Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikologi Paling Baru Untuk Diketahui

Contoh Soal Psikologi Paling Baru Untuk Diketahui

Halo, apa kabar semuanya? Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas mengenai contoh soal psikologi kepribadian yang sering sekali digunakan sebagai salah satu alat Pada pelaksanaan tes psikotes atau tes psikologi Seleksi masuk karyawan maupun pegawai baru, terutama pada tempat kerja favorit. Tentunya, bagi Anda yang hendak mengikuti tes psikotes maka tentunya Anda harus mempelajari contoh soal psikologi.

Contoh Soal Psikologi Paling Baru Untuk Diketahui

Lantas, apa gunanya mempelajari contoh soal psikologi kepribadian? Adapun tujuan dari mempelajari contoh soal psikologi yaitu untuk mengetahui secara umum bentuk pertanyaan dan soal dari tes psikologi tersebut. Selain itu, setelah anda mempelajari contoh soal psikologi kepribadian, maka anda akan memiliki banyak referensi soal tes psikologi sehingga pada akhirnya anda akan lebih mudah mengerjakan jika menemukan soal yang sama.

Contoh soal psikologi kepribadian

Pada artikel kali ini, saya akan mencoba membahas sejumlah contoh soal psikologi kepribadian dalam bentuk soal cerita. Selain itu, saya juga akan memberikan penjelasan dari masing-masing pertanyaan Sehingga nantinya anda akan lebih mudah di dalam memahami beberapa jawaban yang sudah disediakan.

Di bawah ini adalah 10 contoh soal psikologi kepribadian seseorang. Tentunya, metode belajar yang bisa anda terapkan adalah dengan mengerjakan soal psikologi kepribadian tersebut terlebih dahulu, barulah Anda mencocokkan dengan penjelasan-penjelasan untuk masing-masing soal tersebut. Silakan disimak.

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 1

Pada suatu hari, ada seekor burung yang memiliki warna biru dengan tiba-tiba masuk ke dalam rumah anda serta terperangkap Di rumah anda. Selanjutnya, anda memiliki niat untuk bisa memeliharanya. Akan tetapi, terdapat sebuah keanehan yang terjadi pada burung tersebut. Pada hari berikutnya, akan terjadi perubahan warna Apakah burung tersebut?

  1. Berubah menjadi warna emas
  2. Berubah menjadi warna putih
  3. Kembali menjadi berwarna biru
  4. Tetap berwarna hitam

Penjelasan soal:

  1. Berubah menjadi warna emas : hal tersebut bisa menggambarkan anda merupakan seorang yang tidak mempunyai rasa takut, serta Anda juga tidak mengenal adanya tekanan dari pihak manapun juga
  2. Berubah menjadi warna putih : hal tersebut menggambarkan bahwa anda merupakan orang yang tegas dan tenang pada berbagai macam tekanan
  3. Kembali menjadi warna biru : hal tersebut menggambarkan bahwa anda merupakan seseorang yang cukup optimis
  4. Tetap berwarna hitam : hal tersebut menggambarkan bahwa anda merupakan orang yang mempunyai pandangan pesimis

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 2

Silakan Anda coba bayangkan, anda berada pada sebuah dataran dengan langit yang berwarna sangat biru. Kemudian, silakan Anda bayangkan kembali bahwa anda berada pada sebuah tempat Yang membuat Anda merasa sangat tentram dan nyaman. Silakan Anda memilih salah satu dari 4 tempat tinggal di bawah ini.

  1. Sebuah Padang yang ditumbuhi bunga berwarna kuning sangat banyak
  2. Gunung yang berwarna hijau
  3. Lautan yang berwarna biru
  4. Sebuah daratan yang berisi salju putih sangat banyak

Penjelasan soal:

  1. Sebuah daratan yang berisi salju putih sangat banyak : hal tersebut menandakan bahwa anda merupakan seseorang yang memiliki sifat sensitifitas khusus dan bisa membuat anda mengerti dengan sejumlah pandangan dengan cukup cepat serta mampu menguraikan berbagai macam masalah yang rumit tanpa perlu penjelasan dan bukti. Anda memiliki kemampuan guna bisa membuat sebuah keputusan, bahkan menjadi seorang visioner. Dengan mempercayai kondisi intuisi yang dimiliki oleh anda, maka tentunya mereka bisa menuntun anda ke arah yang lebih baik
  2. Gunung yang berwarna hijau : hal tersebut menandakan bahwa anda memiliki Bakat pada sisi komunikasi yang ekspresif. Anda akan selalu bisa mendapatkan sejumlah kata guna mengekspresikan Apa yang sedang Anda rasakan. Orang-orang yang ada di dekat anda akan dengan cepat menyadari hal tersebut Sama persis dengan yang mereka rasakan. Mereka akan berkata bahwa bisa berbagi kebahagiaan akan bisa berlipat ganda. Sementara itu, dengan berbagi duka maka akan menjadikan mereka semakin jauh berpisah. Kelihatannya, anda bisa selalu menjadi penolong orang lain dan menentukan Sisi yang baik di dalam berkomunikasi.
  3. Lautan yang berwarna biru : dalam hal ini, anda mempunyai sejumlah bakat alami yang berkaitan dengan hubungan antara pribadi. Sejumlah orang Cukup menghormati kemampuan anda di dalam berkomunikasi dengan pihak lain dan juga cara aneh di dalam membantu sejumlah kelompok secara bersama-sama. Tentunya, hal tersebut cukup dengan anda berada didalamnya. Anda akan bisa membantu orang lain di dalam bekerja supaya lebih efisien dan juga lebih lancar serta bisa Menjadikan anda sebagai seorang anggota yang cukup berharga pada sebuah link atau proyek. Apabila Anda mengatakan bahwa sesuatu bagus sehat maka orang lain pun akan mengatakan demikian. Kesimpulannya, kata-kata anda selalu didengar oleh orang lain.
  4. Sebuah Padang yang ditumbuhi bunga berwarna kuning sangat banyak : hal tersebut menunjukkan bahwa anda merupakan sumber kreativitas dan pengetahuan, memiliki banyak potensi dan gagasan yang hampir tidak terbatas. Anda bisa selalu menyesuaikan diri terhadap sejumlah perasaan orang lain serta Janganlah pernah. Di dalam membangun mimpi. Tidak ada apapun yang tidak dapat dicapai ketika anda selalu berusaha.
Baca Juga   Contoh Soal Tes Pauli

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 3

Pada suatu hari, anda sedang berjalan dijalan, lalu memikirkan sejumlah hal yang lainnya serta tersandung tong sampah yang ada di trotoar serta Anda terjatuh. Apa saja yang tumpah dan keluar dari tong sampah tersebut?

  1. Sampah plastik yang sudah terikat rapi
  2. Tulang ayam, biji apel dan sejumlah sampah lainnya
  3. Sampah yang bertumpuk yang tumpah ke jalan
  4. Tong sampah yang kosong dan tidak ada yang tumpah sama sekali

Penjelasan soal:

  1. Sampah plastik yang sudah terikat rapi : sejumlah orang yang melihat sampah plastik yang sudah terikat rapi mempunyai rasa di dalam menguasai diri cukup kuat. Bahkan, sangat kuat. Anda tidak senang mempertontonkan kelemahan dan juga tidak suka mengeluh. Harga diri Anda tentunya tidak mengijinkan untuk hal tersebut. Begitu juga sebaliknya, anda akan membiarkan orang lain bisa memahami apa yang sebenarnya sedang Anda rasakan, namun bukan dari sisi kelemahan. Janganlah terlalu tegang serta membiarkan udara keterbukaan dalam diri anda bisa masuk yang nantinya bisa menjadikan semua sampah membusuk serta mengeluarkan bau yang tidak sedap.
  2. Tulang ayam, biji apel dan sejumlah sampah lainnya: Hal tersebut menandakan orang yang bisa menyembunyikan nafsu makan serta sejumlah keinginan alamiah kepada makanan. Bisa jadi, anda merupakan orang yang sedang diet, atau bahkan Anda sedang di dalam tekanan. Tentunya, tidak perlu sangat ekstrem di dalam melakukannya, karena kondisi tersebut akan membuat anda lebih baik.
  3. Sampah yang bertumpuk yang tumpah ke jalan: hal tersebut menandakan seseorang yang terlihat berterus terang dan memiliki sifat jujur kepada pihak lain, namun sebenarnya mempunyai sejumlah perasaan yang tidak bisa tersampaikan serta terkunci di dalam hati. Bisa jadi, anda memperlihatkan kondisi seperti itu sebagai salah satu bentuk frustasi biasa, namun ketika sedang memikirkannya Bukankah ada pada kondisi dimana anda mampu menahan sesuatu yang seharusnya bisa disampaikan.
  4. Tong sampah yang kosong dan tidak ada yang tumpah sama sekali :Kondisi tersebut memiliki kecenderungan untuk hidup tanpa harus menarik perhatian maupun Maupun berpura-pura. Apa yang Anda dapat merupakan apa yang Anda lihat. Kejujuran merupakan sesuatu yang membuat menjadi cukup menarik.

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 4

Pada suatu hari yang cukup cerah, anda Sedang berjalan-jalan ke sebuah daerah yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya. Selanjutnya, anda cukup terkagum dengan menyaksikan rumah yang ada di seberang. Namun, Mengapa pintu depan rumah tersebut dalam kondisi setengah terbuka?

  1. Anda memiliki pemikiran bahwa rumah tersebut dirampok
  2. Mungkin saja yang memiliki rumah tersebut kelupaan Mengunci pintu
  3. Ada kemungkinan yang memiliki rumah tersebut ada di dalam dan sedang membersihkan di sekitar pintu
Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Bumn Dan Jawabannya 2015

Penjelasan soal:

  1. Anda memiliki pemikiran bahwa rumah tersebut dirampok : hal tersebut memberikan penggambaran bagi anda sebagai seseorang yang tidak memiliki kesempatan untuk panik disebabkan karena terlalu sibuk mencari solusi
  2. Mungkin saja yang memiliki rumah tersebut kelupaan Mengunci pintu : hal tersebut menggambarkan bahwa anda merupakan seseorang yang santai, walaupun dalam kondisi genting
  3. Ada kemungkinan yang memiliki rumah tersebut ada di dalam dan sedang membersihkan di sekitar pintu : hal tersebut menggambarkan bahwa anda merupakan orang yang tidak pernah lengah walaupun terlihat santai

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 5

1 buah cangkir terbuat dari keramik berwarna putih polos yang tentunya siap untuk Anda hias menggunakan lapisan cat berwarna biru. Anda memilih pola yang seperti apa?

  1. Kotak-kotak layaknya papan catur
  2. Garis berombak
  3. Berbentuk bulatan
  4. Berbentuk garis-garis

Penjelasan soal:

  1. Kotak-kotak layaknya papan catur : hal tersebut menggambarkan bahwa anda selalutampil layaknya memiliki waktu Serta perhatian guna bisa dibagikan kepada seluruh orang yang ada di sekitar Anda sehingga mampu untuk melupakan masalahnya sendiri.
  2. Garis berombak : hal tersebut menandakan bahwa anda memiliki banyak cinta untuk bisa disebarkan kepada sejumlah orang yang ada di sekitarnya
  3. Berbentuk bulatan : hal tersebut menandakan bahwa anda memiliki kemampuan artistik, bahkan sampai dengan eksentrik, memiliki kecenderungan sedikit aneh namun sering mempunyai jawaban yang cukup unik di dalam memecahkan berbagai macam permasalahan
  4. Berbentuk garis-garis : hal tersebut menandakan bahwa anda dapat memecahkan berbagai macam persoalan dengan tajam dan cepat, serta bisa menjadi tumpuan Harapan pada sejumlah kesulitan

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 6

Anda sedang memikirkan diri Anda menggunakan parasut dan sedang menikmati Detik demi detik kondisi melayang turun di angkasa. Pemandangan apa saja yang bisa Anda lihat?

  1. Bunga-bunga cantik pada Padang rumput yang terhampar luas
  2. Dari sebelah kanan dan kiri hanya terlihat tumpukan bebatuan
  3. Terlihat binatang yang sangat ganas dan sudah siap menyambut anda
  4. Sungai yang mengalir air didalamnya

Pembahasan soal :

  1. Bunga-bunga cantik pada Padang rumput yang terhampar luas : Hal tersebut menunjukkan bahwa anda memiliki rasa optimis yang tinggi
  2. Dari sebelah kanan dan kiri hanya terlihat tumpukan bebatuan : Hal tersebut menandakan bahwa anda selalu memiliki sifat yang pas pada
  3. Terlihat binatang yang sangat ganas dan sudah siap menyambut anda : hal tersebut menandakan bahwa anda tidak akan pernah melewatkan berbagai macam kesempatan untuk bisa tertawa, bahkan ketika ditimpa masalah
  4. Sungai yang mengalir air didalamnya : hal tersebut menandakan bahwa anda cukup sibuk di dalam berpikir serta lebih memanfaatkan tenaga yang anda miliki untuk bisa bersiap menyambut apapun yang akan terjadi

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 7:

Ketika anda tersesat di tengah hutan seharian, serta ke lapangan, apa yang Anda kerjakan pada saat Anda menemukan sebuah rumah yang bahan dasarnya terbuat dari permen?

  1. Langsung mulai memakan apa saja yang sudah ada di depan mata
  2. Harus mencoba sebanyak-banyaknya permen yang tersedia
  3. Setelah menemukan permen yang disuka, barulah Anda memakannya
  4. Anda tidak menyukai permen, namun menyukai keripik kentang

Penjelasan soal :

  1. Langsung mulai memakan apa saja yang sudah ada di depan mata : Hal tersebut menandakan bahwa anda merupakan orang yang polos, layaknya seperti anak kecil, sehingga pada akhirnya cukup mudah untuk diterima dan dimengerti oleh pihak lain tapi walaupun dalam posisi tersebut Anda juga cukup mudah untuk ditipu
  2. Harus mencoba sebanyak-banyaknya permen yang tersedia : hal tersebut menandakan bahwa anda cukup mudah untuk bisa bertemu dengan banyak orang, namun belum tentu memiliki kesediaan untuk berhubungan jauh lebih dalam dengan seseorang
  3. Setelah menemukan permen yang disuka, barulah Anda memakannya : hal tersebut menandakan bahwa anda selalu mampu untuk membatasi diri, sudah merasa cukup jika sudah menemukan 1 orang yang memiliki selera dan minat yang sama
  4. Anda tidak menyukai permen, namun menyukai keripik kentang : hal tersebut menandakan bahwa anda selalu berusaha untuk bisa terlihat berbeda, termasuk di dalam menyeleksi teman
Baca Juga   Contoh soal psikotes SMP Terlengkap

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 8:

Tadi malam, anda menyaksikan konser, Kemudian pada saat pulang Anda membayangkan berada di atas panggung. Ketika anda di atas panggung, alat musik Apa yang hendak Anda mainkan?

  1. Seruling
  2. Terompet
  3. Bass
  4. Biola

Penjelasan soal :

  1. Seruling : Seruling memerlukan kesabaran cukup tinggi untuk bisa menguasainya. Anda tentunya akan mampu menunjukkan kesabaran yang sama dengan cukup memiliki ketekunan, tekad serta stamina anda. Pasangan Anda seringkali lengah pada saat, walaupun hal tersebut merupakan sebuah pertunjukan singkat, namun bisa berubah jadi sebuah konser utuh di dalam 6 gerakan
  2. Terompet : hal tersebut menandakan bahwa jika tidak tersedia alat yang lainnya, mulut merupakan salah satu senjata yang paling kuat dari gudang senjata yang anda miliki. Situasi tersebut bisa anda lakukan dengan cara membisikkan sejumlah kalimat cinta kepada pasangan anda.
  3. Bass : Hal tersebut menandakan bahwa terdapat perasaan untuk bisa memperoleh kekuatan dari memainkan bass yang ukurannya besar serta menghasilkan suara yang cukup Dahsyat. Di dalam cinta, tentunya kalian yang anda miliki terletak di dalam kemampuan membuat pasangan anda untuk bisa selalu mengikuti keinginan yang anda harapkan serta anda mampu untuk mengendalikan sepenuhnya. Anda akan membawa pasangan Anda ke dalam kesenangan yang belum pernah dibayangkan. Tentunya, anda tidak akan selalu meminta izin, namun justru hal tersebut lah yang menjadi sesuatu lebih menarik.
  4. Biola : Biola memerlukan gerakan-gerakan jari yang cukup sensitif beserta soal sentuhan yang cukup lembut guna dapat mengeluarkan suara dari dawainya. Anda akan melihat diri pribadi sedang menikmati pasangan yang anda miliki. Terdapat rasa berpetualang di dalam menciptakan musik yang bagus menggunakan tangan dan terus memainkan nada-nada yang serupa

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 9:

Terdapat 1 Batang pohon yang usianya cukup tua. Ketika hujan turun, sejumlah helai daun pada pohon tersebut tumbuh. Ketika musim gugur tiba, angin akan menerbangkan seluruh daunnya. Apabila diberikan pilihan, anda jadi apa?

  1. Pohon
  2. Daun
  3. Musim gugur
  4. Angin
  5. Hujan

Pembahasan soal :

  1. Pohon : Hal tersebut menandakan bahwa anda sangat setia dengan pasangan yang anda miliki
  2. Daun : hal tersebut menandakan bahwa anda merupakan playgirl atau Playboy
  3. Musim gugur : hal tersebut menandakan bahwa Anda menyukai dua orang pada waktu yang sama
  4. Angin : hal tersebut memposisikan anda merupakan orang ketiga pada Cinta Segitiga
  5. Hujan : hal tersebut menandakan bahwa anda merupakan orang yang sedang mencari seseorang yang menyukai dan mencintai anda

Contoh Soal Psikologi Kepribadian nomor 10:

Terdapat 4 potong kue yang berada di depan anda. Bagaimanakah yang hendak anda pilih dan Dengan siapa Anda memakan buah tersebut?

  1. Chocolate cake
  2. Fruit tart
  3. Cheese cake
  4. Short cake

Pembahasan soal :

  1. Chocolate cake : Hal tersebut menandakan orang yang akan memberikan Anda perasaan manis serta pahit bagaikan rasa coklat. Hal tersebut juga menunjukkan akan Orang yang anda sukai sekarang ini
  2. Fruit tart : hal tersebut menandakan orang yang harus anda waspadai
  3. Cheese cake : hal tersebut mengarahkan kepada orang yang menurut anda cukup menarik
  4. Short cake : hal tersebut mengarahkan kepada orang yang dapat anda ajak untuk ngobrol mengenai apa saja

Cukup banyak contoh soal psikologi kepribadian yang sudah saya bahas pada bagian di atas. Mudah-mudahan, 10 contoh soal psikologi yang sudah saya ulas di depan, termasuk pembahasannya mampu memberikan gambaran umum tentang soal psikologi kepribadian dan bisa anda jadikan sebagai bahan belajar di dalam mempersiapkan diri mengikuti tes psikologi masuk kerja pada sebuah perusahaan. Terima kasih dan selamat beraktivitas.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *