Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Dan Pembahasannya

Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Dan Pembahasannya

Contoh soal psikotes matematika dasar memang sangat banyak dicari oleh para pemburu soal, khususnya bagi mereka yang sedang belajar tes psikotes matematika. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa kata matematika bisa jadi merupakan momok yang cukup menakutkan, apalagi bagi mereka yang kemampuan matematikanya pas-pasan. Namun demikian, ketika kita mampu untuk belajar secara sungguh-sungguh dan terus-menerus, maka tentunya tidak menutup kemungkinan kita bisa mahir mengerjakan soal psikotes matematika dasar hingga pada akhirnya kita bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar Dan Pembahasannya

Guna membantu anda di dalam memahami konsep dari contoh soal psikotes matematika dasar, maka pada kesempatan yang baik ini saya akan mencoba mengulas dan memberikan spesial untuk anda contoh soal psikotes matematika dasar dan pembahasannya. Tentunya, diharapkan setelah anda memahami contoh soal psikotes matematika dasar yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini maka anda akan memiliki kemampuan yang lebih baik dari sebelumnya dan pada akhirnya anda bisa mengikuti pelaksanaan tes psikotes secara umum dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Contoh soal psikotes matematika dasar dan pembahasannya

Baiklah, tanpa panjang lebar lagi mari kita bahas beberapa contoh soal psikotes matematika dasar. Silahkan anda baca dengan teliti dan kerjakan dengan sungguh-sungguh. Setelah anda mendapatkan jawabannya, maka silahkan anda cocokkan dengan pembahasan yang ada pada bagian bawah.

  1. Seseorang yang berprofesi sebagai seorang petani membeli sejumlah anak kambing yang harganya adalah rp. 8.000. Selanjutnya, ia menjual kembali dengan harga rp. 7.500. Petani tersebut memperoleh keuntungan rp300 untuk setiap ekor anak kambing. Berapa ekor anak kambing yang petani tersebut beli?
  2. Sebuah mobil sedang melaju dengan kecepatan kurang lebih 30 km per jam di dalam cuaca yang berkabut. Pada saat hari sedang perang, mobil tersebut mampu melaju dengan kecepatan sekitar 60 km per jam. Berapakah waktu yang diperlukan oleh mobil tersebut untuk menempuh jarak sekitar 210 km apabila 2/7 dari total perjalanan yang ditempuh dalam keadaan berkabut?
  3. Suatu pintu air pada sebuah tempat memiliki 523 cabang saluran di mana dalam waktu 1 minggu digunakan sekitar 8891 liter air. Berapakah liter air secara rata-rata yang digunakan oleh masing-masing keluarga dalam waktu tersebut?
  4. Seorang tukang pada saat hendak membuat jalan diharuskan untuk memotong ubin yang memiliki panjang 6 dm serta lebar 40 cm. Tukang tersebut memerlukan 600 buah ubin. Berapakah ukuran luas dari jalan tersebut?
  5. Sebuah pabrik mampu menyediakan arang batu guna memanaskan sebanyak 6 buah gatal dalam waktu 4 minggu. Berapa langkah kah pabrik tersebut menyediakan arang batu agar 18 sebuah ketel uap bisa dipanaskan?
  6. Apabila panjang dari kepala ikan adalah 9 cm, sementara itu panjang ekor dari ikan tersebut adalah sama dengan panjang kepala yang sudah ditambah dengan panjang setengah badan. Sementara itu, panjang dari badan ikan tersebut yaitu panjang ekor ditambah dengan panjang kepala. Berapakah total panjang keseluruhan dari iklan tersebut?
  7. Bejana memiliki bentuk silinder dan berisi sepertiganya. Apabila ditambahkan dengan 3 liter, bejana tersebut bisa berisi setengahnya. Berapa literkah isi total dari bejana tersebut?
Baca Juga   Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Setelah anda memahami dan mengerjakan contoh soal psikotes matematika dasar di atas, makan mari cocokkan jawaban anda dengan pembahasan di bawah ini

  1. (8000-7500) / 300=500/300 = 2 ekor anak kambing
  2. (2 / 7)(210 / 30) + (5 / 7)(210 / 60) = 4,5 jam perjalanan
  3. 8891 / 523 = 17 liter untuk setiap keluarga
  4. 6 dm×40 cm × 600 = 0,6 m×0,4 m×600 = 144 m persegi
  5. 18 / 6 adalah 3 kali arang batu
  6. K = 9, e = (k+b)/2, b = (e+k) –> selesaikan –> b = 27, e = 18 —-> k+b+e = 9+27+18 = 54 cm
  7. V/3+3= v/2 –> v/2-v/3= 3 –> v/6 = 3 –> v = 3×6 = 18 liter

Cukup mudah bukan menyelesaikan soal psikotes matematika dasar di atas? Bagaimana dengan jawaban anda? Apakah sudah benar dan sesuai dengan pembahasan diatas. Apabila sudah, maka selamat bahwa anda sudah mampu untuk memahami berbagai macam bentuk soal tes psikotes matematika dasar. Untuk memantapkan diri anda di dalam mengerjakan soal tes psikotes matematika dasar, maka silakan anda coba kerjakan kembali contoh soal berikut ini.

Apabila 12 februari = 14, 10 maret = 13, 9 april = 13, 5 agustus = 13, maka 14 september =??

Tes logika aritmatika / aritmetika

Sebelum mengerjakan soal di atas, maka anda harus memahami konsep dari tes logika aritmatika. Pekerjaan anda pada soal di atas yaitu menjawab angka berdasarkan atas pola deret angka. Tentunya, untuk bisa mengerjakan soal di atas maka anda tidak boleh terpaku pada dua atau tiga angka saja. Anda harus memperhatikan seluruh angka yang ada pada soal guna memahami secara pasti pola yang nantinya dipakai di dalam menyusun deretan angka pada soal tersebut.

Pengertian aritmatika

Aritmatika merupakan sebuah ilmu hitung yang masuk ke dalam cabang matematika dan berfungsi untuk mempelajari operasi dasar sebuah bilangan. Aritmatika merupakan salah satu ilmu hitung dasar dari matematika. Adapun operasi dasar dari aritmatika meliputi pembagian, perkalian, pengurangan dan penjumlahan. Walaupun demikian, sejumlah operasi lain yang lebih canggih yakni logaritma, pemangkatan, akar kuadrat dan presentase.

Baca Juga   Contoh soal tes kerja matematika dasar

Pembahasan soal di atas

Apabila kita lihat secara keseluruhan, maka tentunya kita bisa menambahkan tanggal serta bulan tersebut

  • 12 ditambah 2 disebabkan karena bulan februari merupakan bulan kedua, sehingga hasilnya 14
  • 10 ditambah 3 disebabkan karena bulan maret merupakan bulan ketiga sehingga hasilnya adalah 13
  • 9 ditambah 4 disebabkan karena bulan april merupakan bulan keempat sehingga hasilnya 13
  • 5 + 8 disebabkan karena bulan agustus merupakan bulan ke-8 sehingga hasilnya adalah 13

Apabila disimpulkan maka jawaban yang didapat adalah 23.

Pembahasan nya adalah 14 ditambah 9 disebabkan karena bulan september merupakan bulan ke-9 sehingga hasilnya adalah 23.

Demikianlah penjabaran singkat tentang contoh soal psikotes matematika dasar dan pembahasannya. Semoga saja, kemampuan dan ilmu anda akan semakin bertambah seiring dengan semakin banyaknya contoh soal psikotes matematika dasar yang anda pelajari. Terima kasih dan selamat belajar. Semoga sukses.

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *