Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Artikel mengenai contoh psikotes SMA spesial untuk Anda Pada kesempatan kali ini memang cukup panjang. Oleh sebab itu, apabila sekarang ini Anda tidak mempunyai waktu yang cukup banyak, maka anda bisa membookmark terlebih dahulu Sehingga nantinya bisa dibuka dengan mudah esok hari.

Contoh Psikotes SMA Untuk Bisa Masuk Ke Sekolah Unggulan

Secara umum, tes psikotes untuk bisa masuk SMA dibagi menjadi dua jenis, yakni ada yang dilaksanakan untuk menentukan masuk ke kelas unggulan dan dilaksanakan pada saat awal pendaftaran. Secara umum, SMA favorit pada beberapa kota besar di Indonesia sudah mewajibkan setiap calon siswanya untuk mengikuti sejumlah tes psikotes maupun tes psikologi pada saat hendak masuk menjadi siswa pada SMA tersebut.

Namun demikian, ada banyak juga SMA yang tidak melaksanakan tes psikotes pada saat penerimaan peserta didik baru, namun hanya memakai nilai ujian nasional dan juga Nilai raport sebagai salah satu kriteria penentu diterima atau tidaknya siswa tersebut.

Siswa-siswa yang mempunyai nilai tes psikotes cukup tinggi merupakan siswa yang mempunyai pola pikir yang kritis dan juga rasional. Oleh sebab itulah, maka sejumlah sekolahan favorit tentunya melaksanakan tes psikotes baik itu di awal penerimaan peserta didik baru maupun pada saat menentukan kelas unggulan. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi karena kualitas siswa serta Citra maupun nama baik dari sekolahan sangatlah bergantung pada kualitas siswa itu sendiri.

Soal tes Psikotes SMA tentunya cukup berbeda dengan soal tes Psikotes pada saat hendak masuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar berskala internasional, misalnya adalah PT Epson yang asalnya adalah dari Jepang. Soal-soal tes psikotes untuk SMA tentunya dibuat dengan kriteria tertentu supaya lebih mudah dijawab oleh siswa SMA yang nantinya digunakan sebagai referensi penentu untuk menentukan kelas unggulan maupun pada saat masuk ke SMA favorit.

Bagi anda yang sekarang ini sedang Mengadakan persiapan untuk mengikuti tes psikotes SMA baik itu sebagai salah satu persiapan tes masuk ke kelas unggulan maupun tes masuk ke SMA favorit, maka sangat diharapkan untuk banyak mengerjakan berbagai macam contoh soal psikotes SMA yang nantinya akan mendongkrak wawasan dan pengetahuan anda tentang beragam soal tes Psikotes SMA tersebut.

Pepatah mengatakan bahwa bisa karena biasa, lancar kaji karena sering diulang. Apabila belajar contoh psikotes SMA saja tidak, maka sangatlah kecil peluang untuk dapat mengerjakan soal demi soal tes Psikotes yang diberikan.

Pembagian psikotes SMA:

Pada dasarnya, soal psikotes masuk SMA rata-rata dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

Baca Juga   Cara Mengerjakan Psikotes Gambar

1. Tes ketelitian atau tes intelegensi, terdiri dari:

  • Tes ketelitian
  • Tes intelegensi

2. Tes kecerdasan umum, terdiri dari:

  • Tes pemahaman bacaan
  • Tes penalaran
  • Tes deret matematika, deret huruf, dan deret angka
  • Tes analogi
  • Tes antonim
  • Tes sinonim

1. Tes inteligensi dan tes ketelitian

Bagian yang pertama akan kita bahas adalah mengenai tes inteligensi. Tes Intelegensi merupakan salah satu jenis tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dari sisi kecerdasan atau inteligensi pada saat pemecahan sebuah soal. Rata-rata, soal tes inteligensi dibagi menjadi beberapa tingkatan atau kerumitan, dimulai dari tingkat yang paling mudah, tingkat menengah sampai dengan tingkat yang paling sulit.

Contoh soal tes intelegensi

A. Tulislah dalam bentuk huruf bilangan 5478?

Jawabannya adalah Lima Ribu Empat Ratus Tujuh Puluh Delapan.

B. 10+8×3–6:3=….

Jawabannya adalah 32. Anda harus mengingat tentang operasi prioritas yang harus dihitung perkalian dulu atau pembagiannya dulu

C. 4,8,13,19,….

Jawabannya adalah 26. Hal tersebut dilakukan dengan proses perhitungan berantai dimulai dari jarak angka 4 ke angka 8 adalah 4, kemudian angka 8 ke angka 13 adalah 5, dan begitu seterusnya.

D. 2,7,….,20 28

Jawabannya adalah 13. Proses mengerjakannya adalah sama dengan soal nomor 3

Jenis tes yang kedua yang akan kita bahas adalah tes ketelitian. Tes ketelitian dipakai pada proses pengukuran terhadap Sisi ketelitian didalam mencari persamaan, mencari perbedaan pada sebuah soal yang ditanyakan.

Contoh soal tes ketelitian

A. Kompor, Obeng, Palu, Martil

Jawabannya adalah kompor. Hal tersebut dikarenakan pada soal yang ditampilkan merupakan daftar nama alat bangunan, namun kompor bukanlah masuk ke dalam kategori alat bangunan tersebut.

B. Desi Meter, Gram, Meter, Mil

Jawabannya adalah perang. Hal tersebut disebabkan karena pilihan-pilihan yang ada pada soal adalah untuk jarak pengukuran. Sementara itu Gram bukanlah satuan jarak melainkan merupakan satuan dari berat.

C. Pernyataan 1: Muhammad Surjatman dan Pernyataan 2 : Muhammad Suryatman

Jawabannya adalah benar. Hal tersebut dikarenakan pada nama “Muhammad Surjatman” merupakan ejaan lama dari penggunaan haruf “y”

D. Teri, lunba-lumba, hiu, paus

Jawabannya adalah teri. Hal tersebut dikarenakan ikan teri merupakan ikan dengan ukuran tubuh yang kecil. Berbeda dengan lumba-lumba, hiu dan paus dimana ukuran tubuhnya besar-besar.

Tes kecerdasan umum

Tes sinonim

Keseluruhan dari soal tes sinonim adalah sama. Tes sinonim adalah sebuah tes yang bertujuan untuk memilih atau mencari kata yang mempunyai arti yang sama dengan kata yang sudah dituliskan pada soal.

Baca Juga   Contoh soal psikotes SMP Terlengkap

A. Contoh soal tes sinonim

Debat :….

A. Permasalahan
B. Berbicara
C. Komentar
D. Bantahan

Jawabannya adalah bantahan, karena debat memiliki sinonim dari kata bantahan

Eksposisi :….

A. Gambaran
B. Paparan
C. Keterangan
D. Bahaya

Jawabannya adalah paparan karena kata eksposisi memiliki sinonim dari kata paparan

Tes antonim

Ada tes antonim, kita akan disuruh untuk mencari kata-kata yang mempunyai arti perlawanan dengan kata-kata yang diberikan pada soal.

A. Contoh soal tes antonim

Sporadis : ….

A. Sering
B. Jarang
C. Bersatu
D. Pemisahan

Jawabannya adalah sering, karena kata sporadis memiliki arti kadang-kadang

Sumbang : ….

A. Benar
B. Lurus
C. Amal
D. Derma

Jawabannnya adalah Sumbang Benar, karena kata sumbang memiliki makna salah

Tes Analogi

Tes analogi merupakan tes yang meminta peserta untuk mencari Padanan kata maupun padanan hubungan antar kata dari soal yang sudah tertera. Tentunya, setiap peserta tes harus lebih hati-hati di dalam mencari jawabannya.

A. Contoh soal tes analogi

Telur:Ayam= ….:….

A. Anak:Kucing
B. Kembar:Manusia
C. Anak:Entok
D. Telur:Kambing

Jawabannya adalah anak dan kucung. Hal tersebut disebabkan karena logika dari kata telur berasal dari ayam (tentunya ayam yang bertelur). Jika kucing adalah kucing yang beranak.

Tes deret matematika, deret huruf dan deret angka

Pada pelaksanaan tes Ini, terdiri dari deret bilangan maupun deret angka, deret huruf atau verbal. Pada pelaksanaan tes Ini, nantinya akan diketahui kemampuan analisa dan berhitung dari peserta tes.

A. Contoh tes deret matematika, deret huruf dan deret angka

01. 3,5,7,….

Jawabannya adalah 9. Rumusnya adalah setiap angka akan ditambahkan 2 atau menggunakan rumus 2n.

02. Bak mandi dengan bentuk balok memiliki ukuran 60cmx70cmx40cm. Bak air tersebut berisi 3/4. Berapa liter isi dari bak air tersebut?.

Jawabannya adalah 126 liter. Cara menghitungnya adalah dengan mengalikan ukuran dari bak air tersebut, selanjutnya dilakukan konversi ke liter atau dm pangkat 3. Tahap terakhir adalah dengan mengalikan hasilnya dengan bilangan 3/4.

Tes penalaran

Tes penalaran disebut pula dengan tes logika, yaitu sebuah tes verbal yang membutuhkan logika setiap peserta tes untuk bisa mengerjakan sebuah soal. Tentunya kepandaian di dalam memainkan logika berpikir sangatlah dibutuhkan untuk bisa mengerjakan dan memecahkan Segala macam soal yang diberikan.

A. Contoh soal tes penalaran

Apabila tidak sarapan, maka Budi akan sakit perut. Hari ini, Budi berangkat sekolah namun tidak sarapan. Artinya adalah….

A. Budi akan sarapan di sekolah
B. Budi akan sakit perut
C. Budi tidak akan sakit perut
D. Budi akan izin sarapan di sekolah

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Bumn Dan Jawabannya 2015

Jawaban yang paling tepat adalah Budi akan sakit perut. Hal tersebut disebabkan karena Budi tidak sarapan pada saat hendak berangkat ke sekolah

Tes pemahaman bacaan

Fungsi dari tes pemahaman bacaan adalah digunakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan peserta tes pada saat Memahami sebuah bacaan dan bagaimana cara menerima bacaan tersebut dengan benar.

A. Contoh tes pemahaman bacaan

  1. Terdapat warga dari negara Thailand yang ditangkap oleh petugas Bea Cukai di Bandara Juanda Surabaya disebabkan karena membawa obat terlarang dengan berat 3 kg.
  2. Swasan Charles, berhasil ditangkap di terminal kedatangan internasional, pada Kamis malam. Polisi memiliki dugaan bahwa swasan Charles hanya bertindak sebagai kurir.
  3. Wanita dengan usia 27 tahun tersebut diduga menjadi korban dari sindikat obat terlarang internasional
  4. Bersumber dari adanya pengakuan tersangka pada saat di introgasi oleh Polisi, bahwa barang tersebut berasal dari seseorang yang berkewarganegaraan Liberia pada saat berada di Thailand
Pertanyaan Pertama adalah Pihak mana yang tidak terlibat langsung pada kasus tersebut?

A. Swasan Charles
B. Petugas Bea Cukai
C. Polisi
D. Seseorang yang berkewarganegaraan Liberia

Jawaban yang benar adalah seseorang yang berkewarganegaraan Liberia.Hal tersebut dikarenakan seseorang yang berkewarganegaraan Liberia tersebut adalah Pihak yang memberikan obat terlarang dengan berat 3 kg kepada swasan Charles dan tentunya tidak ada di tempat kejadian, yakni bandara.

Pertanyaan kedua adalah bacaan di atas masuk ke dalam kategori….

A. Klarifikasi
B. Berita
C. Pengumuman
D. Rentetan peristiwa

Jawaban yang benar adalah berita. Alasan bacaan tersebut masuk kedalam kategori berita disebabkan karena merupakan sebuah laporan pada sebuah peristiwa yang didasari pada fakta yang ada.

Kesimpulan-kesimpulan

Adapun contoh psikotes SMA untuk bisa masuk ke dalam SMA favorit maupun untuk bisa masuk ke dalam kelas unggulan di SMA favorit memang cukuplah banyak, namun secara keseluruhan hanya dibagi menjadi dua jenis, yaitu tes kecerdasan umum dan Tes Intelegensi.

Tentunya, Anda tidak akan merasa kesulitan manakala Anda benar-benar serius di dalam mempelajari berbagai macam contoh psikotes SMA yang sudah banyak bertebaran di internet. Pelajarilah dengan sungguh-sungguh dan serius seluruh referensi soal yang sudah anda dapatkan sehingga Anda akan terbiasa untuk mengerjakan beragam soal yang satu tipe atau satu jenis. Mudah-mudahan, artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *