Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Psikotes Perbankan

Contoh Soal Psikotes Perbankan

Pada kesempatan yang baik ini penulis akan mencoba berbagi sejumlah contoh soal psikotes perbankan. Contoh soal psikotes perbankan yang akan saya bahas tentunya bersifat umum dan bisa anda pelajari sebagai bahan tambahan untuk mengikuti pelaksanaan tes psikotes baik di bank danamon, bank bni, bank btn, bank bca maupun bank mandiri. Contoh soal psikotes perbankan yang akan saya ulas pada kesempatan kali ini berbentuk seri deret sehingga tentu anda wajib memahami dasar-dasar dari kompetensi matematika.

Contoh Soal Psikotes Perbankan

Tentunya, sejumlah contoh soal psikotes perbankan perlu dilakukan update, salah satunya adalah pada artikel kali ini. Penulis akan mencoba untuk memberikan sejumlah contoh soal psikotes perbankan secara gratis dan tentunya bisa anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Silakan anda simak beberapa contoh di bawah ini.

Contoh Soal Psikotes Perbankan

1. 8–17–33–…–…–257.
Angka yang paling tepat guna mengisi dua bagian yang kosong pada soal di atas yaitu
a. 63,127
b. 64,128
c. 65,129
d. 66,130

2. 6; 3; 4; 1; 2; -1. . .
Angka yang paling tepat untuk mengisi deret angka diatas yaitu. . .
a. 0
b. -2
c. -4
d. -6

3. 1; 2; 5;. . .
Angka yang paling tepat untuk mengisi deret angka diatas adalah. . .
a. 29
b. 28
c. 27
d. 26

4. Apabila nilai a adalah 5 dan nilai b adalah 2, maka berapakah nilai dari a³-3a²b + 3ab²-b³?
a. 27
b. 26
c. 25
d. 24

5. Seorang penjual mengantarkan mangkok sop ke dalam sebuah toko. Penjual tersebut hanya memiliki kemampuan untuk membawa 2 buah mangkok sop. Berapa kalikah penjual tersebut harus pergi guna mengantarkan mangkok sop sebanyak 9?
a. 7
b. 6
c. 5
d. 4

Baca Juga   Download Buku Psikotes Terbaik

Pembahasan soal:

1. Bagian pertama yang harus anda pikirkan adalah bagaimana terdapat angka 17 setelah angka 8. Anda tentunya bisa mengalihkan dengan angka 2. Tentunya hasil yang didapat adalah 16 dan tidak sesuai dengan soal yang ada. Dalam kondisi tersebut, anda dapat mencoba untuk menyelesaikan soal tersebut dengan cara mengalikan dengan angka 2 dan setelah itu menambahkannya dengan angka satu. Contohnya adalah 8 * 2 + 1 sehingga hasilnya adalah 17. Lalu, bagaimana dengan angka 33? Bukankah 17 dikalikan dua hasilnya bukan 33? Kemungkinan besar adalah 16 * 2 + 1. Dengan demikian maka akan didapat hasil 65 dan 128.

2. Tahap pertama yang harus anda kerjakan yaitu mencari kaitan dua buah bilangan yang posisinya berdekatan, lalu dari pencarian hubungan tersebut disimpulkan pola yang paling masuk akal. Jika pada soal nomor 1 tidak dapat, maka anda bisa menganggap bahwa barisan bilangan tersebut memiliki dua buah barisan bilangan yang saling berselang seling dengan memakai pola yang berbeda. Sehingga didapat jawaban 0.

3. Apabila disimak bahwa pola yang berlaku pada soal di atas yaitu n² + 1. Sehingga bilangan yang selanjutnya adalah 5² + 1 = 26

4. Rumus yang digunakan pada soal di atas adalah
Axb=c
a=c/b
b=c/a
Sehingga akan diperoleh hasil a³-3a²b+3ab²-b³ adalah (a-b)³
(5-2)³=3³=27

5. Jika dilihat secara teori bahwa 1 jam adalah 60 menit dan 1 menit adalah 60 detik. Maka bisa diambil kesimpulan bahwa 9 dibagi 2 didapat angka 4,5 sehingga dibulatkan menjadi 5

Sekian sejumlah ulasan tentang contoh soal psikotes perbankan yang bisa anda gunakan sebagai salah satu bagian untuk belajar memperdalam ilmu dan pengetahuan khususnya adalah pada bidang matematika. Dengan memperbanyak mengerjakan latihan soal di bidang matematika maka tentunya peluang anda untuk bisa lolos pada saat pelaksanaan tes psikotes dunia perbankan akan semakin besar. Mudah-mudahan bermanfaat dan berguna untuk pengunjung sekalian.

Baca Juga   Inilah Bocoran Tes Indomaret Paling Baru

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *