Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikotes Astra Dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Astra Dan Jawabannya

Sebelum kita membahas tentang contoh soal psikotes Astra dan jawabannya, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu sejarah dari perusahaan Astra. Astra Internasional adalah salah satu perusahaan yang cukup besar berskala multinasional yang bergerak pada hampir semua divisi, seperti retail, infrastruktur, teknologi informasi, alat-alat berat, pelayanan finansial, agroindustri dan otomotif.

Contoh Soal Psikotes Astra Dan Jawabannya

Astra International itu sendiri memiliki kantor pusat di Jakarta, negara Indonesia. Astra International berdiri pada tahun 1957 yang memiliki nama pertama yaitu PT Astra International incorporated. Selanjutnya, di tahun 1990, PT Astra International incorporated berubah nama menjadi PT Astra International Tbk sampai dengan sekarang ini.

Melanjutkan pembahasan tentang contoh soal psikotes Astra dan jawabannya bahwa sebagai salah satu perusahaan yang memiliki skala internasional, bentuknya PT Astra International Tbk pada setiap tahunnya membuka proses penerimaan atau rekrutmen karyawan atau pegawai baru. Pada proses penerimaan karyawan ataupun pegawai baru tersebut tentunya akan selalu diwarnai dengan sejumlah tes, mulai dari tes psikotes atau tes psikologi, tes wawancara, tes kepribadian sampai dengan tes kesehatan.

Contoh soal psikotes Astra dan jawabannya

Guna menunjang salah satu jenis tes, yakni tes psikotes, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba membahas mengenai contoh soal psikotes Astra dan jawabannya. Siapa tahu, sekarang ini anda sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti tes psikotes di PT Astra International Tbk tersebut.

Contoh soal psikotes dan jawaban bidang tes psikotes sinonim

Sinonim dari seremoni adalah
A. Perpisaan
B. Pertemuan
C. Perayaan
D. Peradaban
E. Pemakaman
Jawaban yang benar adalah perayaan. Hal tersebut dikarenakan atau Seremoni mempunyai persamaan kata dengan kata perayaan

Baca Juga   Contoh Soal Koran/Pauli/Kraepelin dan Cara Mengerjakannya

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang tes psikotes antonim

Apartis memiliki antonim dari…
A. Peduli
B. Senyum
C. Senang
D. Angkuh
E. Sombong
Jawaban yang benar dari soal diatas adalah peduli. Kata apatis mempunyai Padanan kata dengan kata tidak peduli. Oleh sebab itu, maka antonim yang pas dengan kata apatis adalah peduli

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang tes psikotes analogi

Herbivora:Sapi:Vivipar
A. Herbivora:Kuda:Ovipar
B. Karnivora:Vivipar:Kucing
C. Karnivora:Harimau:Vivipar
D. Mamalia:Merpati:Ovipar
E. Anjing:Karnivora:Ovipar
Jawaban yang tepat untuk soal di atas adalah Karnivora:Harimau:Vivipar. Salah satu jenis hewan herbivora yaitu sapi yang mana memiliki teknik berkembang biak dengan metode beranak atau Vivipar. Logika yang setara untuk hewan karnivora yang berkembang biak dengan metode beranak adalah harimau.

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang tes pengetahuan umum

Adanya deklarasi Djuanda yang berfungsi untuk mengatur mengenai wilayah perairan di negara kesatuan Republik Indonesia sudah ditetapkan di tahun….
A. 1970
B. 1966
C. 1963
D. 1957
E.1955
Jawaban yang benar untuk soal diatas adalah tahun 1957. Hal tersebut didasari pada deklarasi Djuanda yang memiliki fungsi untuk mengatur Wilayah perairan di negara kesatuan Republik Indonesia yang telah ditetapkan di tanggal 13 Desember tahun 1957.

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang tes psikotes deret hitung

276,253,230,207,….
A. 223
B. 214
C. 201
D. 192
E. 184
Jawaban yang benar untuk soal di atas adalah 184. Pola perhitungan dari soal deret hitung diatas yaitu setiap bergeser ke arah kanan, maka masing-masing angka akan selalu dikurangi dengan angka 23.

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang tes psikotes numerik

47,6+23,8-28,9=….
A. 43,6
B. 42,5
C. 40,7
D. 39,6
E. 37,9
Jawaban yang benar untuk soal diatas adalah 42,5. Metode yang digunakan untuk menghitung soal diatas adalah dengan menjumlahkan terlebih dahulu angka 47,6 + 23,8. Selanjutnya hasil penjumlahan tersebut dikurangi angka 28,9.

Baca Juga   Contoh Psikotes Deret Angka Dan Jawabannya

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang tes psikotes aritmatika

Di sebuah Kelurahan terdiri atas 50 keluarga yang mempunyai anak laki-laki. Sejumlah 45 keluarga mempunyai anak perempuan dan sejumlah 25 keluarga memiliki anak laki-laki dan anak perempuan. Apabila ada 5 keluarga yang tidak mempunyai anak, maka berapakah jumlah dari keluarga di Kelurahan tersebut?
A. 65
B. 45
C. 50
D. 60
E. 75
Jawaban yang benar untuk soal diatas adalah 75. Keluarga yang mempunyai anak laki-laki serta anak perempuan adalah 25 keluarga (a). Keluarga yang mempunyai anak laki-laki adalah 50 dikurangi 25, hasilnya adalah 25 keluarga (b). Keluarga yang mempunyai anak perempuan adalah 45 dikurangi 25 hasilnya adalah 20 (c). Keluarga yang tidak mempunyai anak adalah 5 keluarga (d). Jadi, jumlah keluarga yang ada di Kelurahan tersebut adalah a+b+c+d =25+25+20+5 = 75 keluarga.

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang psikotes penalaran logis

Seluruh dosen adalah sarjana
Separuh dari dosen adalah ahli bahasa
A. Seluruh ahli bahasa adalah dosen
B. Separuh dari ahli bahasa adalah sarjana
C. Separuh dari ahli bahasa adalah dosen
D. Separuh dari sarjana bukanlah ahli bahasa
E. Separuh dari Sarjana adalah dosen
Jawaban yang benar untuk soal diatas adalah separuh dari sarjana bukanlah ahli bahasa. Hal tersebut disebabkan karena tidak semua sarjana adalah ahli bahasa dan tidak semua sarjana berprofesi sebagai dosen.

Contoh soal psikotes dan jawabannya bidang penalaran analitis

Usia dari Andi adalah 10 tahun lebih muda daripada usia dari Wandi namun lebih tua dari Yudi 3 tahun. Berapakah usia dari Yudi apabila usia Andi adalah 14 tahun?
A. 12
B. 11
C. 16
D. 20
E. 10
Jawaban yang benar untuk pertanyaan di atas adalah 11 tahun. Penjabarannya adalah apabila Andi memiliki usia 14 tahun, Susi berusia 3 tahun lebih muda, maka Umurnya sekarang adalah 11 tahun.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Dan Pembahasannya

Sekian pembahasan singkat mengenai contoh soal psikotes Astra dan jawabannya yang bisa saya ulas pada kesempatan yang baik ini. Adapun dasar dari contoh soal diatas didapat dari beberapa sumber, termasuk adalah pengalaman teman-teman yang sudah pernah mengikuti tes seleksi masuk di PT Astra International Tbk. Mudah-mudahan bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *