Home / Wawancara / Contoh Pertanyaan Wawancara Masuk Organisasi

Contoh Pertanyaan Wawancara Masuk Organisasi

Halo, apa kabar semuanya, Pada kesempatan kali ini saya mohon izin untuk berbagi Contoh pertanyaan wawancara masuk organisasi. Di masa muda atau usia remaja tentu seharusnya memang diisi dengan sejumlah kegiatan yang bersifat positif. Hal tersebut tentu dia terbelakangi karena seorang pemuda adalah tulang punggung dari kemajuan bangsa Indonesia. Salah satu jenis kegiatan yang bersifat positif serta dapat dikerjakan oleh generasi muda yaitu dengan berperan aktif didalam sebuah organisasi. Melewati sebuah organisasi, tentunya para pemuda dapat lebih banyak belajar, bisa menambah relasi dan tentunya bisa menambah banyak pengalaman.

Contoh Pertanyaan Wawancara Masuk Organisasi

Pada masa sekarang ini, cukup banyak terdapat organisasi pemuda yang dapat diikuti. Sejumlah contoh organisasi pemuda yang ada di Indonesia yaitu Youth educator sharing Network atau ESN yang bergerak di bidang pendidikan, koalisi Pemuda hijau di Indonesia atau KOPHI yang bergerak pada bidang pelestarian lingkungan, Young On Top atau YOT yang bergerak pada bidang motivasi para pemuda supaya bersemangat Agar dapat mencapai kesuksesan di usia yang muda.

Untuk bisa bergabung pada sebuah organisasi, maka anda harus melalui sejumlah tahapan. Tahapan pertama, rata-rata akan dilaksanakan seleksi berupa berkas. Selain itu, akan dilanjutkan dengan proses pengisian formulir pendaftaran yang isinya adalah tentang data diri secara umum, keterampilan yang sudah dimiliki, pertanyaan tentang hobi, prestasi yang sudah pernah didapatkan, alasan kenapa ingin bergabung pada organisasi tersebut, serta pengalaman-pengalaman di dalam berorganisasi.

Berikutnya, ada juga beberapa organisasi yang tidak memanfaatkan formulir, namun meminta kandidat untuk bisa mengirimkan kurikulum vitae atau CV dan portofolio. Adapun isi dari CV yaitu data pribadi di antaranya berisi alamat, nama, nomor telepon, email dan lain sebagainya, pengalaman kerja yang sudah dimiliki, Pendiskill yang telah dimiliki, prestasi, training yang sudah pernah diikuti, kegiatan atau organisasi ekstrakurikuler maupun kegiatan di masyarakat yang sudah pernah diikutinya.

Baca Juga   Pertanyaan wawancara PLN paling berpotensi keluar

Untuk bagian portofolio adalah kumpulan dari hasil karya yang sudah pernah dibuat di masa lampau. Portofolio tentunya memiliki peranan sangat penting untuk Anda yang mempunyai bakat pada sisi kreatif, contohnya adalah desain web, desain grafis, fotografi, jurnalistik dan lain sebagainya.

Apabila anda berhasil lolos, maka tentunya anda akan dihubungi oleh organisasi tersebut guna mengikuti tes wawancara atau interview yang akan dilaksanakan oleh mereka. Namun, ada pula beberapa organisasi yang open recruitment tanpa melaksanakan proses wawancara atau interview, namun hanya melewati seleksi berkas saja.

Contoh pertanyaan wawancara masuk organisasi

Baiklah, langsung saja di bawah ini adalah sejumlah pertanyaan yang sering ditanyakan pada saat masuk organisasi lengkap dengan Bagaimana teknik menjawabnya. Silahkan disimak.

1. Silakan Deskripsikan mengenai diri anda

Pada pertanyaan awal, pastinya anda akan diminta untuk memperkenalkan diri. Silahkan anda memperkenalkan diri kepada mereka dengan cukup sederhana dan simple. Silakan anda sampaikan dengan jelas dan ringkas mulai dari nama lengkap, nama sekolah atau perguruan tinggi, nama panggilan, jurusan Anda pada saat di kampus atau di sekolah, kelas atau semester berapa dan informasi yang lainnya. Meskipun sejumlah point tersebut sudah terdapat pada kurikulum PT atau CV, namun point tersebut juga memiliki peranan yang cukup penting untuk tetap disebutkan karena pihak interviewer akan berusaha melihat bagaimana kondisi kesiapan anda dan bagaimana cara Anda tidak akan berbicara dengan pihak pewawancara.

2. Apa saja kekurangan dan kelebihan yang anda miliki

Apabila anda mendapat pertanyaan Seperti di atas, silahkan anda bercerita secara jujur Mengenai kekurangan serta kelebihan yang anda miliki. Contohnya adalah dari sisi kelebihan, anda merupakan orang yang pantang menyerah di dalam bekerja, memiliki sifat rajin, serta memiliki kepandaian di dalam berbicara di depan banyak orang. Sementara itu, anda juga dapat bercerita tentang kekurangan yang dimiliki, contohnya adalah memiliki sifat pemalu, kurang pandai apabila berbicara di depan orang banyak dan lain sebagainya. Dengan bercerita Mengenai kekurangan dan kelebihan yang ada pada diri Anda, maka pihak pewawancara akan mengenal kepribadian anda lebih mendalam.

Baca Juga   Cara Jawab Interview Yang Baik

3. Apa saja yang anda ketahui mengenai organisasi ini?

Kondisi tersebut tentu cukup penting diperhatikan sebelum anda mengikuti interview. Silakan anda pelajari dengan cukup detail mengenai organisasi tersebut. Jangan hanya sekedar memahami nama serta gambaran umum dari organisasi tersebut. Pahamilah seluruh visi misi serta sejumlah kegiatan yang sudah dilaksanakan. Apabila Anda menginginkan informasi dan data lebih jauh tentang organisasi tersebut maka tentu anda bisa memanfaatkan akun media sosial ataupun website resmi dari organisasi tersebut. Jangan sampai ketika pelaksanaan interview, anda akan mengalami kebingungan, bahkan tidak memahami sedikitpun mengenai organisasi yang akan anda ikuti tersebut. Hal tersebut tentu akan berakibat cukup fatal untuk anda.

4. Jelaskan motivasi anda bergabung bersama organisasi kami?

Silakan sampaikan sejumlah hal yang bisa dijadikan motivasi Anda guna bergabung pada organisasi tersebut. Contohnya adalah disebabkan karena anda cukup tertarik di dalam mengikuti sejumlah kegiatan, hendak menyalurkan bakat serta minat, hendak memperoleh banyak pengalaman dan juga relasi, serta beberapa motivasi yang lainnya. Ingat, silakan sampaikan motivasi yang bersifat positif.

5. Sebutkan apa saja aktivitas anda?

Silahkan anda sampaikan seluruh kegiatan yang sedang anda Lakoni sekarang ini. Entah itu kerja part time, sekolah, menjadi asisten dosen, kuliah, sedang berbisnis, bahkan Jika anda termasuk salah satu pengangguran.

6. Kapankah Anda dapat meluangkan waktu untuk organisasi?

Sampaikan pola ketersediaan waktu anda di dalam berpartisipasi pada organisasi tersebut. Contohnya adalah anda memiliki waktu bebas di hari Senin sampai dengan hari Sabtu mulai pukul 13.00 sampai dengan pukul 18.00, dan beberapa hal yang lainnya.

7. Bagaimanakah dengan sejumlah faktor seperti deadline, on time dan juga kendaraan?

Ada Sejumlah organisasi yang memberikan pertanyaan seperti “apakah anda mempunyai kendaraan pribadi? Apakah anda memiliki kesiapan guna mengikuti sejumlah rangkaian acara secara online? Apakah anda dapat bekerja sesuai dengan deadline? Silakan Anda beri jawaban dengan jujur, disebabkan karena akan sangat mempengaruhi pada kinerja Anda ke masa yang akan datang di dalam organisasi tersebut.

Baca Juga   Contoh Berita Wawancara Dengan Narasumber

8. Sampaikan apa yang dapat Anda berikan untuk organisasi?

Tentu, pertanyaan diatas berfungsi untuk meyakinkan pihak pewawancara akan keseriusan anda untuk bergabung di dalamnya. Adapun contoh jawabannya yaitu “Saya akan mencoba mengerahkan seluruh kemampuan yang saya miliki pada bidang fotografi kepada organisasi. Tentunya, saya akan selalu siap untuk membantu jika skill serta kemampuan yang saya miliki pada bidang tersebut dibutuhkan”.

Demikianlah Uraian singkat tentang Contoh pertanyaan wawancara masuk organisasi yang bisa saya bahas Pada kesempatan kali ini. Harapan saya, anda selekasnya bisa masuk ke sebuah organisasi yang diidam-idamkan Sehingga cita-cita anda untuk bisa bergabung pada organisasi tersebut tercapai. Terima kasih dan selamat beraktifitas, Salam sukses untuk Anda semuanya.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Beragam Persiapan Wawancara Di TV

Melaksanakan kegiatan wawancara di TV atau televisi bisa jadi menjadi hal yang cukup rumit untuk ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *