Home / Wawancara / Contoh Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja

Contoh Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja

Apakah sekarang ini anda sedang mencari informasi seputar contoh percakapan interview? Sebenarnya, sekarang ini sudah cukup banyak beredar contoh percakapan interview kerja baik di internet maupun pada buku yang berisi contoh pertanyaan wawancara kerja yang cukup banyak dijual di toko buku. Memang benar apa adanya bahwa pada setiap kegiatan penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan, proses yang hampir pasti dilaksanakan adalah tes psikotes dan tes wawancara kerja atau interview.

Contoh Pertanyaan Dan Jawaban Interview Kerja

Pada pelaksanaan tes psikotes, referensinya juga sudah bisa didapatkan dengan mudah lewat buku yang banyak beredar di toko buku dan juga pada proses bimbingan calon karyawan di sekolahan. Hanya saja, Pada pelaksanaan interview, masih cukup sedikit pihak yang mampu memberikan pembelajaran pada segmen tersebut disebabkan karena cukup banyak yang memiliki anggapan bahwasanya wawancara kerja merupakan formalitas belaka.

Contoh pertanyaan interview kerja

Sebenarnya, wawancara kerja adalah salah satu bagian yang cukup kritis tentang kemungkinan Apakah kandidat calon karyawan tersebut layak untuk diterima kerja atau tidak. Wawancara kerja mempunyai cukup banyak pertanyaan yang nantinya akan dilontarkan, di mana masing-masing pertanyaan tentu mempunyai tujuan khusus. Tujuan khusus tersebut juga cukup bervariasi, ada yang berfungsi sebagai jebakan, ada pula yang berfungsi untuk memahami pribadi masing-masing kandidat.

Contoh pertanyaan wawancara juga cukup banyak ragamnya, hal tersebut sangat bergantung kepada pihak pewawancara, dalam hal ini adalah pihak HRD perusahaan. Akan tetapi, intinya sejumlah pertanyaan wawancara kerja tidak bisa disepelekan maupun dijawab dengan semaunya. Seluruh pertanyaan yang diberikan, berfungsi untuk memberikan gambaran Bagaimana kepribadian dari kandidat calon karyawan. Seluruh pertanyaan itulah yang nantinya bisa menentukan nasib dari calon karyawan ke depan.

Apabila diambil bagian inti, manfaat dari pelaksanaan wawancara kerja yaitu guna memahami tingkat fleksibilitas terhadap individu si calon karyawan baru, melakukan pengukuran terhadap kompetensi sosialisasi, kemampuan komunikasi dari calon karyawan baru serta dimanfaatkan untuk memahami kesesuaian antara profil calon karyawan baru dengan perusahaan.

Setelah anda memahami beberapa bagian di atas, Apakah Anda masih menganggap bahwasanya tes interview hanyalah formalitas belaka? Tentunya tidak. Anda tidak akan dapat lagi meremehkan fungsi dan manfaat serta pelaksanaan wawancara kerja. Oleh sebab itulah, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit bantuan mengenai contoh pertanyaan untuk wawancara yang kerap kali dilontarkan pihak HRD perusahaan. Dengan mempelajari beragam Contoh pertanyaan wawancara, maka pemahaman Anda tentang sejumlah pertanyaan wawancara sekaligus teknik menjawabnya bisa lebih ditingkatkan.

Pada artikel yang lain, Sebenarnya saya juga sudah banyak membahas tentang contoh pertanyaan tes wawancara. Hanya saja, karena saking banyaknya pertanyaan-pertanyaan baru Pada pelaksanaan interview atau wawancara kerja maka tidak ada salahnya apabila kita selalu mengupdate beragam contoh pertanyaan saat wawancara sehingga referensi kita di dalam belajar selalu Diperbaharui.

Baiklah, tidak perlu lama-lama lagi, di bawah ini adalah kumpulan contoh pertanyaan saat interview yang bisa anda gunakan sebagai panduan untuk belajar. Silahkan disimak..

1. Apa alasan anda untuk bekerja pada perusahaan kami?

Contoh pertanyaan interview yang pertama adalah Apa alasan anda untuk bekerja di perusahaan kami. Secara umum, masing-masing orang tentunya pernah melaksanakan interview kerja dengan pertanyaan diatas. Pertanyaan diatas memiliki fungsi guna memahami sifat dari pelamar kerja.

Baca Juga   Panduan Wawancara Kerja Paling Baru Yang Terbukti Berhasil

Guna menjawab pertanyaan di atas, silakan Anda Jawab dengan jujur saja, yakni disebabkan karena anda mempunyai sikap yang baik di dalam bekerja baik secara sendiri maupun di dalam tim. Disamping itu, anda juga bisa menjabarkan bahwa anda merupakan sosok yang dapat diandalkan serta bisa memberikan kontribusi yang cukup baik guna mewujudkan visi serta misi yang dimiliki oleh perusahaan.

Kunci guna menjawab pertanyaan diatas yaitu dengan menghindari jawaban yang berkaitan dengan finansial, contohnya adalah mengharapkan gaji yang lebih tinggi serta membandingkan gaji dengan perusahaan di mana anda bekerja sebelumnya. Atau misalnya lagi karena anda merasa sudah tidak nyaman lagi bekerja pada tempat kerja yang lama, Bos yang terlalu menekan di dalam bekerja, serta sejumlah permasalahan lain yang anda alami di tempat kerja yang lama. Silahkan anda Jawab dengan jujur serta tidak memberikan penilaian jelek pada tempat kerja yang lama.

2. Apa alasan anda keluar dari pekerjaan yang lama?

Contoh pertanyaan dalam wawancara kerja berikutnya yaitu alasan keluar dari tempat kerja yang lama. Pertanyaan di atasmempunyai manfaat guna memahami track record dari kandidat pelamar kerja pada perusahaan tempat kerja yang sebelumnya. Di samping itu, tentu terdapat sejumlah alasan mengapa pihak pewawancara melontarkan pertanyaan semacam itu.

Guna bisa menjawab pertanyaan di atas, intinya yaitu dengan tidak menjabarkan adanya konflik pribadi yang sudah terjadi pada anda di tempat kerja sebelumnya. Kondisi tersebut tentu bisa mencoreng track record anda serta menjadikan pihak HRD perusahaan berfikir panjang serta menanyakan kembali pertanyaan “Bagaimanakah apabila yang dialami pada tempat kerja yang lama dialami juga di sini”apabila pertanyaan tersebut kembali ditanyakan, maka tentu anda akan cukup kesulitan menjawabnya.

Intinya, silakan jawab pertanyaan di atas menggunakan jawaban yang cukup realistis, contohnya adalah karena anda mengharapkan untuk memperoleh posisi yang lebih pas dengan kualifikasi atau kompetensi yang anda miliki. Disamping itu, yang Silakan anda tunjukkan pula bahwasanya Anda juga mempunyai keinginan yang cukup besar supaya bisa berkembang pada perusahaan yang sedang anda lamar tersebut.

3. Silahkan anda ceritakan suatu hal yang bisa mendeskripsikan mengenai diri anda?

Rata-rata, pertanyaan seperti itu dilontarkan di bagian awal oleh pihak HRD pada saat wawancara kerja. Sederhana saja, disamping untuk memperkenalkan diri, pihak wawancara tentunya Handak melihat Bagaimana teknik kalian di dalam bertutur kata maupun bercerita.

Pada poin tersebut, bisa dikatakan bahwa pertanyaan di atas merupakan bagian penentu, apakah pihak pewawancara merasa cukup tertarik dengan anda atau Bahkan sebaliknya, merasa bosan disebabkan cerita Anda yang cukup bertele-tele serta menggunakan bahasa yang tidak rapi.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin silakan Anda jawab pertanyaan tersebut dengan singkat, akan tetapi berisi penjabaran mengenai diri anda. Contohnya adalah dengan menjabarkan nama anda, lulusan Anda, Asal tempat kerja yang lama, serta sampaikan pula motivasi anda mengapa ingin bekerja pada perusahaan tersebut.

4. Jelaskan apa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki?

Memahami sejumlah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kandidat calon karyawan merupakan salah satu bagian yang perlu diketahui oleh pihak HRD sebuah perusahaan. Kondisi tersebut tentu sangat dipertimbangkan mengingat masing-masing perusahaan sudah bisa dipastikan mengharapkan karyawan yang memiliki kompetensi serta mempunyai kelebihan yang bisa membantu di dalam mewujudkan visi serta misi perusahaan.

Baca Juga   Cara Membuat Guide Wawancara

Oleh sebab itu, pertanyaan wawancara kerja semacam itu sudah hampir pasti diajukan oleh pihak pewawancara pada saat mewawancarai kandidat calon karyawan. Akan tetapi, anda tetap harus mengingat bahwasanya pihak pewawancara tidak dapat langsung 100% mempercayai dengan jawaban yang Anda berikan pada pertanyaan di atas, mengingat dapat pula kandidat calon karyawan mengada-ada jawabannya.

Intinya, pada pelamar yang sedang di interview, Alangkah baiknya apabila memberikan jawaban dengan sejujur-jujurnya. Silakan berikan penjabaran tentang kelebihan yang anda miliki guna membantu mewujudkan cita-cita dari visi serta misi perusahaan serta sampaikan pula kelemahan yang anda miliki. Untuk selanjutnya, tentu anda bisa menyerahkan seluruhnya kepada pihak HRD yang mewawancarai anda.

5. Sejauh manakah anda memahami mengenai perusahaan ini?Berikan  Uraian singkat tentang Perusahaan ini!!

Hampir pasti pada setiap pelaksanaan wawancara kerja akan ditanyakan pertanyaan diatas. Alasannya tentu cukup simple, yakni disebabkan pihak pewawancara hendak mengetahui sebesar Apakah keinginan diri Anda guna bisa bekerja pada perusahaan yang dilamar tersebut.

Logikanya yaitu dengan Anda dapat memahami secara jelas mengenai sejarah perusahaan, filosofi perusahaan, profil perusahaan, serta visi dan misi perusahaan yang Anda lamar tersebut, maka kondisi itu mampu menunjukkan kepada pihak pewawancara bahwasanya Anda memang cukup semangat guna bisa bekerja pada perusahaan tersebut karena anda sudah Melakukan riset dengan cukup mendalam mengenai perusahaan yang dilamar tersebut.

Adapun hal yang perlu diketahui yaitu Janganlah melakukan pembandingan perusahaan yang anda lamar dengan perusahaan yang lainnya, karena hal tersebut akan menjadikan pihak pewawancara memiliki pikiran negatif kepada anda. Intinya, usahakan untuk menekankan terhadap apa saja yang sudah anda ketahui mengenai perusahaan yang anda lamar serta tunjukkanlah kepada pihak pewawancara bahwasanya anda memiliki minat yang sangat besar untuk bisa bekerja pada perusahaan tersebut.

6. Berapakah waktu yang anda perlukan guna bisa menyumbangkan kontribusi secara nyata bagi perusahaan?

Masing-masing perusahaan tentu mengharapkan karyawannya supaya bisa menyumbangkan konstribusi Yang kelak bisa memajukan nama besar perusahaan. Oleh sebab itu, maka tidak aneh jika dalam wawancara kerja, pertanyaan Seperti di atas dilontarkan oleh pihak pewawancara.

Guna bisa menjawab pertanyaan di atas, usahakan memberikan jawaban yang cukup realistis. Janganlah karena hanya ingin dianggap sebagai calon karyawan yang ambisius, anda memberikan jawaban dengan tidak realistis dan tergesa-gesa, misalnya adalah jawaban 1 hari maupun 2 hari. Mengapa? Sudah bisa dipastikan bahwa hal tersebut merupakan sesuatu yang tidak akan mungkin terjadi.

Lalu bagaimana jawaban yang tepat? Silakan sampaikan kepada pihak HRD bahwasanya anda akan selalu berusaha guna memenuhi segala macam ekspektasi serta tantangan mulai dari hari pertama bekerja, serbaguna bisa menyumbangkan kontribusi maka anda memerlukan waktu sekitar 6 bulan. Jawaban tersebut tentunya jauh lebih realistis.

7. Jika anda ternyata diterima bekerja pada perusahaan kami, Berapa lamakah anda bisa bertahan?

Masing-masing perusahaan, jika mereka sudah mempunyai karyawan yang cukup mumpuni dan bagus, maka tentunya mereka tidak menginginkan karyawan tersebut Risen atau keluar dari perusahaan. Kondisi tersebut tentunya sangat wajar, disebabkan jika karyawan yang performanya baik tersebut keluar dari perusahaan, maka perusahaan bisa dipastikan akan cukup kesulitan di dalam Mencari Pengganti serta bisa dipastikan pula akan mengeluarkan biaya tambahan untuk melaksanakan tahap perekrutan kembali.

Baca Juga   Contoh Pertanyaan Wawancara Bertema 17 Agustus

Oleh sebab itulah, maka pertanyaan Seperti di atas sangat mungkin untuk dilontarkan pihak HRD atau pewawancara kepada kandidat calon karyawannya. Tujuan dari pertanyaan diatas tentunya guna memahami serta mengetahui karakter dari kandidat calon karyawan baru tersebut.

Disebabkan karena pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab dan termasuk pertanyaan jebakan, maka anda bisa menjawab pertanyaan di atas dengan tidak menyebutkan angka, contohnya adalah 2 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan angka yang lainnya. Akan tetapi, silakan Anda berikan jawaban dengan Jawaban yang menginformasikan kepada pihak wawancara bahwasanya anda sangat tertarik untuk secara terus-menerus berkarir pada perusahaan yang anda lamar sampai mendapatkan target yang diinginkan.

Itulah sejumlah contoh pertanyaan yang biasanya ditanyakan Pada pelaksanaan interview atau wawancara kerja yang perlu Anda pahami contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja yang kerap kali dilontarkan. Tentunya, apa yang saya sampaikan pada bagian atas merupakan sebagian kecil pertanyaan yang kerap kali dilontarkan oleh pihak HRD perusahaan. Masih cukup banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja akan dilontarkan oleh pihak pewawancara kepada anda sebagai kandidat calon karyawan, diantaranya adalah:

  1. Apakah anda mempunyai rencana untuk melanjutkan pendidikan pada masa yang akan datang?
  2. Apakah makna pekerjaan yang anda ketahui?
  3. Apakah sekarang ini anda mempunyai hubungan yang cukup baik dengan mitra kerja pada perusahaan tempat kerja yang lama serta Mungkinkah Anda dapat menjalin hubungan yang baik di perusahaan kami?
  4. Apakah anda lebih senang bekerja di dalam sebuah tim atau pekerja Mandiri?
  5. Apakah anda bersedia bekerja di bawah tekanan?
  6. Bagaimanakah sikap yang nantinya Anda Perlihatkan terhadap sejumlah kritik yang diberikan kepada anda?
  7. Jika bawahan anda melakukan sebuah kesalahan, apakah yang nantinya akan Anda lakukan?
  8. Apa sajakah hal yang sangat sulit yang pernah anda temui pada saat bekerja pada tempat kerja sebelumnya?
  9. Apabila suatu saat nanti anda diberikan tanggung jawab yang lebih besar, Apakah anda siap menerimanya?
  10. Contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja yang kerap kali dilontarkan pada saat pelaksanaan tes wawancara kerja atau interviewberapakah besaran gaji yang anda inginkan pada posisi yang anda lamar tersebut?

Intinya adalah, Ketika anda hendak melaksanakan wawancara kerja yaitu dengan memberikan jawaban pada seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur, percaya diri serta mengatakan bahwa Anda memang benar-benar minat untuk bisa bekerja pada perusahaan yang dilamar.

Demikianlah pembahasan tentang contoh pertanyaan dan jawaban interview kerja yang kerap kali dilontarkan oleh pihak HRD atau pewawancara Pada pelaksanaan interview penerimaan calon karyawan atau pegawai baru di sebuah perusahaan. Mudah-mudahan, sejumlah contoh pertanyaan di atas mampu memberikan Anda gambaran gambaran umum tentang ragam contoh pertanyaan sekaligus teknik menjawabnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Pertanyaan Wawancara Bertema 17 Agustus

Contoh Pertanyaan Wawancara Bertema 17 Agustus

Tanggal 17 Agustus adalah sebuah tanggal yang bisa dipastikan cukup banyak dikenal oleh warga masyarakat ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *