Home / Wawancara / Contoh Pertanyaan Interview HRD Yang Paling Sering Ditanyakan

Contoh Pertanyaan Interview HRD Yang Paling Sering Ditanyakan

Apabila Anda sedang mencari contoh pertanyaan interview HRD yang paling sering ditanyakan, maka anda berada pada artikel yang tepat. Silakan anda Simak terus penjabaran berikut ini dan anda akan mendapatkan sejumlah informasi berkaitan dengan contoh pertanyaan interview HRD. Namun sebelumnya perlu diketahui bersama bahwasanya interview dengan HRD adalah salah satu bagian yang wajib untuk dilalui oleh setiap calon karyawan di dalam proses melamar pekerjaan.

Contoh Pertanyaan Interview HRD Yang Paling Sering Ditanyakan

Rata-rata, tahapan interview atau wawancara kerja adalah tahapan kedua setelah kandidat calon karyawan lolos di dalam mengikuti tes psikotes. Tentunya, Pada tahapan wawancara kerja atau interview tersebut, tidak semua kandidat calon karyawan dapat lolos. Sejumlah pertanyaan yang kerap kali muncul dan diberikan kepada mereka sering kali membuat mereka mengalami kegagalan di dalam menjawabnya. Lantas, Apakah yang menyebabkan mereka mengalami kegagalan?

Guna menjawab sejumlah permasalahan di atas, maka pada posting kali ini saya akan memberikan pengalaman pribadi yang pernah saya lalui dengan cara berbagai contoh pertanyaan interview HRD yang paling sering ditanyakan. Tentu, referensi mengenai contoh pertanyaan interview HRD yang paling sering ditanyakan bersumber pula dari pengalaman-pengalaman teman dan sejumlah informasi yang beredar di internet.

Contoh pertanyaan interview HRD yang paling sering ditanyakan

Baiklah, Berikut ini adalah beberapa contoh pertanyaan interview HRD yang paling sering ditanyakan Pada pelaksanaan tes wawancara kerja. Silakan disimak dan dipelajari.

1. Silakan Anda memperkenalkan diri

Apabila anda diminta oleh pihak HRD guna memperkenalkan diri, silakan menyampaikan dengan jelas, padat, tidak grogi dan tentunya singkat. Anda tidak perlu untuk bertele-tele, menyombongkan diri atau terlalu panjang. Berikut ini adalah contoh kalimat yang baik:

“Selamat siang, saya sampaikan terima kasih atas kesempatan yang bapak/ Ibu berikan. Perkenalkan, saya memiliki nama Wawan, usia saya adalah 21 tahun. Saya bertempat tinggal di Surabaya. Saya merupakan lulusan dari Strata 1 Fakultas Teknik jurusan teknik industri di universitas maju mundur. Saya memilikisejumlah pengalaman kerja, diantaranya yaitu di PT serat-serat di bagian staff produksi kurang lebih selama 2 tahun, saya belum mempunyai pengalaman kerja secara full time, akan tetapi saya mempunyai pengalaman magang pada PT Indonesia. Sekarang ini, saya sedang ikut pada proses seleksi penerimaan karyawan baru pada PT Jaya Jaya, di mana Saya memiliki harapan sangat besar untuk bisa diterima bekerja dan bisa menyumbangkan kontribusi pada perusahaan ini. Terima kasih.”

2. Silakan anda sampaikan Kelebihan dari kepribadian yang anda miliki

Silakan jawab pertanyaan di atas dengan cukup jujur, sesuaikan dengan kondisi kepribadian yang anda miliki. Apabila anda disuruh untuk menyampaikan kepribadian, Janganlah memberikan jawaban diluar hal tersebut, contohnya adalah Saya memiliki bisnis yang besar, saya amat Mahir di dalam menggunakan gitar. Di samping itu, anda cukuplah menyampaikan sejumlah keahlian yang berhubungan dengan pekerjaan yang nantinya akan Anda laksanakan. Adapun contoh jawaban yang bisa anda gunakan yaitu “saya merupakan orang yang cukup teliti di dalam bekerja, saya juga memiliki kreatif dan pandai di dalam mendapatkan ide-ide baru serta Cemerlang, saya memiliki kedisiplinan waktu yang cukup tinggi di dalam bekerja”.

Tips di dalam menjawab pertanyaan kelebihan kepribadian:

Silakan Anda siapkan daftar yang berisi sejumlah kelebihan yang anda miliki sebanyak-banyaknya

Selalu perhatikan job description atau recruitment pada posisi yang dilamar. Silakan Anda memilih paling banyak 5 kelebihan yang telah anda siapkan tersebut dan tentunya yang cocok dan juga memiliki nilai plus untuk job description atau recruitment pada posisi pekerjaan yang dilamar. Sampaikan pula Dengan baik.

3. Kekurangan dari kepribadian yang anda miliki?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, anda juga harus memberikannya dengan cukup jujur, disesuaikan dengan kepribadian yang anda miliki. Apabila bagian yang diminta adalah dari sisi kepribadian, Janganlah Anda menyampaikan di luar pertanyaan yang diberikan, contohnya adalah saya tidak menguasai programming, saya tidak dapat berenang, dan lain sebagainya.

Baca Juga   Artikel Wawancara Tentang Kesuksesan Dalam Berwirausaha

Setelah anda selesai menyampaikan kekurangan yang anda miliki, lanjutkan dengan menyampaikan cara maupun solusi yang anda miliki di dalam memperbaiki atau menanggulangi kekurangan tersebut. Adapun contoh jawaban yang cukup baik yaitu “saya kadang kala lupa apabila sedang dalam kondisi banyak pikiran atau stres. Akan tetapi, guna mengatasi masalah tersebut, biasanya saya selalu membuat catatan”.

Adapun tips di dalam menjawab pertanyaan kekurangan kepribadian yaitu:

Silakan Anda persiapkan list atau daftar kelemahan yang anda miliki lengkap dengan solusi ataupun cara di dalam memperbaiki atau menanggulangi kelemahan yang anda miliki tersebut.

Selalu Perhatikan bagian job description atau recruitment posisi yang anda lamar tersebut, silakan Anda memilih dua buah kekurangan yang telah Anda persiapkan sebelumnya di mana kekurangan tersebut tidaklah bertentangan terlalu jauh dengan job description atau rekrutmen pada posisi yang dilamar. Hati-hati, jangan sampai merugikan diri anda. Adapun contoh kepribadian yang kurang baik adalah melamar pekerjaan sebagai seorang sales, namun menyebutkan kekurangannya adalah tidak pandai berbicara atau pemalu.

4. Sebutkan apa saja yang sudah Anda pahami mengenai perusahaan ini?

Ketika ditanya tentang kelebihan perusahaan yang dilamar, hindarilah jawaban tidak tahu. Oleh karena itu, selalu gali informasi sebanyak-banyaknya tentang perusahaan yang dilamar, paling tidak Anda sudah memahami Profil perusahaan serta produk yang dibuat. Tentu, makin banyak bagian perusahaan yang Anda pahami tentu akan membuat Anda semakin dianggap sungguh-sungguh oleh pihak HRD dan pada akhirnya anda bisa bergabung bekerja pada perusahaan tersebut.

5. Jelaskan alasan Anda kenapa melamar pada perusahaan ini?

Supaya Anda bisa menjawab pertanyaan di atas, tentunya perspektif yang didapat bisa berbeda-beda. Mungkin, ada yang melihat dari sisi besarnya nama perusahaan, gambaran tentang tunjangan serta gaji yang akan didapat, berkualitasnya produk yang dibuat, lokasi yang cukup dekat dengan domisili. Silakan Anda menyampaikan sejumlah hal positif yang seolah-olah mampu untuk membanggakan perusahaan yang anda lamar tersebut.

Contoh jawaban yang baik yaitu “Menurut pendapat saya, perusahaan ini merupakan perusahaan yang sangat tepat untuk saya guna melakukan pengembangan karir di masa yang akan datang. Hal tersebut disebabkan karena perusahaan ini merupakan perusahaan yang terkenal dan besar, memiliki produk yang inovatif dan berkualitas serta mampu memberikan kesejahteraan untuk setiap karyawannya”.

6. Sebutkan alasan mengapa anda melamar pekerjaan di perusahaan ini?

Silahkan anda berikan jawaban yang kira-kira memiliki dukungan terhadap job description atau rekrutmen pada posisi yang dilamar. Sejumlah hal yang dapat dijadikan sebagai alasan diantaranya adalah pengalaman kerja yang sudah dimiliki sebelumnya, latar pendidikan yang sudah sesuai, memiliki kemampuan pada bidang khusus, dan lain sebagainya.

7. Apakah anda sudah memahami tentang posisi yang anda lamar?

Apabila anda belum pernah bekerja pada posisi tersebut sebelumnya, maka jalan keluar yang bisa ditempuh yaitu dengan mengumpulkan sejumlah data dan informasi tentang posisi yang anda lamar tersebut. Silakan anda mencari sejumlah data yang berkaitan dengan skill yang dibutuhkan, job description, masalah yang kerap kali dihadapi, serta gambaran lingkungan kerja.

8. Sampaikan harapan Anda yang hendak dicapai pada lima tahun mendatang?

Guna bisa menjawab pertanyaan di atas, Silakan anda sampaikan sejumlah harapan untuk perusahaan serta untuk Anda pribadi. Pada bagian ini, anda wajib untuk dapat optimis serta ambisius dan visioner akan masa mendatang, bukan pesimis atau hanyalah sekedar bahasa basi saja. Disamping itu, anda juga wajib achieveable. Contohnya adalah “pada masa mendatang, saya akan selalu berusaha untuk bisa menyumbangkan sejumlah kontribusi yang cukup berarti untuk perusahaan, untuk jenjang karir saya supaya bisa lebih tinggi serta secara pribadi saya mengharapkan untuk mempunyai rumah pribadi lantai 2.

Baca Juga   Jawaban Interview Kontribusi Untuk Perusahaan Paling Diminati

9. Sampaikan Kenapa perusahaan ini harus mau merekrut anda?

Pertanyaan di atas merupakan pertanyaan yang digunakan untuk memahami seberapa cocok Anda guna menempati posisi yang ditawarkan. Silakan berikan jawaban yang kira-kira cukup berbeda serta mempunyai kelebihan ataupun keunikan tersendiri dibandingkan dengan kandidat yang lainnya, akan tetapi tidak mengada-ada dan juga tetap jujur.

10. Apakah terdapat hal yang ingin anda tanyakan kepada kami?

Apabila anda disuguhi pertanyaan Seperti di atas, silahkan manfaatkan dengan sebaik-baiknya guna menjawab yang sekiranya ingin Anda pahami dan ketahui dan belum ada penjelasan di bagian depan. Alangkah baiknya apabila anda juga mempersiapkan pertanyaan kepada pihak HRD dari rumah sehingga anda memiliki keleluasaan untuk menyampaikan pertanyaan tersebut kepada pihak HRD. Dengan memanfaatkan pertanyaan, maka anda bisa dipandang mempunyai minat dan kesungguhan guna bergabung pekerja dengan perusahaan.

Adapun sejumlah pertanyaan yang bisa disampaikan adalah tentang jenjang karir, lingkup kerja, hari serta jam kerja, batasan waktu pengumuman pelaksanaan wawancara kerja atau interview, Tunjangan karir, serta sejumlah tunjangan yang akan diberikan.

Spesial untuk Anda yang belum mempunyai pengalaman kerja atau disebut sebagai fresh graduate:

1. Apa alasan Anda kenapa mengambil jurusan tersebut pada saat kuliah?

Silakan Anda berikan jawaban dengan cara menunjukkan bahwasanya anda tidak memiliki rasa keterpaksaan maupun salah memilih jurusan pada saat kuliah. Anda bisa memberikan sejumlah alasan, Contohnya yaitu adanya rasa ketertarikan kepada sejumlah mata kuliah yang ditawarkan berdasarkan minat yang saya miliki, prospek serta peluang kerja yang baik untuk lulusan jurusan tersebut, juga dengan menggunakan jawaban bahwa profesi tersebut memang profesi yang sudah direncanakan Sebelum kuliah sehingga setelah lulus kuliah harus mampu untuk masuk ke dalam jurusan tersebut.

2. Sampaikan judul skripsi yang sudah dibuat? Silakan Anda Ceritakan tentang skripsi tersebut

Untuk menjawab pertanyaan di atas, maka anda cukup menyampaikan gambaran umum nya saja, janganlah terlalu detail, kecuali apabila nanti terdapat pertanyaan tambahan dari pihak HRD. Silakan anda sampaikan di bagian judul, latar belakang permasalahan dan tujuan, analisa serta dilanjutkan pada bagian kesimpulan singkat. Adalah merupakan sebuah keberuntungan jika topik deskripsi yang anda buat berhubungan dengan bidang atau proposisi yang anda lamar tersebut, contohnya Pada saat Anda melamar sebagai marketing research staff, Topik skripsi yang anda buat juga mengenai marketing research. Dengan kondisi tersebut, maka akan menjadi sebuah Nilai plus bagi anda.

3. Kapankah Anda lulus kuliah? Sampaikan beberapa Aktivitas keseharian semenjak Anda lulus sebelum anda melamar di perusahaan ini!

Anda tentunya bisa memberikan penjabaran tentang pengertian dari kata lulus. Kapan anda dinyatakan lulus pada pelaksanaan sidang skripsi dan kapan lulus di wisuda. Hal tersebut kerap kali ada kesalahan persepsi tentang kata lulus tersebut. Berikutnya, sejumlah aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan perlu disampaikan dengan sejumlah hal yang cukup produktif, positif serta memiliki manfaat untuk anda dan orang lain. Contohnya adalah membuka usaha dalam skala kecil, mereviu pelajaran kuliah, membantu pekerjaan orang tua serta mencari pekerjaan.

4. Aktifkan Anda pada saat berkuliah di organisasi? Silakan anda sampaikan sejumlah pengalaman berorganisasi yang anda miliki

Sangatlah berbahagia dan beruntung apabila anda merupakan mahasiswa yang cukup aktif di dalam organisasi yang ada, terlebih apabila memiliki prestasi dalam hal non akademik maupun di luar akademik. Namun Sangat disayangkan untuk Anda yang hanya sekedar kuliah sebagai mahasiswa biasa. Silakan Anda bercerita tentang pengalaman berorganisasi yang pernah anda lakukan, utamakan sejumlah pengalaman Dimana anda memiliki jabatan yang cukup baik pada organisasi tersebut.

Baca Juga   Pertanyaan wawancara PLN paling berpotensi keluar

5. Masalah atau pengalaman terberat seperti apa yang pernah anda dapatkan pada saat kuliah?

Untuk anda sebagai seorang mahasiswa tentu saja sudah pernah mengalami berbagai macam permasalahan selama di bangku kuliah baik itu di dalam bersosialisasi, masalah akademik, administrasi, berorganisasi, keluarga, serta ekonomi. Jangan lupa pula untuk menyertakan sejumlah solusi maupun usaha yang telah anda tempuh di dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

6. Pengalaman bekerja

Akan lebih baik lagi jika Anda telah memiliki pengalaman bekerja. Hal tersebut tentu tidak lepas dari keinginan perusahaan untuk memiliki karyawan yang tidak perlu lagi belajar di dalamnya, namun sudah memiliki beberapa kemampuan pada bidang pekerjaan yang hendak dilaksanakan.

7. Sampaikan alasan anda mengapa keluar dari tempat kerja yang lama?

Pada pertanyaan di atas, Anda harus jujur di dalam memberikan jawaban walaupun sebenarnya merupakan jawaban yang negatif baik bagi anda maupun untuk perusahaan Dimana tempat kerja anda sebelumnya. Jika anda mengada-ada atau berbohong, maka hal tersebut akan sangat beresiko. Contohnya apabila perusahaan tempat anda bekerja di mana anda melamar akan memberi fikasi jawaban tersebut ke tempat kerja yang sebelumnya.

8. Prestasi atau kontribusi apa yang sudah dimiliki pada tempat kerja yang sebelumnya?

Maksud dari kontribusi adalah sebuah tindakan serta pemikiran yang telah anda berikan kepada pihak perusahaan. Adapun bentuk kontribusi yang cukup sederhana yaitu tentu diberikan kepercayaan di dalam melaksanakan tugas berdasarkan job description pada jangka waktu tertentu, yang sementara itu bentuk kontribusi yang cukup istimewa yaitu seperti memberi sebuah gagasan, melaksanakan suatu tindakan ataupun memberikan ide yang pada akhirnya akan mendapatkan pengakuan dan memberikan dampak positif yang memiliki arti guna memajukan perusahaan. Lantas, pada sisi prestasi adalah sebuah penghargaan pada tingkat pencapaian karir yang sudah anda peroleh selama masa kerja, contohnya adalah staf naik menjadi supervisor, karyawan teladan, seorang asisten manajer yang naik menjadi Manager dan lain sebagainya.

Di samping sejumlah pertanyaan di atas, tentunya ada juga pertanyaan lain yang cukup banyak ditanyakan pada sesi interview atau wawancara kerja, di antaranya adalah:

  1. Dari tahun berapakah Anda mulai kuliah, kenapa baru bisa lulus sekarang? Apa alasannya?
  2. Di mana sajakah anda sudah mencoba melamar pekerjaan?
  3. Ada beberapa mata kuliah yang memperoleh nilai C, mengapa hal tersebut bisa terjadi?
  4. Sebutkan mata kuliah yang tidak Anda sukai dan paling Anda sukai?
  5. Bagaimanakah penilaian bos anda kepada anda?
  6. Mengapa Anda berminat bekerja di sini, sementara rumah Anda jaraknya cukup jauh?
  7. Silakan sampaikan lingkungan kerja yang bagaimana yang sangat anda sukai?

Tips di dalam mengikuti interview atau wawancara kerja

Adapun beberapa tips yang bisa anda praktekkan di dalam mengikuti interview atau wawancara kerja di antaranya adalah:

  1. Mengenakan pakaian yang rapi, sopan dan memiliki warna cerah. Untuk pria, silakan Anda menggunakan kemeja dengan lengan panjang celana panjang lengkap dengan ikat pinggang, dan berdasi. Sementara itu, untuk wanita cukuplah memakai kemeja berlengan panjang, rok dibawah lutut atau celana panjang dan vest.
  2. Jangan grogi dan tingkatkan kepercayaan diri
  3. Berbicara dengan suara yang jelas, lantang, tidak terburu-buru, tidak terbata-bata, serta komunikatif yang bisa didukung dengan sejumlah gerakan tangan
  4. Bersikap sopan, berjabat tangan, Memberi salam dan mengucapkan terima kasih

Demikianlah uraian yang cukup panjang mengenai contoh pertanyaan interview HRD yang paling sering ditanyakan sekaligus beberapa penjabaran yang mendukung aktivitas interview atau wawancara kerja. Mudah-mudahan segala macam upaya yang sudah anda lakukan guna mengikuti interview atau wawancara kerja Membuahkan hasil yang maksimal sehingga pada akhirnya Anda bisa diterima kerja pada perusahaan yang anda lamar tersebut. Akhir kata, terima kasih dan selamat beraktifitas.

Check Also

Pertanyaan Dan Jawaban Saat Wawancara Kerja

Pertanyaan Dan Jawaban Saat Wawancara Kerja Paling Sering Ditanyakan HRD

Jika sekarang ini anda sedang berlatih tentang pertanyaan dan jawaban saat wawancara kerja, maka anda ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *