Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikologi Pendidikan Dan Jawabannya

Contoh Soal Psikologi Pendidikan Dan Jawabannya

Contoh soal psikologi pendidikan dan jawabannya kerap dicari oleh banyak pendidik lantaran unsur psikologi tidak bisa terlepas dari proses pendidikan, baik di tingkat dasar, tingkat menengah dan juga tingkat atas. Apalagi sekarang ini psikologi merupakan salah satu bagian yang sangat diperhatikan di dunia pendidikan supaya proses belajar mengajar bisa berjalan dengan lancar sehingga pada akhirnya tujuan dari pendidikan bisa tercapai.

Contoh Soal Psikologi Pendidikan Dan Jawabannya

Kondisi psikologi anak di dunia pendidikan juga tentunya wajib mendapat perhatian oleh pihak sekolah, khususnya adalah para guru yang mengajar peserta didik tersebut. Pantas, Bagaimana cara mengenali kondisi psikologi dari setiap peserta didik? Salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan mempelajari beragam contoh soal psikologi pendidikan dan jawabannya sehingga para pendidik akan lebih mudah memahami karakteristik dari peserta didiknya.

Contoh Soal Psikologi Pendidikan Dan Jawabannya

Guna membantu anda di dalam memahami kondisi psikologi pendidikan dari masing-masing peserta didik, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi contoh soal psikologi pendidikan dan jawabannya yang bisa anda jadikan sebagai referensi dan acuan untuk memahami kondisi peserta didik atau siswa.

Contoh soal psikologi pendidikan No 1

Kenapa tenaga pendidik perlu untuk mempertimbangkan setiap perbedaan masing-masing individu di antara siswa yang diajar?

Jawaban:

Masing-masing dari peserta didik pastinya mempunyai keperluan yang beragam. Setiap peserta didik memiliki langkah yang berbeda-beda di dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan oleh tenaga pendidik. Dalam hal tersebut, seorang guru tentunya mampu untuk menggerakkan, merangsang, memimpin, menciptakan situasi serta mengarahkan sejumlah kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Kegiatan pembelajaran tentunya akan berhasil jika guru bisa merespon keperluan dari masing-masing siswa, sehingga guru wajib untuk selalu memperhatikan sejumlah perbedaan individu dari masing-masing peserta didik di dalam pelaksanaan belajar mengajar.

Baca Juga   Contoh Soal Matematika Dasar Psikotes dan Kunci Jawabannya

Contoh soal psikologi pendidikan nomor 2

Terangkan sejumlah faktor bawaan yang bisa menimbulkan adanya perbedaan masing-masing individu Siswa atau peserta didik!

Jawaban:

Faktor bawaan adalah sejumlah faktor biologis yang diturunkan lewat pewarisan dari genetika orang tua oleh gen yang mereka miliki. Dan memiliki petunjuk guna memproduksi protein, yang mana protein tersebut berfungsi untuk mengatur kegiatan fisiologis tubuh serta memunculkan karakter atau sifat fenotip, mulai dari kecerdasan, kekuatan fisik, bentuk tubuh serta pola perilaku dari setiap peserta didik. Perbedaan dari gen tersebut adalah salah satu bentuk alasan kenapa masing-masing dari peserta didik berbeda, baik dari sisi perilaku, psikologis, fisik dan sejumlah bagian yang lainnya.

Contoh soal psikologi pendidikan nomor 3

Terangkan bagaimana faktor-faktor budaya mampu untuk mempengaruhi munculnya perbedaan setiap individu peserta didik?

Jawaban:

Budaya memang identik dengan kebiasaan pada lingkungan masyarakat. Budaya serta kebudayaan merupakan sebuah rangkaian aktivitas dan tindakan dari manusia/ peserta didik yang memiliki pola. Kondisi tersebut tentu berhubungan erat dengan hasil karya, sistem sosial, normal, serta nilai dari manusia.

Norma dan nilai di dalam masyarakat mampu untuk membentuk sebuah pola perilaku di dalam masyarakat yang berlainan pada setiap individu masyarakat tersebut. Hal tersebutlah yang membuat budaya memiliki peranan cukup besar terhadap kemunculan dari perbedaan individu yang ada di dalam masyarakat.

Contoh soal psikologi pendidikan nomor 4

Jabarkan hubungan antara prestasi dan Perbedaan gender di dalam kelas!

Jawaban:

Adanya perbedaan gender di dalam prestasi sangat erat hubungannya dengan pola interaksi pada kelas. Sejumlah guru tentunya akan memperlakukan siswa berjenis kelamin laki-laki dan berjenis kelamin perempuan secara berbeda. Bisa jadi, siswa laki-laki akan memperoleh perhatian yang lebih dari gurunya, mendapat pujian lebih banyak, serta mendominasi kegiatan diskusi.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Kepribadian Dan Jawabannya

Kondisi tersebut tentunya bisa menurunkan Semangat serta motivasi pada prestasi yang diraih oleh siswa perempuan. Seharusnya, guru mampu untuk memberikan kesempatan yang sama di dalam sejumlah aktivitas dan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Contoh soal psikologi pendidikan nomor 5

Terangkan implikasi adanya perbedaan kemampuan pada proses pembelajaran di dalam kelas!

Jawaban:

Kemampuan umum diartikan sebagai sebuah prestasi komparatif dari setiap individu di dalam berbagai pekerjaan, termasuk kegiatan untuk mencari solusi dari masalah yang ada. Kemampuan tersebut rata-rata bisa terlihat dari nilai IQ yang dimiliki oleh peserta didik. Masing-masing peserta didik tentunya mempunyai nilai IQ yang berlainan.

Ketika di kelas, tenaga pendidik kerap juga menemui anak-anak yang aktif dan anak-anak yang pasif. Masing-masing dari tenaga pendidik dituntut guna bisa mengajar sebuah materi dalam waktu yang sama walaupun terdapat banyak perbedaan pada peserta didik.

Apabila tenaga pendidik tidak mampu untuk mengatasi adanya perbedaan yang terdapat pada setiap peserta didik, maka hal tersebut bisa mengakibatkan ketidak efektifan pada kegiatan belajar mengajar di dalam kelas. Ada sejumlah cara yang bisa dipilih oleh tenaga pendidik guna mengatasi sejumlah perbedaan pada sisi kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik.

  1. Bagian yang pertama adalah tenaga pendidik bisa memakai sistem remidial. Kegiatan remedial akan memberikan pelayanan pendidikan kepada peserta didik yang mengalami sejumlah kesulitan dengan cara memberikan tambahan pekerjaan berupa tugas yang bersifat individu.
  2. Bagian yang kedua adalah dengan memakai metode pengayaan. Metode pengayaan tersebut akan memberikan pelayanan khusus pendidikan berdasarkan dengan bakat serta potensi kecerdasan yang ada pada peserta didik.
  3. Bagian yang ketiga adalah dengan memakai sistem percepatan.

Demikianlah lima contoh soal psikologi pendidikan dan jawabannya yang bisa saya bahas pada posting kali ini. Mudah-mudahan, setelah anda mempelajari beberapa contoh soal psikologi pendidikan dan jawabannya di atas, maka anda sudah memiliki gambaran umum Mengenai contoh soal psikologi pendidikan lengkap dengan cara menjawabnya. Terima kasih dan selamat beraktivitas, Salam sukses.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Gambar Pohon Paling Banar

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *