Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Logika Dan Jawabannya

Contoh Soal Logika Dan Jawabannya

Contoh soal logika dan jawabannya Pada kesempatan kali ini sengaja saya posting sebagai salah satu bahan referensi dan bahan belajar bagi Anda yang ingin mengasah kemampuan melogika sebuah soal. Adapun manfaat dari soal logika adalah untuk mengukur kemampuan Logika dan kemampuan berpikir seseorang untuk mencerna sebuah soal, baik itu berupa soal cerita maupun soal matematika.

Contoh Soal Logika Dan Jawabannya

Soal logika banyak diterapkan pada pelaksanaan tes, salah satunya adalah tes psikotes. Tentunya, dengan mengetahui kemampuan logika seseorang dari pelaksanaan tes, maka akan bisa ditarik kesimpulan berkualitas atau tidaknya peserta tes tersebut.Untuk itulah dibutuhkan contoh soal logika dan jawabannya sebagai bahan untuk Anda guna mengetahui bentuk dari soal logika yang sebenarnya.

Latihan di dalam berkonsentrasi Dan berfikir logis adalah hal yang perlu dilakukan terlebih dahulu. Dengan berbekal contoh soal logika dan jawabannya yang sudah saya kemas pada posting kali ini, tentunya anda akan bisa lebih mudah di dalam memahami soal logika serta belajar menjawab dari soal tersebut.

Contoh Soal Logika Dan Jawabannya

Di bawah ini adalah 5 contoh soal logika dan jawabannya yang bisa Anda coba cermati dan pelajari. Silahkan anda gunakan segala macam kemampuan anda untuk memahami beberapa contoh soal logika dibawah ini.

Contoh soal logika dan jawabannya nomor 1

Pada saat anda sedang mengikuti lomba, anda berhasil mendahului orang di posisi kedua. Pada saat sekarang ini, nomor berapakah posisi anda?

Jawaban

Apabila anda memiliki pemikiran bahwa sekarang ini posisi anda adalah nomor satu, maka jawaban anda adalah salah. Apabila anda mendahului orang nomor dua, maka saat sekarang anda berada pada posisi nomor dua.

Contoh soal logika dan jawabannya nomor 2

Apabila anda sekarang ini berhasil mendahului orang di posisi paling akhir, maka di nomor berapakah posisi anda sekarang?

Baca Juga   Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Jawaban

Apakah anda berpikir bahwa posisi anda sekarang ini adalah nomor dua dari posisi paling akhir? Jika ia, maka jawaban anda pasti adalah salah lagi. Sekarang Coba anda pikirkan caranya bagaimana cara mendahului orang terakhir? Tentunya tidak bisa bukan?

Contoh soal logika dan jawabannya nomor 3

Soal hitung-hitungan yang cukup susah. Silakan Anda kerjakan dengan cara mengingat di pikiran anda, tidak perlu memakai kertas maupun pensil, apalagi kalkulator. Silakan dicoba terlebih dahulu.

  • Langkah pertama, Silahkan ambil 1000, lalu silahkan anda tambahkan 40.
  • Langkah berikutnya, silahkan Tambahkan lagi dengan 1000.
  • Lalu, silakan tambahkan dengan 30
  • Berikutnya, silakan Tambahkan lagi dengan 1000
  • Selanjutnya, silahkan anda tambahkan dengan 20
  • Lanjutkan lagi dengan menambahkan 1000
  • Selanjutnya, silakan Tambahkan lagi dengan 10

Pertanyaannya, berapakah total Angka yang diperoleh?

Jawaban

Apakah anda berpikir bahwa jawaban yang diperoleh adalah 5000? Jika Iya, maka jawaban anda juga salah lagi. Jawaban yang benar adalah 4100

Contoh soal logika dan jawabannya nomor 4

Ayah Kristi memiliki 5 orang anak yaitu Nono, Nini, Nene dan Nana. Siapakah nama anak kelima?

Jawaban

Jika anda memiliki jawaban Nunu, maka jawaban alat tersebut adalah besar. Anak kelima namanya adalah Kristi. Silakan anda baca lagi soal dengan teliti.

Contoh soal logika dan jawabannya nomor 5

Seseorang yang tidak bisa berbicara atau bisu pergi ke sebuah tempat membeli sikat gigi. Tentunya, Dia kemudian menirukan orang yang sedang menggosok gigi untuk menyampaikan keinginannya buat membeli sikat gigi ke pemilik toko. Selanjutnya, dia berhasil membeli sikat gigi yang dimaksud. Berikutnya, ada seseorang yang tidak bisa melihat alias purna pergi ke toko tersebut dan hendak membeli sebuah kacamata. Pertanyaannya, Bagaimana cara dia menunjukkan keinginannya?

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Matematika Beserta Cara Menjawabnya

Jawaban

Tidak perlu susah-susah, langsung bilang saja hendak membeli kacamata. Dia kan tidak bisa melihat bukan tidak bisa berbicara.

Demikianlah penjabaran singkat tentang contoh soal logika dan jawabannya dimana 5 buah contoh soal diatas mudah-mudahan dapat menjadi gambaran umum untuk anda di dalam memahami bentuk soal logika yang kerapkali digunakan pada saat pelaksanaan tes, salah satunya adalah tes psikotes. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...