Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikotes Logika Penalaran

Contoh Soal Psikotes Logika Penalaran

Mempelajari contoh soal psikotes logika penalaran sangat cocok bagi Anda yang sekarang ini masih duduk di Sekolah Menengah Atas, yang masih kuliah atau yang sudah lulus. Apabila sekarang ini Anda memang membutuhkan contoh soal psikotes logika penalaran, maka sangat disarankan untuk membaca artikel Pada kesempatan kali ini sampai dengan selesai. Hal tersebut tentunya bertujuan supaya anda benar-benar memahami beragam contoh soal psikotes logika penalaran dengan baik dan benar, di luar tujuan dan alasan yang anda inginkan.

Contoh Soal Psikotes Logika Penalaran

Pada artikel kali ini, anda tentunya tidak hanya memperoleh pengetahuan tentang matematika dan teknik saja, akan tetapi juga diberikan sejumlah contoh soal psikotes logika penalaran lengkap dengan jawabannya, walaupun utamanya adalah bidang matematika penalaran kritis. Silakan anda Simak dengan serius dan berurutan agar pemahaman yang anda miliki semakin matang Di dalam memanfaatkan pikiran secara kritis dan logis pada sejumlah elemen dan aspek tes psikotes yang berbau sains dan juga angka

Definisi dan pengertian dari tes logika

Tes logika penalaran memiliki tujuan guna melakukan pengujian terhadap kemampuan seseorang tentang bagaimana dia berfikir berdasarkan akal dan Nalar yang dimilikinya. Apabila anda memperoleh skor yang cukup tinggi pada pelaksanaan tes psikotes logika penalaran, maka anda akan dinilai mempunyai daya Nalar yang cukup tinggi di dalam melakukan Analisa terhadap sebuah permasalahan yang ada baik di dalam kehidupan sehari-hari maupun di dalam dunia kerja.

Pada umumnya, pelaksanaan dari tes psikotes logika penalaran akan diikuti tiga jenis tes yang lainnya, yaitu tes kuantitatif, tes verbal, dan tes spasial. Ketiga tes tersebut selain diterapkan pada pelaksanaan seleksi pegawai atau karyawan, juga kerap kali digunakan pada saat seleksi penerimaan mahasiswa baru pada sebuah Perguruan tinggi yang lebih dikenal dengan sebutan Tes Potensi Akademik atau TPA. Adapun bentuk dari soal tes logika penalaran tersebut secara umum bisa anda selesaikan tanpa harus memakai rumus khusus yang rata-rata harus anda hafal kan sebelumnya.

Baca Juga   Contoh Soal Tes Di Indomaret

Guna bisa menyelesaikan tes logika penalaran tersebut, yang anda butuhkan cukuplah Bagaimana menganalisa sebuah permasalahan serta mencari solusi yang terbaik dengan memakai kemampuan penalaran yang anda miliki secara fleksibel, akan tetapi tidak mengurangi nilai substansi secara logis dan teknik. Akan tetapi, Jika anda ingin lebih mantap di dalam menganalisa soal tes Psikotes penalaran, maka tentunya Anda bisa mempelajarinya lebih ekstra dengan memanfaatkan beragam contoh soal yang tingkat kesulitannya sudah cukup Kompleks. Adapun alasan utama yaitu logika pada sebuah psikotes memiliki tingkatan tertentu dan memerlukan penanganan yang tidak biasa.

Contoh soal psikotes logika penalaran

Silakan anda Simak beberapa contoh soal psikotes logika penalaran di bawah ini Dan manfaatkan untuk meningkatkan wawasan dan ilmu yang anda miliki

Contoh soal psikotes logika penalaran nomor 1

Seluruh pemain sepak bola yang memiliki kewarganegaraan Italia memiliki wajah tampan. Andi merupakan pemain sepak bola yang memiliki kewarganegaraan Inggris.

a. Andi bukanlah termasuk pemain sepak bola yang memiliki wajah tampan
b. Andi merupakan pemain sepak bola yang memiliki wajah tampan
c. Walaupun tidak memiliki kewarganegaraan Italia, anda sudah pasti memiliki wajah tampan
d. Sangat mustahil dan tidak masuk akal Andi memiliki wajah tampan
e. Tidak bisa diambil kesimpulan

Contoh soal psikotes logika penalaran nomor 2

Sebagian orang yang memiliki minat menjadi bagian dari politikus hanya menginginkan tahta dan harta. Andi tidak memiliki minat untuk menjadi seorang politikus

a. Andi tidak menginginkan tahta dan harta
b. Tahta tidak Termasuk sebagai keinginan Andi, namun harta bisa jadi iya
c. Andi menginginkan adanya Tahta, namun tidak memiliki minat untuk menjadi seorang politikus
d. Andi tidak menginginkan untuk menjadi seorang politikus Karena dia sudah memiliki tahta dan sudah kaya
e. Tidak bisa diambil kesimpulan

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Bahasa Inggris Dan Jawabannya

Contoh soal psikotes logika penalaran nomor 3

Andi menginginkan untuk bisa nikah sebelum memiliki rumah. Andi menginginkan untuk bisa bekerja sebelum menikah. Setelah memperoleh pekerjaan, dia ingin membuka usaha sampingan. Andi ingin memiliki anak Setelah dia memiliki rumah. Andi ingin menikah Setelah dia memiliki usaha sampingan. Andi juga ingin memiliki usaha sampingan sebelum dia memiliki rumah. Manakah urutan yang paling tepat dari pernyataan di atas?

a. Mendapatkan pekerjaan, menikah, memiliki rumah, memiliki usaha sampingan, memiliki anak
b. Mendapatkan pekerjaan, menikah, memiliki usaha sampingan, memiliki rumah, memiliki anak
c. Memiliki usaha sampingan, mendapatkan pekerjaan, menikah, memiliki anak, memiliki rumah
d. Memiliki anak, menikah, memperoleh pekerjaan, memiliki usaha sampingan, memiliki rumah
e. Memperoleh pekerjaan, memiliki usaha sampingan, menikah, memiliki rumah, memiliki anak

Pada soal tes logika penalaran di bawah ini, silahkan anda jawab

a. Jika benar
b. Jika salah di bagian pernyataan pertama
c. Jika salah di bagian pernyataan kedua
d. Apabila pernyataan pertama dan pernyataan kedua salah
e. Jika pada kesimpulan salah

Contoh soal psikotes logika penalaran nomor 4

a. Seluruh hewan mamalia bernafas dengan menggunakan paru-paru
b. Ikan salmon merupakan hewan mamalia
c. Jadi, ikan salmon bernafas dengan menggunakan paru-paru

Contoh soal psikotes logika penalaran nomor 5

a. Sebuah pabrik dengan nama Bangun Jaya hanyalah memberikan kenaikan gaji untuk karyawannya paling banyak 2 kali dalam waktu 1 tahun.
b. Andi merupakan salah satu staf Departemen pemasaran yang amat sangat berprestasi pada pabrik bangun jaya tersebut.
c. Jadi, jika anda bisa memperoleh kenaikan gaji lebih dari dua kali lipat dalam waktu 1 tahun.

Pada soal nomor 5 berikut ini, silahkan anda jawab pertanyaan dengan dasar cerita yang sudah diberikan

Dodi merupakan anak yatim. Dodi mempunyai kucing yang sangat disayanginya dan diberi nama di. Dodi serta Titi ke mana-mana seringnya selalu berduaan. Kondisi tersebut layaknya seorang kakak dan adik. Di sekolahan, Dodi juga sangat disayangi oleh Ibu Rina. Di antara semua siswa di kelas 1 SD, Ibu Rina Sangatlah menyaingi Dodi disebabkan di samping Dodi sudah yatim, dia juga merupakan anak bungsu dan memiliki wajah imut.
Toni merupakan teman yang paling akrab dengan Dodi. Walaupun bukan merupakan satu angkatan, mereka berdua sangatlah akrab dan sering sekali bermain di sawah dan di sungai bersama-sama. Tony seringkali mengolok-olok Dodi sebagai anak yang manja, namun hal tersebut hanyalah sebagai gurauan dan Dodi bisa menerima hal tersebut. Disebabkan karena jalan yang berasal dari rumah Dodi menuju ke sekolahan cukuplah jauh maka kadangkala Dodi meminta bantuan untuk diboncengkan sepeda motor kepada Pak Sobirin. Pak Sobirin merupakan tetangga di mana tempat kerjanya satu arah dengan sekolahan Dodi.
Berdasarkan dari cerita diatas, Berikut ini merupakan sejumlah hal yang tidak mustahil, kecuali?

Baca Juga   Contoh Soal Tes Logika Penalaran

a. Cukuplah sedikit tetangga Dodi yang memiliki hati baik
b. Toni memiliki Ibu dan Ayah
c. Adik dari Dodi masih Berusia dibawah 7 tahun
d. Teman-teman sekolah dari Dodi jumlahnya adalah lebih dari 30 anak
e. Dodi merupakan penggemar berat dari ikan bandeng

Demikianlah beberapa contoh soal psikotes logika penalaran yang bisa saya ulas dan saya bagikan pada posting kali ini. Harapan penulis bahwa contoh soal penalaran di atas mampu anda jadikan sebagai bahan bacaan dan bahan belajar untuk mempersiapkan diri mengikuti tes psikotes secara umum. Terima kasih dan selamat belajar, semoga sukses.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *