Home / Wawancara / Contoh Dialog Wawancara Dengan Narasumber

Contoh Dialog Wawancara Dengan Narasumber

Kegiatan wawancara memang kerap dilaksanakan, baik itu wawancara kerja maupun wawancara dengan narasumber guna mendapatkan data maupun informasi. Berikut ini akan saya sampaikan contoh dialog wawancara singkat yang tentunya bisa anda manfaatkan untuk menambah ilmu serta wawasan sehingga berbagai macam informasi yang anda miliki tentang dunia wawancara akan semakin meningkat.

Contoh Dialog Wawancara Dengan Narasumber

Contoh dialog wawancara

Di bawah ini merupakan salah satu contoh dialog wawancara singkat yang bisa saya rangkum dan tentunya saya berikan secara gratis untuk pengunjung sekalian. Adapun tema yang diambil pada wawancara tersebut adalah mengenai lingkungan. Lebih spesifiknya adalah tentang kebersihan di lingkungan pada sekolah MAN 2 model banjarmasin.

Data diri pihak pewawancara dan pihak narasumber

Wawancara mengenai lingkungan

Topik yang diangkat : kebersihan di lingkungan pada sekolah MAN 2 model kota banjarmasin

Pihak pewawancara adalah mahmudah

Pihak narasumber adalah akbar

Kelas 11 agama 1

Bertempat di MAN 2 model kota banjarmasin

Waktu pelaksanaan adalah hari rabu, tanggal 22 november tahun 2017

Wawancara dilaksanakan pada pukul 10.15 wib

Berdasarkan data yang berasal dari wikipedia, kesuksesan dari proses wawancara tentu cukup dipengaruhi oleh adanya sikap pewawancara atau wartawan, bagaimana penampilan dan perilaku wartawan tersebut kepada pihak narasumber. Dengan memiliki sikap yang baik tentu akan membuat suasana wawancara bisa berjalan lebih akrab dan lebih santai.

Daftar pertanyaan wawancara

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang merupakan daftar pertanyaan wawancara dengan tema tentang lingkungan:

  1. Apakah pendapat anda mengenai arti pentingnya kebersihan, khususnya pada lingkungan sekolah?
  2. Berikan alasan anda mengenai pentingnya menjaga kebersihan di lingkungan sekolah?
  3. Menurut anda, seberapa pentingkah kebersihan di lingkungan sekolah jika melihat keberhasilan pada sebuah proses pembelajaran?
  4. Menurut pendapat anda, sampai dengan saat ini, berapakah tingkat kesadaran setiap siswa terhadap kebersihan pada lingkungan sekolah?
  5. Bagaimanakah teknik anda guna mensosialisasikan kesadaran kepada siswa di sekolah, supaya para siswa dapat ikut serta menjaga kebersihan sekolahnya?
  6. Menurut pendapat anda, siapa sajakah yang harus berperan guna menjaga kondisi kebersihan pada lingkungan sekolah?
  7. Apakah kebersihan di lingkungan sekolah memiliki pengaruh cukup besar di dalam kegiatan belajar mengajar?
  8. Menurut pendapat anda, sebutkan alasan untuk mereka yang tidak begitu memperhatikan kebersihan lingkungan di sekolah?
  9. Apabila anda diberikan tanggung jawab guna mengawasi kondisi kebersihan pada lingkungan sekolah, program seperti apa yang hendak anda rencanakan dan anda laksanakan kedepannya?
  10. Sebutkan harapan anda mengenai kebersihan pada lingkungan sekolah?

Hasil wawancara mengenai lingkungan sekolah

Berikut ini adalah hasil dari pelaksanaan wawancara tentang kebersihan di lingkungan sekolah:

Baca Juga   Artikel Wawancara Tentang Kesuksesan Dalam Berwirausaha

Pewawancara: assalamualaikum

Narasumber: waalaikumsalam

Pewawancara: sebelumnya saya mohon maaf, apakah saya bisa mengganggu waktu anda sebentar?

Narasumber: tentu saja bisa, apakah yang bisa saya bantu?

Pewawancara: saya memperoleh tugas dari guru mata pelajaran guna mewawancarai salah satu dari murid yang ada di sekolahan ini mengenai kebersihan yang ada di sekolah kita. Dapatkah saya mau wawancarai anda?

Narasumber: tentu saja bisa, dengan senang hati. Silahkan, apa sajakah yang hendak anda tanyakan?

Pewawancara: sebelumnya, terima kasih atas kesediaan dan waktunya. Baiklah, bagian yang pertama saya hendak menanyakan mengenai pendapat anda mengenai kebersihan? Khususnya adalah pada lingkungan sekolah?

Narasumber: menurut pendapat saya, kebersihan merupakan sebuah pemandangan yang enak di pandang, nyaman, serta tidak adanya sampah yang berantakan, baik itu yang berada di luar kelas maupun yang ada di dalam kelas

Pewawancara: menurut pendapat anda, apakah kebersihan itu penting? Apakah alasan anda?

Narasumber: kebersihan sudah bisa dipastikan memegang peranan sangat penting, oleh karena itu, kita wajib untuk menjaga kebersihan, sehingga secara tidak langsung tentunya kita sama saja dengan menjaga kesehatan diri kita serta lingkungan yang ada di sekeliling kita

Pewawancara: menurut anda, seberapa pentingkah kebersihan yang ada di lingkungan sekolah dengan tingkat keberhasilan pada kegiatan belajar mengajar?

Narasumber: menurut pendapat saya, hal tersebut sangatlah penting. Apabila kegiatan pembelajaran dilaksanakan pada lingkungan yang kurang bersih dan ditambah adanya bau yang kurang sedap, contohnya adalah sekolah yang memiliki posisi berdampingan dengan kandang sapi dan kandang ternak yang lainnya, maka bisa dipastikan proses pembelajaran akan terganggu disebabkan karena bau yang tidak sedap bisa mengganggu konsentrasi siswa di dalam belajar dan tentunya pada akhirnya akan berpengaruh terhadap nilai yang mereka dapatkan disebabkan karena pelajaran pelajaran yang diajarkan tidak seluruhnya bisa diserap dengan baik

Pewawancara: menurut anda, sejauh ini seberapa besar tingkat kesadaran masing-masing siswa terhadap kebersihan pada lingkungan sekolah?

Narasumber: menurut pendapat saya, kesadaran siswa di sekolah ini masih perlu ditingkatkan. Kondisi tersebut dapat kita temukan dari tingkat kebersihan yang ada di masing-masing kelas, di mana cukup banyak berserakan kertas dan juga pasir.. Padahal, sebenarnya sudah ada jadwal piket yang terbagi pada setiap kelas.

Pewawancara: di dalam memberikan kesadaran kepada siswa di sekolah tentang kebersihan, cara apa yang akan anda berikan supaya mereka dapat menjaga kebersihan di lingkungannya?

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Rumah Sakit Dan Jawabannya

Narasumber: secara umum, saya akan memberikan teguran kepada siswa-siswi yang melakukan hal kurang baik, contohnya adalah mereka yang membuang sampah tidak di tempatnya, tentunya menegur sambil bercanda disebabkan karena proses menegur tidak dapat dilakukan dengan kasar dan juga tegas karena dapat menyinggung perasaan dari siswa yang bersangkutan.

Pewawancara: menurut pendapat anda, siapakah seharusnya yang memiliki peranan penting di dalam menjaga kebersihan pada lingkungan sekolah?

Narasumber: menurut pendapat saya, yang harus berperan penting di dalam menjaga kebersihan sekolah adalah seluruh siswa serta guru yang ada di lingkungan sekolah. Disamping itu, kita juga bisa memulainya dari diri kita sendiri guna membiasakan kebersihan baik di sekolah maupun di lingkungan rumah.

Pewawancara: apakah tingkat kebersihan di sekolah begitu mempengaruhi kegiatan belajar mengajar?

Narasumber: tentunya iya, seperti yang sudah saya sampaikan di awal bahwasanya apabila lingkungan pada sekolah tidak dalam kondisi bersih, maka proses pembelajaran bisa terganggu konsentrasinya

Pewawancara: menurut pendapat anda, apa saja alasan untuk mereka yang kurang memperhatikan kebersihan di lingkungannya?

Narasumber: menurut pendapat saya, mereka kurang memperhatikan kebersihan dimungkinkan karena mungkin mereka malas, serta hanya memiliki harapan bahwa tenaga kebersihan yang ada pada sekolah saja, tanpa terdapat kesadaran secara langsung yang berasal dari pribadi masing-masing bahwasanya kebersihan tersebut adalah tanggung jawab bersama

Pewawancara: apabila anda diberikan tanggung jawab guna melakukan pengawasan terhadap kebersihan pada lingkungan sekolah, program seperti apa yang anda rencanakan dan anda laksanakan kedepannya?

Narasumber: apabila saya diberikan tanggung jawab sebagai pengawas kebersihan, maka saya memiliki rancangan setiap hari jumat akan dilaksanakan jumat bersih dalam satu minggu sekali, di mana masing-masing guru dan murid akan selalu bergotong-royong di dalam membersihkan lingkungan di sekolah. Di samping itu, akan dilaksanakan pula kegiatan sabtu indah, yaitu dilakukan dengan cara menghiasi di setiap ruangan kelas masing-masing siswa supaya terlihat lebih bersih dan indah. Selanjutnya, pada program bulanan dapat dilaksanakan acara minggu sehat dengan dilaksanakannya jalan santai untuk setiap siswa dan guru di sekolahan kita.

Pewawancara: apakah harapan anda kedepan mengenai kebersihan yang ada di lingkungan sekolah kita?

Narasumber: tentu, harapan saya terhadap kebersihan lingkungan perlu ditingkatkan kembali, jangan hanya mengandalkan tenaga kebersihan yang ada di sekolah, namun mulailah memiliki rasa kesadaran pada masing-masing pribadi agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan jauh lebih baik

Baca Juga   Apa Saja Pertanyaan Saat Interview

Pewawancara: jawaban anda sangatlah bagus sekali, terima kasih atas waktu dan kesempatan nya untuk bisa berbincang dengan anda. Mohon maaf apabila saya sudah mengganggu waktu anda.

Narasumber: baik sama-sama

Kesimpulan

Menurut pendapat akbar, bahwasanya kebersihan pada lingkungan sekolah masih terlihat kurang bersih. Disamping itu, kegiatan di dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekolah adalah hal yang sangat penting disebabkan karena ketika kita bisa menjaga kebersihan pada lingkungan sekolah, maka dengan tidak langsung kita juga sebenarnya sedang menjaga kesehatan pada diri kita dan juga di lingkungan sekitar kita.

Berdasarkan pendapat dari akbar, bahwa menjaga kebersihan dapat dilaksanakan dengan berbagai macam cara, di antaranya adalah dengan melaksanakan kegiatan jumat bersih di setiap minggu, di mana bentuk dari kegiatan tersebut adalah setiap guru dan siswa akan saling bergotong-royong untuk membersihkan lingkungan di sekolah. Selain itu juga akan dilaksanakan kegiatan sabtu indah, di mana setiap siswa akan menghias kelas supaya terlihat lebih bersih dan indah. Selanjutnya, akan terdapat pula program bulanan yang disebut dengan minggu sehat, dimana kegiatan tersebut dilaksanakan dalam bentuk jalan santai untuk setiap guru dan siswa di sekolah

Dengan menerapkan model seperti itu, maka tentunya secara tidak langsung akan memberikan kesadaran kepada siswa dan juga guru yang di rasa belum memiliki kesadaran tentang arti pentingnya kebersihan di lingkungan baik rumah maupun sekolah. Kebersihan di sekolah tidaklah menjadi tanggung jawab siswa, namun juga semua warga yang ada di lingkungan sekolah tersebut, mulai dari guru staf dan karyawan bagian lainnya.

Pada kegiatan maupun proses belajar mengajar, tingkat kebersihan memiliki pengaruh yang cukup besar. Apabila kondisi lingkungan kelas yang kurang nyaman dan kurang bersih tentu dapat mengganggu konsentrasi siswa di dalam belajar. Untuk siswa serta guru yang masih kurang memiliki kesadaran tentang pentingnya kebersihan di lingkungan sekolah, kondisi tersebut mungkin saja disebabkan karena munculnya rasa malas dan hanyalah mengharapkan tenaga kebersihan yang ada di lingkungan sekolah

Sekian penjabaran singkat tentang contoh dialog wawancara dengan narasumber di mana contoh dialog wawancara singkat diatas adalah salah satu contoh wawancara yang mengambil tema tentang kebersihan di sekolah. Mudah-mudahan, selain anda bisa memperdalam tentang teknik di dalam berwawancara, anda juga mampu untuk menerapkan tema yang diangkat pada wawancara di atas, yaitu menjaga kebersihan di lingkungan sekolah. Terima kasih dan selamat beraktifitas, semoga bermanfaat.

Check Also

Ciri-Ciri, Tujuan Dan Jenis Wawancara

Ciri-Ciri, Tujuan Dan Jenis Wawancara

Halo apa kabar pembaca sekalian? Pada posting di kesempatan kali ini izinkan saya untuk membahas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *