilarang untuk menyebutkan berbagai macam masalah pribadi. Apabila anda membuat pekerjaan yang sebelumnya terkesan lebih buruk, maka pihak pewawancara tentu akan bertanya-tanya kenapa anda berada pada pekerjaan tersebut. Tentu, kondisi tersebut akan mengurangi profesionalisme yang anda miliki.

18. Apakah pendapat yang anda miliki mengenai bos di tempat kerja anda sebelumnya?

Pertanyaan diatas juga harus anda jawab dengan cukup hati-hati. Usahakan, jawablah pertanyaan di atas dengan sikap positif disebabkan karena calon bos yang anda miliki juga akan merasakan bahwa anda hendak membicarakan berbagai macam hal buruk mengenai dirinya seperti yang sudah anda lakukan pada bos yang terdahulu.

Baca Juga   Rahasia Interview Kerja Di Pabrik Yang Belum Banyak di Ketahui Orang

19. Kenapa anda tidak memperoleh pekerjaan yang jauh lebih baik di usia muda anda?

Laki-laki, pertanyaan di atas merupakan pertanyaan jebakan. Cara untuk menjawabnya adalah dengan menyampaikan kepada pihak pewawancara bahwasanya inilah alasan yang anda untuk mencari berbagai macam lowongan pekerjaan pada perusahaan tersebut. Janganlah memiliki sifat defensif.

20. Berapakah besaran gaji yang anda inginkan?

Pertanyaan di atas adalah pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab karena bersifat sensitif.in cara untuk menjawabnya, silakan sampaikan sambil tersenyum “pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab, akan tetapi mohon maaf, dapatkah ibu atau bapak memberikan penjelasan tentang kisaran gaji untuk posisi yang saya lamar tersebut?” dengan model jawaban tersebut, maka secara umum pihak perusahaan akan memberikan informasi tentang rentang gaji yang sedang anda tanyakan tersebut.

Apabila tidak, maka anda dapat bertanya kembali tentang detail pekerjaan yang nantinya akan anda jalani serta tanggung jawab yang harus anda emban. Setelah itu, barulah anda memprediksi besaran gaji yang anda inginkan lengkap dengan berbagai macam tunjangan yang lainnya. Jawaban tersebut juga tentunya masih berupa kisaran saja, sehingga anda memang harus memahami jumlah kisaran gaji sebelumnya yang anda lamar.

21. Sebutkan target jangka panjang yang anda miliki

Untuk bisa menjawab pertanyaan di atas, maka anda diwajibkan untuk membuat penelitian terhadap perusahaan tersebut serta memahami rencana maupun target mereka, kemudian memberikan informasi yang cukup sinkron dengan yang dimiliki oleh perusahaan.

22. Sebutkan target jangka pendek yang anda miliki

Foto bisa menjawab pertanyaan di atas, tekniknya adalah mirip dengan pertanyaan sebelumnya. Pada pertanyaan di atas, anda hanyalah diminta untuk mampu membedakan antara target jangka panjang dengan target jangka pendek.

23. Sejauh mana kesuksesan yang sudah anda dapatkan selama ini?

Berikan jawaban yang bersifat positif serta percaya diri, akan tetapi janganlah memberikan jawaban yang terlalu berlebihan. Janganlah membuat kegiatan wawancara tersebut merasa anda merupakan orang yang senang di dalam membesar-besarkan sesuatu hal.

24. Apakah terdapat pertanyaan untuk saya dari anda?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, selalu persiapkan pertanyaan anda. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa hanya anda cukup antusias di dalam bergabung dengan perusahaan yang anda lamar. Contoh pertanyaan yang perlu anda sampaikan adalah deskripsi mengenai pekerjaan yang nantinya anda jalani ataupun proyek seperti apa saja yang sekarang ini sedang dikerjakan oleh perusahaan

Sekian, semoga saja contoh daftar pertanyaan wawancara yang berjumlah 24 di atas bisa membantu anda di dalam melewati tahap wawancara dengan sebaik-baiknya. Jangan lupa untuk mengawali kegiatan wawancara dengan berdoa supaya segala macam hal pada pelaksanaan wawancara bisa berjalan dengan baik serta memperoleh hasil yang diharapkan. Jangan lupa pula untuk memohon restu dan izin dari orangtua sebelum anda datang ke tempat wawancara, hal tersebut disebabkan karena doa yang berasal dari orang tua memiliki manfaat yang sangat besar untuk anak-anak nya. Terima kasih dan selamat mencoba.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *