Home / Contoh Soal / Contoh Soal Tes Psikotes Kepribadian

Contoh Soal Tes Psikotes Kepribadian

Contoh soal tes psikotes kepribadian – Apabila kita membicarakan mengenai tes psikologi, kita bisa mendapatkan banyak sekali ragam tes yang ada di tes psikologi. Kegunaan dari tes psikologi tersebut adalah untuk mengetahui sebuah kepribadian individu, warteg tes, intelegensi, dan analog verbal dari setiap orang.

Dipetik dari Wikipedia, psikologi memiliki pengertian sebuah ilmu yang berisi bidang kerapan dan pengetahuan di mana di dalamnya digunakan untuk mengetahui fungsi mental dan juga perilaku seseorang secara alami. Orang yang bekerja di dalam psikologi disebut juga dengan istilah psikologi. Mereka tentunya akan berusaha dan mencoba mengetahui sebuah fungsi mental pada masing-masing personal ataupun kelompok. Disamping itu psikolog juga akan berusaha untuk mengetahui mengenai neuro biologis dan juga proses fisiologis yang ada pada setiap diri manusia.

Beberapa contoh tes psikologi:

Tes kepribadian

Salah satu jenis tes yang ada di dalam tes kepribadian adalah tes pauli adalah sebuah tes yang digunakan untuk mengetahui prestasi kerja dan sikap kerja dari setiap personal. Di dalamnya mencakup keuletan, daya tahan, kemampuan dalam menghadapi tekanan, konsistensi, proses penyesuaian diri dan kendali diri.

Selain tes pauli juga ada draw a man atau sering disingkat dengan dam. Ini merupakan tes untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam menggambar orang. Kemudian dari hasil gambar tersebut diharuskan untuk bisa mendeskripsikan jenis kelamin, usia dan kegiatan gambar orang tersebut. Tas tersebut tentunya berfungsi untuk mengenal seseorang dari segi kepercayaan diri, tanggung jawab, ketahanan kerja dan juga kestabilan.

Tes intelegensi

Tes intelegensi yang pertama adalah culture fair intelegence test, adalah sebuah tes yang digunakan guna mengetahui kemampuan mental seseorang secara umum. Kemudian tes intelegensi yang kedua adalah tes kemampuan dasar yang digunakan untuk mengetahui kemampuan dasar dari setiap personal.

Sebenarnya masih banyak lagi contoh jenis tes psikologi yang biasanya digunakan oleh para psikolog untuk mengetahui berbagai macam hal yang ada di setiap personal sesuai dengan tujuannya masing-masing. Pada contoh yang akan saya berikan di kesempatan kali ini merupakan sebuah tas yang berisi 10 pertanyaan lengkap dengan jawabannya. Rasa ini merupakan sebuah tes yang digunakan untuk mengetahui kepribadian kita. Melakukan proses uji coba diri kita sendiri dengan melihat dan mengerjakan soal tersebut sesuai dengan apa adanya. Tentunya jawaban dari masing-masing orang pada soal tes kepribadian ini akan berbeda.

Contoh soal tes psikotes kepribadian:

Contoh Soal Tes Psikotes Kepribadian
Demikianlah contoh soal tes psikotes kepribadian yang bisa saya tampilkan pada kesempatan kali ini. Mudah-mudahan setelah anda belajar mengenai tes psikotes kepribadian, anda akan lebih paham dengan kemampuan diri anda sendiri dan juga anda bisa meningkatkan kualitas yang ada. Terima kasih dan salam sukses untuk anda.

Check Also

Latihan tes psikotes online

Latihan tes psikotes online

Salah satu bentuk persiapan dari pelaksanaan tes psikotes adalah melaksanakan latihan tes psikotes online. Latihan tes psikotes online ini ...