Home / Wawancara / Contoh Jawaban Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Contoh Jawaban Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Anda baru saja lulus kuliah atau lulus sekolah dan ingin langsung bekerja? Silakan anda pelajari artikel mengenai contoh jawaban wawancara kerja untuk fresh graduate yang akan saya bahas pada kesempatan yang baik ini. Untuk langkah perdana, pada proses persiapan wawancara kerja, alangkah baiknya apabila anda mampu untuk melatih diri di dalam memahami sejumlah pertanyaan dan juga jawaban dari pihak pewawancara yang berasal dari hrd perusahaan.

Contoh Jawaban Wawancara Kerja Untuk Fresh Graduate

Sebelum anda dibawa masuk ke sejumlah pertanyaan inti, rata-rata setiap kandidat akan diberikan sejumlah pertanyaan untuk pembukaan atau prolog. Kondisi seperti itu tentu mempunyai tujuan untuk mengenalkan, memahami latar belakang dan juga menggali tujuan bagi anda para pelamar kerja.

Tentu, berbagai macam pertanyaan dan juga jawaban dari pelaksanaan interview di sesi pembukaan tersebut akan dijadikan sebagai kunci yang cukup strategis di dalam menanamkan tingkat kepercayaan pihak pewawancara terhadap kemampuan yang anda miliki. Jika proses tersebut bisa berhasil, maka pada tahap berikutnya pihak pewawancara akan memiliki rasa antusias di dalam memberikan sejumlah pertanyaan selanjutnya, sehingga kemampuan anda akan semakin diketahui dan dikenal. Untuk itulah, silakan anda manfaatkan momen-momen pada sesi pembukaan dengan sebaik-baiknya, sebab hal tersebut bisa berpengaruh terhadap mutu wawancara kerja yang anda ikuti.

Contoh jawaban saat interview untuk fresh graduate

Berikut ini adalah kumpulan beberapa pertanyaan pada saat wawancara kerja atau interview yang sudah dilengkapi dengan jawaban, spesial untuk anda para fresh graduate yang hendak mempelajari bidang-bidang wawancara.

Pertanyaan: selama ini, apa yang anda kerjakan? Apa alasan anda ingin memiliki pekerjaan pada perusahaan kami?

Suasana permulaan pada saat anda hendak kembali ke dunia pekerjaan setelah cukup lama menganggur adalah pekerjaan seperti diatas. Adapun beberapa alternatif jawaban atas pertanyaan di atas adalah sebagai berikut:

“Di beberapa bulan terakhir, saya bekerja sebagai freelance pada sejumlah proyek baik itu yang memiliki sifat sosial maupun profit. Pekerjaan tersebut tentu saya jadikan sebagai bagian pengalaman yang amat berharga untuk saya, utamanya adalah pada kemampuan di dalam berorganisasi dan juga mengasah kemampuan di bidang bisnis. Tentu, saya cukup optimis bahwasanya pengalaman yang saya miliki bisa menghantarkan saya untuk menjadi karyawan yang cukup efektif”.

Baca Juga   Contoh Jawaban Interview

Suasana kedua apabila anda dihadapi sejumlah alasan menginginkan untuk berpindah tempat kerja dari tempat kerja yang lama serta mencoba untuk melamar pekerjaan pada perusahaan yang baru. Adapun alternatif pertanyaan serta jawaban interview atau wawancara kerja yang dapat anda sampaikan yaitu:

“Setelah sebelumnya saya bekerja di pt maju mundur selama kurang lebih 6 tahun sebagai manajer dan secara terus menerus menaiki karir yang cukup cemerlang. Setelah mengerjakan sejumlah evaluasi, saya tentu menyadari bahwasanya saya harus bisa untuk mengubah arah dari karir menjadi lebih maksimal yang nantinya juga akan memiliki peranan terhadap pihak perusahaan supaya lebih maju. Oleh karena itulah, saya mencoba untuk bisa bekerja pada perusahaan ini.

Situasi yang ketiga adalah apabila anda merupakan seorang fresh graduate atau lulusan baru, yang mana anda juga sedang mencari pekerjaan perdana. Adapun alternatif pertanyaan dan juga jawaban dari interview atau wawancara kerja yang bisa anda berikan adalah:

“Setelah saya berhasil lulus kuliah dari universitas maju mundur pada jurusan perikanan, saya langsung menerima sejumlah tawaran kerja dari sejumlah perusahaan atau lembaga. Akan tetapi, sejumlah tawaran tersebut untuk sementara saya tangguhkan disebabkan karena saya menginginkan untuk bisa memulai perjalanan pekerjaan pada lembaga atau perusahaan ini. Anda tentunya cukup paham bahwasanya sangat tidak pasti sebuah cita-cita, akan tetapi hal tersebut akan cukup menggairahkan dibandingkan dengan ketidakpastian yang ada. Oleh sebab itulah, saya membuat keputusan untuk melamar pekerjaan pada perusahaan ini”

Secara praktek, tentunya akan cukup banyak terjadi kemungkinan kondisi yang nantinya dihadapi disamping tiga kondisi yang sudah dibahas di atas. Namun setidaknya, ketika kondisi maupun motif yang anda miliki di dalam melamar pekerjaan, baik itu disebabkan karena sudah lama tidak bekerja, menginginkan untuk pindah tempat kerja maupun fresh graduate atau baru lulus, setidaknya dapat mewakili sejumlah kondisi yang anda hadapi tersebut. Tentunya, anda dapat mengacu pada sejumlah contoh pertanyaan serta jawaban kegiatan interview atau wawancara kerja di atas dengan cara memodifikasi sehingga bisa membuat lebih relevan dengan kondisi yang sebenarnya.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Rumah Sakit Dan Jawabannya

Anda tentunya harus selalu ingat bahwasanya contoh jawaban wawancara kerja untuk fresh graduate di atas hanyalah dilaksanakan pada sesi awal tes interview atau wawancara kerja. Oleh sebab itu, silakan anda jawab pertanyaan tersebut dengan sesingkat mungkin dan sejelas mungkin disebabkan supaya anda tidak habis dan waktu di dalam melewati sejumlah pertanyaan berikutnya yang tentunya memiliki sifat lebih substantif dan cukup menentukan.

Pertanyaan: silakan anda ceritakan mengenai diri pribadi anda?

Pada saat anda diberikan pertanyaan seperti di atas, selalu ingat akan posisi pekerjaan yang anda lamar. Pahami pula lingkungan kerja dan budaya pada perusahaan tersebut. Jawaban yang anda berikan tentu akan sangat membantu di dalam menunjukkan kepada pihak pewawancara kenapa anda cukup cocok untuk pekerjaan yang anda lamar tersebut. Silakan anda memilih jawaban berikut ini sebagai alternatif jawaban yang cukup cocok anda gunakan. Silakan disimak.

Saya merupakan pribadi yang cukup humoris. Saya amat lah menikmati untuk bekerja dan bertemu dengan tim yang berisi cukup banyak orang.

Saya merupakan orang yang perfeksionis. Saya selalu memperhatikan keseluruhan secara detail dan tentunya saya suka memastikan bahwasanya seluruhnya bisa berjalan dengan benar

Saya merupakan orang yang selalu berfikir kreatif. Saya lebih suka untuk mengeksplorasi alternatif yang berguna memecahkan permasalahan serta mempunyai pikiran yang cukup terbuka mengenai apa saja yang terbaik.

Disamping itu, anda juga bisa memberikan jawaban pertanyaan di atas pada reaksi pengenalan diri. Sebagai contoh, misalnya bidang yang anda lamar adalah pada bagian teknologi, maka anda merupakan lulusan pada universitas teknologi, maka tentunya sangat baik apabila teknik di dalam menjawab pertanyaan di atas bisa anda sesuaikan pada posisi yang anda lamar tersebut. Contohnya adalah:

Baca Juga   10 Pertanyaan Wawancara Yang Sering Digunakan Saat Interview

“Saya merupakan lulusan universitas maju mundur jurusan teknik informatika. Pada saat saya mengerjakan praktek magang di sebuah perusahaan, saya mampu untuk membuat analisa basis data dan juga sistem informasi pelayanan yang sedang berjalan serta memiliki kemampuan didalam mengkonversi sistem manual yang ada pada saat itu menjadi sistem digital komputerise berbasis bahasa pemrograman.

Tentu, hasil aplikasi yang berhasil saya buat mampu menunjukkan terjadinya perubahan dan juga percepatan pada setiap kinerja staf yang awalnya bekerja secara konvensional berubah menjadi sistem pengolahan digital yang cukup efektif sehingga kegiatan di dalam pembuatan laporan menjadi cukup cepat. Berawal dari pengalaman serta keterampilan yang saya miliki pada penggunaan program visual tersebut, maka sangatlah masuk akal apabila saya cukup tertarik untuk bisa masuk ke posisi staff it di perusahaan maju mundur ini”.

Demikianlah ulasan singkat tentang contoh jawaban wawancara kerja untuk fresh graduate maupun untuk beberapa kondisi yang lainnya. Mudah-mudahan, beberapa contoh jawaban dan juga pertanyaan di atas bisa anda manfaatkan untuk bahan belajar di dalam menggali ilmu ilmu yang ada di dalam pribadi masing-masing. Terima kasih dan selamat beraktivitas, semoga sukses.

Check Also

Ciri-Ciri, Tujuan Dan Jenis Wawancara

Ciri-Ciri, Tujuan Dan Jenis Wawancara

Halo apa kabar pembaca sekalian? Pada posting di kesempatan kali ini izinkan saya untuk membahas ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *