Home / Materi Umum / Psikotes / Contoh Soal Psikotes Bank Mandiri Dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Bank Mandiri Dan Jawabannya

Sebelum kita membahas contoh soal psikotes Bank Mandiri dan jawabannya, alangkah baiknya kita membahas terlebih dahulu seputar Bank Mandiri. Bank Mandiri memiliki nama lengkap PT Bank Mandiri Persero Tbk dimana, bank Mandiri merupakan salah satu bank yang memiliki kantor pusat ada di Jakarta serta termasuk kedalam bank terbesar di Indonesia dari sisi deposit, pinjaman dan Aset.

Contoh Soal Psikotes Bank Mandiri Dan Jawabannya

Bank Mandiri berdiri di tanggal 2 Oktober 1998 sebagai bagian dari adanya program restrukturisasi di dunia perbankan yang diselenggarakan oleh pemerintah negara Indonesia. Di bulan Juli 1999, terdapat 4 Bank yang digabung ke dalam Bank Mandiri, yaitu bank pembangunan Indonesia atau Bapindo, ekspor impor Indonesia atau bank exim dan Bank Dagang Negara atau BDN.

Dapat bekerja pada sebuah bank yang memiliki nama besar, terlebih adalah milik BUMN merupakan salah satu kebanggaan tersendiri, baik pada individu maupun pada keluarga. Jadi, tidak mengherankan ketika banyak diantara kita yang dengan rela melakukan berbagai macam upaya supaya dapat diterima bekerja pada sebuah bank. Jadi, tidak Hanya mereka yang memiliki jurusan akuntansi maupun ekonomi saja yang mendominasi duduk bekerja di sebuah bank.

Mereka yang mengambil jurusan perkuliahan di IPB yang memiliki ke identikkan dengan dunia pertanian juga dapat diterima bekerja di bank, salah satunya adalah Bank Mandiri. Salah satu bentuk tes yang selalu diadakan pada pelaksanaan penerimaan calon pegawai baru pada bank Mandiri yaitu tes psikotes dan dilanjutkan dengan tes wawancara kerja.

Ketika anda memiliki keinginan untuk bisa berkarir pada bank Mandiri, maka anda wajib untuk melakukan berbagai macam persiapan, yaitu dengan cara belajar sejumlah contoh soal psikotes Bank Mandiri dan jawabannya.

Seperti yang sudah dibahas di bagian atas bahwa bank Mandiri adalah salah satu bank milik BUMN yang memiliki total aset paling besar di seluruh Indonesia. Bank tersebut adalah hasil dari penggabungan beberapa bank nasional, yakni bank Pembangunan Indonesia, Bank Bumi Daya, bank ekspor impor dan Bank Dagang Negara.

Bisa dikatakan pula bahwa bank Mandiri adalah salah satu bank milik BUMN yang sedang berkembang cukup pesat serta aktif untuk bisa menjadi yang paling baik di Indonesia. Mandiri ODP atau officer Development Program adalah untuk program recruitment Bank Mandiri untuk setiap officer maupun calon karyawan dengan melalui jalur karir yang bagus dan cepat.

ODP memiliki kepanjangan dari officer Development Program, dapat diartikan sebagai sebuah program yang dikerjakan oleh sebuah perusahaan guna mendidik calon pegawainya supaya mempunyai skill yang mumpuni guna bisa menduduki sebuah posisi pada bagian manajerial.

Pada perusahaan yang berbeda, ODP mempunyai sebutan lain yang mirip atau serupa dan tentunya setara, contohnya adalah BDP, MDP, HP, PPS dan lain sebagainya.

Pada ODP bank Mandiri, terdiri dari sejumlah tahapan, yaitu:

1. Walk in interview

Pada tahapan yang paling awal ini, Bank Mandiri secara umum akan mendatangi job fair maupun kampus kampus guna screen CV. Hasil dari pelaksanaan screen CV tersebut kemudian akan diumumkan sekitar 1 sampai dengan 2 jam sejak pengumpulan CV dispen rekrutmen pada bank Mandiri.

Masing-masing yang berhasil lolos cv-nya akan dilakukan wawancara secara bersamaan sekitar 5 peserta oleh satu orang interviewer yang memiliki posisi jabatan HRD pada bank Mandiri. Pertanyaan-pertanyaan diberikan pada tahapan tersebut yaitu sekitar motivasi dan juga kesiapan untuk mampu dan mau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

Adapun pengumuman peserta yang lolos Pada tahapan tersebut dilaksanakan setelah seluruh peserta interview pada grup maupun bacth selesai di wawancara.

Sebelum pelaksanaan interview dilakukan, setiap peserta akan diberikan pandangan dan pengurangan lebih awal dan juga lebih jauh tentang ODP itu sendiri. Penjabaran tentang adanya ODP nasional serta ODP regional serta kesiapan setiap peserta apabila berhasil dipilih menjadi peserta ODP regional maupun nasional.

Berdasarkan pengalaman, penjelasan tersebut cukup menarik untuk disimak, akan tetapi cukup membuat shock pada saat disampaikan bahwa interview memakai bahasa Inggris. Jujur saja, banyak peserta tes wawancara yang tidak begitu paham dengan bahasa Inggris.

Seperti yang sudah dibahas pada bagian sebelumnya bahwa tahapan tersebut adalah interview perdana. Proses wawancara atau interview tersebut dilakukan dengan model panel, yang mana 1 orang pewawancara akan mewawancarai 5 orang peserta sekaligus. Berbagai macam pertanyaan yang diberikan-nya pun bersifat umum, contohnya adalah mengenai perkenalan pada peserta tes, pengalaman kerja atau pengalaman organisasi, keseharian peserta. Selain itu, sejumlah pertanyaan yang diberikan juga cukup bervariasi, di mana setiap peserta mendapatkan pertanyaan yang berbeda. Namun yang pasti silahkan anda jawab seluruh pertanyaan yang diberikan dengan memakai bahasa Inggris.

Baca Juga   Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

2. Tes TOEFL

Setiap peserta yang berhasil lulus di tahap pertama, mereka akan diundang kembali untuk mengikuti festival pada lokasi yang sudah ditentukan. Tes TOEFL yang diujikan merupakan tes TOEFL ITP atau paper Based. Tes TOEFL tersebut adalah tes berbasis tertulis yang isinya merupakan materi writing expression, reading dan listening. Sementara itu, durasi mengerjakan untuk tes TOEFL tersebut sekitar 2 jam.

Belajar tes TOEFL menggunakan buku grammar dan listening dengan memanfaatkan software akan sangat cukup membantu.. Hal tersebut disebabkan karena durasi yang sangat singkat haruslah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga semua soal bisa terjawab dengan baik.

Adapun hasil pelaksanaan festival di tahap kedua tersebut biasanya akan diumumkan dalam waktu jeda sekitar 1 minggu. Tes TOEFL yang dipakai yaitu tes TOEFL ITP. Pada diri pribadi yang sebenarnya juga tidak begitu paham mengenai perbedaan antara tes TOEFL ITP dengan tes TOEFL biasa. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan bahwa hal tersebut merupakan standar dari tes TOEFL yang cukup ketat, berkualitas dan bagus. Supaya bisa lolos mengikuti festival tersebut, berdasarkan informasi yang didapat bahwa syarat Skor TOEFL adalah diatas 500.

Berdasarkan informasi yang berasal dari Bank Mandiri, peserta yang lolos akan dihubungi kembali sekitar 2 minggu. Namun, kadangkala informasi dari Bank Mandiri tentang kelulusan peserta tes sampai dengan 3 minggu.

Festival adalah salah satu jenis tes yang mampu untuk menentukan Apakah peserta tes bisa masuk ODP nasional maupun ODP regional. Tentunya, score tubel yang didapat haruslah lebih tinggi yang bisa mengikuti ODP nasional. Sebagai informasi, tes TOEFL dengan skor kurang dari atau sama dengan 450 masuk ke ODP regional. Sementara itu, tes TOEFL yang skornya 500 keatas masuk kedalam ODP nasional.

3. Tes aptitude SHL

Tahapan yang ketiga dari tes psikotes pada bank Mandiri yaitu tes aptitude. Bank Mandiri akan melaksanakan kerjasama dengan SHL atau biro tes Pada pelaksanaan tes tersebut. Adapun isi materi dari tes aptitude SHL yaitu uji kemampuan numerik atau grafis serta verbal.

Pada masing-masing soal tes verbal akan diberikan 1 buah teks paragraf serta statement khusus, selanjutnya akan disediakan 3 buah pilihan jawaban yaitu tidak dapat menentukan, benar dan salah.

Di bagian grafis atau numerikal, peserta tes akan diberikan sejumlah grafik dan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan grafik pada soal. Setiap pertanyaan yang diberikan bisa berupa pemahaman pada kegiatan membaca data di dalam grafik maupun kemampuan guna menghitung dengan cara sederhana sejumlah data yang berupa angka yang ada pada tabel maupun grafik yang diberikan.

Kondisi tersebut sama pada pelaksanaan tes TOEFL, dimana durasi yang dialokasikan untuk menyelesaikan Tes aptitude tersebut sangatlah terbatas. Guna dapat menyelesaikan soal dengan jumlah yang banyak, diperlukan konsentrasi serta manajemen waktu yang sangat baik. Berbagai macam latihan Pada web SHL bisa sangat membantu untuk membiasakan diri di dalam membaca representasi maupun grafis data di dalam bentuk tabel. Sementara itu, tahapan pelaksanaan tes aptitude SHL tersebut hasilnya akan diumumkan dengan jeda sekitar satu minggu dari pelaksanaan tes.

Tes aptitude merupakan tes yang sangat mirip dengan tes psikotes per, akan tetapi, soal yang diberikan lumayan susah. Dalam pelaksanaan tes aptitude tersebut, Bank Mandiri akan bekerjasama dengan pihak yang cukup independen, yakni SHL. Untuk bisa melihat sejumlah contoh tentang tes aptitude tersebut, Anda bisa melihat pada berbagai macam situs yang menyediakan tes SHL.

Tes aptitude terdiri dari tiga tahapan, yaitu:

  1. Tes verbal

Tes verbal merupakan sebuah teks yang berkaitan dengan penggunaan logika bahasa. Hal tersebut lebih diarahkan untuk menarik sebuah kesimpulan terhadap sebuah pernyataan-pernyataan yang bersifat verbal. Akan tetapi bukan seperti premis-premis. Tes verbal memiliki soal yang lebih kompleks. Bisa disimpulkan bahwa tes verbal merupakan tes yang akan menilai sebuah kalimat dengan dasar pada sebuah bacaan, apakah kalimat tersebut merupakan fakta yang benar, fakta yang salah ataupun fakta yang tidak bisa disimpulkan tanpa adanya informasi tambahan.

  1. Tes nominal

Tes nominal adalah tes yang berkaitan dengan perhitungan angka. Akan tetapi, tes nominal tersebut akan sedikit memiliki perbedaan, di mana proses perhitungan yang dikerjakan merupakan perhitungan diagram, tabel, grafis dan sejenisnya. Disamping itu, proses perhitungan tersebut berkaitan erat dengan masalah ekonomi.

  1. Tes kepribadian

Tes kepribadian haruslah dikerjakan dengan cepat. Pada saat mengerjakan tes kepribadian tersebut, Tugas anda adalah menjawab berdasarkan kepribadian masing-masing pada pelaksanaan tes kepribadian tersebut tidak ada jawaban yang salah dan juga tidak ada jawaban yang benar. Bagian yang paling penting yaitu menjawab berdasarkan kondisi nyata.terpenting yaitu

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Tes aptitude tersebut adalah salah satu jenis tes yang mampu menentukan Apakah peserta tes berhak untuk masuk ke ODP regional atau ODP nasional. Peserta tes yang memiliki hak menjadi seorang ODP nasional yaitu yang mempunyai fitur cukup bagus serta memiliki Skor TOEFL yang cukup tinggi. Apabila hanya salah satu saja yang terpenuhi, akan tetapi tetap dinyatakan lolos, maka peserta tes tersebut hanya bisa masuk sebagai ODP regional.

  1. LGD atau FGD (Leaderless Group Discussion Atau Forum Group Discussion)

Pada tahapan ke-4 akan dilaksanakan lbb dan FPB. Tanggapan tersebut adalah mekanisme seleksi yang memakai format diskusi kelompok membahas sejumlah topik khusus yang diberikan.

Pada sejumlah perusahaan seperti manufaktur dan perbankan, topik yang biasanya dibahas yaitu berkaitan dengan proses penyusunan strategi Marketing guna memasarkan produk-produk. Adapun kunci keberhasilan pada tahapan tersebut yaitu bersikap aktif serta menunjukkan etika yang baik pada diskusi.yang umum akan dibahas

Adapun LGD atau leaderless group discussion yakni sebuah tes debat di dalam menghadapi sebuah permasalahan. Masing-masing akan diberikan kesempatan guna memberikan argumen terhadap sejumlah masalah yang sedang disajikan.

Adapun permasalahan yang dibahas pada tes LGD tersebut yaitu permasalahan ekonomi pada sebuah perusahaan, di mana posisi kita adalah sebagai pegawai konsultan ahli yang sedang dimintai tolong untuk mencari solusi terhadap masalah sebuah perusahaan yang sedang menghadapi sejumlah permasalahan kritis karena berbagai macam faktor.

  1. Group head interview atau user interview

Setelah peserta tes dinyatakan lolos pada tes FGD, maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan group head interview atau user interview. Adapun jumlah dari interviewer bisa satu atau lebih dengan menggunakan materi wawancara yang berupa wawasan leadership, field kerja di bank, serta komitmen kerja jika Diterima pada bank Mandiri.

Pada tahapan ini, kita harus mampu untuk membangun suasana yang santai, akan tetapi bertanggungjawab serta serius harus mampu ditunjukkan kepada interviewer guna bisa meyakinkan mereka. Rata-rata peserta yang sudah masuk ke tahapan ini bisa dipastikan lolos untuk masuk ke dalam medical check up serta sign in kontrak.

4. Medical check up

Adapun proses medical check up pada bank Mandiri bisa dikerjakan sebelum maupun sesudah pelaksanaan user interview. Hal tersebut disebabkan karena jadwal dari rekrutmen pada bank Mandiri yang cukup padat serta jadwal dari ketersediaan user pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan.

Di saat sekarang ini, bukanlah sebuah hal yang tidak mungkin untuk bisa lolos tes wawancara kerja pada bank Mandiri. Banyak anggota masyarakat yang menyatakan bahwa bekerja pada sebuah bank adalah sebuah karir maupun sebuah pekerjaan yang mempunyai prestise cukup menjanjikan di masa yang akan datang dari sisi ekonomi.

Apabila anda adalah orang yang benar-benar meng ikan untuk bisa bekerja di bank Mandiri, maka tentunya Anda wajib untuk membekali diri dengan sejumlah informasi, diantaranya adalah dengan mencari informasi tentang lowongan kerja serta berbagai macam contoh soal psikotes bank Mandiri dan jawabannya.

Secara umum apabila anda memiliki keinginan untuk bisa bekerja di bank Mandiri, maka tentunya Anda wajib untuk mengikuti rangkaian dari tas yang nantinya harus anda lewati sebelum anda dinyatakan lulus dan diterima bekerja pada bank Mandiri yang selama ini anda idam-idamkan.

Berikut ini adalah sejumlah tahapan seleksi tes seleksi masuk kerja pada bank Mandiri:

  1. Seleksi pada sisi resume Anda atau berkas lamaran kerjaberkas lamaran atau
  2. Tes di dalam bentuk tertulis
  3. Tes interview kerja atau tes wawancara kerja

Psikotes pada bank Mandiri mencakup sejumlah hal yang cukup Kompleks di dalam memilih berbagai macam materi yang nantinya akan digunakan sebagai bahan tes supaya memperoleh calon pegawai yang sesuai dengan kualifikasi serta kebutuhan pada bank Mandiri tersebut.

Adapun tes psikotes yang dimaksud adalah salah satu alat khusus yang dipakai untuk mengenali potensi pada masing-masing peserta tes. Bank Mandiri memerlukannya guna menyeleksi potensi dari calon-calon yang cocok dengan sistem kerja serta posisi yang mereka tawarkan. Setidaknya, terdapat tiga bentuk pesikotest yang wajib dilalui, yaitu uji pemeriksaan, uji penalaran numerik dan uji penalaran verbal.

Secara umum, sejumlah soal yang sering keluar Pada pelaksanaan tes psikotes Bank Mandiri mencakup tes penalaran verbal yang berupa soal analisa dari sisi bahasa. Untuk bisa mengerjakan jenis soal tes tersebut, maka anda harus selalu fokus karena biasanya satu paragraf berlaku untuk 3 soal.

Kita wajib untuk selalu paham dan ingat isi dari paragraf pada soal agar dapat mengefektifkan waktu yang disediakan. Sementara itu, tes penalaran verbal bentuk soalnya adalah hitungan serta banyak berkaitan dengan matematika, dengan bentuk soal cerita dan tentunya merupakan soal yang cukup sulit untuk dikerjakan.

Baca Juga   Contoh Soal Assessment Karyawan

Selanjutnya, pada soal uji pemeriksaan dimana kita hanya disuruh untuk memilih jawaban yang sama dengan soal yang diberikan. Contohnya adalah 4fr568=4fr568. Ingat, hanya sekedar untuk mencocokan soal dengan salah satu jawaban yang sudah disediakan. Jangan lupa pula, yang harus anda perhitungkan adalah waktu yang disediakan biasanya hanya dalam hitungan menit walaupun jumlah soalnya sampai dengan puluhan. Intinya, kerjakan seluruh soal dengan cepat.

Disamping itu, sikap dan perilaku peserta tes pada saat mengerjakan juga akan mendapat perhatian dari pihak tester. Jadi, soal-soal udah terjawab tidaklah 100% menjadi penentu Apakah Anda diterima atau tidak.

Anda bisa selalu menanamkan pada pikiran bahwa anda harus menjadi diri pribadi sendiri serta mampu untuk menunjukkan sejumlah potensi yang ada dalam diri dengan sebenar-benarnya gunting pelaksanaan tes psikotes Bank Mandiri mempunyai sejumlah kriteria, antara lain adalah guna melihat Apakah calon Pegawai tersebut mempunyai background pendidikan yang sesuai dengan struktur organisasi Bank, dunia kerja perbankan, layanan nasabah bank, memahami sejumlah produk perbankan serta service sehingga pada akhirnya akan mampu untuk memahami pasar yang tepat dan sesuai dengan branding serta target dari Bank Mandiri.

Khusus bagi unit administratif maupun keuangan, setiap personal yang mempunyai kompetensi di Latar belakang pendidikan tersebut haruslah mampu untuk berusaha menguasai berbagai macam hal berkaitan dengan akuntansi juga sejumlah teknik dan bentuk pada sistem pengelolaan keuangan.

Bagian yang kedua adalah dari sisi ekonomi manajemen. Setiap kandidat pada jenjang pendidikan tersebut haruslah memahami segala macam kondisi pasar di dunia perbankan serta memiliki kemampuan di dalam meraih pasar serta kepercayaan dari nasabah.

Kedua bidang tersebut merupakan bidang pekerjaan yang cukup sulit karena harus meraih kepercayaan dari setiap nasabah, apa lagi di zaman sekarang ini dimana persaingan dari dunia perbankan akan semakin ketat.

Contoh soal psikotes Bank Mandiri dan jawabannya

Berikut ini adalah beberapa contoh soal psikotes Bank Mandiri dan jawabannya yang bisa anda jadikan sebagai bahan belajar anda:

1. Dosen:Dekan:Rektor

A. Bodoh:Baik:Sabar
B. SD:SMP:SMA
C. Tamtama:Bintara:Perwira
D. Sopir:Manajer:Bos
Jawaban: C

2. Musibah:Bencana

A. Takut:berani
B. Sakit:sehat
C. Lentur:elastis
D. Kaku:baik
Jawaban: C

3. Apabila Joko merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Sementara itu, kakak kedua dari Joko umurnya adalah 18 tahun. Kemungkinan umur dari Joko yaitu….

A. 10 tahun
B. 17 tahun
C. 27 tahun
D. 19 tahun
Jawaban: B

4. Apakah fungsi dari helm untuk setiap pengendara sepeda motor…

A. Digunakan untuk melindungi kepala supaya jika terjadi kecelakaan bisa terlindungi dari benturan dengan sejumlah benda keras.
B. Supaya tidak ditangkap oleh Polisi
C. Untuk melindungi telinga dari suara bising nya lalu lintas di sekitarnya
Jawaban: A

5. Kenapa belajar itu dibutuhkan?

A. Guna Mengisi waktu kosong atau luang
B. Agar nantinya mudah di dalam mencari kerja
C. Agar memperoleh ilmu yang bisa diamalkan pada masa yang akan datang
Jawaban: C

6. Kenapa puncak dari Gunung Jayawijaya selalu diselimuti oleh salju?

A. Hal tersebut dikarenakan sinar matahari yang jarang menyinari puncak gunung Jayawijaya
B. Hal tersebut dikarenakan puncak dari Gunung Jayawijaya cukup dekat dengan awan
C. Semakin tinggi sebuah tempat, maka akan semakin rendah temperatur dari tempat tersebut
Jawaban: B

7. 1, 2, 4, 8, 16…. Angka yang tepat untuk melanjutkan soal deret angka disamping adalah…

A. 8 dan 4
B. 32 dan 66
C. 24 dan 32
D 32 dan 64
Jawaban: D

8. Dispensasi

A. Pengecualian
B. Pembebasan
C. Persetujuan
D. Pemberian
Jawaban A

9. Pialang

A. Pelpor
B. Makelar
C. Juara
D. Ahli
Jawaban: C

10. Lengkap

A. Sisa
B. Seluruh
C. Lebar
D. Penuh
Jawaban: B

Jika dilihat, apabila kita bisa diterima bekerja pada bank Mandiri, maka tentunya hal tersebut bisa menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Namun tentunya tidak mudah untuk bisa lulus diterima kerja pada bank Mandiri, karena hal tersebut memang membutuhkan perjuangan yang cukup berat, harus mampu untuk mengalahkan para peserta tes yang lainnya di mana mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda ada yang berada di bawah kita dan juga ada yang berada di atas kita.

Mudah-mudahan, dengan adanya contoh soal psikotes Bank Mandiri dan jawabannya yang sudah saya bahas pada posting kali ini mampu untuk memberikan pemahaman kepada anda bentuk dari soal tes Psikotes pada bank Mandiri sekaligus berbagai macam penjelasan terkait dengan pelaksanaan tes psikotes pada bank Mandiri. Terima kasih dan selamat belajar, semoga sukses.

Check Also

Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Apabila anda mencoba untuk belajar psikotes terlebih dahulu sebelum mengikuti tes psikotes yang sebenarnya, maka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *