Home / Contoh Soal / Soal Psikotes / Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Didalam posting Pada kesempatan kali ini, saya akan mencoba untuk mengulas contoh soal tes logika penalaran. Sebagai awalan perlu diketahui bersama bahwa soal psikotes logika penalaran merupakan salah satu jenis tes psikologi yang memiliki tujuan guna melakukan pengujian terhadap kemampuan seseorang pada kegiatan berfikir berdasarkan nalar maupun masuk akal. Tentunya, apabila anda memperoleh skor yang tinggi pada pelaksanaan tes logika penalaran tersebut maka itu artinya bahwa anda mempunyai daya Nalar yang cukup tinggi di dalam proses menganalisa sebuah permasalahan yang terjadi baik di dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja.

Contoh Soal Tes Logika Penalaran

Berbagai macam bentuk soal tes logika penalaran sebenarnya bisa anda selesaikan tanpa memakai rumus khusus yang perlu dihafalkan terlebih dahulu. Hal tersebut disebabkan karena guna bisa mengerjakan tes logika penalaran tersebut, yang dibutuhkan hanyalah kemampuan menganalisa masalah serta mencari pemecahan ataupun solusi dengan menggunakan daya Nalar yang kita miliki.

Contoh soal tes logika penalaran

Baiklah, guna mempermudah anda di dalam memahami sekaligus Berlatih mengerjakan contoh soal tes logika penalaran, dibawah ini akan saya berikan beberapa contohnya.

Contoh soal tes logika penalaran nomor 1

Seluruh pemain sepak bola yang berasal dari Italia memiliki wajah tampan. John merupakan pemain sepak bola yang berasal dari Inggris.

a. John merupakan pemain sepak bola yang tidak tampan
b. John merupakan pemain sepakbola yang tampan
c. Walaupun tidak berasal dari negara Italia, john pastinya memiliki wajah tampan
d. Sangat tidak mungkin John memiliki wajah tampan
e. Tidak bisa diambil kesimpulan

Contoh soal tes logika penalaran nomor 2

Separuh orang yang memiliki minat menjadi politikus hanyalah mengharapkan tahta dan harta. Andi tidak memiliki minat untuk menjadi seorang politikus

Baca Juga   Contoh Soal Psikotes Gambar Pohon Paling Banar

a. Andi tidak mengharapkan tahta dan harta
b. Harta mungkin diinginkan oleh Andi, sementara Tahta bukanlah menjadi keinginan Andi
c. Andi mengharapkan Tahta, akan tetapi tidak memiliki minat menjadi seorang politikus
d. Andi tidak menginginkan untuk menjadi seorang politikus disebabkan karena sudah mempunyai tahta dan sudah kaya
e. Tidak bisa diambil kesimpulan

Contoh soal tes logika penalaran nomor 3

Andi ingin menikah sebelum dia memiliki rumah. Andi ingin bisa bekerja sebelum dia menikah. Setelah mendapatkan pekerjaan, Andi ingin memiliki sebuah usaha sampingan. Andi menginginkan memiliki anak Setelah dia memiliki rumah. Andi ingin menikah Setelah dia memiliki usaha sampingan. Andi ingin memiliki usaha sampingan sebelum dia memiliki rumah. Berikut ini, manakah yang memiliki urutan paling tepat?

a. Memperoleh pekerjaan- memiliki usaha sampingan- menikah- memiliki rumah- memiliki anak
b. Memiliki anak- menikah- memperoleh pekerjaan- mempunyai usaha sampingan- memiliki rumah
c. Memiliki usaha sampingan- memperoleh pekerjaan- menikah- memiliki anak- memiliki rumah
d. Memperoleh pekerjaan- menikah- mempunyai usaha sampingan- memiliki rumah- memiliki anak
e. Memperoleh pekerjaan- menikah- memiliki rumah- memiliki usaha sampingan- memiliki anak

Untuk soal tes logika penalaran nomor 4 dan 5, silahkan jawab:

a. Jika benar
b. Jika pernyataan pertama salah
c. Jika pernyataan kedua salah
d. Jika pernyataan pertama dan pernyataan kedua salah
e. Jika salah pada bagian kesimpulan

Contoh soal tes logika penalaran nomor 4

Paru-paru merupakan alat pernafasan untuk seluruh mamalia. Salah satu contoh mamalia adalah ikan salmon. Jadi, ikan salmon bernafas dengan menggunakan paru-paru

Contoh soal tes logika penalaran nomor 5

Pabrik “Indri Jaya” hanyalah memberikan adanya kenaikan gaji bagi setiap karyawannya paling banyak 2 kali dalam waktu 1 tahun. Andi merupakan salah satu staf Departemen pemasaran yang memiliki prestasi sangat baik di pabrik “Indri Jaya”. Jadi, Andi dapat memperoleh kenaikan gaji lebih dari 2 kali dalam kurun waktu 1 tahun.

Baca Juga   Contoh Soal Cerita Psikotes Matematika

Contoh soal tes logika penalaran nomor 6

Andi merupakan seorang anak yatim. Andi mempunyai kucing yang sangat disayanginya dan diberi nama Didi. Andi dan Didi setiap pergi selalu berduaan. Mereka bagaikan kakak beradik. Di sekolahan, Andi juga sangat disayangi oleh Ibu Rina. Diantara semua murid yang ada di kelas 2 SD, Ibu Rina paling menyayangi Andi disebabkan karena Andi merupakan anak bungsu dan memiliki wajah imut di samping dia juga sudah menjadi anak yatim.

Joko merupakan anak yang sangat akrab dengan Andi. Walaupun tidak satu angkatan, mereka berdua sangatlah akrab dan seringkali bermain di sawah dan di sungai bersama-sama. Joko seringkali membully Andi sebagai anak yang manja, namun hal tersebut merupakan gurauan dan Andi bisa menerima hal tersebut. Dikarenakan Jarak antara rumah Andi dengan sekolah Cukuplah jauh, maka kadangkala Andi akan meminta bantuan untuk dibonceng sepeda motor milik Bapak Sobirin di mana bapak Sobirin adalah tetangga yang tempat kerjanya satu arah dengan arah sekolahan di.

Berdasarkan cerita diatas, maka Berikut ini adalah hal-hal yang tidak mustahil, kecuali?

a. Andi hanya memiliki sedikit tetangga yang baik hati
b. Joko memiliki Ibu dan Ayah
c. Adik dari Andi barulah berumur kurang dari 7 tahun
d. Teman-teman di sekolah Andi berjumlah lebih dari 30 anak
e. Didi merupakan penggemar berat dari ikan bandeng

Sekian penjabaran singkat mengenai contoh soal tes logika penalaran yang bisa Anda coba kerjakan sebagai salah satu bahan untuk belajar dan memantapkan diri di dalam mempersiapkan diri untuk menempuh tes psikotes di sebuah perusahaan. Mudah-mudahan, artikel diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk pengunjung sekalian. Terima kasih dan selamat belajar, semoga sukses.

Baca Juga   Contoh Soal Tes Masuk Polisi

Tentang Admin

Penulis merupakan seorang pengajar di SMK sekaligus mendalami segala macam aspek Tes Psikotes. Dengan kemampuan yang dimilikinya, penulis sering diundang pada tes seleksi siswa maupun pegawai dan karyawan baru sebagai seorang Tester pada sesi Tes Psikotes untuk mengetahui kondisi psikotes dari masing-masing peserta tes. Berbekal dari sejumlah pengalaman, menulis ingin mencoba berbagi beragam hal tentang Tes Psikotes lewat artikel pada blog ini.

Check Also

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Contoh Soal Tes Psikotes Matematika Dan Penyelesaiannya

Pelajaran matematika sangatlah penting, hal tersebut bisa terlihat dari banyaknya contoh soal tes psikotes matematika ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *