Home / Wawancara / Contoh Pertanyaan Wawancara Guru TK

Contoh Pertanyaan Wawancara Guru TK

Apakah anda memahami betapa beratnya menjadi seorang guru TK? Mereka harus bersusah payah di dalam mendidik anak-anak yang masih berusia dini yang tentunya masih membutuhkan perlakuan khusus di dalam belajar. Para guru TK tentunya sangat bersabar di dalam mendidik anak-anak tersebut supaya tujuan dari mereka bisa tercapai.

Contoh Pertanyaan Wawancara Guru TK

Guna memberikan pemahaman lebih lanjut tentang betapa Susahnya menjadi seorang guru TK, maka Berikut ini akan penulis jabarkan Contoh pertanyaan wawancara guru TK yang akan menjelaskan aktivitas aktivitas yang dilakukan oleh guru TK sebagai salah satu bagian pendidik di lingkungan pendidikan dasar.

Contoh pertanyaan wawancara guru TK

Pewawancara : Bagaimanakah langkah di dalam meningkatkan kualitas pendidikan pada TK batik?

Narasumber ; langkah di dalam meningkatkan kualitas pendidikan di TK Yakni dengan cara menambahkan sejumlah kegiatan di sekolah atau yang kerap kali dikenal dengan istilah kegiatan ekstrakurikuler, misalnya adalah salat di hari Jumat, pelaksanaan Lestari, pelaksanaan les bahasa Inggris, sehingga anak didik akan memiliki rasa minat yang lebih baik serta lebih tertarik pada sejumlah kegiatan yang ada di sekolah, sebab semua kegiatan yang dilaksanakan di sekolah bisa dijadikan sebagai bekal mereka untuk bisa masuk ke sekolah dasar.

Pewawancara : Apakah kaitan nya antara mutu pendidikan dengan manajemen sekolah?

Narasumber : manajemen sekolah atau yang lebih dikenal dengan istilah program kerja sekolah tentunya telah diatur dari pihak yayasan. Kita telah diberikan program dari pihak yayasan guna meningkatkan mutu pada sisi pendidikan. Kesimpulannya adalah telah terdapat kisi-kisi yang berasal dari Yayasan serta tugas sekolah hanyalah menjalankannya saja. Apabila program kerja tersebut bisa berjalan dengan cukup lancar, maka tentunya mutu pendidikan di sekolah tersebut juga bisa semakin meningkat.

Baca Juga   Contoh Wawancara Singkat Dengan Penjual Sayur

Pewawancara : Bagaimanakah teknik manajemen sekolah berperan di dalam pengembangan mutu pendidikan di sekolah?

Narasumber : sejumlah guru tentunya kerap kali dikirim untuk mengikuti pelatihan, sehingga bisa meningkatkan kemampuan dan bekal guru untuk bisa disampaikan kepada para siswanya. Sistem dari belajar mengajarnya tentunya selalu mengikuti apa yang diperoleh pada saat pelaksanaan pelatihan tersebut.

Pewawancara : Apakah peranan dari manajemen sekolah?

Narasumber : di sekolah TK, manajemen sekolah cukup dikenal sebagai sebuah program kerja. Terdapat program kerja tahunan serta program kerja semester yang. Program kerja tahunan tentunya dibuat program kerja semester, yang nantinya akan dilanjutkan lagi untuk dibuat program mingguan. Adapun yang menyusun program kerja tahunan yakni kepala TK maupun kepala yayasan. Berikutnya, setelah menjadi program kerja semester dan nantinya akan diturunkan kepada guru-guru. Dan dari situlah, para guru akan memiliki tanggung jawab di dalam melaksanakan program kerja yang sudah dibuat tersebut.

Pewawancara : jika ada program kerja belum berjalan dengan cukup baik, apakah yang akan dikerjakan?

Narasumber : jika hal tersebut terjadi, maka kelihatannya program tahunan perlu diganti, sebab memang program tahunan akan selalu mengalami pergantian di setiap tahunnya. Jika ada salah satu program tahunan yang belum bisa berjalan dengan baik atau belum terpenuhi, maka program tersebut bisa dilaksanakan di tahun berikutnya atau dilakukan evaluasi terhadap program kerja yang tidak berhasil dijalankan tersebut.

Pewawancara : Bagaimanakah pendapat Anda tentang mutu pendidikan di TK ini?

Narasumber : kami telah memperoleh akreditasi dan tentunya kami akan selalu berusaha untuk bertahan pada akreditasi tersebut. Di tahun 2013 nantinya akan dilakukan visitasi akreditasi kembali dan tentunya kami telah mempersiapkan berbagai macam hal supaya proses akreditasi tersebut bisa memperoleh nilai A kembali.

Baca Juga   Etika Wawancara Kerja

Kesimpulan:

Dari hasil wawancara yang telah dilakukan, berdasarkan pendapat penulis bahwa mutu pendidikan serta program kerja dan manajemen sekolah di taman kanak-kanak sudah cukup baik, Sebab di sekolah tersebut telah ada penambahan aktivitas, misalnya adalah kegiatan ekstrakurikuler yang bisa meningkatkan kemampuan dari masing-masing siswa.

Selain itu, sejumlah guru di TK tersebut juga telah Mengikuti berbagai macam pelatihan sehingga mutu dari para guru akan semakin meningkat. Buktinya adalah akreditasi yang dimiliki oleh Taman kanak-kanak tersebut memperoleh predikat A+.

Sekian Uraian singkat tentang contoh pertanyaan wawancara guru TK yang bisa saya Uraikan di kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, anda bisa memperoleh gambaran tentang guru TK lebih jauh kembali dan anda bisa merenungi berbagai macam aktivitas dan hal yang dikerjakan oleh guru TK tersebut. Terima kasih dan selamat beraktifitas.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *