Home / Materi Umum / Psikotes / Contoh Jenis Soal Psikologi POLRI

Contoh Jenis Soal Psikologi POLRI

Terdapat banyak contoh jenis soal psikologi POLRI yang bisa dijadikan pedoman dan acuan belajar bagi siswa supaya mereka memiliki bekal di dalam mengikuti tes psikologi masuk POLRI. Sejumlah siswa Banyak yang mengalami kegagalan di dalam mengikuti tes psikologi POLRI disebabkan karena mereka gugup dan kurang belajar di dalam persiapan mengikuti tes. Oleh sebab itulah Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai sejumlah contoh jenis soal psikologi POLRI yang sering keluar pada saat tes psikologi.

Contoh Soal Psikologi POLRI

Tes psikologi atau tes psikotes merupakan salah satu jenis tes yang paling sering digunakan pada proses seleksi POLRI. Hal tersebut dikarenakan pelaksanaan dari tes psikotes amatlah penting guna memperoleh calon anggota POLRI yang memiliki nilai kepribadian dan nilai kognitif yang baik. Bagi anda yang sekarang ini memiliki rencana untuk masuk POLRI maka alangkah baiknya anda membekali diri dengan kemampuan yang cukup banyak pada tes psikologi. Caranya adalah dengan memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal tes psikotes yang sekarang ini bertebaran cukup banyak di internet maupun di toko buku.

Lalu, Apa saja contoh jenis soal psikologi POLRI yang seringkali digunakan pada pelaksanaan tes psikologi POLRI pada tingkatan Brigadir, Akpol maupun Tamtama pada penerimaan anggota POLRI di tahun terakhir? Marilah kita bahas satu persatu contoh jenis soal psikologi POLRI tersebut.

Contoh jenis soal psikologi POLRI

Pada pelaksanaan tes psikologi POLRI di daerah, khususnya untuk calon siswa di Akpol yang sangat mirip dipakai pula untukpara calon tamtama dan Bintara, sedikitnya terdiri atas empat jenis soal, yaitu:

1. Jenis soal tes psikologi kecerdasan

Pelaksanaan tes psikologi kesehatan rata-rata diikuti oleh seluruh jenis tingkatan di POLRI, baik itu Brigadir Akpol, Tamtama dan SIPSS. Jadi, bisa dipastikan para calon siswa tersebut akan menjumpai soal tes psikologi kecerdasan. Oleh sebab itu, maka sangat dianjurkan untuk Berlatih mengerjakan soal tes psikologi kecerdasan untuk seluruh siswa supaya mereka dapat mengerjakan semua soal dengan benar dan cepat.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Bank Mandiri Dan Jawabannya

Soal tes psikologi kecerdasan jika dikerjakan dalam kondisi normal dan bukan Pada pelaksanaan tes psikologi yang sebenarnya serta tidak ada batasan waktu di dalam mengerjakan tergolong soal yang sangat mudah. Namun, Pada pelaksanaan tes psikologi kecerdasan tersebut, peserta tidak hanya dituntut untuk bisa mengerjakan dengan benar, namun juga harus mampu mengerjakan dengan waktu yang cepat.

Secara umum, soal psikologi kecerdasan POLRI berjumlah 100 butir soal pilihan ganda yang harus diselesaikan dalam waktu sekitar 90 menit. Dengan demikian, maka jatah untuk mengerjakan 1 soal adalah kurang dari 1 menit. Hal tersebut tentunya sangat berbeda pada saat siswa mengerjakan soal Ujian Nasional, dimana rata-rata 1 soal diberikan waktu sekitar 2 menit.

2. Jenis soal psikologi kepribadian

Soal psikologi kepribadian yang harus dikerjakan oleh siswa biasanya berjumlah 100 butir soal yang berhubungan dengan gambaran umum di kehidupan sehari-hari. Biasanya, bentuk soal psikologi kepribadian adalah merupakan pernyataan-pernyataan sederhana. Tugas peserta yaitu memilih salah satu jawaban yang disediakan yang paling sesuai dengan kondisi pribadi masing-masing. Pilihan ganda yang disediakan biasanya terdiri dari 4 hingga 5 kemungkinan.

Adapun 4 pilihan pilihan ganda yang disediakan pada jenis soal psikologi kepribadian adalah:

A. Apabila anda amat tidak setuju dengan pernyataan yang ada
B. Apabila anda merasa tidak setuju dengan pernyataan yang ada
C. Apabila anda setuju dengan pernyataan yang ada
D. Apabila anda amat setuju dengan pernyataan yang ada

Sementara itu, jika terdapat 5 pilihan ganda maka jenis pilihan yang disediakan adalah:

A. Apabila anda amat tidak setuju dengan pernyataan yang ada
B. Apabila anda merasa tidak setuju dengan pernyataan yang ada
C. Apabila anda merasa ragu-ragu
D. Apabila anda setuju dengan pernyataan yang ada
E. Apabila anda amat setuju dengan pernyataan yang ada

Baca Juga   Contoh Alat Tes Psikologi Dan Alat Tes Intelektual

Adapun tips di dalam mengerjakan soal psikologi kepribadian yaitu Anda cukup untuk memilih pilihan yakni sangat tidak setuju atau sangat setuju guna memperoleh nilai yang paling tinggi. Guna bisa mengerjakan soal, maka anda cukup menggunakan kata kunci:

“Gunakanlah jawaban sebagai warga negara yang memiliki keinginan untuk melindungi, mengayomi serta mentaati seluruh peraturan yang ada”

Dengan menerapkankunci tersebut, nilai yang anda dapatkan bisa dipastikan akan tinggi. Perlu siswa mengerti bahwa soal psikologi POLRI dari tahun ke tahun sangat sedikit mengalami perubahan. Oleh sebab itulah, selalu jaga rahasia supaya Anda bisa mengurangi kompetitor kompetitor anda.

Faktor-faktor yang dinilai pada tes psikologi Kepribadian:

  • Kepercayaan diri
  • Penyesuaian diri
  • Menjaga emosi dan pengendalian diri
  • Prososial dengan masyarakat

Dengan memahami keempat hal di atas serta mampu melaksanakannya Maka sangat dimungkinkan nilai yang anda peroleh akan bagus dari sisi kepribadian.

3. Jenis soal psikologi minat

Soal yang disediakan untuk tes psikologi minat biasanya berjumlah sekitar 75 butir soal. Soal psikologi minat tersebut menyajikan gambaran gambaran umum di dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya, bentuk dari soal psikologi minat adalah berupa dua pernyataan yang cukup sederhana, di mana anda memiliki tugas untuk memilih pernyataan yang sangat sesuai dengan diri anda. Secara umum, soal psikologi minat tersebut memiliki tujuan untuk mengetahui sikap yang anda miliki pada saat bekerja.

Faktor-faktor yang dinilai pada tes psikologi minat:

  • Humanisme
  • Demokratis
  • Kebenaran
  • Adil
  • Pelayanan sosial
  • Prosedur pada saat bekerja

Kata kunci yang harus anda pegang Pada saat Anda mengerjakan soal psikologi minat yaitu “Posisikan diri anda sebagai individu yang mempunyai pribadi yang bertanggung jawab dan profesional ketika sedang bekerja serta mampu untuk mengelola waktu dan cukup kreatif. Pada saat Terdapat dua hal yang cukup penting untuk dikerjakan dalam satu waktu, maka silakan Anda memilih pekerjaan tanpa harus mengabaikan kewajiban dan pekerjaan yang lainnya”

Baca Juga   Bentuk Tes Psikotes Secara Umum

Dengan menerapkan kata kunci di atas, maka bisa dipastikan nilai yang anda peroleh akan tinggi. Disamping itu, seperti pada jenis tes psikologi yang lainnya bahwa tes psikologi minat sangat jarang mengalami perubahan dari tahun ketahun. Oleh sebab itu, alangkah baiknya anda mampu untuk menjaga kerahasiaan berbagai macam contoh soal psikologi minat yang sudah dipelajari guna mengurangi saingan saingan Anda pada saat pelaksanaan tes psikologi POLRI.

4. Jenis soal psikologi sikap kerja

Soal psikologi sikap kerja yaitu soal yang sangat membutuhkan latihan keras. Hal tersebut disebabkan karena soal psikologis sikap kerja membutuhkan konsentrasi dan kecepatan yang cukup tinggi di dalam menyelesaikannya. Soal psikologi sikap kerja tersebut bisa dikerjakan setelah anda menyelesaikan ketiga jenis soal psikologi sebelumnya. Dengan demikian, maka efek yang biasanya didapat dari peserta tes adalah Kondisi badan yang sudah lelah.

Beberapa faktor yang dinilai pada tes psikologis sikap kerja yaitu:

  • Ketelitian
  • Daya tahan
  • Kecepatan

Guna bisa memperoleh hasil maksimal pada saat mengerjakan soal psikologis sikap kerja, maka sangat disarankan untuk berlatih dengan ekstra keras. Soal-soal yang akan dihadapi pada tes psikologis sikap kerja adalah tes Objek hilang. Silakan anda pelajari contoh-contoh soal dari teks Objek hilang tersebut.

Sekian penjabaran singkat mengenai contoh jenis soal psikologi POLRI yang bisa saya ulas Pada kesempatan kali ini. Setelah anda memahami keempat jenis soal psikologi POLRI tersebut, maka anda bisa mencoba untuk mencari contoh soal psikologi POLRI berdasarkan jenis soal psikologi yang sudah saya bahas Pada posting kali ini. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Apabila anda mencoba untuk belajar psikotes terlebih dahulu sebelum mengikuti tes psikotes yang sebenarnya, maka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *