Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikotes Gambar Dan Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Gambar Dan Jawabannya

Salah satu contoh soal psikotes gambar yang sering dikeluarkan oleh para tester di dalam melaksanakan tes psikotes adalah deret gambar. Sesuai dengan namanya bahwa deret gambar merupakan salah satu jenis dari soal tes psikotes yang sangat sering dijumpai, baik Pada pelaksanaan tes seleksi di perusahaan umum milik negara maupun swasta.

Contoh Soal Psikotes Gambar Dan Jawabannya

Selain itu apa soal psikotes gambar khususnya adalah deret gambar juga kerap kali dipakai pada saat seleksi masuk mahasiswa baru pada program S2 atau program Master. Biasanya, soal psikotes deret gambar tersebut masuk kedalam Tes Potensi Akademik atau TPA. Berdasarkan pengalaman tes psikotes deret gambar tersebut tidaklah dipakai pada saat pelaksanaan tes CPNS.

Tujuan dari soal psikotes deret gambar

Apabila dilihat secara umum bahwa soal-soal pada tes psikotes deret gambar mempunyai kemampuan di dalam beberapa hal diantaranya adalah:

  1. Memberikan sebuah pemahaman dari peserta tes terhadap sebuah permasalahan
  2. Memberikan sebuah pemahaman dari peserta tes tentang bagaimana cara menganalisa sebuah permasalahan
  3. Memberikan sebuah pemahaman dari peserta tes bagaimana kecepatan di dalam mengambil sebuah keputusan.

Contoh soal psikotes gambar pada bidang deret gambar

Di bawah ini akan saya berikan satu contoh soal psikotes deret gambar. Tugas anda adalah mencari 1 gambar yang paling cocok dari 8 pilihan gambar guna bisa melanjutkan gambar soal yang masih dalam keadaan kosong. Silakan Anda Perhatikan dengan cermat pola yang digunakan serta lakukan analisa sebaik mungkin. Apabila Anda masih merasa kesulitan, maka anda bisa menengok jawaban serta pembahasannya yang berada pada bagian paling akhir dari soal.

Contoh Soal Psikotes Gambar Dan Jawabannya

Dari proses analisa contoh soal psikotes gambar pada deret gambar diatas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa kemungkinan yang paling besar dari gambar yang hilang yaitu pada jawaban nomor 8. Pilihan lain yang disediakan tentunya tidak memungkinkan. Hal tersebut disebabkan karena pada pilihan nomor 4, 3, 2, dan 1 telah terdapat pada gambar di soal. Selanjutnya, pada pilihan nomor 5 juga tidaklah memungkinkan. Hal tersebut disebabkan karena tipe yang ada pada soal tidak merujuk kepada adanya pengurangan dari luas blok yang berwarna hitam.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Bahasa Inggris Dan Jawabannya

Selanjutnya, pilihan terakhir yang dimungkinkan untuk dilakukan dengan bentuk block berwarna hitam penuh dapat diasumsikan sebagai bagian dari penggabungan dari 2 kota paling akhir di bagian paling bawah. Di bagian baris paling atas, otak bagian sebelah kanan merupakan semacam dari hasil akhir pada proses penggabungan dua buah balok di dua kota sebelumnya. Demikian juga dengan bagian baris Tengah atau baris kedua.

Dari analisa di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa jawaban yang paling benar terdapat pada kotak Nomor 8. Itulah contoh soal psikotes deret gambar dan jawabannya yang bisa saya Pada kesempatan kali ini. Intinya, dengan memahami pola mengerjakan soal psikotes gambar khususnya adalah pada deret gambar maka anda akan bisa melakukan analisa pada soal psikotes deret gambar dengan bentuk yang lainnya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *