Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh soal psikotes PLN Terbaru

Contoh soal psikotes PLN Terbaru

Berikut ini adalah sejumlah pengalaman di dalam mengikuti pelaksanaan tes potensi akademik di PLN. Beragam contoh soal psikotes PLN tentunya perlu dijadikan sebagai acuan dan bahan belajar bagi kita bersama sehingga pada akhirnya kita akan merasa lebih mudah ketika menghadapi beragam soal tes psikotes perekrutan pegawai atau karyawan PLN.

Contoh soal psikotes PLN Terbaru

Apabila anda sudah berhasil lolos pada sisi administrasi, maka tahapan berikutnya sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda akan memperoleh panggilan untuk mengikuti tes potensi akademik. Pada tahapan tes tersebut, anda juga harus berjuang sekuat tenaga dengan cara mempelajari berbagai macam contoh soal psikotes PLN. Pelaksanaan dari tes psikotes PLN juga dilakukan di sejumlah tempat, misalnya adalah di jakarta, di yogyakarta, dan di sejumlah kota lainnya.

Pelaksanaan untuk tes psikotes PLN pada bagian tes potensi akademik berlangsung kurang lebih 2 jam. Dalam waktu 2 jam tersebut tentunya anda harus berjuang ekstra keras supaya hasil yang didapat memuaskan. Walaupun dilaksanakan dengan susah payah, namun tentunya semangat harus tetap tinggi karena untuk bisa diterima masuk di PLN bukanlah perkara yang mudah. Namun, apabila anda berhasil untuk masuk kerja di PLN, maka anda akan memperoleh prestise yang lumayan tinggi.

Oleh sebab itu, silakan anda lakukan persiapan dengan sebaik-baiknya. Sejumlah buku-buku pelajaran pada saat duduk di bangku sekolah serta hangout yang kadangkala sudah berdebu bisa anda buka kembali. Tentunya, materi-materi yang sudah pernah anda dapatkan di bangku sma bisa jadi keluar pada soal. Dengan mempelajari buku-buku lawas milik anda pada saat sekolah maka tentunya akan membuka ulang ilmu-ilmu yang sebelumnya sudah dilupakan.

Berdasarkan ilmu psikologi bahwa sejumlah hal yang pernah kita alami akan selalu tersimpan di dalam memory kita. Hanya saja, karena materialnya yang sangat banyak maka kadangkala hal-hal yang kurang penting akan ditumpuk dibagian paling belakang dan pada akhirnya akan dilupakan. Dengan membuka kembali sejumlah catatan yang ada pada buku di jaman sekolah dahulu, maka kita sebenarnya sedang memanggil kembali ingatan yang sudah kita miliki dari dulu.

Seperti itulah nasib dari ingatan mengenai pelajaran. Tentu, secara alam bawah sadar kita, pada saat kita sekolah dulu, sejumlah pelajaran dianggap kurang penting. Oleh sebab itu akan menyebabkan konsentrasi belajar tidaklah fokus. Beda cerita ketika kita mempelajari berbagai macam tips dan trik menang pada saat bermain game pro evolution soccer. Walaupun sebenarnya bermain game adalah kesenangan sesaat.

Contoh soal psikotes PLN

Baiklah, berikut ini sejumlah contoh soal tes psikotes PLN yang bisa anda gunakan sebagai bahan belajar bersama.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Aritmatika Dan Cara Penyelesaiannya

Tes pengetahuan umum

Bentuk dari soal tes pengetahuan umum secara umum adalah berupa soal-soal yang membahas mengenai apa saja yang ada di wilayah sekitar kita. Contohnya adalah:

Berapakah jarak dari surabaya ke jakarta?
a. 1000/950 km
b. 900 km
c. 700 km
d. 800 km
e. 600 km

Dari nama-nama kota berikut ini, manakah kota yang posisinya berada paling selatan di peta?
a. Kota jakarta
b. Kota semarang
c. Kota bandung
d. Kota surabaya
e. Kota cirebon

Seseorang yang berada di tengah lapangan di dalam pertandingan sepak bola akan tetapi dia tidak ikut bertanding yaitu. . . .
a. Penonton
b. Tepuk tangan
c. Penonton
d. Lawan
e. Wasit

Pada soal di atas, maka anda cukup memilih jawaban yang anda anggap paling benar. Apabila terdapat jawaban yang cukup mirip, maka anda harus memastikan bahwa salah satu dari jawaban tersebut adalah yang paling benar. Tentu, contoh soal di atas tidaklah ada kaitanya dengan pelajaran. Contoh soal di atas lebih mengarah kepada kemampuan kita didalam menalar dan dikombinasikan dengan sejumlah bacaan mengenai hal-hal yang bersifat umum.

Tes kemampuan verbal

Sesuai dengan namanya yaitu tes kemampuan verbal bahwa tes tersebut berkaitan dengan sejumlah kata. Tes kemampuan verbal akan menguji seseorang seberapa banyak pembendaharaan kata yang telah dimilikinya.

Suka–duka = panas–…. .
a. Getir
b. Dingin
c. Tertawa
d. Bekerja
Jawaban yang benar adalah dingin

Kacang–buah polong-polongan = beras–…. .
a. Panjang
b. Tanah
c. Padi
d. Hijau
Jawaban yang benar adalah padi

Kacamata–lensa = gerobak–……………
a. Teropong
b. Melihat
c. Hidung
d. Roda
Jawaban yang benar adalah roda

Cara menjawab dari soal tes kemampuan verbal adalah dengan memilih salah satu hubungan yang paling tepat di sejumlah opsi jawaban yang disediakan

Tes kemampuan verbal versi lain

Pada tes kemampuan verbal yang lainnya, maka anda akan disuruh untuk mencari 1 buah kata yang tidak memiliki hubungan dengan kata yang lainnya. Contohnya adalah:

a. Arah b. Selatan c. Perjalanan d. Jurusan e. Timur
Jawaban yang benar adalah c. Perjalanan. Hal tersebut disebabkan karena kata perjalanan tentu tidak ada kaitanya dengan arah

a. Lengkung b. Elips c. Lingkaran d. Panah e. Busur
Jawaban yang benar yaitu d. Panah. Hal tersebut disebabkan karena empat jawaban yang lainnya tidak ada kaitanya dengan sesuatu yang berbentuk lengkung

a. Buku b. Benang c. Wol d. Baja e. Batu
Jawaban yang benar adalah c. Wol. Hal tersebut disebabkan karena empat jawaban yang lainnya merupakan kata yang semuanya diawali dengan huruf b. Sementara itu hanya kata wool yang tidak diawali dengan huruf b.

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Logika Penalaran

Pada intinya untuk bisa mengerjakan tes kemampuan verbal adalah pada sisi imajinasi. Anda tentunya wajib untuk bisa melihat dengan seksama serta mencari posisi benang merahnya. Pilihlah salah satu jawaban yang tidak memiliki kaitan dengan kata yang lainnya dari beberapa opsi yang disediakan.

Tes mengenai ungkapan makna

Tes ungkapan makna tentunya ditujukan guna melihat pemahaman anda di dalam menentukan posisi benang merah dari kata yang disediakan pada soal. Terkadang soal yang diberikan cukuplah aneh dan secara sepintas tidak ada kaitan nya. Namun, silakan anda pikirkan sekali lagi dan usahakan untuk bisa memiliki pikiran out of the box. Dengan demikian, bisa dipastikan anda akan bisa menemukan kaitan soal dengan salah satu jawaban yang disediakan.

1. Pembelian–penjualan =. . . . Jawaban yang benar adalah pasar
2. Kiri–kanan =. . . . . . . Jawaban yang benar adalah arah
3. Kristal–gula =. . . . . . . Jawaban yang benar adalah intan

Adapun teknik menjawab soal di atas yaitu dengan mencoba berimajinasi, kata apa yang pas dengan pasangan kata yang ada pada soal sehingga pada akhirnya memiliki keterkaitan.

Soal aritmatika sederhana

Sesuai dengan namanya bahwa soal aritmatika sederhana bisa berupa rangkaian dari soal hitungan.
Berapakah jumlah dari 47 orang dan 9 orang? Jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah 56 orang
0–1–2–3–4–5–6–7–8–9
Silakan anda lingkari angka 5 dan angka 6

Jika ada 6 orang wajib membagi Rp. 480, maka berapa rupiahkah yang akan didapatkan oleh setiap orang? Jawaban yang benar adalah rp. 80
0–1–2–3–4–5–6–7–8–9
Silahkan anda lingkari angka nomor 8 dan nomor 0

Berapa jam kah yang wajib untuk ditempuh oleh satu kereta api yang berjalan dengan kecepatan 70 km setiap jam serta memiliki panjang jalan 350 km?
Untuk menyelesaikan soal tersebut maka janganlah terlalu ribet di dalam berpikir. Soal tersebut hanyalah merupakan soal yang sederhana. Jika anda sudah pernah lulus dari sd, maka tentunya bisa untuk menjawabnya. Jawaban yang benar adalah 5 jam.
0–1–2–3–4–5–6–7–8–9
Silakan anda lingkari angka nomor 5

Langkah di dalam menjawabnya adalah apabila terdapat angka yang kembar dari proses perhitungan, maka bisa dipastikan terdapat jawaban yang salah. Hal tersebut disebabkan karena satu angka hanyalah bisa dicoret satu kali saja. Silakan anda cari kembali apabila jawabannya 5,5

Soal mengenai deret aritmatika

Untuk mengerjakan soal deret aritmatika, maka kita harus lebih konsentrasi lagi. Soal deret aritmatika tersebut tentu melibatkan kegiatan imajinasi terhadap angka. Biasanya, isi dari soal deret aritmatika adalah rangkaian soal yang terdiri atas deretan angka aritmatika. Contohnya adalah:

Baca Juga   Contoh Psikotes BUMN Pada PT Pegadaian

4–8–12–16–20–24–28–. —
Jawaban yang benar adalah 32. Dari manakah prosesnya? Angka tersebut diperoleh dari pola yang digunakan, yakni masing-masing angka selalu ditambah dengan 4. Jadi bisa disimpulkan bahwa angka terakhir adalah 28 tambah 4 sehingga hasilnya 32.
0–1–2–3–4–5–6–7–8–9
Silakan anda lingkari angka nomor 3 dan angka nomor 2

17–22–27–32–37–42–47–52–. —
Jawaban yang benar adalah 57. Bagaimana caranya? Seperti yang dilakukan pada soal sebelumnya bahwa masing-masing angka harus ditambah dengan angka 5. Jadi angka 52 ditambah 5 hasilnya adalah 57
0–1–2–3–4–5–6–7–8–9
Silakan anda lingkari angka nomor 5 dan nomor 7

1–2–4–8–16–32–64–128–. —
Mulai sulit untuk memahami pola dari soal deret aritmatika di atas? Memang cukup sulit. Pola yang digunakan pada soal di atas yaitu dengan cara mengalikan masing-masing angka terakhir dengan angka 2 guna menghasilkan angka pada deret berikutnya. Jadi jawaban dari soal di atas adalah 128 x 2 = 256
0–1–2–3–4–5–6–7–8–9
Silakan anda lingkari angka 2, angka 5 dan angka 6

Langkah di dalam menjawabnya adalah apabila lembar jawaban nya merupakan deret angka seperti tertera pada bagian di atas yakni 0–1–2–3–4–5–6–7–8–9 maka bisa dipastikan jawabannya tidak akan ada angka yang sama. Contohnya adalah 2 55, bisa dipastikan bahwa cara menghitungnya adalah keliru. Namun, apabila pilihan jawaban yang disediakan merupakan pilihan ganda, maka anda tinggal mencari saja jawaban yang paling sesuai.
Di luar sejumlah contoh soal di atas, tentunya masih terdapat contoh soal yang lainnya dan ada hubungannya dengan bidang datar serta bidang tiga dimensi. Namun, pada intinya semua soal yang digunakan akan menguji seberapa jauh otak anda di dalam berimajinasi.

Demikianlah beberapa contoh soal psikotes PLN yang bisa saya share pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan, walaupun sederhana contoh soal di atas mampu untuk menambah ilmu dan wawasan anda sekalian. Ingat, janganlah selalu terpaku kepada teknik hafalan. Selalu belajar untuk melogika sehingga pada akhirnya mampu untuk memecahkan berbagai macam soal yang memiliki persamaan konsep namun berbeda dari sisi angkanya.
Apabila dilihat dari tingkat kesulitan untuk mengerjakan soal diatas adalah cukup mudah. Hanya saja kadangkala yang menjadi permasalahan adalah keterbatasan waktu.

Apabila tidak ada batasan waktu maka tentunya setiap orang bisa menjawab berbagai macam soal dengan sebaik-baiknya. Apabila iq yang dimiliki tidak bagus dan jarang latihan maka tentunya kebutuhan waktu guna menjawab soal-soal di atas bisa membengkak. Oleh sebab itu maka tentunya iq haruslah sering dilatih supaya bisa cepat di dalam menghitung angka. Demikian, terima kasih dan semoga bermanfaat

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *