Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Psikotes Kepribadian Dan Penjelasannya

Contoh Psikotes Kepribadian Dan Penjelasannya

Halo semua? Bagaimana kabarnya hari ini? Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas contoh psikotes kepribadian lengkap dengan penjelasannya. Contoh soal tes Psikotes kepribadian yang akan sangat pada artikel kali ini merupakan sebuah pengalaman yang pernah diikuti oleh beberapa orang Pada pelaksanaan tes BNI Life, yaitu tes kepribadian/DISC.

Contoh Psikotes Kepribadian Dan Penjelasannya

Jenis-Jenis Kepribadian

Yang disebut dengan tes kepribadian/DISC merupakan salah satu jenis tes yang dilaksanakan oleh perusahaan guna bisa mengetahui kepribadian yang dimiliki oleh setiap peserta taksi. Pada dasarnya, terdapat empat jenis pribadian yang bisa diperoleh Pada pelaksanaan tes psikotes kepribadian/DISC, yaitu dominan, influence, compliance dan steadiness. Mari kita bahas satu-persatu 4 jenis kepribadian tersebut.

1. Kepribadian Dominan

Kepribadian dominan adalah sebuah kepribadian dimana seseorang mempunyai karakter yang keras kepala optimis, suka berbicara, gesit, suka memimpin dan lain sebagainya. Pada kepribadian tersebut, seseorang cukup menyukai dengan tantangan, tidak takut untuk berkonflik, menyukai keputusan dengan cepat, mempunyai visi yang tinggi untuk bisa mengubah lingkungan, serta percaya diri.

Pribadi yang memiliki karakter dominan tentunya merupakan tipe yang suka menuntut, baik terhadap orang lain maupun terhadap diri sendiri. Jika pribadi kondisinya dalam keadaan terdesak maka biasanya akan berubah menjadi kurang komunikatif serta kurang mempunyai pendekatan emosional terhadap lingkungannya.

2. Kepribadian Influence

Kepribadian influence adalah sebuah kepribadian dimana seseorang memiliki karakter humoris, suka pesta, angin-anginan, fleksibel, dan senang bergaul. Kepribadian tersebut mempunyai ciri khas yaitu suka berkomunikasi dengan orang lain, suka bekerja dengan orang lain, dan juga berhubungan dengan orang lain. Individu yang memiliki kepribadian influence memiliki antusias serta semangat dan tentunya mudah percaya terhadap orang lain dan bisa sangat menghargai orang lain.

Orang yang memiliki kepribadian influence seringkali dijadikan sebagai inspirasi pada orang yang ada di sekelilingnya dan akan selalu merasa nyaman pada saat berada di sebuah kelompok. Namun, individu pada kelompok tersebut rata-rata tidak menyenangi penolakan yang berasal dari lingkungan, terkadang tidak teliti dan tidak rapi serta ceroboh.

3. Kepribadian Compliance

Kepribadian compliance adalah kepribadian dimana seseorang mempunyai kepribadian suka mengkritik orang lain, tekun, konsisten, suka berdebat, teratur, serta disiplin. Kepribadian tersebut mempunyai ciri di mana menyukai sejumlah hal yang berhubungan dengan desain, tanggung jawab serta mengikuti prosedur.

Seseorang yang berada pada kelompok tersebut tentunya mempunyai standar pekerjaan yang sangat serius untuk bisa mewujudkannya, menyukai kesempurnaan, kritis, serta penuh dengan pertimbangan.Akan tetapi, pada kelompok individu tersebut kurang bisa menerima perubahan yang ada pada lingkungan, kurang bisa menerima kritik, serta lambat pada pengambilan keputusan.

Baca Juga   Contoh Psikotes Deret Angka Dan Jawabannya

4. Kepribadian Steadiness

Kepribadian steadiness adalah kepribadian di mana seseorang mempunyai kepribadian sebagai pendengar yang baik apa yang sabar, Pessimist, cuek, pendiam dan kalam. Individu yang memiliki kepribadian steadiness tersebut cenderung penuh perhatian, tekun dan tentunya sabar. Selain itu, ada pula ciri yang lain dari kepribadian steadiness yaitu tidak cepat bosan apaan rutinitas pekerjaan, pendiam dan pembawaannya tenang, Senang terhadap lingkungan yang tidak terlalu banyak perubahan, tidak menyukai adanya konflik serta menyukai kondisi yang tenang.

Akan tetapi, individu pada kelompok tersebut memiliki kecenderungan keras kepala apabila sudah mempunyai pendirian, tidak menyenangi adanya perubahan yang mendadak serta selektif pada pemilihan teman.

Cara agar lulus tes psikotes kepribadian/DISC

Seperti yang sudah di singgung pada bagian atas bahwa Berdasarkan pengalaman tes kerja yang ada di BNI Life, yang namanya tes kepribadian/DISC merupakan salah satu tes yang memiliki poin sangat penting. Berdasarkan pengalaman dari beberapa orang yang sudah pernah ikut tes psikotes kepribadian dan belum memahami di dalam menjawab tes kepribadian/DISC maka rata-rata tidak lulus dan gagal. Sementara itu, Pada pelaksanaan tes psikotes lainnya sangat diyakini bahwa jawaban yang diberikan Sudahlah benar.

Cukup banyak yang memiliki pendapat bahwa pada pelaksanaan tes psikotes kepribadian/DISC di dalam menjawab pertanyaan haruslah didasari pada sifat yang dimiliki oleh masing-masing. Namun, berdasarkan pendapat saya bahwa kita harus mengisi soal tes Psikotes kepribadian dengan didasari pada posisi kerja yang akan dilamar.

Sebagai contoh adalah posisi yang akan dilamar pada bidang sales atau marketing. Tentunya, sifat yang diperlukan yaitu orang-orang yang mudah berkomunikasi, pandai bergaul dan energik. Oleh sebab itu, maka anda wajib untuk bisa menempatkan diri Anda sebagai seseorang yang memiliki kepribadian influence.

Contoh yang lainnya adalah posisi yang dilamar adalah seorang pemimpin dimana harus Mudah bergaul dan juga optimis. Maka di dalam menjawab soal tes Psikotes kepribadian/DISC, Karakter dominan harus anda terapkan.

Disamping itu, anda juga wajib untuk menjawab seluruh soal tes kepribadian/DISC tidak menggunakan satu jenis kepribadian yang sama. Sebagai contoh, jika terdapat 20 soal yang harus dikerjakan, maka tentunya kalian bisa menjawab 15 soal dengan menggunakan pribadian dominan, 5 soal menggunakan kepribadian influence. Seperti itulah kurang lebih perumpamaannya.

Lantas apa apabilasoal-soal yang terdapat pilihan dengan karakter yang keseluruhannya buruk, maka silakan Anda pilih salah satu jawaban dari 4 pilihan yang ada di mana menurut anda adalah yang paling baik dibandingkan dengan pilihan jawaban yang lainnya tanpa menyamakan jenis kepribadian yang sudah anda Tentukan mulai dari compliance, Steadiness, influence dan dominan.

Baca Juga   Contoh Psikotes BUMN Pada PT Pegadaian

Berikut ini adalah contoh psikotes kepribadian dan keterangan dari jenis kepribadian tersebut mulai dari dominan, influence, steadiness dan compliance. Pada masing-masing soal akanempat buah pernyataan sifat ya itu compliance, steadiness, influence dan dominan. Oleh sebab itu, anda akan diminta untuk bisa memilih salah satu jenis kepribadian atau Sifat yang menurut anda anggap adalah sifat Anda yang sebenarnya.

Soal Nomor 1

  1. Mudah menyesuaikan diri (Steadiness)
  2. Teliti (Compliance)
  3. Petualang (Dominan)
  4. Memberi semangat (Influence)

Soal nomor 2

  1. Suka kedamaian (Steadiness)
  2. Senang membujuk (Dominan)
  3. Suka bercerita (Influence)
  4. Berpendirian teguh (Compliance)

Soal nomor 3

  1. Berkemauan kuat (Dominan)
  2. Pandai bergaul (Influence)
  3. Suka berkorban (Compliance)
  4. Mau mengalah (Steadiness)

Soal nomor 4

  1. Suka meyakinkan (Influence)
  2. Suka bersaing (Dominan)
  3. Senang dibimbing (Steadiness)
  4. Penuh pertimbangan (Compliance)

Soal nomor 5

  1. Senang menangani masalah (Dominan)
  2. Cenderung menahan diri (Steadiness)
  3. Dihormati orang lain (Compliance)
  4. Periang (Influence)

Soal nomor 6

  1. Bersemangat (Influence)
  2. Percaya diri (Dominan)
  3. Peka/perasa (Compliance)
  4. Cepat puas (Steadiness)

Soal nomor 7

  1. Suka memuji/menyanjung (Influence)
  2. Berpikir positif (Dominan)
  3. Sabar (Steadiness)
  4. Perencana (Compliance)

Soal nomor 8

  1. Pemalu (Steadiness)
  2. Ketat pada waktu (Compliance)
  3. Spontan (Influence)
  4. Praktis (Dominan)

Soal nomor 9

  1. Optimis (Influence)
  2. Suka berbicara terus terang (Dominan)
  3. Sopan/hormat (Steadiness)
  4. Rapi (Compliance)

Soal nomor 10

  1. Tegar/kuat hati (Dominan)
  2. Suka senda gurau (Influence)
  3. Jujur (Compliance)
  4. Ramah tamah (Steadiness)

Soal nomor 11

  1. Rinci/terperinci (Compliance)
  2. Diplomatis/berhari-hati (Steadiness)
  3. Menyukai orang lain (Influence)
  4. Berani/tidak penakut (Dominan)

Soal nomor 12

  1. Berani mengambil resiko (Dominan)
  2. Berbudaya/terpelajar (Compliance)
  3. Konsisten/tidak mudah berubah (Steadiness)
  4. Riang/gembira (Influence)

Soal nomor 13

  1. Suka memberi inspirasi (Steadiness)
  2. Percaya pada ide teman (Compliance)
  3. Mandiri (Dominan)
  4. Idealis (Influence)

Soal nomor 14

  1. Tekun/ulet (Compliance)
  2. Cinta keluarga (Steadiness)
  3. Mampu memutuskan (Dominan)
  4. Lincah/suka membuka diri (Influence)

Soal nomor 15

  1. Mudah berbaur/bergaul (Influence)
  2. Cepat bertindak (Dominan)
  3. Gemar musik lembut (Compliance)
  4. Perantara/penengah (Steadiness)

Soal nomor 16

  1. Bersikap tolol (Steadiness)
  2. Senang bicara (Influence)
  3. Suka ngotot kuat bertahan (Dominan)
  4. Senang berpikir (Compliance)

Soal nomor 17

  1. Lincah bersemangat
  2. Senang membimbing
  3. Setia/tak gampang berubah
  4. Pendengar yg baik

Soal nomor 18

  1. Lucu/humoris (Influence)
  2. Berpikir matematis (Dominan)
  3. Suka memimpin (Compliance)
  4. Mudah menerima saran (Steadiness)

Soal nomor 19

  1. Terkenal luas/populer (Influence)
  2. Produktif/menghasilkan (Dominan)
  3. Suka mengijinkan (Steadiness)
  4. Perfeksionis (Compliance)

Soal nomor 20

  1. Berpendirian tetap (Steadiness)
  2. Berkelakuan tenang/ kalem (Compliance)
  3. Berani/tidak gampang takut (Dominan)
  4. Bersemangat/gembira (Influence)

Soal nomor 21

  1. Tanpa ekspresi/datar (Steadiness)
  2. Malu-malu/sungkan (Compliance)
  3. Bersikap seperti boss (Bossy) (Dominan)
  4. Bicara ramai/meriah (Influence)
Baca Juga   Contoh Psikotes Matematika Lengkap Dengan Pembahasannya

Soal nomor 22

  1. Tidak mudah memaafkan (Steadiness)
  2. Kurang antusias/tidak bergairah (cuek) (Compliance)
  3. Tidak simpatik (Dominan)
  4. Kurang disiplin (Influence)

Soal nomor 23

  1. Sering mengulang janji (Influence)
  2. Suka melawan/membantah (Dominan)
  3. Gampang tersinggung (Compliance)
  4. Pendiam (Steadiness)

Soal nomor 24

  1. Cenderung blak-blakan (Dominan)
  2. Pelupa (Influence)
  3. Suka takut/kuatir (Steadiness)
  4. Rewel/ngomel melulu (Compliance)

Soal nomor 25

  1. Suka menyela/memotong bicara orang lain (Influence)
  2. Sering bimbang memutuskan (Steadiness)
  3. Tidak merasa aman/mantap (Compliance)
  4. Tidak sabaran (Dominan)

Soal nomor 26

  1. Sulit mempercayai orang lain (Dominan)
  2. Sulit diramalkan/sulit diduga (Influence)
  3. Tidak suka melibatkan diri (Steadiness)
  4. Kurang terkenal/tidak populer (Compliance)

Soal nomor 27

  1. Bimbang/ragu-ragu (Steadiness)
  2. Sulit mengiklaskan/merelakan (Compliance)
  3. Serampangan/ceroboh (Influence)
  4. Keras kepala (Dominan)

Soal nomor 28

  1. Suka membiarkan (Influence)
  2. Tinggi hati/gengsi (Dominan)
  3. Pesimis (Compliance)
  4. Kurang modis (Steadiness)

Soal nomor 29

  1. Senang sendirian/ memisahkan diri (Steadiness)
  2. Suka berdebat/berbantahan (Compliance)
  3. Tanpa arah tujuan (Influence)
  4. Gampang marah (Dominan)

Soal nomor 30

  1. Masa bodoh/tak pedulian (Steadiness)
  2. Kasar/suka menyerang (Dominan)
  3. Selalu berpikir jelek/sukar percaya (Compliance)
  4. Kurang tenang (Influence)

Soal nomor 31

  1. Ingin pujian/penghargaan (Influence)
  2. Bekerja giat terlalu keras (Dominan)
  3. Menarik diri (Compliance)
  4. Kuatir/cemas (Steadiness)

Soal nomor 32

  1. Banyak bicara/monopoli percakapan (Influence)
  2. Malu/segan (Steadiness)
  3. Tidak bijaksana/tidak pikir panjang (Dominan)
  4. Terlalu peka (Compliance)

Soal nomor 33

  1. Murung/mudah patah semangat (Compliance)
  2. Ambisius (Dominan)
  3. Tidak teratur/berantakan (Influence)
  4. Banyak ragu-ragu/sanksi (Steadiness)

Soal nomor 34

  1. Lalai/acuh tak acuh (Steadiness)
  2. Sukar bertoleransi (Dominan)
  3. Tertutup/sulit membuka diri (Compliance)
  4. Gampang berubah pendirian (Influence)

Soal nomor 35

  1. Manipulatif/suka memanfaatkan (Dominan)
  2. Suka menggerutu/ngomel (Steadiness)
  3. Murung/masgul hati (Compliance)
  4. Kurang rapi/morat-marit (Influence)

Soal nomor 36

  1. Ragu2/selalu curiga (Compliance)
  2. Berlagak/suka pamer (Influence)
  3. Bandel (Dominan)
  4. Lamban (Steadiness)

Soal nomor 37

  1. Suka membual/bohong (Influence)
  2. Malas/ berat langkah (Steadiness)
  3. Suka memerintah/menggurui (Dominan)
  4. Penyendiri (Compliance)

Soal nomor 38

  1. Bingung/sulit berkonsentrasi (Influence)
  2. Cepat marah/emosional (Dominan)
  3. Sering berprasangka (Compliance)
  4. Enggan/sering ogah (Steadiness)

Soal nomor 39

  1. Gegabah/terburu-buru/kurang pikir panjang (Dominan)
  2. Perlu dorongan/bimbingan (Steadiness)
  3. Sering resah/ gelisah (Influence)
  4. Suka membalas dendam (Compliance)

Soal nomor 40

  1. Angin-anginan/suka berubah pikiran (Influence)
  2. Senang bertipu daya (Dominan)
  3. Sering mencela/mengkritik (Compliance)
  4. Mudah berkompromi/suka mengalah (Steadiness)

Demikianlah 40 contoh psikotes kepribadian lengkap dengan penjelasannya apakah masuk ke dalamjenis kepribadian dominan, influence, steadiness, atau compliance. Mudah-mudahan, 40 contoh tes psikotes kepribadian di atas bisa anda jadikan sebagai sebuah pandangan umum contoh-contoh soal tes psikotesyang bisa digunakan sebagai bahan referensi dan bahan belajar. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Check Also

Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Artikel mengenai contoh psikotes SMA spesial untuk Anda Pada kesempatan kali ini memang cukup panjang. ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *