Home / Materi Umum / Psikotes / Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Apakah sekarang ini anda sedang mencari referensi dan contoh soal psikotes masuk polisi karena anda hendak mengikuti tes psikotes masuk polisi? Apabila ia, maka silakan anda baca terus ulasan pada kesempatan kali ini karena saya akan mencoba untuk memberikan contoh soal psikotes masuk polisi spesial untuk anda. Tentunya, beragam jenis soal psikotes masuk polisi perlu anda kuasai sehingga pada akhirnya anda mampu untuk menjawab seluruh soal tes psikotes pada hari pelaksanaan.

Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Contoh Soal Psikotes Masuk Polisi

Bagian pertama yang akan kita bahas yaitu tentang soal kecerdasan di dalam tes psikotes, di mana rata-rata seluruh tingkatan di dalam menghadapi soal tes psikotes tersebut adalah sama, baik untuk AKPOL, SIPSS, dan BRIGADIR serta TAMTAMA pastinya akan menemukan soal jenis ini. Secara umum, soal tes psikotes kecerdasan rata-rata memiliki jumlah soal 100 butir pilihan ganda yang wajib untuk diselesaikan dalam durasi 90 menit. Artinya adalah bahwa 1 soal harus dikerjakan kurang dari 1 menit. Untuk itulah, supaya anda bisa memperoleh nilai yang memuaskan maka tentunya anda harus sering berlatih mengerjakan soal tersebut.

Adapun soal psikotes masuk polisi jenis kategori kecerdasan umum meliputi:

  1. Soal tes psikotes logika gambar
  2. Soal tes psikotes premis
  3. Soal tes psikotes penalaran kejadian menarik kesimpulan
  4. Soal tes psikotes pengetahuan umum nasional
  5. Soal tes psikotes deret angka
  6. Soal tes psikotes analogi
  7. Soal tes psikotes antonim dan sinonim

Bagian kedua yang perlu anda kuasai adalah tentang soal psikotes kepribadian. Sama halnya dengan soal tes psikotes kecerdasan, soal tes psikotes kepribadian juga biasanya terdiri atas 100 soal yang selalu berhubungan dengan pola kehidupan kita sehari-hari. Rata-rata, bentuk soal dari tes psikotes kepribadian adalah berupa pernyataan sederhana. Tugas dari peserta yaitu memilih salah satu dari jawaban yang dianggap paling sesuai dengan kondisi diri peserta. Peserta biasanya akan diberikan pilihan sampai dengan 5 kemungkinan jawaban dalam bentuk pilihan ganda.

Baca Juga   Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Apabila pilihan yang disediakan untuk peserta tes psikotes kepribadian terdiri dari 4, maka akan memiliki konsep:

  1. Apabila anda sangat tidak menyetujui dengan pernyataan pada soal
  2. Apabila anda tidak menyetujui dengan pernyataan pada soal
  3. Apabila anda menyetujui pernyataan pada soal
  4. Apabila anda sangat tidak menyetujui pernyataan pada soal

Jika pada soal terdiri atas 4 pilihan jawaban, maka akan mempunyai konsep:

  1. Apabila anda sangat tidak menyetujui dengan pernyataan pada soal
  2. Apabila anda tidak menyetujui dengan pernyataan pada soal
  3. Apabila anda ragu-ragu terhadap pernyataan pada soal
  4. Apabila anda menyetujui pernyataan pada soal
  5. Apabila anda sangat tidak menyetujui pernyataan pada soal

Adapun tips untuk anda supaya bisa memilih jawaban dari soal dengan paling tepat adalah dengan memilih pernyataan sangat tidak setuju atau sangat setuju. Jawaban atas pernyataan tersebut biasanya akan memperoleh nilai yang sangat tinggi. Guna bisa menyelesaikan soal tes psikotes kepribadian, maka kunci yang harus anda terapkan adalah jawaban sebagai warga negara yang baik dan memiliki cita-cita untuk melindungi, mengayomi serta mentaati semua peraturan yang ada.

Apabila anda menerapkan kata kunci di atas, maka nilai yang akan anda peroleh cukuplah besar dan perlu kita ketahui bersama bahwasanya jenis soal tes psikotes kepribadian sangat jarang mengalami perubahan. Oleh sebab itu, pelajarilah sejumlah contoh soal yang sudah anda dapatkan.

Beberapa bagian yang dinilai pada soal tes psikotes kepribadian yaitu:

  1. Kepercayaan diri
  2. Penyesuaian diri
  3. Pengendalian diri
  4. Prososial dengan masyarakat

Bentuk soal tes psikotes masuk polisi yang berikutnya adalah soal psikotes minat. Biasanya, jumlah soal tes psikotes minat adalah 75 soal dimana pada masing-masing soal tersebut berbentuk dua buah pernyataan sederhana. Tugas anda yaitu memilih pernyataan yang paling sesuai dengan diri anda sendiri. Secara umum, tes psikotes minat memiliki tujuan guna mengetahui apakah tujuan utama anda untuk masuk kepolisian dan bagaimana sikap anda pada saat bekerja.

Baca Juga   Contoh Alat Tes Psikologi Dan Alat Tes Intelektual

Adapun faktor yang dinilai pada pelaksanaan tes psikotes minat di antaranya adalah dari sisi humanisme, demokratis, kebenaran, keadilan, pelayanan sosial serta prosedural ketika bekerja. Adapun kata kunci supaya anda bisa menyelesaikan soal tes psikotes minat dengan baik dan benar yaitu anda harus menjawab sebagai manusia yang mempunyai pribadi yang bertanggung jawab dan profesional pada saat bekerja serta dapat memanajemen waktu dengan baik serta memiliki kreativitas yang tinggi. Pada saat terdapat dua hal yang sangat penting di tabrakan, maka anda harus mampu memilih salah satu pekerjaan dengan tidak meninggalkan kewajiban yang lainnya.

Apabila anda mengikuti kata kunci di atas, maka bisa dipastikan nilai yang anda dapatkan cukuplah besar. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui sejumlah faktor yang dinilai supaya anda memahami tujuan dari penggunaan soal-soal tes psikotes minat tersebut, yaitu guna mengetahui kondisi kepribadian anda serta memperoleh seseorang yang memiliki 6 komponen di atas. Oleh sebab itu, guna memperoleh nilai yang tinggi maka anda wajib untuk menjawab berdasarkan 6 faktor kepribadian di atas dengan baik.

Contoh soal psikotes masuk polisi yang berikutnya adalah soal psikotes sikap kerja. Pada soal psikotes sikap kerja tersebut membutuhkan banyak sekali latihan dan kerja keras karena pada soal psikotes sikap kerja membutuhkan konsentrasi serta kecepatan tinggi di dalam mengerjakannya. Soal psikotes sikap kerja tersebut biasanya dikerjakan setelah anda menyelesaikan tiga bentuk soal di atas dan tentunya dalam kondisi badan dan otak yang sudah cukup telah. Sejumlah faktor yang dinilai pada pelaksanaan tes psikotes sikap kerja di antaranya adalah ketelitian, daya tahan dan kecepatan. Oleh sebab itu, guna memperoleh hasil maksimal dari soal psikotes sikap kerja tersebut maka tentunya anda harus selalu latihan dengan keras. Biasanya bentuk soal yang dihadapi adalah soal tes objek hilang.

Baca Juga   Apa Itu Psikotes Pada Saat Tes Seleksi Masuk Kerja

Demikianlah penjabaran tentang bentuk contoh soal psikotes masuk polisi yang kerap kali akan anda hadapi ketika anda mengikuti pelaksanaan tes psikotes seleksi polisi. Mudah-mudahan, penjabaran tentang bentuk-bentuk dari soal psikotes masuk polisi di atas mampu memberikan gambaran kepada anda tentang soal-soal yang nantinya akan anda kerjakan. Terima kasih, selamat berburu contoh soal tes psikotes masuk polisi, semoga berhasil.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Mari Belajar Psikotes Sebelum Ikut Tes Psikotes

Apabila anda mencoba untuk belajar psikotes terlebih dahulu sebelum mengikuti tes psikotes yang sebenarnya, maka ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *