Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikotes Aritmatika Dan Cara Penyelesaiannya

Contoh Soal Psikotes Aritmatika Dan Cara Penyelesaiannya

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa contoh soal psikotes aritmatika adalah salah satu contoh soal yang paling banyak dicari oleh para peselancar Internet menggunakan mesin pencari Google. Hal tersebut wajar terjadi karena kebutuhan akan contoh soal psikotes aritmatika dan cara penyelesaiannya sangat dibutuhkan sebagai bahan belajar bagi mereka yang hendak mengikuti tes psikotes di sebuah perusahaan.

Contoh Soal Psikotes Aritmatika Dan Cara Penyelesaiannya

Sebelumnya, perlu diketahui bersama bahwa psikotes aritmatika merupakan salah satu jenis soal psikotes yang didalamnya terdiri atas deret angka. Norma penilaian pada soal-soal psikotes aritmatika tersebut yaitu kemampuan seseorang di dalam memahami serta menganalisa sejumlah pola serta kecenderungan khusus pada bentuk deretan huruf dan angka, kemudian membuat prediksi mengenai hal lainnya dengan dasar pola tersebut.

Dengan adanya contoh soal psikotes aritmatika dan jawabannya, maka setiap calon peserta tes psikotes akan lebih mendalami Bagaimana cara mengetahui pola-pola yang ada pada soal psikotes aritmatika. Terdapat keragaman bentuk dari pola yang digunakan pada sejumlah soal psikotes aritmatika. Tugas dari setiap peserta tes bukan hanya menganalisa 3 deret angka paling depan pada soal tes Psikotes aritmatika, namun harus melihat secara keseluruhan sehingga mampu untuk melanjutkan pola-pola sebelumnya.

Contoh soal psikotes aritmatika dan pembahasannya yang akan saya bahas pada posting kali ini memiliki sifat umum, namun tentunya akan mampu memberikan gambaran kepada anda bentuk-bentuk dari soal psikotes aritmatika, khususnya adalah deret aritmatika. Silahkan anda pelajari contoh soal psikotes aritmatika di bawah ini dengan serius sehingga Anda bisa memecahkan pola soal deret aritmatika yang berbeda.

Ragam dari contoh soal psikotes aritmatika dan cara penyelesaiannya juga cukup banyak, mulai dari soal cerita sampai dengan tes deret angka serta menghitung persen. Seluruh bentuk dari soal psikotes aritmatika tersebut membutuhkan Logika dan Nalar yang cukup baik supaya bisa mengerjakannya dengan sebaik-baiknya.

Baca Juga   Contoh soal tes kerja matematika dasar

Tips di dalam menyelesaikan soal psikotes aritmatika:

Selalu perhatikan deret angka secara penuh, hal tersebut disebabkan karena setiap pola dapat berupa pengelompokan loncat, pengelompokan berurutan maupun berurutan.

Kita tidak boleh terpaku hanya pada satu soal yang terlihat cukup mudah untuk dikerjakan. Segera lompat ke soal berikutnya yang kadangkala jauh lebih mudah dikerjakan dibandingkan dengan soal-soal yang lainnya.

Contoh soal psikotes aritmatika

Berikut ini adalah beberapa contoh soal psikotes aritmatika Dan jawabannya. Silahkan disimak dan dipelajari dengan sebaik-baiknya.

Contoh soal psikotes aritmatika nomor 1

Soal 1: 2;6;18;54; …;486
A. 162
B. 163
C. 164
D. 165
E. 166
Petunjuk mengerjakan soal di atas adalah masing-masing bilangan dikalikan dengan angka 3. Setelah dihitung, maka jawaban yang benar adalah A

Contoh soal psikotes aritmatika nomor 2

7;8;16;17;…;…
A. 19;35
B. 18;35
C. 18;36
D. 16;36
E. 15;35
Petunjuk mengerjakan soal di atas adalah masing-masing bilangan ditambahkan dengan angka 1 dan dikalikan dengan angka 2. Setelah dihitung, maka jawaban yang benar adalah C

Contoh soal psikotes aritmatika nomor 3

16;8;4;2;1;1/2; …;…
Petunjuk mengerjakan soal diatas adalah masing-masing angka dikalikan dengan setengah, maka angka selanjutnya pada soal deret Aritmatika di atas adalah 1/4 dan 1/8

Contoh soal psikotes aritmatika nomor 4

45;15;18;6;9;3;…;…
Pola jawaban dari soal di atas adalah n:3;n+3;n:3;n+3;…;….

Contoh soal psikotes aritmatika nomor 5

Bapak Andi membeli satu pasang kursi dengan harga Rp. 650.000. Harga tersebut sudah memperoleh diskon sebesar 25%. Berapakah harga asli dari 1 kursi yang dibeli oleh Pak Andi?
A. 333.500
B. 354.500
C. 450.800
D. 345.500
E. 393.750

Contoh soal psikotes aritmatika nomor 6

Satu petak tanah pekarangan memiliki panjang 70 meter serta lebar 50 meter. Di bagian depan hendak dibangun sebuah pagar dengan lebar 7 meter. Luas dari pekarangan tersebut sekarang adalah….
A. 3044 m2
B. 3255 m2
C. 3250 m2
D. 3150 m2
E. 3155 m2

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Deret Angka Dan Pembahasannya

Demikianlah penjabaran singkat mengenai contoh soal psikotes Aritmatika yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Mudah-mudahan, beberapa contoh soal psikotes aritmatika dan cara penyelesaiannya di atas bisa berguna untuk anda di dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan sejumlah soal psikotes Aritmatika yang lainnya. Terima kasih dan selamat mencoba, Semoga berhasil.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *