Home / Wawancara / Contoh Jawaban Wawancara Motivasi Kerja

Contoh Jawaban Wawancara Motivasi Kerja

Tentunya, mempelajari contoh jawaban wawancara motivasi kerja adalah salah satu hal yang sangat penting untuk dilalui para calon karyawan di sebuah perusahaan yang hendak mengikuti tes interview atau tes wawancara kerja. Bisa dikatakan bahwasanya pertanyaan wawancara kerja mengenai motivasi bekerja adalah bagian yang sangat umum Pada pelaksanaan interview. Adapun salah satu contoh pertanyaan yang sering kali dilontarkan kepada calon karyawan yaitu “Apakah motivasi yang anda miliki?”. Selain itu, ada pula beberapa jenis pertanyaan yang lainnya.

Contoh Jawaban Wawancara Motivasi Kerja

Contoh, pertanyaan yang berkaitan tentang motivasi kerja akan mampu membantu pihak HRD di dalam memahami apakah kandidat calon karyawan memiliki rasa antusias yang cukup tinggi yang bisa mendorong kesuksesan dan kemajuan perusahaan serta apakah motivasi dari kandidat calon karyawan sudah sesuai dengan bidang tanggung jawab yang dilamar tersebut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Motivasi?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang contoh jawaban wawancara motivasi kerja, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu Apa itu motivasi sebenarnya? Istilah atau kata motivasi seringkali digunakan pada pemakaian bahasa sehari-hari serta dipakai untuk memberikan gambaran Alasan seseorang mengerjakan sesuatu.

Tentu, anda bisa membuat definisi sebagai bagian untuk membantu di dalam mengarahkan perilaku yang berorientasi kepada tujuan. Motivasi tersebutlah yang nantinya akan menimbulkan kita untuk bertindak, entah itu untuk memperoleh segelas air maupun untuk menghilangkan rasa jauh. Tindakan tersebut bisa berupa proses memperoleh segelas air guna menghilangkan rasa haus maupun aktivitas membaca buku supaya memperoleh banyak ilmu.

Jenis-jenis motivasi

Secara umum, motivasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Motivasi ekstrinsik, yaitu sebuah motivasi yang muncul dari bagian luar individu di mana hal tersebut kerap kali melibatkan adanya penghargaan seperti uang, piala, pujian atau pengakuan sosial masyarakat.
  2. Motivasi intrinsik, yaitu sejumlah hal yang sering dialami oleh setiap individu, contohnya adalah mengerjakan teka-teki silang yang cukup rumit di mana aktivitas tersebut hanyalah untuk memperoleh kepuasan dari pribadi masing-masing pada saat menyelesaikan sebuah permasalahan.

Selanjutnya, marilah kita simak sejumlah cara yang paling umum dan sering ditanyakan oleh pihak HRD kepada pihak calon Pegawai mengenai motivasi serta Bagaimanakah teknik di dalam merespon sejumlah pertanyaan dengan baik. Jangan lupa pula untuk selalu menghindari Ada sejumlah hal yang perlu dihindari.

Contoh jawaban wawancara motivasi kerja yang dilengkapi dengan pertanyaannya

  1. Silakan anda sampaikan impian paling besar yang hendak Anda capai?
  2. Anda bisa mencoba untuk membayangkan bahwasanya anda sudah memperoleh penghargaan nasional yang mana anda sudah mendambakan sekitar 5 tahun dari tahun sekarang. Apakah alasan Anda menerima penghargaan tersebut? Bagaimanakah keadaan pada saat anda sedang menerima penghargaan tersebut?
  3. Sekarang ini, apakah yang menjadi tujuan hidup, apakah termasuk di dalamnya yaitu tujuan karir?
  4. Bagaimanakah anda mengartikan kesuksesan karir menurut pendapat dari Anda sendiri? Tentu, di masa berakhirnya pekerjaan Anda, tentunya Anda hendak ingin mengetahui apa sajakah pendapat bahwa mengenai diri anda. Padahal, pada bagian tersebut bagian yang ditonjolkan adalah seolah-olah orang lain juga telah memiliki karir yang cemerlang. Apakah anda sekarang ini mempunyai karir yang cemerlang?
  5. Anda juga harus bisa untuk menjabarkan situasi kerja yang mana anda bisa menunjukkan bahwasanya anda selalu mendorong orang lain menggunakan sejumlah motivasi. Hal tersebut dilatarbelakangi bahwasanya anda tidak bisa memotivasi orang lain. Tindakan apakah yang bisa anda kerjakan guna membantu teman kerja yang anda miliki merasa lebih termotivasi?
  6. Silahkan anda jabarkan kondisi kerja yang mana anda bisa memberikan petunjuk bahwasanya Anda cukup mendorong pelaksanaan motivasi kepada orang lain. Tentu, hal tersebut Bisa anda aplikasikan bahwasanya anda juga bisa mendorong pihak yang lainnya. Anda tentunya sudah sangat paham bahwasanya memotivasi orang lain tidaklah mudah. Tindakan apa sajakah yang bisa anda kerjakan guna membantu rekan kerja yang beralamatdi jalan Mawar Anggrek Nomor 210.
  7. Anda juga bisa melakukan sejumlah pengawasan kepada teman kerja Yang mana nantinya akan mempermudah di dalam membuat gambaran tindakan, sejumlah dorongan yang bisa membuat kinerja semakin baik serta adanya gambar tindakan.Apakah anda pernah mengalami kejadian seperti di atas? Bagaimanakah proses pendekatan yang anda lakukan guna menghadapi kondisi motivasi seperti itu?
  8. Berdasarkan pengalaman yang anda miliki, apa saja yang bisa memotivasi kinerja paling baik dan juga paling efektif untuk anda? Dapatkah anda memberikan sebuah contoh tindakan guna mau motivasi kerja pada tempat kerja anda?
  9. Sebuah peran Apa yang hendak dimainkan oleh atasan maupun Manager anda pada saat memotivasi pribadi anda pada tempat kerja?
  10. Silakan Anda Uraikan sejumlah perilaku atau tindakan manajer maupun atasan yang anda miliki yang masih Anda anggap sangat efektif?
  11. Perilaku, tindakan, serta kejadian pada tempat kerja sering membutuhkan proses pemecahan segera. Apa saja yang bisa menghancurkan maupun membatasi motivasi kerja di dalam diri anda?
  12. Jelaskan langkah Anda guna mengatasi sejumlah permasalahan yang sudah terjadi di masa lampau, pada saat suatu peristiwa maupun tindakan seseorang pada tempat kerja Anda yang dapat berpengaruh secara negatif terhadap motivasi kerja yang anda miliki?
  13. Apabila anda bekerja di dalam tim Manager, jelaskan langkah anda di dalam menciptakan lingkungan kerja yang sangat dinikmati oleh banyak karyawan?
  14. Apabila peran pada perusahaan anda mewajibkan untuk melakukan pengawasan terhadap rekan kerja anda sebelumnya, jelaskan Bagaimana anda berinteraksi dengan sejumlah orang guna membantu mereka untuk menemukan motivasi kerja yang anda miliki?
  15. Jelaskan langkah anda untuk memastikan bahwasanya tingkat motivasi pada pribadi anak setiap hari Selalu dikontrol?
  16. Sejumlah hal untuk menanggapi beberapa pertanyaan pihak wawancara mengenai motivasi?
Baca Juga   Cara Menginterview Pelamar Kerja

Di saat pelaksanaan interview, kadangkala lebih baik untuk mendalami motivasi intrinsik dibandingkan dengan tindakan ekstrinsik

Sebelum anda melaksanakan wawancara kerja atau interview, silakan Anda Perhatikan bagian Deskripsi pekerjaan yang dilamar dengan caramencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai posisi tersebut. Selanjutnya, silahkan anda sesuaikan tanggapan Anda dengan informasi yang sedang dicari oleh pihak wawancara kepada calon karyawan

Tanggapan Anda tentunya akan cukup bervariasi tergantung dari pengalaman dan latar belakang anda. Akan tetapi, pastinya Anda wajib untuk menampilkan kesan yang positif

Untuk tambahan, tidak keliru apabila anda bisa memberikan rasa antusiasme atau bagian yang paling Anda senangi dari pekerjaan terakhir di tempat kerja yang sebelumnya

Jawaban wawancara motivasi kerja paling baik

Adapun contoh jawaban wawancara motivasi kerja paling baik yaitu dengan cara memberikan jawaban sejujur-jujurnya, akan tetapi memiliki relevansi dengan pekerjaan yang dilamar tersebut. Adapun tanggapan yang diberikan tentu harus mencerminkan kesan bahwasanya anda memiliki ketertarikan pada pekerjaan yang dilamar serta semangat guna mengerjakan apa saja supaya dapat memperoleh posisi tersebut.

Oleh sebab itu, Pada saat Anda menjawab pertanyaan, maka anda wajib untuk memikirkan:

  1. Apa saja yang anda nikmati ketika bekerja pada posisi di tempat kerja sebelumnya? Silakan Anda pikirkan mengenai sejumlah pekerjaan anda sehari-hari serta ketertarikan anda di dalam skala yang jauh lebih luas
  2. Jenis pekerjaan yang paling sesuai untuk anda? Di dalam kondisi yang seperti apa, apakah kondisi tenang, apakah kondisi keras, apakah kondisi sibuk dan Apakah Anda bisa bekerja dengan baik pada kondisi tersebut?

Apa saja yang anda sampaikan maka anda wajib untuk membackup nya dengan sejumlah contoh Hasil studi maupun desain Berdasarkan pengalaman kerja serta tanggapan tersebut harus selalu berkaitan dengan kemampuan dan keterampilan yang dibutuhkan pada pekerjaan yang dilamar

Baca Juga   Pertanyaan Interview Restoran Yang Bisa Anda Praktekan

Contoh jawaban:

Saya cukuplah termotivasi guna memecahkan sejumlah permasalahan. Pada Posisi terakhir di pekerjaan saya, saya membantu di dalam memecahkan sejumlah keluhan dari pelanggan. Bagi saya, terdapat sesuatu yang amat memuaskan pada saat saya dapat membantu jawaban kepada pelanggan yang merasa bingung serta dapat melihat proses transisi pelanggan yang mengalami prestasi berubah menjadi puas disebabkan telah dibantu oleh saya.

Saya amatlah termotivasi dengan menyelesaikan teka-teki serta masalah. Di kantor, hal tersebut memiliki arti spreadsheet atau penggalian data. Di pekerjaan terakhir saya, saya memiliki tanggung jawab guna mempersiapkan laporan di akhir tahun mengenai produk mana yang paling baik.

Data tersebut dipakai guna menentukan bagian mana perusahaan hendak memfokuskan usaha pada tahun mendatang. Untuk saya, pekerjaan tersebut adalah pekerjaan yang sangat menyenangkan disebabkan karena saya akan mengetahui apa saja yang hendak dikerjakan pada spreadsheet tersebut serta bisa membantu para pelanggan Dan juga akan memberikan feedback untuk pelanggan kepada bagian manajemen puncak supaya mereka bisa selalu Membuat strategi baru yang lebih baik lagi

Apa saja yang wajib untuk dihindari pada saat memberikan jawaban wawancara kerja mengenai motivasi kerja?

Seperti biasanya, ada sejumlah jawaban yang bisa dikatakan tidak mencerminkan anda sebagai pekerja yang baik. Apabila anda termotivasi oleh sejumlah faktor yang tidak memiliki relevansi terhadap deskripsi dari pekerjaan apa ya maka hal tersebut bisa menjadi tanda untuk pihak pewawancara. Contohnya adalah Apabila Anda berkata bahwasanya anda merupakan orang yang termotivasi oleh adanya komunikasi interpersonal serta bekerja dengan sejumlah orang, namun pekerjaan yang anda lamar tersebut yaitu bagian akuntansi dengan membutuhkan sedikit interaksi dengan sejumlah orang, maka tentunya anda akan dianggap sebagai orang yang tidak cocok pada pekerjaan tersebut.

Baca Juga   Cara Menghadapi Tes Wawancara

Hindari pula sejumlah tanggapan yang berkaitan dengan nominal bonus, gaji serta komisi dan lain sebagainya. Meskipun gaji dan juga keuntungan finansial yang lainnya Adalah alasan yang cukup penting di dalam bekerja, akan tetapi hal tersebut bukanlah jawaban yang diharapkan untuk didengar oleh pihak pewawancara. Bisa menjadi termotivasi disebabkan oleh pujian dan juga pengakuan juga alangkah baiknya dihindari di dalam tanggapan tersebut.

Bagian paling akhir, Kerjakan dengan paling baik guna memberikan jawaban yang spesifik dan juga jujur. Sejumlah tanggapan yang masih samar-samar tentu tidak akan bisa membantu pihak pewawancara. Anda harus ingat bahwa masing-masing pertanyaan merupakan kesempatan guna menunjukkan kekuatan yang anda miliki.

Demikianlah Uraian singkat mengenai contoh jawaban wawancara motivasi kerja yang bisa saya posting Pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, sejumlah jawaban tentang motivasi bekerja di sebuah perusahaan bisa anda berikan kepada pihak pewawancara dengan sebaik-baiknya sehingga Anda bisa diterima kerja pada posisi yang dilamar tersebut.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Trik Menghadapi Interview Kerja

Trik Menghadapi Interview Kerja Agar Bisa Melewatinya Dengan Mudah

Bisa dikatakan bahwa Wawancara adalah suatu proses yang sangat penting guna memperoleh pekerjaan. Gagal atau ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *